Cara Membuat Logo Secara Online dengan Gratis untuk Pemula

Cara Membuat Logo Secara Online dengan Gratis untuk Pemula campaign-unlimited

Bisnis membutuhkan logo untuk mengidentifikasi produk atau layanan brand di antara pelanggan. Namun tak hanya itu fungsi penggunaan logo. Desain logo yang dibuat dengan cermat memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan dan memperluas target pasar. Sahabat IDwebhost, tahukah Kamu cara membuat logo profesional untuk bisnis?

Dunia bisnis modern sangat bergantung pada komunikasi efektif dengan para calon pelanggan potensial mereka. Pemilik bisnis membuat strategi untuk memastikan bahwa orang dapat berinteraksi dengan bisnis mereka. Maka tak heran, banyak entitas bisnis hari ini yang mulai memperhatikan aspek visual mereka.

Saat ini, logo bukan hanya symbol bisnis untuk mengidentifikasi perusahaan atau layanannya, tetapi juga membantu memperkuat merek. Bahkan logo yang dirancang oleh desainer profesional pun demikian. 

Memperhatikan pentingnya sebuah logo, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sahabat IDwebhost semua tentang cara membuat logo secara online gratis untuk pemula. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengapa Logo Penting Untuk Sebuah Bisnis? 

Membuat Logo Secara Online

Di mata konsumen, menemukan produk yang tepat tak ubahnya seperti memilih jodoh. Dan sebagai brand, sudah tentu Kamu harus mencoba untuk menarik konsumen agar jatuh cinta dengan produk yang sedang Kamu tawarkan.

Logo memberikan kontribusi untuk membuat bisnismu mendapatkan first impression yang positif dari masyarakat. Logo tersebut berguna untuk memberikan informasi pada calon konsumen tentang produkmu. 

Baca Juga : Rich Snippet dan Featured Snippet, Apa Saja Manfaatnya?

Karena logo akan menjadi identitasmu, dan akan melekat pada semua media promosi, seperti header website, kemasan produk, hingga pada kartu nama. Desain logo yang bagus tak hanya memiliki kekuatan untuk mengkomunikasikan apa yang sedang kamu perjuangkan, tetapi juga menimbulkan kesan pertama yang baik

Cara Membuat Logo Secara Online

Berkat kemajuan teknologi, membuat logo untuk bisnis kini tak lagi dimonopoli oleh orang-orang yang memang memiliki kemampuan desain mumpuni. Tak perlu khawatir, di luar sana ada banyak sekali website yang mengakomodasi orang yang tidak memiliki skill desain tingkat ahli tapi ingin membuat logo sendiri. 

Salah satu website yang dapat dicoba untuk membuat logo adalah Logomakr. Website yang satu ini menawarkan kemudahan untuk membuat logo bisnis sendiri. Berikut ini adalah cara membuat logo secara online menggunakan Logomakr. 

 Langkah 1 

Langkah pertama, silakan buka website Logomakr di logomakr.com. 

Membuat Logo Secara Online

Langkah 2 

Selanjutnya, Kamu akan diarahkan ke halaman website mereka dan nantinya akan muncul jendela video tutorial cara menggunakan website logo maker yang satu ini. Silakan tonton video tersebut agar Kamu paham fitur-fitur yang ada di Logomakr dan tahu cara menggunakannya. Setelah melihat video tutorial singkat tersebut, Kamu bisa menutupnya,dan akan diarahkan ke halaman kerja Logomakr, di mana Kamu bisa berkreasi membuat logo. 

Langkah 3 

Saatnya untuk membuat logomu sendiri. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan tools Teks dan membuat tulisan. Misalnya membuat tulisan “IDwebhost”. 

Membuat Logo Secara Online

Langkah 4 

Kemudian, Kamu bisa memasukkan logo yang diinginkan. Misalnya, teknologi sangat lekat dengan hal-hal yang simpel. Kamu bisa memilih logo Shape di kotak pencarian. Silakan pilih gambar nama yang ingin dipilih. 

Langkah 5 

Lakukan drag and drop pada halaman kerja, di mana Kamu sedang mendesain logo bisnis. Sesuaikan posisi di mana Kamu ingin meletakkan gambar tersebut. Kamu juga bisa menyesuaikan warna pada logo dengan gambar yang sudah Kamu letakkan. Usahakan warna yang digunakan merupakan warna yang dapat menarik perhatian pelanggan. 

Tips Membuat Logo Untuk Bisnis

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Kamu perhatikan ketika akan membuat desain logo untuk bisnis: 

1. Merefleksikan Bisnismu

Tips pertama saat membuat desain logo,Kamu harus memastikan bahwa logo yang dibuat cukup merefleksikan bisnismu. Mulai dari pemilihan warna dan gambar yang dipakai, agar pesan yang Kamu bawa tersampaikan pada audiens.

Pastikan konsumen yang menjadi target menangkap pesan dari logo milikmu. Mereka akan dengan mudah menangkap nilai dan atribut. Jadi. 

2. Logo Harus Memberikan Impresi Positif Pada Audiens

Ketika membuat logo, pastikan logo yang Kamu buat dapat memberikan impresi yang bagus pada target audiens. Hanya melihat logo saja, orang akan terpesona dan terpikat. Fungsi logo untuk brand akan menarik pelanggan lagi dan lagi, setelah dapat memberikan kesan desain yang baik.

Baca Juga : Hindari Kesalahan Ini Saat Menentukan Keyword di Adwords

Untuk menciptakan kesan, yang baik, pastikan logo mu cukup unik dan hadir dengan konsep yang fresh. Sehingga logo brand mu akan terlihat berbeda dari yang lainnya. 

3. Gunakan Warna-Warna Cerah

Saat menentukan warna untuk desain logo, Kamu harus paham apa yang disebut dengan color wheel. Color wheel akan membantumu untuk memilih warna, atau menjadi panduan untukmu. Dalam color wheel terdapat tiga komponen warna yang harus diketahui. Berikut ini adalah ketiga unsur tersebut:

  • Complementary colors: Bisa disebut dengan warna komplementer. Kombinasi ini terletak berseberangan satu sama lain pada color wheel. Warna komplementer ini menghadirkan dua kombinasi warna dan menciptakan tampilan yang dinamis. 
  • Analog Colors: Warna analog terletak berdekatan dalam color wheel. Sangat cocok untuk Kamu yang menginginkan logo memiliki tampilan yang harmonis.
  • Triadic color: Warna triadik berasal dari tiga bagian yang sama pada color wheel. Pemilihan warna dengan metode ini akan memberikan pilihan warna yang berani.

4. Perhatikan Pemilihan Font

Pemilihan jenis font atau huruf menjadi hal lain yang tak boleh disepelekan saat membuat logo. Banyak desainer di luar sana yang tidak memberikan perhatian lebih pada tipografi dan malah memilihnya secara acak. Padahal, pilihan tipografi juga tak lepas dari identifikasi merek. 

Jika memungkinkan, gunakan font unik milikmu sendiri yang memang dibuat khusus untuk logo. Salah satu caranya dengan membuat custom font yang banyak tersedia di internet. Berikut adalah tiga tipe tipografi dasar yang akan membuat logo terkesan unik:

Seriff fonts

Yang pertama adalah font Seriff. Font ini memberikan kesan klasik dan mewah. Penggunaannya fleksibel, dan cocok di semua jenis desain. Tetapi memang paling cocok diaplikasikan pada desain bergaya klasik dan vintage.

Sans Seriff

Yang kedua ada Sans Seriff. Font ini terlihat modern dan sangat clear. Ia tidak mempunyai lengkungan kecil di kaki huruf yang membuatnya terlihat simple dan minimalis. Sans Seriff cocok untukmu yang ingin membuat logo bergaya modern dan kekinian.

Script

Font Script akan mengingatkanmu pada tulisan tangan. Ada banyak variasi dari font ini. Dari font kaligrafi yang elegan hingga yang sederhana dan minimalis. Jika Kamu ingin membuat logo yang merepresentasikan persona yang kuat, font ini bisa menjadi pilihan. 

Penutup

Logo tak hanya sekedar gambar atau kata-kata. Tetapi harus dapat merefleksikan brand. Semoga artikel dapat memberikan informasi tentang cara membuat logo secara online gratis untuk pemula. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website hanya di IDwebhost.  

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019