Cara membuat Website Sekolah Gratis
Blog Tips Keren Cara membuat Website Sekolah Gratis

Cara membuat Website Sekolah Gratis

Di era digital sekarang ini, Membuat Website sekolah merupakan hal yang penting untuk eksistensi setiap sekolah. Fungsi website bagi sekolah sangatlah penting karena transparansi informasi bagi sekolah sekarang ini bisa diakses oleh siapa saja. Memiliki sebuah website untuk sekolah anda tentunya harus mengeluarkan sejumlah uang karena anda harus menyewa jasa web host. Tetapi, ada juga cara agar anda mendapatkan website sekolah secara gratis.

Di zaman yang serba digital ini, banyak sekolah yang menerapkan sistem online juga dengan menggunakan website. Selain itu website sekolah juga bisa menghemat biaya dan waktu sehingga karena mengadakan sudah melakukan pembelajaran secara online.

Oleh karena itu,  hampir semua lembaga pendidikan sudah memiliki website mereka sendiri. Halaman web yang menarik dapat membantu mereka mempromosikan sekolah mereka, memberikan semua informasi penting tentang lembaga, kursus, lingkungan pendidikan, dll. Selain itu, platform online ini juga merupakan tempat yang mudah bagi anda untuk menawarkan dan membuka peluang belajar alternatif seperti kursus online untuk semua orang. Akibatnya, kebutuhan untuk memiliki situs web pendidikan atau sekolah yang luar biasa menjadi lebih penting sekarang ini.

Membuat Website Sekolah

Biasanya ada tiga jenis website sekolah:

  1. Situs web sekolah atau perguruan tinggi memberikan informasi tentang sekolah, siswa, guru, kursus, dan kelas yang mereka tawarkan.
  2. Portal pendidikan online menawarkan materi pelajaran, kelas langsung, dan tutorial untuk siswa.
  3. Situs web keanggotaan untuk pendidikan adalah tempat di mana siswa dapat masuk dan mengikuti kelas mereka secara online, melihat informasi nilai mereka, dan menyerahkan tugas mereka. Guru atau dosen dapat membuat, mengelola kursus, mengambil kelas online dan offline untuk siswa mereka, dan memantau siswa.

Elemen penting dalam website sekolah

  • Home Page – Berikan kesan pertama ketika pengunjung melihat website anda di mana anda dapat menaruh semua informasi yang diperlukan seperti logo, gambar, pemberitahuan penting, dan informasi acara.
  • About Page – Anda dapat menampilkan semua informasi tentang institute atau sekolah atau universitas Anda dihalaman ini seperti sejarah sekolah anda, lokasi, sertifikasi, hadiah, dll.
  • Courses Page – Pada halaman ini, anda dapat memberikan informasi terperinci tentang kursus yang ditawarkan sekolah anda.
  • Faculty Information – Pada halaman ini, anda dapat menampilkan informasi tentang fakultas lembaga anda, para guru dan anggota tim.
  • Registration Form – Anda harus menyertakan formulir pendaftaran untuk pengunjung yang ingin mendaftar untuk kursus anda atau apa yang sekolah anda tawarkan.
  • Contact Person – Anda juga perlu melampirkan formulir kontak di mana siswa atau pengunjung dapat mengirim pesan atau menghubungi anda secara langsung melalui website anda.

Jika memang anda belum mempunyai website untuk sekolah anda. Maka pikirkan dahulu elemen-elemen yang ingin anda sertakan dalam website pendidikan yang akan anda buat.

Membuat Website Sekolah

Langkah dasar membuat website sekolah gratis

  1. Tentukanlah nama domain yang sesuai untuk website sekolah atau pendidikan anda.
  2. Daftarkan nama domain dan dapatkan paket hosting dari developer web host.
  3. Install WordPress.
  4. Install tema WordPress pendidikan yang bagus, menarik dan responsif untuk situs web anda.
  5. Pilihlah tema yang anda inginkan untuk membuat tampilan dan nuansa yang diinginkan.
  6. Mengunduh dan menginstall plugin LMS yang relevan untuk website sekolah anda.
  7. Tambahkan konten dan informasi.

Berikut langkah-langkah dalam membuat website sekolah gratis:

Langkah 1. Pilih nama domain untuk membuat website sekolah anda.

Langkah pertama untuk membuat website adalah membuat nama domain untuk website anda. Nama domain adalah alamat situs web anda. Pengunjung hanya perlu mengingat nama domain anda untuk website pendidikan dan sekolah anda. Nama domain yang anda pilih hanya dapat dimiliki oleh satu website.

Memilih nama domain untuk website pendidikan atau sekolah anda tidaklah sulit. Nama sekolah, kampus, institusi pendidikan atau portal pendidikan itu sendiri bisa menjadi pilihan yang baik untuk nama domain tersebut.

Langkah 2. Daftarkan nama domain dan Pilih paket hosting.

Ada banyak perusahaan atau developer hosting web yang menawarkan disk space  dan bandwidth besar. Tetapi biaya yang anda bayar untuk itu juga luar biasa. Layanan hosting web memungkinkan anda menampilkan website di Internet. Karena itu, anda harus memilih paket hosting web yang masuk akal. Bagi permulaan yang masih,  menggunakan SharedHosting menjadi rekomendasi utama karena harganya yang murah dan sudah dibisa digunakan.

Jika anda kesulitan mencari developer hosting web yang murah dan terpercaya, IDwebhost bisa menjadi salah satu solusi untuk anda dalam pembuatan jasa website.

Membuat Website Sekolah

Langkah 3. Install WordPress untuk membuat website sekolah anda

Seperti artikel sebelumnya, artikel ini juga menggunakan WordPress sebagai platform situs web untuk membangun website sekolah dan pendidikan karena kemudahannya untuk digunakan.

WordPress adalah platform unggulan untuk membuat segala jenis website juga Content Management System yang sangat baik dan mudah. Anda dapat membuat situs web yang berfungsi penuh tanpa pernah memahami coding dan script, Layanan ini juga GRATIS. Sehingga, membuat website sekolah dan pendidikan anda menjadi sangat mudah.

Langkah 4. Install Tema WordPress yang cantik dan menarik untuk website sekolah dan pendidikan anda.

Dengan WordPress, sangat mudah untuk mengubah desain, tata letak, dan tampilan website anda dengan template yang sudah tersedia atau bisa anda dapatkan. Anda tinggal mencari tema bagus yang sangat sesuai dengan kebutuhan anda untuk website anda. Kemudian pasang di Dasboard WordPress anda, Website anda akan terlihat lebih cantik dan menarik.

Langkah 5. Unduh dan Install Plugin WordPress untuk Website Sekolah.

Ada banyak jenis plugin yang dapat mendukung anda dalam membuat website anda untuk pendidikan. Tetapi pertama-tama, anda perlu tahu cara memasang plugin di situs anda.

Pertama, anda harus masuk ke Dasbor WordPress Anda. Kemudian, klik Plugins / Add New. Mirip dengan mengunggah tema baru, Anda juga memiliki 2 cara untuk mengunggah plugin WordPress: dengan mencari di daftar plugin atau mengunggah langsung dari komputer Anda dengan file “.zip”. Setelah memilih plugin dari daftar atau mengunggah dari komputer Anda, klik Instal Sekarang untuk menginstal plugin. Ini akan memakan waktu beberapa detik. Setelah menginstal, klik Aktifkan untuk mengaktifkan plugin. Sekarang, plugin siap untuk situs web sekolah Anda.

Langkah 6. Tambahkan Konten dan Informasi untuk Website Sekolah Anda.

Ketika semua elemen sudah siap. Selanjutnya anda bisa menambahkan konten dan informasi yang terkait dengan sekolah atau lembaga pendidikan anda. Di Dashboard, anda dapat menambahkan halaman baru atau posting baru untuk situs anda dengan pergi ke Pages / Adds New.

Ya, itu semua langkah yang harus Anda lalui jika Anda ingin membuat website untuk sekolah atau pendidikan anda. Setelah anda mengikuti panduan langkah demi langkah seperti di atas, anda sekarang dapat memiliki website yang lengkap dengan semua tools yang diperlukan dan siap untuk dipublikasikan di Internet.

Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda!