Cara Membuat Menu dan Sub Menu Di WordPress
Blog Tips Keren

Cara Membuat Menu dan Sub Menu Di WordPress

Cara membuat menu dan sub menu di WordPress akan bisa anda lakukan dengan mudah jika anda pahami caranya. Terutama jika anda pemilik website yang telah memakai jasa hosting domain. Seperti yang anda ketahui menu adalah bagian yang sangat penting dalam membuat sebuah website. Dengan adanya sejumlah menu pada website maka pengunjung akan bisa tau apa saja fitur yang disediakan di web terkait. Serta mereka bisa menuju ke direktori informasi yang diinginkan. Misalnya bagi anda yang memiliki toko online, sejumlah menu yang anda inginkan mungkin adalah gallery produk, contact yang bisa dihubungi, testimony pelanggan yang puas, profile toko online, dan lain sebagainya. Dengan menyediakan menun tersebut, para pengunjung akan bisa paham detail toko online yang anda buka tersebut.

Selanjutnya untuk keperluan web informasi, biasanya menu akan dibagi menurut kategori berita yang ada didalamnya misalnya menu khusus berita news, berita hype, berita teknologi, berita mancanegara dan lain sebagainya. Dengan bantuan WordPress maka anda akan bisa menciptakan menu yang anda inginkan sesuai kebutuhan. Menu apapun yang anda tulis akan tampil dalam halaman depan situs kebanggaan anda. Berikut adalah cara membuat menu dan sub menu di WordPress:

Cara Membuat Menu di WordPress

Cara Membuat Menu dan Sub Menu Di WordPress
idwebhost

Cara membuat menu di WordPress tentunya tidaklah susah. Anda bisa melakukannya dengan menerapkan beberapa langkah yang ada dibawah ini.

  • Pertama, tahap awal yang bisa anda lakukan adalah dengan login terlebih dahulu ke dashboard akun WordPress anda. Setelah itu silahkan memilih menu apperanance yang tersedia di bagian sebelah kiri kolom WP tersebut.
  • Setelah masuk ke Appearance, anda bisa memilih pilihan Menus. Disini anda bisa menentukan apa nama profile untuk menu yang anda buat tersebut. Anda bisa menciptakan beberapa profile menu yang diinginkan. Setelah itu, anda tinggal memilih Create Menu yang tersedia didalamnya.
  • Selanjutnya, anda tinggal mengeset di lokasi mana menu tersebut akan ditampilkan. Anda bisa menampilkannya di tiga pilihan yang tersedia yakni social, secondary, dan primary.
  • Untuk bisa memunculkan semua pilihan menu yang tersedia, anda bisa memilih kategori View All yang tersedia di Pages. Disini akan muncul semua opsi menu yang sebelumnya telah anda buat, baik itu anda ketik secara manual, atau category yang terdapat pada postingan.
  • Setelah memilih mana menu yang akan dimunculkan dalam website, anda bisa memilih kolom Add to Menu.
  • Lokasi yang paling umum adalah primary. Jadi set lokasi menu anda di primary. Anda bisa memilih secondary atau social jika menginginkannya. Tapi untuk amannya anda bisa memilih meletakan menu di bagian primary saja. Setelah semua selesai anda bisa menekan tombol Save Menu untuk menyimpan Menu yang telah anda buat tersebut.

Cara Membuat Sub Menu di WordPress

Cara Membuat Menu dan Sub Menu Di WordPress
idwebhost

Setelah selesai dengan cara membuat menu, maka masuk ke tahap selanjutnya yakni bagaimana caranya membuat sub menu di WordPress tersebut. Sub menu merupakan tampilan menu drop down yang akan muncul pada saat pengunjung mengarahkan kursornya ke menu utama. Cara membuat sub menu cukup mudah.

  • Tentukan terlebih dahulu apa nama sub menu yang anda inginkan. Misalnya jika menu tersebut tentang produk, anda bisa membaginya dalam beberapa kategori produk secara spesifik, misalnya untuk toko online, menu utamanya adalah produk, sub menunya adalah elektronik, rumah tangga, perlengkapan kantor, dan lain sebagainya.
  • Setelah menentukan nama dari sub menu tersebut, anda bisa masuk ke tahap selanjutnya yaitu melakukan drag and drop menu tersebut di bagian bawah menu utama. Jika anda berhasil melakukannya maka akan muncul pilihan sub item di sebelah kanan menu yang anda buat tersebut.
  • Anda juga bisa menambah tautan ke website lain di menu navigasi yang anda buat. Misalnya jika ada visitor yang menekan menu tersebut, maka mereka akan menuju langsung ke bagian website lain yang anda masukan. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara memilih menu Custom Links. Disini tulis judul dari menu yang akan anda buat, selanjutnya pada bagian bawahnya tinggal anda pilih Link Text yang anda inginkan.

Tips Membuat Menu Yang Bagus di WordPress

Cara Membuat Menu dan Sub Menu Di WordPress
idwebhost

Cara membuat menu juga tidak boleh sembarangan. Anda harus membuat menu yang tepat dan enak dipandang. Pasalnya, hal ini akan membuat visitor web anda tidak bingung pada saat berkunjung ke situs yang anda miliki tersebut. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan user experience atau pengalaman pengguna yang lebih baik. Berikut adalah tips yang wajib anda terapkan didalamnya.

  1. Jangan Buat Terlalu Banyak Menu

Cara membuat menu yang bagus adalah memahami limit atau batas dari jumlah menu yang anda buat tersebut. Alangkah baiknya jika anda membuat menu maksimal tujuh. Jangan lebih dari itu. Pasalnya, sejumlah penelitian menunjukan bahwa 7 adalah angka yang baik. Hal ini dikarenakan otak manusia hanya memiliki memory jangka pendek yang mampu menyimpan tujuh item saja. Secara psikologis tentu saja ini akan bagus untuk website yang anda buat.

  1. Jangan Terlalu Banyak Menyediakan Menu Drop Down

Supaya situs anda tidak terkesan ribet dan tampil sederhana, maka alangkah baiknya anda memberikan menu drop down dengan jumlah yang terbatas. Jangan terlalu banyak menyediakan menu drop down karena ini akan membuat situs anda terlihat kurang sedap dipandang mata. Penuhnya opsi menu juga akan membuat orang bingung sebetulnya apa fokus dari website anda ini.

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Anda Upgrade Ke Dedicated Hosting?

  1. Utamakan Desain Menu Website Yang Responsif

Desain yang responsif juga adalah bagian dari pengalaman pengguna yang paling penting. Dengan memanfaatkan website yang responsif, sudah pasti pengunjung akan bisa mengakses situs anda dengan loading yang lebih cepat. Terlalu banyak menu yang unik dan tumpang tindih hanya akan membebani server dari website anda. Hasilnya, ini juga akan berpengaruh pada user experience.

  1. Jangan Lupa Menyediakan Menu Profile dan Contact

Ini adalah bagian penting dari menu-menu yang anda buat di sebuah website. Pastikan anda membuat menu profile dan contact ini agar nantinya anda bisa mendeskripsikan kepada para visitor tentang perusahaan anda dan juga contact yang bisa dihubungi untuk keperluan kritik dan saran.

Kesimpulannya

Itulah beberapa cara membuat menu dan sub menu yang bisa anda terapkan sekarang juga. Dengan memberikan menu, maka visitor akan bisa lebih mudah untuk memahami apa isi dari website anda. Serta anda juga akan bisa memberikan arahan yang jelas kepada kepunjung di bagian mana sebaiknya mereka berkunjung di situs anda. Jika anda ingin cara yang lebih praktis dalam mengatur desain dari menu tersebut, anda bisa masuk ke bagian Appearance à Customisize. Disini anda pun akan menentukan sendiri tampilan dan urutan menu seperti apa yang anda inginkan.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.