Tagline Unik Bikin Bisnis Melejit! Yuk, Pelajari Cara Membuatnya di Sini!

1 Apr 2023
Tagline Unik Bikin Bisnis Melejit! Yuk, Pelajari Cara Membuatnya di Sini! campaign-unlimited

Beberapa dari kamu mungkin saat ini sedang sibuk memikirkan cara mengembangkan brand-mu supaya lebih dikenal dan laris manis di pasaran. Hal ini banyak dialami oleh pengusaha di saat ini, lho. Meskipun begitu, sebenarnya kamu tidak akan kesulitan jika tahu strategi membuat tagline unik.

Sebagai salah satu bagian dari strategi pemasaran, tagline sudah dikenal cukup ampuh untuk memperkenalkan dan menyematkan sebuah brand di benak masyarakat. Umumnya, rasa familiar terhadap tagline sebuah brand mempengaruhi tingkat kepercayaan dan pilihan brand yang akan dibelinya.

Sudah siap untuk membuat tagline brand-mu? Sabar, mari kita pelajari terlebih dahulu sebelum mulai membuatnya. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut!

Apa Itu Tagline?

Tagline adalah kalimat singkat tentang penjelasan mengenai sebuah brand atau bisnis. Penjelasan ini haruslah mudah dipahami dan memiliki arti yang sesuai dengan “wajah” dari brand. Dilihat dari berbagai contoh tagline brand terkenal, semakin tagline unik dan singkat maka akan semakin mudah untuk diingat dan berkesan.

Dalam berbagai media, tagline biasanya dituliskan setelah nama atau logo brand. Pemakaian tagline berguna untuk mempresentasikan brand dengan sesuai dengan persepsi dan citra yang ingin ditampilkan dalam benak audiens. Tagline mencerminkan sebuah perusahaan atau brand secara keseluruhan.

Tidak sedikit orang yang mengenal tagline sama dengan slogan. Faktanya, tagline dan slogan adalah dua bagian yang berbeda. Tagline digunakan untuk merepresentasikan sebuah brand secara keseluruhan. Artinya, apapun topik promosi brand dalam berbagai media, nama brand akan tetap diikuti dengan tagline yang sama.

Sementara itu, slogan biasanya hanya digunakan dalam campaign promosi saja. Misalnya seperti campaign peluncuran produk baru, adanya pembaruan fitur, dan sebagainya. Dengan kata lain, slogan biasanya berbeda-beda, menyesuaikan dengan topik campaign yang sedang dipromosikan.

Manfaat Tagline untuk Bisnis

tagline unik

Penggunaan tagline unik dalam bisnis bisa memberikan banyak keuntungan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Sebagai Representasi Visi dan Misi

Tagline dapat mewakili visi dan misi dari sebuah bisnis atau brand. Seperti yang diketahui secara umum, visi dan misi adalah dua hal penting yang diperlukan oleh sebuah bisnis untuk terus mengembangkan diri. Padahal, tidak semua konsumen dapat menjangkau visi dan misi bisnismu dengan mudah.

Oleh sebab itu, tagline diperlukan untuk memudahkan konsumen mengetahui gambaran visi dan misi dari brand. Contohnya seperti tagline Teh Botol Sosro: Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro. Sosro rupanya memiliki visi menjadi perusahaan minuman yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, kapan pun dan di mana saja.

2. Memperkuat Identitas Brand

Tagline unik membantumu untuk membangun ikatan emosional dengan konsumen. Ikatan ini terbentuk dari value pada sebuah tagline yang memperkuat identitas brand. Sebagai contoh, kita bisa menilik tagline brand produk atletis, Nike.

Nike menggunakan tagline Just Do It yang memberikan pesan positif untuk memotivasi konsumennya yang merasa ragu dalam mengambil keputusan. Tagline motivasi ini menciptakan ikatan emosional antara konsumen dan brand Nike.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Kesadaran akan brand dapat ditingkatkan dengan penggunaan tagline. Kalimat tagline yang singkat dan unik membuatnya lebih mudah untuk diingat. Misalnya seperti tagline Susu Saya Susu Bendera. Tagline ini memudahkan konsumen untuk mengingat Frisian Flag sebagai brand susu andalan yang sekaligus membangun kesetiaan konsumen.

4. Membedakan Brand dengan Kompetitor

Fungsi tagline juga termasuk dengan menjadi pembeda brand dengan kompetitor. Tagline bisa digunakan untuk menarik konsumen sekaligus memperkenalkan Unique Selling Point dari sebuah brand. Kira-kira apa yang membuat brand milikmu lebih unggul atau berbeda dari produk lain di industri sejenis?

Jenis-jenis Tagline

tagline unik

Jika kamu ingin membuat tagline untuk bisnismu, jangan sembarangan ya. Tagline terbagi atas beberapa jenis. Masing-masing jenis tagline cocok dengan bidang bisnis tertentu. Nah, jadi tagline apa yang cocok untuk bisnismu? Yuk ketahui jenis-jenisnya terlebih dahulu di bawah ini:

1. Tagline Deskriptif

Seperti namanya, jenis tagline ini berisikan kata-kata atau kalimat yang berkaitan dengan deskripsi produk. Tagline ini sifatnya to the point menjelaskan tentang brand maupun keunggulannya. Salah satu contoh dari jenis tagline ini bisa ditemukan pada tagline brand Nano Nano, yakni Manis, asam, asin, rame rasanya.

2. Tagline Spesifik

Jenis berikutnya ini biasanya berisi keunggulan atau unique selling point dari brand. Kamu dapat menggunakan jenis tagline ini untuk membedakan brand milikmu dari kompetitor. Contohnya seperti tagline brand Sprite, yakni Nyatanya Nyegerin.

3. Tagline Imperatif

Tagline ini ditujukan untuk memberikan dorongan agar konsumen melakukan aksi yang diharapkan. Ciri khas dari tagline ini terdapat pada penggunaan kata kerja. Salah satu brand yang menggunakan tagline ini adalah Sanken dengan bunyi tagline: Santai, ada Sanken.

4. Tagline Superlatif

Jenis berikutnya ini digunakan untuk menyampaikan keunggulan brand dengan cara bold, tegas, dan percaya diri. Salah satu contohnya adalah brand Axe dengan tagline Wanginya Bikin Bidadari Lupa Diri.

5. Tagline Provokatif

Terakhir, seperti namanya tagline jenis ini menggunakan kalimat yang memprovokasi. Tidak jarang tagline ini biasanya digunakan dengan gaya bahasa yang menantang. Contohnya seperti tagline brand Rinso, Berani Kotor Itu Baik.

Cara Membuat Tagline Menarik

tagline unik

Akhirnya, sampailah pada pembahasan cara membuat tagline unik dan menarik. Sebelum membuat tagline brand milikmu, yuk simak apa saja tahapan yang perlu kamu lakukan berikut!

Sebelum membuat tagline akan lebih baik jika kamu mempersiapkan desain logo brand terlebih dahulu. Mengapa demikian? Sebab desain logo merupakan wajah brand yang dapat dilihat oleh audiens secara langsung. Tampilan dari logo brand akan berpengaruh pada jenis tagline seperti apa yang akan dibuat.

2. Ketahui Siapa Target Audiens Brand

Kepada siapa brand milikmu akan memasarkan produk atau jasanya? Coba kenali target audiens terlebih dahulu. Ketahui informasi demografi dari audiens yang ingin kamu jangkau. Dengan begitu, kamu bisa menentukan interest audiens, gaya bahasa yang cocok, dan sebagainya.

3. Tentukan Value Brand

Sekarang, membuat tagline unik adalah kewajiban bagi seluruh brand. Kini, tingkat persaingan semakin sengit, tampil beda boleh jadi pilihan paling tepat. Pastikan kamu mengetahui value proposition yang membuat brand milikmu lebih unggul atau berbeda dari kompetitor.

Contohnya pada tagline dari brand kecantikan Emina, Born to be Loved. Melalui tagline tersebut, Emina membawakan pesan bahwa semua orang berhak merasa dicintai dan nyaman dengan dirinya sendiri. Sekalipun sudah banyak brand kecantikan ternama, Emina membuktikan mampu stand out dengan value yang dihadirkan dalam tagline-nya.

4. Buat Ikatan Emosional Tertentu

Untuk membangun kesetiaan konsumen dan daya tarik yang lebih intense, kamu dapat menyelipkan pesan tertentu untuk membangun ikatan emosional. Misalnya seperti Emina dengan tagline-nya yang membawa pesan agar setiap orang percaya dirinya layak dicintai atau pesan motivasional yang terdapat pada tagline Nike.

5. Gunakan Tagline Brand Lain sebagai Referensi

Membuat tagline baru bukan berarti tidak perlu meninjau tagline dari brand lain. Justru akan lebih baik jika kamu mengenali tagline dari berbagai brand dalam industrimu. Gunakanlah sebagai referensi bukan acuan untuk ditiru. Tugasmu selanjutnya, ciptakan tagline yang berbeda dari seluruh referensi tagline tersebut.

6. Lakukan Brainstorming

Pada tahapan terakhir kamu hanya perlu melakukan brainstorm untuk menemukan ide yang tepat. Pastikan untuk selalu mencatat ide-ide yang muncul tak terduga. Di samping itu, perhatikan untuk berusaha jujur dan fokus dengan tujuan dibuatnya tagline tersebut.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat tagline unik untuk brand milikmu. Dengan memberikan tagline pada brand, kamu bisa mengembangkan bisnismu ke level yang lebih tinggi. Pastikan untuk mendefinisikan identitas dan value brand dengan jelas agar tagline dapat mudah dipahami dan tersampaikan dengan baik, ya.

Mengembangkan bisnis tidak bisa optimal tanpa mengonlinekannya. Bersama IDwebhost, kamu bisa mendapatkan berbagai layanan hosting berkualitas untuk membangun kredibilitas bisnismu di platform digital. Yuk, pelajari selengkapnya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022