Cara Membuat Website Dengan Google Site

30 Des 2019
Cara Membuat Website Dengan Google Site campaign-unlimited

Cara membuat website dengan google sites tentu bukanlah hal yang barus. Meski begitu masih banyak orang yang mungkin kurang paham dengan bagaimana cara membuat website dengan google site. Salah satu hal yang menarik dari google site adalah kamu bisa berkolaborasi dalam menyusun lama konten secara bersama-sama pada waktu bersamaan. Di sini kamu juga dapat menentukan siapa saja yang menjadi pemiliki situs dan siapa saja yang bisa mengedit maupun melihat isi sebuah situs.

Cara membuat website pasti akan terlihat lebih sulit jika kamu masih tergolong pemula. Untuk membuat website dengan Google Site, kamu tidak memerlukan server web (hosting service) karena google site merupakan aplikasi cloud sehingga software dan server sudah disediakan termasuk alamat URL. Akan tetapi jika kamu menginginkan alamat URL yang sesuai dengan kepentingan, maka kamu dapat membeli nama domain yang sesuai, kemudian bisa mapping (pemetaan) nama domain sehingga situs web di google site tersebut bisa diakses menggunakan nama domain.

cara membuat website

Apa Itu Google Site?

Google Site merupakan suatu tools yang digunakan untuk menciptakan custom website. Bahkan  banyak yang beranggapan kalau google site ini mirip dengan Wiki karena kamu dapat mengembangkan situs sendiri dalam membuat website dan isinya. Enaknya menggunakan google site adalah kamu dapat menentukan siapa pemiliknya, siapa yang kamu izinkan untuk mengedit dan memperbaiki situs dan siapa yang kamu izinkan untuk melihat situs.

Dalam penggunaannya, Google Site secara otomatis bisa menggunakan format editor WYSIWYG sehingga bisa mengakomodasi pengguna tingkat lanjut dalam mengedit HTML secara manual. Yang membuat orang memilih google site adalah akan membantu penggunanya dalam membuat situs web dengan mudah, gratis dan bebas hanya dengan beberapa klik saja. Selain itu, pengguna juga dapat membuat situs web yang dinamis dan interaktif tanpa perlu bekal pemahaman HTML.

Dengan segala kemudahannya, maka tak heran jika beberapa orang lebih memilih google site untuk membuat website. Memilih google site juga akan memudahkan kamu dalam mengelolanya Lalu bagaimana cara membuat website dengan google site?

Cara Mudah Membuat Website Dengan Google Site

1. Memiliki Akun Google

Sekarang ini tentunya semua orang sudah banyak yang memiliki akun google. Bagi kamu yang ingin membuat website gratis dengan google site, maka harus memiliki akun google terlebih dahulu. Jika belum, maka bisa langsung mendaftar karena gratis. Kalau sudah memiliki akun google. Maka yang kamu lakukan selanjutnya adalah dengan memasukkan username dan password.

2. Buat Website Baru Pada Halaman Google SIte

Setelah berhasil login ke akun google, nantinya kamu akan langsung menuju ke halaman utama google site. Pada bagian bawah akan ada tombol plus (+), kamu tinggal klik tombol berikut.

3. Silakan Memulai Desain Web

Langkah selanjutnya adalah silakan mendesain tampilan website yang kamu inginkan di halaman google site. Untuk memudahkannya, kamu bisa menggunakan tool yang  sudah disediakan pada web bulider google site. Di sini kamu akan lebih mudah dalam melakukan desain karena tidak perlu banyak tahu tentang HTML. Hal tersebut karena sudah dilengkapi dengan format editor WYSIWYG.

cara membuat website

4. Beri Nama Yang Unik Untuk Webiste.

Pada bagian ini kamu harus membuat nama untuk website yang akan kamu kelola. Buat nama yang unik dan mudah diingat. Pada poin ini kamu harus memberi nama berbeda dari situs kamu meliputi;

– Site document name

Di sini kamu bisa memasukkan nama unik untuk melacak  situs. Untuk nama dokumen situsnya hanya dapat dilihat oleh kamu.

– Site name

Agar site name ini muncul, maka kamu harus memiliki 2 atau lebih halaman di situs web. Ini bisa ditempatkan pada tajuk dan bilah judul jendela web.

– Page title

Semua website tentunya memiliki yang namanya page title (halaman judul). Ini nantinya akan muncul pada bagian atas halaman maupun di menu navigasi.

5. Memilih Tata Letak Untuk Website.

Setiap orang pasti menginginkan tampilan yang bagus untuk website. Di sini kamu bisa memilih tata letak (layout) sesuai dengan keinginan. Untuk memudahkan dalam memilih layout desain, maka kamu bisa langsung drag desain layout yang kamu inginkan ke halaman website.

6. Pilih Gambar Background, Jenis Header dan Tema

Sekilas memang seperti sedang setting blog. Setiap tema dilengkapi dengan latar belakang yang telah ditetapkan mulai dari skema warna  dan pemilihan font. Tapi kamu bisa langsung menyesuaikan font, warna dan latar belakangnya sesuai dengan keinginan. Yang orang lebih suka memilih google site adalah bisa dengan mudah mengubah tema setelah situs selesai dibuat.

7. Siap Menerbitkan (Publish) Website.

cara membuat website

Jika keseluruhan sudah selesai, maka langkah terakhir adalah dengan menerbitkan website kamu. Hal ini agar website kamu bisa dilihat oleh orang lain. Untuk menerbitkannya kamu bisa langsung klik publish di bagian atas pada halaman google sites. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman di mana kamu bisa menamai url websitemu, kemudian website bisa diakses dengan URL. Hasilnya nanti seperti berikut ini;

https://sites.google.com/view/URLwebsiteAnda

Ketika kamu sudah berhasil membuat website, maka halaman selanjutnya yang ditampilkan oleh google sites adalah halaman pertama situsmu. Dan halaman pertama inilah yang nantinya dikenal dengan istilah homepage. Dalam membuat website kamu bisa memilih yang maksimal atau yang biasa saja. Jika website yang akan kamu gunakan adalah untuk bisnis jangka panjang maka kamu bisa mengandalkan jasa pembuatan website agar lebih maksimal. Tak hanya memilih jasa pembuatan website yang profesional, tapi kamu juga harus memakai domain dan hosting yang terpercaya seperti di IDwebhost.

Dengan semakin maraknya bisnis online maka memiliki website adalah hal yang wajib. Dengan adanya cara membuat website dengan  google site tersebut maka banyak orang yang ingin mencobanya. Ada yang hanya memanfaatkan website gratisan seperti dari google site dan ada yang langsung memilih mengandalkan layanan yang lebih profesional sepeti jasa pembuatan website. Semuanya tergantung kebutuhan masing-masing.

Demikian cara mudah membuat website dengan google site. Tentu sangat mudah, bukan?  Jangan lupa jika kamu ingin membuat website, kamu bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.