Bagaimana Cara Membuat Webinar untuk Berjualan?
Blog Digital Marketing Bagaimana Cara Membuat Webinar untuk Berjualan?

Bagaimana Cara Membuat Webinar untuk Berjualan?

Cara membuat webinar agar semakin banyak mendapatkan atensi penonton memiliki berbagai macam metode. Tapi sebelum Anda mengetahui cara membuat webinar untuk kepentingan Anda, ada hal yang perlu Anda ketahui tentang seluk beluk webinar mulai dari jenis webinar yang sesuai dengan pilihan Anda, bagaimana perencanaan webinar, berapa jumlah tim yang Anda butuhkan dsb. Untuk lebih lengkap mengenai webinar, Anda dapat mempelajari serba-serbi tentang webinar sebagai berikut:

Daftar Isi

1. Apa itu Webinar ?

2. Manfaat Webinar 

3. Jenis Webinar

3.1. Webinar untuk Mengumpulkan Data Calon Pelanggan
3.2. Webinar Berbayar
3.3. Webinar Series

4. Cara Membuat Webinar : Tahap Perencanaan

4.1. Menentukan Topik Webinar
4.2. Membentuk Tim untuk Program Webinar
4.3. Menentukan Format Acara Webinar
4.4. Mengadakan Rapat dengan Tim dan Pembicara Webinar
4.5. Mempersiapkan Materi Pendukung Webinar
4.6. Memilih Software Webinar
4.7. Mempersiapkan Peralatan Pendukung
4.8. Melakukan Percobaan Sebelum Acara Webinar Tiba
4.9. Membuat Halaman Pendaftaran Webinar
4.10. Mempromosikan Program Webinar

5. Cara Membuat Webinar Agar Menarik

5.1. Memulai Tepat Waktu
5.2. Mencuri Perhatian Audiens
5.3. Mempersiapkan Pertanyaan Sesi Tanya Jawab
5.4. Menguasai Jalannya Proses Webinar Sampai Selesai

6. Kesimpulan

 

Apa itu Webinar ?

 

apa itu webinar
apa itu webinar

 

Webinar adalah web seminar atau suatu program acara dalam bentuk seminar online dan dihadiri oleh peserta dalam kondisi online juga. Namun sekarang ini, webinar tidak hanya digunakan untuk program acara seminar online saja, tapi bisa juga untuk membuat acara seperti talk show, diskusi, dan workshop secara online. Program acara ini terhitung lebih hemat biaya daripada mengadakan acara dalam bentuk offline. Biaya operasional umumnya dapat ditekan seminimal mungkin karena webinar bermodal kamera dan koneksi internet.

Manfaat Webinar 

 

manfaat webinar
manfaat webinar

 

Selain dari segi biaya operasional yang terbilang lebih hemat, webinar juga memilki manfaat diantaranya sebagai berikut:

  • Meningkatkan brand awareness pada bisnis.
  • Memberikan suatu manfaat lebih di calon pelanggan dengan kombinasi ilmu gratis dan pengenalan produk Anda.
  • Memudahkan dalam mendapatkan saran atau feedback dari peserta langsung dengan memberikan semacam pollingm survey, test dsb.
  • Memudahkan dalam mengumpulkan data calon pelanggan dari data peserta yang mengikuti webinar untuk di edukasi kembali dari email, whatsapp, atau aplikasi lain.
  • Menghemat waktu dan biaya dalam memasarkan produk bisnis karena edukasi produk bisa langsung diberikan saat program acara webinar berlangsung.

Jenis Webinar

 

jenis webinar
jenis webinar

 

Sebelum Anda membuat webinar, terdapat tiga jenis webinar yang di kelompokkan berdasarkan tujuannya yaitu :

1. Webinar untuk Mengumpulkan Data Calon Pelanggan

Webinar ini berfokus pada mengumpulkan data calon pelanggan baik dari data nama peserta, email dsb yang mengikuti webinar. Sebagai contoh, Anda begerak dalam bidang bisnis Bisnis Snack atau oleh-oleh. Kemudian tujuan Anda membuat webinar adalah Anda menginginkan mencari reseller-reseller baru guna memperluas jangkuan bisnis snack atau oleh-oleh Anda dengan mengumpulkan data nama dan email. Untuk itu Anda dapat membuat program webinar yang berisi tips sukses menghasilkan uang secara mudah dan cepat atau konten webinar lain yang serupa.

2. Webinar Berbayar

Berbeda dengan jenis webinar pertama diatas, Webinar berbayar ini justru merupakan produk yang di jual atau program untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan. Caranya dengan siapapun yang ingin menonton webinar maka akan di tarik bayaran tertentu. Biasanya jenis webinar berbayar ini lebih cocok kepada memberikan suatu pendidikan atau pembelajaran suatu ilmu tertentu dari pakar atau ahli di bidangnya.

3. Webinar Series

Jenis webinar ini merupakan program webinar dalam bentuk berseri. Anda dapat membuat beberapa episode webinar yang saling berhubungan dengan rentetan topik-topik tertentu. Contohnya jika Anda seorang mentor dalam bidang praktisi bisnis online, Anda dapat membuat program acara webinar berseri dengan beberapa episode dari pecahan-pecahan topik ilmu internet marketing seperti tips membangun branding secara online, tips berjualan secara online, tips marketing dengan sosial media, tips memaksimalkan website bisnis dengan SEO dsb.

Cara Membuat Webinar : Tahap Perencanaan

 

cara membuat webinar perencanaan
cara membuat webinar perencanaan

 

Agar program webinar Anda semakin sukses, maka Anda perlu membuat perencanaan webinar. Berikut beberapa cara membuat webinar dengan perencanakan  diantaranya adalah:

1. Menentukan Topik Webinar

Sebelum masuk ke teknis utama yang ingin Anda sampaikan di webinar, maka pastikan sebelumnya Anda memikirkan topik dan tujuan dalam program webinar yang akan di selenggarakan. Setelah menemukan topik dan tujuan webinar, maka tentukan siapa audiens untuk program webinar Anda dan juga berapa lama waktu webinar tsb.

2. Membentuk Tim untuk Program Webinar

Sendirian membuat program webinar dapat mengundang resiko. Contohnya jika di tengah webinar terdapat gangguan teknis berupa lost connection dsb. Untuk itu, Anda perlu membuat tim dalam program webinar Anda. Sebagai rekomendasi, Anda dapat menenetukan tiga orang ini dalam membantu program webinar Anda. Pertama, koordinator sebagai orang yang bertugas mengurus hal-hal di belakang layar dalam jalannya program webinar. Kedua, pembicara yaitu orang yang bertanggung jawab mengisi program webinar. Dan ketiga, Asisten yang dapaat membantu memastikan hal teknis berjalan lancar saat program webinar berlangsung.

3. Menentukan Format Acara Webinar

Acara webinar memiliki beberapa format yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut empat format acara webinar yang bisa Anda pilih :

Pembicara Tunggal

Format acara webinar ini adalah webinar dengan pengisi acara yaitu satu pembicara saja. Karena hanya satu pembicara dalam webinar, maka pembicara tsb bertanggung jawab memandu keseluruhan acara.

Talkshow atau Wawancara

Format acara webinar ini adalah webinar dengan menghadirkan satu narasumber dan satu pembicara.  Dengan adanya dua orang yang mengisi acara webinar sehingga membuat webinar menjadi semakin lebih menarik.

Diskusi Panel

Format acara webinar ini adalah menghadirkan banyak pembicara dengan didukung oleh satu moderator. 

Interaktif

Format acara webinar ini adalah sesi dalam program acara webinar dengan berlatih bersama atau sesi tanya jawab. Format acara webinar ini bisa terasa efektif jka diikuti oleh peserta dalam jumlah yang terbatas.

4. Mengadakan Rapat dengan Tim dan Pembicara Webinar

Sebelum acara webinar yang sebenarnya dimulai, ada baiknya Anda mengadakan rapat dengan tim dan pembicara agar persiapan webinar semakin matang. Lalu hal-hal yang perlu didiskusikan dalam rapat seperti bentuk pertanyaan apa saja dalam webinar, lama waktu dalam membahas suatu topik tertentu, dan kapan pembicara memberikan modul materi webinar tsb.

5. Mempersiapkan Materi Pendukung Webinar

Materi pendukung yang dimaksud adalah Anda dapat memberikan editing elemen-elemen yang menarik pada modul materi yang telah di share oleh pembicara. Salah satu tools editing yang bisa digunakan seperti canva. Lalu Anda juga dapat menambahkan informasi seperti petunjuk teknis dalam mengikuti webinar, profile perkenalan pembicara, dan topik-topik utama.

6. Memilih Software Webinar

Sekarang, terdapat berbagai pilihan software untuk memudahkan dalam melakukan webinar. Contohnya seperti Google Meet, Zoom, Livestream dsb. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai software-software webinar tsb lalu pertimbangkan juga dari segi kebutuhan kuota peserta, biaya langganan software, durasi webinar dsb.

7. Mempersiapkan Peralatan Pendukung

Peralatan pendukung yang dapat Anda persiapkan seperti ruangan tertutup agar acara berjalan kondusif, headphone, mic, kabel colokan, dan koneksi internet yang memadahi.

8. Melakukan Percobaan Sebelum Acara Webinar Tiba

Sebelum acara webinar tiba, ada baiknya Anda melakukan uji coba untuk menjalankan program webinar dengan tim yang Anda pilih. Hal ini juga dapat melatih verbal Anda agar lebih lancar. Selain itu di masa percobaan ini, cobalah untuk memeriksa kesesuaian peralatan, koneksi internet, aplikasi webinar dsb. 

9. Membuat Halaman Pendaftaran Webinar

Untuk mendapatkan data-data peserta, Anda perlu membuat halaman pendaftaran. Untuk membuat halaman pendaftaran ini, Anda dapat membuatnya secara mudah dengan menggunakan bantuan Google Form yang lebih praktis. Setelah itu, Form pendaftaran yang telah Anda buat bisa Anda hubungkan ke dalam website Anda atau iklan seperti iklan facebook dan instagram.  Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat website, Anda dapat memanfaatkan layanan jasa pembuatan website untuk membuat halaman landing page yang terkoneksi halaman pendaftaran webinar Anda.

10. Mempromosikan Program Webinar

Setelah Anda menyelesaikan persiapan-persiapan diatas, langkah Anda selanjutnya dapat melakukan promosi webinar seperti:

  • Membuat artikel blog yang berhubungan dengan topik webinar
  • Mempromosikan ke sosial media dengan cara share link dan update konten tentang webinar
  • Mempromosikan webinar menggunakan email
  • Mempromosikan webinar dengan menggunakan iklan secara online seperti facebook ads, instagram ads, google ads dsb.

Cara Membuat Webinar Agar Menarik

 

cara membuat webinar agar menarik
cara membuat webinar agar menarik

 

Selain persiapan webinar, Anda juga perlu mempelajari bagaimana membuat acara webinar Anda semakin menarik agar webinar Anda sukses di mata audiens Anda. Berikut tips dalam membuat webinar agar menarik

1. Memulai Tepat Waktu

Sebagai penyelenggara webinar, Anda dapat memulai acara webinar lebih awal dengan melakukan persiapan-persiapan bersama tim Anda. Lalu jika sudah mulai cukup terisi audiens dalam webinar, Anda dapat memulai acara webinar dengan menyapa audiens atau juga bisa memberikan games-games kecil sambil menunggu audiens terisi penuh.

2. Mencuri Perhatian Audiens

Bagaimana mencuri perhatian audiens? Triknya Anda dapat menjelaskan manfaat dan pentingnya webinar ini kepada audiens Anda. Lalu Anda dapat mencoba menjalin interaksi dengan beberapa audiens dengan memberikan mereka ruang untuk berbicara dalam antusiasme mengikuti program webinar Anda.

3. Mempersiapkan Pertanyaan Sesi Tanya Jawab

Persiapkan pertanyaan-pertanyaan khusus di sesi tanya jawab agar mengarahkan diskusi dan menjaga sesi webinar agar tetap berkualitas. Selain itu, cara ini juga dapat memancing audiens yang masih malu-malu bertanya agar lebih berani untuk bertanya.

4. Menguasai Jalannya Proses Webinar Sampai Selesai

Terkadang walaupun persiapan dan percobaan telah Anda lakukan sebelumnya, tidak ada yang tahu proses jalannya webinar secara nyata. Di sini sebagai pembicara dan tim perlu menguasai jalannya proses webinar dengan bersikap tetap tenang dan luwes. Jadi jangan panik jika terjadi gangguan terjadi secara tiba-tiba datang seperti koneksi internet tidak stabil dsb. Anda bisa mengatakan secara sejujurnya kalau sedang terjadi gangguan koneksi internet agar para audiens Anda dapat mengerti kondisi yang terjadi dan apabila sudah stabil cobalah sapa audiens Anda dengan santai dan sedikit candaan agar suasana mencari lalu dilanjutkan ke materi utama.

Kesimpulan

Webinar menjadi suatu program acara dalam yang dapat mempresentasikan sebuah informasi tertentu. Selain itu, webinar juga dapat di konsep dengan program acara seperti talk show, diskusi bersama, ataupun workshop. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ikut perkembangan informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.