Cara Membuat Web Desain untuk Pemula
Blog Tips Keren

Cara Membuat Web Desain untuk Pemula

Web Desain

Web desain sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini untuk menarik minat pengunjung agar senang berada di website Anda dan sering mengunjunginya. Mendesain website memang cukup rumit, namun tak akan menjadi sulit jika Anda menggunakan cara membuat web desain untuk pemula berikut ini.

1. Membuat Sketsa Desain

Buatlah sketsa homepage pada kertas, sehingga terdapat gambaran mengenai homepage yang sudah selesai dan bagaimana cara mengatur letaknya. Pembuatan sketsa ini akan sangat membantu untuk membuat desain web yang mempunyai daya saing. Sayangnya, banyak orang yang melewatkan langkah pertama ini. Sketsa atau wireframe ini menjadi sangat penting karena menjadi acuan awal bagaimana website akan dibentuk.

2. Membuat Layout Desain

Anda dapat membuat layout desain atau memvisualisasikannya dengan menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand untuk memperhalus sketsa desain yang telah selesai. Selain itu file gambar dengan ukuran yang cukup besar juga perlu dipecah sehingga halaman web bisa dibuka dengan cepat. Waktu loading website yang cepat juga merupakan kelebihan pada dunia web. Anda juga bisa membuat animasi menggunakan Macromedia Flash dan Gif Construction sebagai nilai tambah website yang dibuat sehingga dapat menarik pengunjung dan menjadi daya saing.

3. Tahap Coding

Tahap ini adalah tahap yang paling bisa membuat Anda sedikit stres. Eror (pesan kesalahan) akan mulai bersahabat dengan Anda. Namun hal ini sangatlah wajar dirasakan oleh para pembuat website, apalagi jika Anda adalah pemula. Proses pembuatan website tentulah melewati tahap bug and eror semacam ini. Coding bisa dilakukan melalui beberapa software pembuat website yang sudah banyak tersedia. Coding ini bisa menggunakan bahasa HTML, CSS, Javascript, Ajax, dan PHP. Ini yang membuat desain website dapat berinteraksi, bergerak, menarik minat pengunjung, hingga menyediakan form untuk diisi nama dan alamat email.

Coding

4. Programming dan Script

ASP, Borland Delphy, CGI, PHP, Visual Basic, dan Java Script digunakan untuk programming dan script pada web yang dibuat. Programming dan script ini bisa digunakan untuk pembuatan animasi background, animasi text dan lain-lain, sehingga halaman web yang ditampilkan menjadi lebih menarik. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai daya saing web yang dibuat.

5. Upload HTML

Agar semua orang bisa mengakses website yang telah selesai dibuat, diperlukan tempat yang disebut hosting. Software seperti Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Frontpage telah menyediakan fasilitas upload ini.

6. Memilih Hosting

Pemilihan hosting yang akan dijadikan sebagai tempat untuk mengupload website yang telah dibuat juga harus diperhatikan, sebab terdapat kelebihan dan kekurangan dari penggunaan hosting gratis maupun hosting yang berbayar dan mempunyai pengaruh cukup besar bagi daya saing website.

Salah satu penyedia hosting yang handal di Indonesia adalah Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting dan domain yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

Itulah beberapa cara dalam membuat web desain bagi para pemula. Pada dasarnya, website yang hebat adalah website yang mampu menghasilkan banyak trafic dan konversi dari produk atau jasa yang ditawarkan.