Cara Membuat Live Chat Di WordPress
Blog Tips Keren Cara Membuat Live Chat Di WordPress

Cara Membuat Live Chat Di WordPress

Cara membuat Live Chat di WordPress bisa anda terapkan dengan mudah dari sekarang. Dalam membuat sebuah website, pastinya anda juga menginginkan adanya fitur chatting yang memudahkan pengunjung untuk berkomunikasi kepada anda ketika mereka bertanya tentang suatu produk atau jasa. Hal ini jelas menjadi sebuah hal yang sangat penting. Untuk itulah cara membuat Live Chat di WordPress menjadi sebuah pengetahuan yang wajib anda ketahui. Kenapa? Karena ini akan membuat website yang dimiliki menjadi lebih efisien dan berguna. Dalam beberapa kasus anda juga akan bisa selalu Live 24 jam dan memberikan kemudahan kepada pembaca untuk berinteraksi dengan anda.

Mengapa Anda Memerlukan Live Chat?

Sebelum membahas mengenai cara membuat Live Chat di WordPress, anda pastinya harus tahu terlebih dahulu alasan dan manfaat dari penggunaan fitur yang satu ini. Di sinilah anda akan bisa memberikan respon yang cepat bagi pengunjung yang ingin bertanya lebih jauh didalamnya. Tak hanya itu saja, ini juga akan mampu membuat website yang anda miliki terlihat menjadi lebih profesional dan istimewa didalamnya. Anda juga bisa menggunakan fitur yang satu ini dalam rangka memberikan kemudahan kepada anda untuk mencapai yang diinginkan.

 

cara membuat live chat
idwebhost.com

 

Di sisi lain, hal tersebut juga akan sangat mempengaruhi anda dalam mendapatkan yang diinginkan. Anda perlu tahu bahwa ada beberapa karakter dari pengunjung yang tidak ingin ribet dan mau langsung berbincang dengan anda. Apabila anda ingin melakukan semuanya dengan mudah, sudah pasti yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan fitur Live Chat itu sendiri. Di sinilah anda juga akan bisa meningkatkan konversi terhadap calon pelanggan yang ada didalamnya. Pada akhirnya nanti inilah keuntungan yang akan mampu dan bisa anda capai didalamnya.

Plugin Live Chat Yang Bisa Anda Gunakan

Ada banyak sekali pilihan plugin yang akan bisa anda pergunakan. Di sinilah anda akan mampu menerapkan cara membuat Live Chat di WordPress tersebut dengan lebih gampang. Dengan memanfaatkan plugin terkait, sudah pasti anda akan mampu berkomunikasi didalamnya dengan mudah dan cepat. Berikut adalah opsi yang bisa anda pergunakan:

WP Live Chat Support

Pertama, anda bisa menerapkan cara membuat Live Chat di WordPress dengan menggunakan WP Live Chat Support. Dengan memanfaatkan plugin yang satu ini maka anda akan mampu mendapatkan kemudahan menjadi CS atau Customer Support dari website yang anda miliki tersebut. Ini akan memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan user lebih mudah. Dalam beberapa kasus, anda juga akan bisa menjawab permasalahan yang dialami user dengan lebih gampang lagi.

Live Chat By Formilla

Tentu saja ada banyak fitur tambahan lainnya yang bisa anda gunakan sebagai cara membuat Live Chat di WordPress, salah satunya adalah Live Chat By Formilla. Di satu sisi ini akan memberikan kepada anda kemudahan yang anda butuhkan didalamnya. Cara mendapatkan lebih banyak keuntungan dari fitur ini akan bisa anda peroleh dengan mudah. Anda juga bisa lebih mudah memonitor aktivitas yang dilakukan user dengan menggunakan fitur yang satu ini.

 

cara membuat live chat
idwebhost.com

Click To Chat For WhatsApp Chat

Ini adalah sebuah plugin yang sangat istimewa dan akan langsung menambahkan tombol chat yang langsung serta merta terhubung ke WhatsApp. Dengan adanya plugin yang satu ini maka akan langsung memberikan kemudahan kepada anda dalam berkomunikasi dengan pengguna lewat WhatsApp saja. Jadi saat ada pesan masuk maka pesan itu akan terkirim sebagai chat ke WA anda. Di sinilah anda bisa fast respond dalam menjawab pertanyaan user yang datang ke website terkait.

Cara Membuat Live Chat Di WordPress

Sekarang mari kita masuk pada tahap sebenarnya dalam cara membuat Live Chat di WordPress. Cobalah untuk mengikuti beberapa panduan yang akan dijelaskan di bawah ini:

  • Pertama, masuklah terlebih dahulu di bagian plugins. Kemudian cari WP Live Chat Support yang terkandung dalam search bar. Didalamnya anda bisa memulai untuk mencari plugin yang anda butuhkan didalamnya.
  • Jika sudah selesai, maka yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan instalasi didalamnya. Caranya adalah dengan memilih tombol Install Now. Kemudian jika sudah melakukannya, maka langsung saja melakukan Activate.
  • Untuk sejumlah pengaturan yang umum dalam cara membuat Live Chat di WordPress ini, anda bisa mencoba untuk masuk pada bagian General Settings. Di sinilah anda akan bisa mendapatkan kemudahan untuk melakukan pengaturan yang anda perlukan, mulai dari Required Chat Box Fields dan juga Default Visitor Name yang terdapat didalamnya.
  • Anda juga bisa mengatur Chat transcript settings. Dimana pada bagian ini anda akan bisa lebih mudah mengirimkan transkrip percakapan tersebut ke user sehingga nantinya mereka akan memberikan rating atau penilaian yang ada didalamnya.
  • Setelah melakukan semua itu, maka yang perlu anda perhatikan dalam hal ini adalah mengetes apakah Live Chat tersebut sudah bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Di sini jika semua berfungsi dengan baik, maka anda akan bisa melihat tampilan dari Live Chat itu sendiri yang akan langsung muncul dan menonjol didalamnya.

Lakukan Tes Beberapa Kali Sampai Semua Lancar

Setelah melakukan beberapa panduan di atas, anda disarankan juga untuk menyesuaikan settingan yang ada didalamnya sesuai dengan kebutuhan. Pada dasarnya, semua itu akan bisa anda terapkan dengan mudah. Jika anda bisa memahami semuanya dengan baik, sudah pasti inilah yang akan bisa anda capai dan peroleh didalamnya. Selain itu, anda pun juga akan bisa menerapkan semuanya itu dengan lebih baik lagi. Dari sini untuk mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam cara membuat Live Chat di WordPress itu, yang harus dilakukan memang adalah benar-benar menerapkannya dengan cara yang tepat. Di sinilah anda akan bisa melihat bahwa semua plugin yang bermanfaat ini bisa bekerja dengan baik pada situs anda.

 

cara membuat live chat
idwebhost.com

 

Adanya cara membuat Live Chat di WordPress tersebut juga akan sangat berguna sekali dan bisa membuat situs anda terlihat lebih mewah dan kaya akan fitur. Sudah pasti ini juga akan menjadi bagian yang sangat penting pada saat anda ingin mendapatkan manfaat yang lebih maksimal lagi yang ada di dalamnya. Di sisi lain ini juga akan berguna apabila anda ingin memberikan impresi yang baik kepada user yang jadi pengunjung anda.

Kesimpulan

Cara membuat Live Chat di WordPress bisa anda coba untuk pergunakan. Satu hal yang pasti adalah anda sebaiknya meminta alamat email atau nomor kontak dari pelanggan terkait yang sudah menyempatkan waktunya datang ke situs atau website anda. Dengan cara demikian, sudah pasti akan lebih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dan rasakan. Anda akan mampu memperoleh sebuah fitur Live Chat yang tepat dan terbaik. Semuanya akan berguna bagi perkembangan website anda.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.