Cara Membuat Google Form untuk Absensi yang Mudah dan Praktis

Cara Membuat Google Form untuk Absensi yang Mudah dan Praktis campaign-unlimited

Saat ini hampir semua kegiatan dilakukan secara online. Mulai dari rapat, seminar hingga kelas dilakukan secara daring. Tetapi, salah satu permasalahan yang timbul dari kegiatan daring ini adalah mengenai absensi para karyawan maupun peserta. Nah, untuk itu kamu harus mengetahui cara membuat Google Form untuk absensi semua kegiatan online.

Saat melakukan kegiatan daring, absensi pun menjadi permasalahan karena kita tidak bisa memastikan apakah peserta betul-betul mengikuti atau tidak. Untuk mengatasi hal tersebut, menggunakan Google Form sebagai alat absensi bisa jadi pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Google Form?

Google Form adalah salah satu layanan dari Google yang dapat digunakan untuk membuat sebuah formulir online. Nantinya, formulir ini dapat diisi secara online yang hasilnya akan dikirimkan menuju email pembuat form. Platform yang satu ini menyediakan layanan pembuatan formulir secara gratis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: Belajar Google Ads Untuk Pemula 

Melalui Google Form kamu bisa mengumpulkan data-data dengan mudah dan tentunya lebih teratur. Salah satunya adalah data-data absensi karyawan ataupun peserta lebih mudah dan praktis secara online. Selain itu, tampilannya yang sederhana akan memudahkan para pengguna dan kamu sebagai pembuat formulir.

Dalam Google Form ini, kamu bisa mengaturnya sesuai keinginan, apakah berupa jawaban singkat, panjang atau pilihan ganda. Kamu juga bisa mengatur untuk membuat pertanyaan tersebut menjadi required yang mengharuskan pengguna mengisinya lebih dulu. Link dari formulir online ini nantinya dapat disebarkan ke media atau platform manapun.

Cara Membuat Google Form untuk Absensi

Google Form adalah platform pembuat formulir yang praktis dan tentunya efektif. Selain tampilannya yang sederhana, biaya yang dikeluarkan pun tidak banyak bahkan gratis. Cara membuat Google Form untuk absensi pun tergolong sangat mudah. Salah satu syaratnya hanyalah memiliki akun Google.

Kamu dapat membuat Google Form ini dari manapun, baik dari android maupun PC. Supaya lebih paham, berikut ini cara membuat Google Form untuk absensi karyawan, seminar maupun kepentingan lainnya baik dari android maupun PC.

  1. Akses Google Form

Untuk membuat Google Form, cara pertama yang harus dilakukan adalah mengakses platform tersebut lebih dulu. Jika ingin membuat formulir melalui handphone, kamu dapat mengakses Google Form melalui browser dengan mengetikkan URL-nya. Sedangkan, jika ingin membuatnya melalui PC, kamu dapat mengaksesnya melalui akun Google.

Akun Google ini dapat akses secara langsung melalui Google Chrome dengan mengklik ikon aplikasi Google yang berada di pojok kanan atas. Nantinya, layar akan menampilkan semua aplikasi milik Google, salah satunya platform formulir yang berada di paling bawah. Selanjutnya, silahkan klik ikon Google Form dan masuk ke laman pembuatan formulir.

  1. Klik ‘Blank’ Pada Start a New Form

Untuk membuat formulir yang baru, cara yang harus dilakukan cukup mudah yaitu, mengklik tanda plus dengan tulisan blank. Tetapi sebelumnya, kamu dapat memilih ingin membuat formulir untuk kepentingan pribadi atau bisnis dengan fitur tambahan.

Jika ingin membuat formulir gratis, kamu dapat memilih yang personal. Setelah itu, kamu nantinya akan diarahkan menuju laman formulir yang masih baru. Dalam halaman baru tersebut, terdapat beberapa fitur yang dapat membantumu untuk membuat formulir.

  1. Cara Membuat Formulir Absensi di Google Form

Setelah laman formulir baru terbuka, kamu akan melihat tiga menu pada layar yaitu, questions, responses, dan settings. Lantas, bagaimana cara untuk membuat formulir yang baru? Untuk membuat formulir, kamu bisa masuk ke menu questions. Dalam menu tersebut akan tampil kolom untuk judul formulir dan kolom pertanyaan.

Cara pertama untuk membuat Google Form ini yaitu dengan mengisi judul serta deskripsi dari formulir yang akan dibuat. Setelah itu barulah kamu bisa mulai membuat beberapa pertanyaan yang harus diisi di formulir. Untuk jawaban, kamu bisa mengaturnya dengan jawaban singkat, panjang, pilihan ganda, checklist dan juga file.

Untuk pertanyaan yang wajib dijawab, silahkan atur menjadi required dengan mengklik tombol yang ada di bagian kiri bawah kolom tersebut. Apabila ingin menambahkan pertanyaan, silahkan klik tanda plus yang ada di pojok kiri bawah. Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu kadaluarsa dari formulir ini sesuai dengan keinginan.

  1. Klik Send untuk Membagikan Formulir

Jika telah selesai membuat formulir absensi, selanjutnya kamu harus menyelesaikan form tersebut dengan mengklik tombol ‘send’ pada Google Form. Ada tiga pilihan cara untuk membagikan Google Form ini yaitu dengan membuat email, melalui link dan juga embed HTML.

Jika ingin membagikannya ke beberapa orang saja, kamu bisa membagikannya melalui email dengan mencantumkan alamat yang dituju. Sedangkan, embed HTML dapat dipilih jika kamu ingin menampilkannya di website.

Untuk pengiriman yang lebih mudah, kamu bisa membagikan link dari formulir tersebut ke para peserta. Bila ingin mengetahui responses dari formulir absensi itu sendiri dapat bisa lihat melalui laman Google Form yang dibuat di menu respon.

Mengapa Harus Google Form?

Google Form adalah platform pembuat formulir yang sangat praktis dan juga efektif. Kamu bisa mengumpulkan data hanya dengan menyebarkan satu link saja. Setelah itu, para responden akan mengisi formulir dengan cepat dan mudah.

Google Form bisa menjadi pilihan tepat bagimu yang ingin mengumpulkan data absensi karyawan, peserta seminar maupun murid atau mahasiswa kelas. Selain cara membuat Google Form yang mudah dan praktis, platform ini juga dapat menghemat biaya untuk sistem absensi. Kamu tidak perlu menggunakan platform berbayar untuk melakukan absensi.

Baca Juga: Google Sites, Pengertian dan Kegunaan

Platform formulir ini juga dapat digunakan untuk kepentingan bisnis. Kamu bisa memilih Google Form untuk bisnis tentunya dengan akun Google Suite. Fitur-fitur yang ditawarkan pun juga berbeda misalnya seperti pengamanan dari akses yang dilarang. Dengan mengetahui cara membuat Google Form, kamu bisa lebih menghemat tenaga, waktu dan juga biaya.

Kesimpulan

Menggunakan Google Form sebagai alat absensi adalah pilihan yang tepat, baik untuk karyawan, peserta maupun murid atau mahasiswa. Cara membuat Google Form yang mudah dan praktis inilah yang menjadi alasan platform ini sebagai pilihan yang tepat. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk membuat absensi melalui Google Form.

Untuk membuat Google Form ini, kamu bisa mengikut cara yang sudah dijelaskan di atas. Sebelum mengikuti cara membuat yang sudah dipaparkan, pastikan kamu sudah memiliki akun Google untuk dapat mengakses Google Form. Formulir online ini nantinya dapat disebarkan ke platform mana pun termasuk website.

Jika belum memiliki website, kamu bisa membuatnya melalui IDwebhost. Terdapat banyak layanan web hosting yang bisa menunjang performa website supaya semakin meningkat. Tidak perlu khawatir dengan biaya, kamu juga bisa membeli layanan hosting murah dan domain murah dengan kualitas yang bagus.

Jangan ketinggalan pula dengan berbagai promo menarik dengan klik di sini!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019