Cara Membuat Script Phpinfo Untuk Diterapkan Pada Website
Blog Tips Keren Cara Membuat Script Phpinfo Untuk Diterapkan Pada Website

Cara Membuat Script Phpinfo Untuk Diterapkan Pada Website

Cara membuat script phpinfo akan memberikan kemudahan kepada anda untuk menjalankan konfigurasi yang tepat pada server website anda. Ada beberapa parameter tentunya yang harus anda penuhi terlebih dahulu. Saalah satunya adalah anda minimal membutuhkan verspi PHP dari 5.2.4 untuk bisa melakukannya dengan baik. Beberapa pengaturan PHP yang sebaiknya anda miliki tergantung dari server yang anda miliki. Dengan memanfaatkan semua itu, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda peroleh dan capai di dalamnya. Hal tersebut juga akan bisa anda peroleh dengan cara yang signifikan dan tepat. Dengan memahami cara membuat script phpinfo tersebut, anda akan bisa menerapkannya dengan baik pada website yang anda punyai di dalamnya. Adanya manfaat tersebut akan langsung memberikan anda semua yang anda butuhkan di dalamnya.

Sebelum memulai cara membuat script phpinfo ini, yang perlu anda persiapkan adalah akun yang bisa mengakses control panel hosting anda. Akun ini juga dinamai sebagai akun FTP. Jadi dengan menerapkan cara dan metode yang tepat, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang nantinya akan bisa anda dapatkan di dalamnya. Dengan memeriksa secara mendalam informasi PhP tersebut melalui Control Panel hosting, anda akan bisa mendapatkan semua yang anda mau dan inginkan dengan mudah. Cara semacam ini memang sangat nyaman dilakukan karena nantinya anda tidak perlu bikin lagi file baru atau tambahan apapun di akun hosting yang anda punyai. Selain itu, fitur PhP info ini juga akan bisa anda peroleh pada kategori advanced di dashboard yang anda punyai juga.

Apa Yang Harus Anda Lakukan?

 

Cara Membuat Script Phpinfo
idwebhost

 

Nantinya dalam cara membuat script phpinfo ini anda akan dibawa ke halaman yang mana isinya tentang versi PhP yang ada saat ini, selain itu juga ada info tambahan mengenai nilai dan module yang ada didalamnya. Silahkan menggeser layar ke bawah dan nantinya anda akan menemukan informasi dari fungsi/modul tersebut. Kemudian tekan CTRL + F supaya anda bsia mendapatkan atau memunculkan kotak pencarian informasi yang ada di browser anda ini dan mendapatkan semua yang anda inginkan dengan mudah didalamnya. Hal tersebut akan semakin memudahkan anda untuk memperoleh semua yang anda butuhkan tersebut.

Bagaimana Jika Hosting Tidak Menyediakan Alat Fitur Tersebut?

Cara membuat script phpinfo masih bisa anda lakukan kendati pihak jasa domain hosting yang anda gunakan tidak menyediakan fitur yang tersedia di opsi pertama tersebut. Anda tidak perlu cemas dan khawatir karena kini semuanya akan bisa anda lakuka dengan mudah. Guna bisa mendapatkan hasil yang sama, tentunya ada file khusus yang harus anda persiapkan dan tersedia dalam akun hosting yang anda gunakan tersebut. File inilah yang nantinya akan anda gunakan atau pakai untuk mengakses web browser PhP itu sendiri.

Panduan cara membuat script phpinfo adalah sebagai berikut. Dalam hal ini, anda akan menggunakan file yang ada di computer pribadi anda. Jadi tidak lagi menggunakan File Manager seperti cara pertama yang ada di atas. Hal ini bisa anda lakukan dengan mudah dan nantinya anda bisa melakukannya dengan mengakses control panel akun hosting. Kemudian, silahkan pilih File Manager – Buat File Baru. Biasanya ini akan tersedia dengan nama New File Name. Disini setelah ketemu maka ketikan phpinfo.php yang terdapat pada kolom di nomor yang kedua. Dengan cara tersebut, maka anda akan bisa mendapatkan pencerahan secara jelas dan gambling terkait di folder mana anda akan bisa menyimpan file tersebut.  Apabila semua sudah selesai dengan baik, yang harus anda lakukan hanyalah dengaan menekan tombol create new file dan nantinya file tersebut akan bisa anda gunakan dengan mudah.

Proses Pengeditan File

Untuk cara membuat script phpinfo dalam hal pengeditannya, pastikan bahwa anda sudah mempunyai file kosong baru tersebut yang nantinya akan anda tambahai dengan phpinfo.php. Dalam hal ini, anda bisa melakukannya pada halaman directory public_html yang ada didalamnya. Jika sudah ketemu maka langsung saja tekan tombol edit guna mengubah isi dari file tersebut dengan segera dan pasti sekarang juga. Anda kini akan bisa melakukannya dengan mudah dan signifikan guna mendapatkan hasil yang lebih baik dan tepat di dalamnya.

 

Cara Membuat Script Phpinfo
idwebhost

 

Apabila sudah selesai maka copy saja code baris berikut di text editor yang anda miliki:

<?php

Phpinfo() ;

?>

Setelah semuanya selesai dengan baik, maka anda bisa mencoba masuk ke tahapan yang selanjutnya yakni dengan menekan opsi Save Changes yang ada didalamnya untuk mendapatkan semua yang anda perlukan didalamnya. Apabila langkah tersebut sudah anda terapkan maka kini anda sudah bisa memulai proses pengeditiannya. Anda bisa menggunakan aplikasi FTP untuk semakin memudahkan anda. Disini yang perlu ditekankan adalah gunakan file text editor untuk membuat file bernama phpinfo.php di computer anda. Kemudian masukan kode yang disebutkan di atas juga. Lalu untuk finalisasi, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi FTP dan kemudian letakan saja di folder public_html yang ada didalamnya. Anda pun akan bisa memperoleh hasil maksimal yang anda butuhkan didalamnya.

Cara Memeriksa Informasi PHP Di Browser

Tahap cara membuat script phpinfo ini masih belum selesai, anda juga harus mengikuti tutorial untuk memeriksa informasi tentang php yang ada pada browser anda. Cara ini bisa anda lakukan jika anda sebelumnya sudah membuat file php yang ada di direktori public_html. File tersebut bernama phpinfo.php seperti yang dijelaskan di atas. Cobalah untuk memasukan nama domain anda kemudian di akhiri dengan phpinfo.php. Dari sini anda akan melihat hasil aksesnya di website anda yang menunjukan bagaimana informasi tersebut sudah terekam didalamnya.

Baca Juga: Panduan Migrasi Blogger ke WordPress Tanpa Kehilangan Google Ranking

 

Cara Membuat Script Phpinfo
idwebhost

 

Dari halaman php tersebut anda akan mampu memperoleh informasi yang real time mengenai semua pengaturan PhP yang anda miliki. Untuk menemukan value atau konfigurasi tertentu, anda tak perlu menggerakan cursor mouse dan mencarinya secara manual satu per satu. Cukup dengan menekan tombol control F dan nantinya anda akan mendapatkan sendiri semua yang anda inginkan tersebut. Itulah tutorial yang bisa anda ikuti tentang bagaimana caranya yang bisa anda terapkan guna membuat file phpinfo tersebut. Lakukan settingan dengan benar guna mendapatkan hasil yang lebih baik dan maksimal pula.

Jika perlu anda dapat menjalankan software khusus yang nantinya memudahkan anda menerapkan cara membuat script phpinfo atau metode yang satu ini. Sebetulnya semua terbilang simple dan bisa anda gunakan dengan mudah. Pada beberapa kondisi, anda mungkin membutuhkan akses ke phpinfo.php ini supaya tau dan jelas apa konfigurasi atau value yang ingin anda edit.  Dengan demikian, anda pun akan bisa mencapai solusi yang anda butuhkan dengan mudah. Pada dasarnya itu semua memang gampang diterapkan.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.