Cara Membuat Web Portofolio Dengan Mudah
Blog Tips Keren Cara Membuat Web Portofolio Dengan Mudah

Cara Membuat Web Portofolio Dengan Mudah

Cara membuat web portofolio sendiri kini akan bisa anda terapkan dengan sejumlah langkah yang mudah. Bagi anda yang ingin mendapatkan portofolio untuk penawaran kepada klien dan juga meningkatkan isi dari CV anda, tentu saja salah satunya adalah dengan memahami cara membuat web portofolio sendiri itu sendiri. Dengan mengetahui pemahaman tentang cara tersebut, sudah pasti hal ini akan mampu memberikan kepada anda semua kemudahan yang ada didalamnya.

Ketika anda punya portofolio, maka semua itu pastinya akan menjadi sebuah kebaikan tersendiri bagi anda. Inilah yang nantinya akan mampu memberikan manfaat dan juga dampak tersendiri. Portofolio tersebut juga akan menjadi sebuah referensi dan bukti bahwa anda telah memiliki kemampuan untuk mengelola website dengan cara anda sendiri. Dari sini keuntungan dengan mendapatkan klien dan bisa apply dengan mudah untuk mengerjakan suatu proyek dengan siapapun yang anda inginkan akan bisa dilakukan dengan lebih mudah lagi. Simak selengkapnya cara yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

Riset Dan Registrasi Nama Domain Untuk Web Portofolio Anda

Yang harus anda lakukan dalam tahapan cara membuat web portofolio sendiri di awal adalah dengan melakukan riset dan registrasi didalamnya. Dengan penerapan tersebut, sudah pasti hal ini adalah sesuatu yang sangat penting dan tepat untuk dilakukan. Adanya riset tentang nama domain yang bagus juga akan mampu memberikan kemudahan kepada anda untuk menawarkan sebuah portofolio yang lebih valuable kepada pengguna. Kemudian, anda juga bisa mencoba beberapa alternatif nama domain yang bisa anda pergunakan didalamnya.

 

cara membuat web portofolio
idwebhost.com

Gunakan Jasa Hosting Yang Kredibel

Dalam hal cara membuat web portofolio sendiri ini, yang terpenting juga adalah menggunakan jasa domain hosting yang kredibel. Dengan menggunakan jasa hosting domain yang kredibel, sudah pasti akan lebih banyak lagi manfaat bisa anda dapatkan. Anda juga tak perlu cemas atau khawatir karena jumlah jasa hosting domain yang bisa anda pilih itu sendiri pun juga ada banyak sekali. Jadi semuanya bisa coba anda sesuaikan dengan selera. Yang jelas adanya jasa tersebut juga bisa memberikan fungsi dan kegunaan yang tepat. Cek spesifikasi layanan apa saja yang nantinya akan bisa anda dapatkan dan temukan dengan menggunakan layanan domain hosting tersebut. Inilah yang nantinya akan bisa memberikan kegunaan kepada anda.

Pilih Platform Atau CMS Yang Digunakan

Hal terpenting dalam cara membuat web portofolio sendiri ini adalah memilih CMS atau platform apa yang sekiranya nanti akan anda gunakan. Pasalnya, dari pilihan platform itu sendiri juga ada banyak sekali yang bisa anda pilih. Oleh karena itu sangatlah penting bagi anda menggunakan opsi CMS yang anda familiar didalamnya. Dengan memilih CMS yang familiar, sudah pasti anda akan mampu mengeksplorasinya dengan baik. Nantinya CMS tersebut juga bisa anda tumbuh kembangkan dengan sejumlah plugin yang bisa anda masukan didalamnya. Salah satu pilihan CMS terbaik yang bisa anda coba adalah CMS berupa WordPress.

Pilih Setup Tool Untuk Mengelola Website

Cara membuat web portofolio sendiri juga berkaitan dengan tools apa saja yang nantinya akan anda persiapkan dan masukan didalamnya. Dari sini yang harus anda pahami adalah dengan memilih pilihan theme atau tema apa yang nantinya akan anda pergunakan didalamnya. Lalu yang tak kalah penting juga adalah menciptakan sebuah halaman Contact Form yang bisa anda pergunakan dengan mudah dan signifikan. Di sinilah anda juga akan mampu mendapatkan lebih banyak kepastian dan keuntungan yang ada didalamnya. Untuk memahami apa saja plugin yang bisa anda sematkan dalam website, anda bisa masuk ke halaman pengaturan plugin dan menginstall beberapa diantaranya untuk tahu sistem dan cara kerjanya.

 

cara membuat web portofolio
idwebhost.com

Pasang Fitur Contact Us Atau Contact Form

Setelah mengetahui cara membuat web portofolio sendiri tersebut, maka yang perlu anda lakukan adalah dengan memasang formulir kontak form yang ada di website anda. Dengan cara ini, maka apabila ada orang yang ingin menjalin kerjasama dengan anda, mereka akan bisa menemukan solusi yang dibutuhkan dengan mudah. Ini juga akan menjadi sesuatu yang penting dan tidak boleh anda lewatkan didalamnya. Anda bisa juga menggunakan salah satu plugin favorit untuk halaman kontak tersebut yaitu Contact Form 7. Dengan adanya plugin ini akan memudahkan anda untuk membuat halaman kontak yang bisa digunakan oleh pengguna yang ada didalamnya.

Jangan Lupa Buat Biografi Atau Profile Anda

Cara membuat web portofolio sendiri yang tak kalah pentingnya juga adalah bagaimana anda membuat sebuah profile atau Biografi untuk website anda tersebut. Dengan cara inilah maka anda pun akan bisa lebih mudah dalam mendapatkan semua yang dibutuhkan. Ini juga akan membuat audience tahu dan memahami apa saja dan siapa anda sebenarnya. Di sinilah memang akan lebih banyak hasil dan hal yang akan bisa anda temukan itu sendiri dengan mudahnya. Silahkan anda membuat halaman About Me ini untuk bisa memberikan kesan yang baik kepada pengunjung bahwa anda bukanlah orang biasa. Anda adalah sosok yang sejak awal memang profesional.

Kenapa Harus Membuat Portofolio Website?

Ada banyak alasan yang mendasari kenapa anda harus membuat sebuah portofolio website dan tahu cara membuat web portofolio sendiri itu sendiri. Dalam hal ini, anda pastinya ingin tahu apa saja yang ingin anda terapkan didalamnya, bukan? Jika sudah demikian, maka yang harus anda lakukan adalah dengan memahami apa saja komponen terpenting dalam membuat website tersebut. Apa saja yang akan bisa anda temukan dan capai didalamnya. Apakah anda ingin mengembangkan website anda menjadi lebih baik lagi? Anda sendiri yang tahu jawaban tepatnya.

 

cara membuat web portofolio
idwebhost.com

 

Baca Juga: Cara Untuk Bisa Mengetik Keyboard Dengan Cepat Buat Pemula

Dalam beberapa sisi memang cara membuat web portofolio sendiri akan mampu memberikan kepada anda semua yang anda perlukan. Di sisi lain, hal ini juga akan lebih mempermudah anda untuk mendapatkan sesuatu yang lebih instan lagi. Ketika membuat sebuah portofolio, maka dari sini anda akan mampu mendapatkannya dengan mudah dan gampang. Pada penerapannya nanti, di sinilah sesuatu yang lebih baik akan mampu dan bisa anda dapatkan dengan lebih baik. Untuk bisa mencapai semuanya dengan lebih baik, anda pun akan bisa lebih gampang melakukannya dari sekarang.

Kesimpulan

Cara membuat web portofolio sendiri pada penerapannya adalah dengan mencoba untuk melakukan trial and error terhadap pembuatan website itu sendiri. Selama anda mampu melakukan semuanya dengan baik, sudah pasti hal inilah yang akan bisa anda dapatkan dan terapkan didalamnya. Website anda akan menjadi sebuah masterpiece yang mana mampu menarik perhatian para pelanggan untuk melakukan kerjasama dengan anda. Di sinilah semua itu pun juga akan mampu anda capai dengan mudah. Sebuah portofolio yang baik dan istimewa akan mampu memberikan kepada anda sesuatu yang tepat dan terbaik didalamnya. Inilah yang nantinya akan mampu memberikan kepada anda sesuatu yang sangat istimewa.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.