Cara Membuat Sitemap di WordPress
Blog Tips Keren Cara Membuat Sitemap di WordPress

Cara Membuat Sitemap di WordPress

Membuat sitemap di wordpress

Sebelum kita mempelajari mengenai cara membuat sitemap, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu sitemap. Sitemap atau peta situs adalah alat bantu yang digunakan webmaster (pengelola blog) dalam hal untuk memperkenalkan seluruh isi situs mereka kepada search engine (mesin pencarian). Dalam arti yang sebenarnya, hal ini bertujuan untuk mempermudah terjadinya Crawl (Perayapan) yang dilakukan oleh mesin pencari sehingga website Anda akan lebih mudah untuk ditemukan.

Keuntungan Sitemap Pada Sebuah Website

Website yang memiliki sitemap di dalamnya tentu dapat memperoleh keuntungan lebih, diantaranya:

  1. Memungkinkan halaman pada website mudah ditemukan oleh search engine dan dapat terindex lebih cepat.
  2. Sitemap dapat memberitahu search engine mengenai perubahan pada struktur dari website.
  3. Memudahkan search engine melakukan pengindexan pada website yang memiliki banyak halaman dan tidak terstruktur atau tidak memiliki internal link.

sitemap wordpress

Cara Membuat Sitemap di WordPress

Setelah Anda mengetahui apa itu sitemap dan apa saja keuntungannya, maka berikut adalah beberapa cara dalam membuat sitemap di WordPress.

Buat Sitemap XML pada WordPress

Sitemap XML pada WordPress dapat dibuat dengan beberapa cara berbeda. Pada artikel ini, Anda akan belajar bagaimana menambahkan sitemap dengan menggunakan dua plugin berbeda.

  1. Menggunakan Yoast SEO

Plugin Yoast SEO adalah salah satu plugin yang cukup populer dan berguna untuk meningkatkan SEO pada website WordPress. Selain itu, plugin ini dapat membantu Anda membuat sitemap XML. Ikuti langkah di bawah ini untuk menambahkan sitemap XML ke website WordPress Anda:

–          Instal dan aktifkan plugin Yoast SEO

–          Setelah plugin sudah diaktifkan, silakan pilih menu SEO > Features dan aktifkan bagian Advanced settings pages.

–     Fitur ini akan mengaktifkan sitemap XML untuk website WordPress Anda dan menu XML Sitemaps akan muncul di bawah menu SEO. Pada bagian ini Anda dapat mengatur setingan seperti Max entries per sitemap.

–          Melalui cara tersebut, Anda sudah berhasil membuat sitemap XML dengan menggunakan plugin. Anda dapat membuka URL sitemap pada link Your XML Sitemap.

  1. Menggunakan Google XML Sitemaps

Plugin ini membuat sitemap untuk semua halaman WordPress dan kustom URL. Selain itu, secara otomatis akan memberitahu search engine jika ada konten baru di terbitkan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

–          Instal dan aktifkan plugin Google XML Sitemaps

–          Setelah plugin diaktifkan, secara otomatis akan menghasilkan sitemap untuk website Anda.

–          Untuk mengeceknya, silakan akses URL sitemap melalui menu Settings > XML Sitemap.

Buat Sitemap HTML untuk WordPress

Cara dalam membuat sitemap HTML adalah sebagai berikut:

–          Instal dan aktifkan plugin WP Sitemap Page pada website Anda.

–          Buat halaman baru dan tambahkan shortcode berikut pada postingan [wp_sitemap_page]

–          Silahkan Publish dan untuk melihat perubahan silakan akses URL halaman tersebut.

Submit Sitemap XML ke Search Engine

Setelah sitemap XML website Anda sudah berhasil dibuat, kami merekomendasikan untuk mensubmitnya ke Google search console tool. Langkah pertama untuk mensubmit sitemap Anda melalui Google search engine console adalah memverifikasi kepemilikan website Anda.

Submit Sitemap XML ke Bing

Bing adalah search engine selain Google yang Anda perlukan untuk mensubmit sitemap website. Sama halnya seperti mensubmit ke Google, Anda juga perlu untuk melakukan verifikasi website Anda terlebih dahulu. Untuk verifikasi blog ke Bing, pastikan Anda sudah membuat akun microsoft. Pada proses verifikasi, silakan masukkan sitemap XML website Anda dan tekan tombol Add.

Itulah beberapa cara untuk membuat sitemap pada website Anda. Selain membuat sitemap, hal terpenting dalam membangun website yang sukses adalah web hosting dan nama domain yang digunakan. Kini, Anda dapat menggunakan layanan web hosting dan domain dari Idwebhost. Mereka menyediakan berbagai fitur menarik seperti server yang handal, kemudahan mengakses, layanan 24 jam, hingga harga paket yang terjangkau. Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan website Anda menggunakan Idwebhost.