Cara Membuat htaccess File Dengan Benar
Blog Tips Keren Cara Membuat htaccess File Dengan Benar

Cara Membuat htaccess File Dengan Benar

Cara membuat .htaccess menjadi sebuah metode yang penting dalam mengembangkan sebuah website yang anda miliki. Dalam hal ini memang ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk membuat sebuah website, salah satunya adalah dengan menggunakan .htaccess itu sendiri. Akan tetapi, anda juga harus memahami bahwa ada tahapan untuk melakukannya dengan benar. Anda juga harus tahu apa itu .htccess sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara membuat .htaccess itu sendiri. .htaccess adalah sebuah file yang tersembunyi dan dipakai untuk mengkonfigurasi website itu sendiri.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi 502 Bad Gateway

Dengan memakai file ini, maka anda akan bisa lebih mudah dalam mengelola URL, memproteksi direktori menggunakan password, dan juga memproteksi hotlink yang ada didalamnya. Dalam beberapa kasus, anda juga bisa melakukan pemblokiran terhadap IP tertentu. Dengan adanya cara ini, maka anda pun akan bisa lebih mudah memahami bagaimana menciptakan file terkait dan menerapkannya dalam File Manager yang terdapat pada Control Panel Hosing yang anda miliki.  Berikut adalah tahapan yang bisa anda lakukan.

Buka Dulu File Manager Anda

Hal pertama yang bisa anda terapkan adalah dengan membuka File Manager anda terlebih dahulu. Dengan membuka File Manager tersebut sudah pasti cara membuat .htaccess ini akan bisa memberikan kepada anda sesuatu yang lebih mudah dan signifikan didalamnya. Hal ini akan bisa anda lihat pada bagian Files yang tersedia didalamnya, sesuai dengan hosting yang anda gunakan. Apabila anda menggunakan cPanel (salah satu hosting), maka anda bisa mendapatkannya dengan mudah di bagian Files itu sendiri.

 

Cara Membuat .Htaccess File
idwebhost.com

Temukan Letak File .htaccess Yang Ada Di File Manager

Tahap selanjutnya dalam cara membuat .htaccess yang bisa anda coba terapkan adalah menemukan file .htaccess  itu sendiri. Anda akan bisa menemukannyaa dengan mudah pada bagian direktori public_html yang ada didalamnya. Di sini anda bisa langsung mengakses file yang ada didalamnya dengan mudah, yaitu tinggal klik kanan saja, kemudian pilih edit. Dari sini proses edit-nya akan bisa anda lakukan dengan lebih gampang. Sama seperti sebelumnya, jika anda memakai cPanel, maka proses yang bisa anda terapkan kurang lebih hampir sama dengan sebelumnya. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan atau khawatirkan lagi pada saat menggunakannya.

Pilih Menu Show Hidden File

Dalam beberapa kasus, anda mungkin akan kesulitan dalam menemukan file .htaccess yang satu ini. Penyebabnya sederhana, file ini terlah dijadikan sebagai mode hidden file. Oleh karena itu, anda bisa mencoba untuk menerapkan Show Hidden File terhadap file terkait yang ada didalamnya. Hal ini akan bisa anda temukan dalam settingan File Manager yang terdapat dalam website anda itu sendiri. Di sinilah akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda terapkan.

Buatlah File .htaccess Apabila Belum Tersedia

Selanjutnya dalam cara membuat .htaccess yang bisa anda terapkan adalah menciptakan file .htaccess itu sendiri apabila masih belum tersedia. Yang harus anda lakukan cukup sederhana. Anda hanya tinggal memilih pada bagian New File yang terdapat pada File Manager. Kemudian, tahapan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memilih Create untuk menyimpannya, lalu masukan nama .htaccess dan anda akan bisa langsung mengakses file yang satu ini guna nantinya diciptakan kode baru. Cara pembuatannya pun juga dengan mudah bisa anda terapkan. Jadi tidak ada yang perlu dicemaskan lagi. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa penerapan dari penggunaan file ini akan bisa memberikan anda manfaat yang lebih banyak lagi.

Kenapa Anda Harus Tahu Cara Membuat .htaccess?

 

Cara Membuat .Htaccess File
idwebhost.com

 

Masuk ke pertanyaan selanjutnya, kenapa anda harus tahu dan memahami bagaimana cara membuat .htaccess tersebut? Hal ini jelas dikarenakan ada banyak sekali hal yang perlu anda pahami didalamnya. Di sini file terkait akan menyediakan kepada anda banyak sekali manfaat dan fungsi sebagaimana yang disebutkan di atas. Tapi untuk lebih jelasnya silahkan baca di bawah ini.

Memberikan Proteksi Terhadap Direktori Website Dengan Password

Yang terpenting adalah memberrikan proteksi tertentu terhadap website itu sendiri dengan password. Terutama ini harus dilakukan jika anda memiliki website yang terkenal dengan traffic yang tinggi. Sebuah website dengan popularitas yang luar biasa sudah pasti akan mampu mendatangkan banyak sekali orang yang kemungkinan akan berbuat usil. Jika tidak memberikan password pada bagian direktori terkait dikhawatirkan maka mereka akan bisa membobol sistem website anda dengan mudah. Jadi dengan adanya cara membuat .htaccess ini akan membantu anda menemukan solusi yang dibutuhkan didalamnya.

Mengatur Ulang URL

Dalam beberapa kasus, cara membuat .htaccess akan memberikan kemudahan kepada anda untuk mengatur ulang beberapa URL yang ada didalamnya. Pada saat anda mampu mengatur ulang semua URL tersebut dengan baik, sudah pasti hal ini akan memberikan kepada anda manfaat yang lebih banyak. Pengaturan URL akan memberikan lebih banyak manfaat yang dibutuhkan untuk website yang anda miliki. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi karena semuanya kini akan bisa anda coba terapkan dengan mudahnya.

Memblokir IP Tertentu

Dalam tahap memberikan sanksi kepada sejumlah IP yang mungkin terus menyebarkan SPAM, hacker, dan juga berbagai kondisi tertentu, pastinya cara membuat .htaccess akan sangat membantu. Anda bisa memasukan perintah untuk memblokir sejumlah IP yang ketahuan akan melakukan tindakan yang mencurigakan kepada sistem website anda. Sama dengan poin pertama di atas, ini juga berfungsi untuk memberikan perlindungan yang dibutuhkan oleh website anda. Jadi dengan cara ini, sudah pasti akan lebih banyak keuntungan yang nantinya akan bisa anda dapatkan dan peroleh didalamnya. Anda pun akan mampu menggunakan hosting anda tersebut sesuai dengan kegunaan yang anda inginkan dari sekarang. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan atau khawatirkan lagi.

 

Cara Membuat .Htaccess File
idwebhost.com

Mengganti Zona Waktu Website

Selain bisa membuat pengaturan terhadap File Index, cara membuat .htaccess akan bisa memberikan kemudahan kepada anda juga untuk mengganti Zona Waktu yang terdapat pada website itu sendiri. Cara ini sudah pasti akan sangat penting dan juga berguna bagi anda. Dalam jangka panjang ini akan memberikan manfaat signifikan yang anda perlukan itu sendiri. Anda akan bisa memanfaatkan File Manager ini untuk memberikan kepada anda berbagai kemudahan yang anda inginkan itu sendiri. Di sinilah semuanya yang anda butuhkan akan mampu tersedia dengan tepat dan baik didalamnya. Kini anda akan mampu membuat sebuah website dengan fitur dan kelengkapan yang lebih maksimal didalamnya. Di sisi lainnya, anda juga akan mampu memperoleh kemudahan dalam mendapatkan hasil yang anda butuhkan itu sendiri. Website anda akan menjadi lebih maksimal fitur-fiturnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.