Ini Dia! 6 Cara Membuat Judul Blog Dengan Baik
Blog Tips Keren

Ini Dia! 6 Cara Membuat Judul Blog Dengan Baik

Konten merupakan salah satu hal terpenting yang harus dimiliki suatu blog. Oleh sebab itu tidak jarang para pemilik website atau blog menghabiskan banyak waktu hanya untuk memikirkan konten. Hal ini wajar saja karena dengan memiliki konten yang unik serta menarik pastinya akan lebih mudah untuk mendapatkan perhatian dari pengunjung. Namun konten yang bagus pastinya akan percuma jika anda tidak tahu cara membuat judul blog dengan baik.

Judul blog merupakan salah satu bagian terpenting lainnya yang harus anda perhatikan di samping konten. Karena judul blog merupakan hal pertama yang dilihat oleh pengunjung. Dan judul blog ini bertanggung jawab untuk “memancing”  pengunjung untuk klik dan masuk ke konten blog yang telah anda isi dengan konten menarik tersebut. Jika ada pengunjung yang tertarik dengan konten anda, lalu dia share blog anda di media sosial maka yang akan dilihat pertama kali oleh pengguna media sosial tentu saja judul dari blog anda.

cara membuat judul blog dengan baik
Judul akan mempengaruhi traffic

Dengan kata lain, judul memainkan peran sangat penting agar blog anda menjadi menarik dan dapat memiliki trafik tinggi. Untuk memperkuat teknik anda dalam membuat judul yang menarik, berikut kami memiliki beberapa tips dan trik untuk cara membuat judul blog dengan baik.

Ini Dia Cara Membuat Judul Blog Dengan Baik

1. Mempelajari berbagai formula judul populer

Tips pertama untuk cara membuat judul blog dengan baik adalah mempelajari berbagai judul blog yang populer. Ya, untuk bisa membuat judul yang unik serta menarik, anda butuh mempelajari formula dari berbagai judul blog yang populer. Selain itu pelajari juga minat dan kemauan dari pengguna internet agar judul yang anda buat bisa sesuai dengan apa yang sedang trending saat ini.

Ada beberapa jenis judul blog yang cukup populer dan cukup sering digunakan saat ini. Berikut daftarnya:

  • Judul blog dengan “angka” : Judul blog yang menggunakan angka biasanya memiliki konten tentang daftar atau cara dari suatu hal. Contoh judul blog dengan jenis ini adalah “7 tempat angker di Jakarta” atau “5 pemain sepakbola terkaya di dunia” dan semacamnya
  • Judul blog dengan “Cara” : Judul blog menggunakan “cara” merupakan blog yang sangat simple karena bertujuan menjelaskan cara melakukan sesuatu di kontennya. Contoh judul blog dengan jenis ini adalah “Cara membuat telur dadar” atau artikel yang sedang anda baca ini merupakan salah satunya
  • Judul blog dengan “Famous Comparisson”: Judul blog jenis ini biasanya menggunakan orang terkenal sebagai magnet untuk menarik perhatian pengunjung. Contoh judul blog dengan jenis ini adalah “Pelajaran menulis buku yang saya dapat dari Raditya Dika” dan semacamnya
  • Dan jenis judul blog lainnya

2. Duplikasi jenis judul yang menarik perhatian Anda

Cara kedua adalah melihat sekeliling anda. Ya, tiap hari tentunya ada banyak melihat berbagai judul artikel entah itu dari koran, majalah, email yang anda terima hingga video di Youtube. Dan tentunya ketika anda membaca berbagai judul tersebut, pasti ada beberapa judul yang menarik perhatian anda bukan?

cara membuat judul blog dengan baik
Duplikasi judul yang anda suka

Hal yang sama berlaku pada penulisan judul di blog anda. Dengan membuat judul blog seperti judul dari setiap artikel yang menarik perhatian anda. Selain itu, dengan banyak membaca juga tentunya akan membuat anda mendapatkan banyak inspirasi untuk membuat judul blog anda semakin menarik.

Jadi ketika anda sedang membaca setiap blog, membalik halaman majalah atau membaca artikel di media sosial, cobalah mulai menganalisa respon anda terhadap setiap judul yang anda baca. Pikirkan judul seperti apa yang membuat anda klik artikel tersebut, apa yang tidak anda sukai, apa yang mengganggu atau menyinggung anda, dan apa yang membuat anda tidak memiliki kesan apa-apa. Dengan melakukan hal ini, anda akan mendapatkan inspirasi bagaimana bisa membuat judul blog dengan baik, unik serta menarik.

3. Latihan menulis judul blog

Cara yang ketiga ini bisa dibilang merupakan cara yang cukup familiar dengan anda semua bukan? Ya, Latihan! Jangan lupa, practices make you perfect, semakin sering anda latihan akan semakin mudah tentunya bagi anda untuk melakukannya secara tepat. Jadi berlatihlah menulis judul blog tiap harinya, tidak hanya untuk blog yang akan anda post tapi latihan khusus untuk membuat judul blog setiap hari.

Transfer Domain
Latihan

Coba sisihkan 10 menit per hari anda untuk berlatih menulis judul artikel blog melalui setiap artikel yang anda baca entah melalui koran, majalah ataupun secara online. Atau jika anda punya metode latihan lain yang sekiranya lebih cocok dengan anda silahkan dilakukan karena yang terpenting adalah tekun berlatih

4. Menggunakan kata kunci

Selanjutnya, cara membuat judul blog yang baik adalah dengan menggunakan kata kunci. Ya jika anda mempunyai blog, kemungkina besar anda telah menggunakan cara yang satu ini. Kata kunci bisa digunakan untuk mengetahui apa yang pengguna internet tengah pikirkan dan inginkan. Oleh karena itu, anda bisa memasukan kata kunci ini ke judul blog sehingga lebih efisien

Dan jangan lupa gunakan kata kunci yang akrab di telinga pengunjung. Selain itu, memasukan kata kunci ke judul blog juga harus dilakukan secara natural agar terlihat tidak terlalu memaksa. Dengan melakukan hal ini, akan sangat bagus bagi SEO di artikel blog anda karena akan sangat membantu para audiens untuk menemukan blog anda.

5. Menulis banyak judul untuk satu artikel

Cara yang selanjutnya adalah menulis lebih daru satu judul untuk satu artikel. Ya terdengar agak aneh mungkin, tapi percayalah cara ini sangat efektif. Dengan memikirkan banyak judul anda akan “dipaksa” untuk berpikir kreatif dan out of the box.

Dengan berlatih menulis beberapa judul untuk setiap artikel yang anda buat, anda bisa sharing hal tersebut ke teman anda dan meminta saran untuk memilih judul mana yang paling pas dan bisa anda gunakan. Itu berarti anda akan mendapat masukan dan inspirasi diluar pemikiran anda sehingga bisa menciptakan judul yang lebih menarik lagi.

6. Jangan terlalu menjual

Apakah anda pernah mendengar istilah clickbait? Ya istilah tersebut kerap kali lekat dengan hal-hal yang negatif, mengganggu dan tidak disukai orang banyak. Pengguna internet pastinya benci dengan judul artikel yang terlalu menjanjikan banyak hal namun ketika diklik konten yang dihasilkan antiklimaks alias tidak sesuai dengan judul yang tertera.

Oleh karena itu, jangan pernah membuat judul yang terlalu menjual atau clickbait. . Karena hal tersebut hanya akan membuat blog anda dinilai negatif oleh para audiens

Nah itu dia 6 cara membuat judul blog dengan baik. Selain membuat judul, blog anda tentu akan semakin baik dan menarik minat pengunjung dengan menggunakan domain murah dari IDwebhost. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Willy Budianto

Willy Budianto adalah lulusan S1 dengan konsentrasi Public Relations. Writer yang akrab disapa Willy ini merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.