Cara Membuat Tagline Promo yang Menarik
Blog Tips Keren Cara Membuat Tagline Promo yang Menarik

Cara Membuat Tagline Promo yang Menarik

Pernahkah Anda terbayang sebuah kalimat atau kata dari sebuah promosi?  Sesuatu yang melekat dalam ingatan Anda perihal sebuah produk atau jasa? Itulah kehebatan sebuah tagline. Nah, bagaimana cara membuat tagline promo yang menarik dan mempengaruhi audiens?

Anda sebagai pelaku bisnis tentu menyadari bahwa tagline menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan branding bisnis Anda. Namun, dalam membuat sebuah tagline  ternyata tidak semudah apa yang Anda bayangkan.

Sebagian dari Anda mungkin masih mengira bahwa tagline hanya kata-kata atau kalimat singkat yang tidak memiliki pesan atau arti penting. Karena sering kali memang dibuat seperti itu dalam sebuah promosi.

Namun, jika kita melihat lebih dalam, keberadaan tagline promo yang menari dapat menjadi sebuah alat digital marketing yang efektif guna meningkatkan brand awarenes. Maka, kita tahu bahwa tagline ini sangat penting dalam mendukung langkah atau strategi promosi yang kita buat.

Apa itu tagline? Kita telah mengulas banyak tentang tagline tetapi belum mendefinisikan! Tagline adalah kalimat singkat dan mudah diingat untuk tujuan branding sebuah produk barang atau jasa dari bisnis.

Kalimat singkat dalam bentuk tagline yang baik akan mampu menjelaskan suatu bisnis secara tepat dan akurat kepada calon pembeli. Lebih jauh dari itu, bahkan tagline akan melekat pada produk tersebut, sehingga konsumen tanpa sadar menyebutkan tagline untuk menyebutkan nama atau brand produk.

Pada umumnya tagline muncul berdampingan dengan logo atau simbol usaha dan digunakan untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis milik pesaing atau kompetitor.

Masih banyak pelaku bisnis yang menyamakan tagline dengan slogan. Hal ini karena memang memiliki kemiripan dalam pembuatan kalimat atau pemadatan kalimat menjadi kata-kata ringkas dan jelas.

Secara sederhana, tagline dibuat dengan tujuan merepresentasikan perusahaan atau brand secara keseluruhan. Sedangkan slogan adalah kalimat singkat yang dipakai untuk campaign atau memasarkan sebuah produk.

Nah, bagaimana cara membuat tagline yang bagus untuk bisnis? Membuat tagline yang menarik? Berikut caranya:

  1. Tagline Yang Menarik Itu; Jelas dan Singkat

Tagline Yang Menarik Itu; Jelas dan Singkat

Langkah pertama cara membuat tagline promo yang menarik adalah dengan melatih atau menyusun terlebih dahulu berbagai kalimat yang menjadi cermin atau akan Anda tonjolkan untuk produk atau brand Anda. Kemudian buatlah tagline dengan pesan yang jelas dan singkat.

Tagline menarik harus jelas dan singkat! Ini adalah rumus, dalam artian, kalimat yang Anda buat harus mampu menjelaskan segala sisi dari bisnis Anda. Mampu menjabarkan atau menginformasikan kepada calon konsumen tentang; apa produk Anda,  apa manfaat produk tersebut, keunggulan apa yang ditawarkan, dan apa tujuan bisnis Anda?

Jika Anda mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jelas dan singkat, kemudian Anda tes pada pasar atau audiens dan mereka menangkap maksud dari kalimat atau tagline Anda. Maka, Anda sudah berhasil membuat tagline dengan tepat.

Ingat, sangat penting untuk melakukan riset audiens, melakukan uji coba sebelum melepaskan tagline Anda kepada publik. Karena jangan sampai kalimat tagline Anda justru membingungkan konsumen Anda. Kunci pentingnya adalah buat kalimat yang singkat, padat dan bisa dipahami.

 

  1. Cara Membuat Tagline Menyesuaikan Dengan Apa yang Ditawarkan

Sesuaikan dengan Apa yang Ditawarkan

Pesan apa yang ingin Anda sampaikan dalam tagline promosi yang Anda buat? Pesan ini harus benar-benar sesuai dengan apa yang Anda tawarkan. Misalnya produk Anda atau brand Anda memiliki visi atau misi apa, jika itu yang harus Anda sampaikan maka tagline Anda harus seusia dengan tawaran tersebut.

Walau dalam membuat kalimat tagline begitu singkat dan padat, ini bukan berarti Anda tidak bisa menjelaskan bisnis Anda dengan baik.  Justru karena  singkat dan padat inilah tagline yang Anda ciptakan, harus bisa membuat konsumen Anda mudah mengenali produk atau layanan apa yang Anda tawarkan.

Contohnya ketika kita melihat atau mendengar tageline Singapore Airlines, yaitu “A great way to fly”. Dari tagline tersebut, kita tahu bahwa Singapore Airlines sedang berusaha menjelaskan tentang bisnis mereka yang mana menyediakan jasa transportasi dengan pelayanan terbaik.

 

  1. Tagline Yang Menarik Itu; Keunggulan dan Tujuan Bisnis

Tagline Yang Menarik Itu; Keunggulan dan Tujuan Bisnis

Cara membuat tagline promo yang menarik selanjutnya adalah dengan menonjolkan keunggulan dan tujuan bisnis Anda. Maka mulai dengan menjawab pertanyaan, apa saja keunggulan produk Anda? Apa yang membuat produk bisnis Anda berbeda dengan yang lain? Apa tujuan bisnis Anda di masa mendatang? Apakah tujuan bisnis Anda sejalan dengan konsumen Anda?

Ketika Anda sudah menemukan jawaban, kemudian mendapatkan satu keunggulan yang paling menonjol dari bisnis Anda, maka Anda bisa menjadikannya acuan untuk membuat tagline. Itu mengapa, dalam membuat tagline Anda harus benar-benar sudah selesai dengan tujuan atau keinginan dari bisnis Anda dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Sebagai contoh Tokopedia yang memiliki tagline “Selalu Ada, Selalu Bisa”. Melalui tagline tersebut, Tokopedia, berusaha untuk menjelaskan bahwa konsumen bisa mendapatkan berbagai produk di platform mereka, selalu ada dan selalu bisa.

Sehingga banyak kemudian konsumen yang memahami jika berbagai kebutuhan mereka ada di website toko online atau marketplace bernama Tokopedia, dan berbagai kebutuhan transaksi juga bisa dilakukan di Tokopedia, misalnya dengan memanfaatkan berbagai layanan atau fitur yang ada di Tokopedia.

Contoh lain adalah IDwebhost dengan tagline “Web Hosting Murah Indonesia” hal ini menginformasikan kepada konsumen bahwa ada layanan web hosting yang murah di Indonesia, bahkan memberikan harga web hosting Cuma Rp10.900. Pesan ini yang kemudian menjadikan IDwebhost sebagai satu-satunya penyedia layanan web terbaik dengan harga termurah di Indonesia.

Untuk membuktikan layanan murah yang ada di IDwebhost, silakan Anda cek sendiri domain murah atau juga paket layanan hosting murah, Anda akan menemukan berbagai penawaran hosting dan domain yang sangat murah dengan layanan kualitas terbaik.

  1. Cara Membuat Tagline  Dengan Memahami Siapa Target Konsumen Anda dan Buat Ajakan

Cara Membuat Tagline Memahami Siapa Target Konsumen Anda dan Buat Ajakan

Tagline Anda sudah menonjolkan sisi kelebihan atau tujuan utama dari bisnis Anda. Ini tidak cukup jika Anda tidak memahami siapa target konsumen Anda. Sekali lagi, jangan sampai tagline hanya Anda dan tim Anda yang memahami. Namun konsumen Andalah yang juga harus paham, dan mudah memahami tanpa perlu pikir panjang.

Maka, selain menonjolkan keunggulan bisnis, Anda juga bisa membuat tagline yang disesuaikan dengan siapa target konsumen Anda. Hal ini agar para audiens tahu apakah produk Anda ditujukan untuk mereka atau bukan.

Selain itu penting juga untuk membuat tagline yang bersifat ajakan, alias persuasif. Hal ini agar konsumen mudah mengingat produk Anda.  Misalnya tagline yang sudah melekat dimasyarakat yaitu milik Tolak Angin taglinenya “Orang pintar minum Tolak Angin”.

Nah, dari cara-cara di atas apakah Anda sudah siap untuk membuat tagline bisnis Anda? Semoga pembahasan kali ini tentang cara membuat tagline promo menarik dapat memberi gambaran bagi Anda dalam membuat tagline. Ingat, untuk kebutuhan layanan web hosting murah hanya di IDwebhost. Terima kasih telah membawa, semoga bermanfaat, salam Ari IDwebhost.