Cara Membuat Gallery di WordPress
Blog Tips Keren Cara Membuat Gallery di WordPress

Cara Membuat Gallery di WordPress

Membuat Gallery di WordPress adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat gallery di WordPress. Dengan memiliki gallery di WordPress, Anda bisa menampilkan tak hanya konten tulisan, tetapi juga konten yang berbasis visual, seperti foto dan video.

Walaupun sering dipandang sebagai hiasan semata, tidak bisa dibantah lagi bahwa gallery merupakan bagian penting di suatu website. Gambar dan video yang menarik dapat membuat pelanggan lebih penasaran untuk mencari tahu lebih banyak tentang isi konten dalam website Anda.

Pada dasarnya, sebenarnya Anda bisa saja mengunggah gambar ke dalam postingan website. Hanya saja, gambar yang Anda unggah akan memiliki keterbatasan. Dan di sinilah letak keunggulan memiliki gallery tersendiri. Anda bisa membuat gallery menggunakan plugin khusus yang akan memudahkan Anda.

Mengapa Sebuah Website Harus Memiliki Gallery?

Seperti yang kita tahu, dalam sebuah website terdapat dua konten utama. Yaitu konten teks dan foto atau gambar. Sebuah gambar berbicara dengan emosi, imajinasi, dan pada beberapa hal rasa yang tidak dijelaskan. Inilah sebabnya mengapa, penggunaan gambar di sebuah website sangat penting. Gambar yang menarik berkontribusi meningkatkan pertumbuhan website.

Menggunakan gambar yang tepat di seluruh bagian website dapat membantu Anda untuk menarik pelangan potensial. Semakin banyak pelanggan potensial, semakin tinggi pula peluang terjadinya lebih banyak penjualan. Menambahkan halaman gallery ke website Anda dapat sangat membantu keduanya. Ditambah beberapa aspek penting lainnya dari website Anda.

Membuat Gallery di WordPress Dengan Plugin

WordPress, sebagai salah satu salah satu content management system terbaik memiliki banyak plugin yang bisa digunakan untuk membuat gallery. Dengan banyaknya pilihan plugin tersebut, akan semakin memudahkan Anda untuk memilih plugin mana yang cocok. Berikut adalah daftar plugin WordPress untuk membuat gallery.

Photo Gallery By 10Web

Membuat Gallery di WordPress

Di posisi pertama, ada nama Photo Gallery By 10 Web. Photo Gallery By 10Web menjadi salah satu plugin gallery dengan jumlah unduhan terbanyak di WordPress. Terdapat dua versi untuk Anda yag ingin menggunakan plugin ini. Yaitu versi free dan premium. Format dasar yang digunakan menggunakan format grid. Tampilan antarmukanya sederhana dan cenderung mudah dipahami.

Dalam hal ini akan tersedia berbagai macam gaya yang bisa anda pergunakan, mulai dari Slideshow, Layout, Compact Album, dan lain sebagainya. Fitur-fitur tersebut memberikan dapat memberikan impresi yang menarik bagi pengunjung website Anda. Plugin ini juga akan menyediakan sejumlah gambar yang telah sebelumnya Anda tambahkan pada postingan website.

Image Gallery By Robo

Membuat Gallery di WordPress juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan Gallery By Robo. Image Gallery by Robo adalah plugin gallery WordPress yang mempunyai dua versi. Yaitu versi gratis dan berbayar alias premium. Plugin ini memberikan kemudahan untuk penggunanya yang ingin membuat website tampil menarik tanpa harus melakukan banyak pengaturan.

Apa saja kemudahan yang diberikan? Salah satunya adalah kehadiran modul Gutenberg yang dapat digunakan untuk publikasi instan. Jadi, Anda tak perlu memiliki skill coding untuk benar-benar dapat memakainya. Anda juga bisa melakukan kustomisasi terhadap pengaturan, sesuai dengan yang Anda inginkan. Ada efek border dan lain sebagainya yang akan bisa anda tambahkan dari sini.

GridKit Portofolio Gallery

Plugin yang dapat digunakan untuk membuat Gallery di WordPress selanjutnya adalah GridKit Portofolio Gallery. Dengan menggunakan plugin ini, anda tidak hanya dapat menyematkan gambar saja, tapi juga mampu menyediakan foto dan gambar yang tersedia agar mudah diakses oleh pengunjung.

Anda juga akan memperoleh opsi tambahan berupa sharing yang bisa anda lakukan di social media. Dengan adanya opsi tersebut, Anda akan bisa lebih mudah membagikan gambar tersebut ke social media dan mendapatkan traffic organik yang dapat meningkatkan peringkat halaman website.

Responsive Lightbox And Gallery

Membuat Gallery di WordPress

Pilihan lain dari cara membuat Gallery di WordPress adalah sebuah plugin bernama Responsive Lightbox And Gallery. Dengan menggunakan plugin ini, Anda bisa memperoleh kemudahan untuk membuat perubahan yang besar pada tampilan website Anda. Fitur yang ditawarkan juga sangat menarik.

Fitur yang di-highlight pada plugin ini lebih pada kemampuan fungsionalitasnya. Dalam hal ini, anda bisa mencoba untuk memanfaatkan fitur yang satu ini guna membuat tampilan di website anda menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Terdapat tiga template gallery yang disertakan ketika Anda baru saja menginstalnnya. Anda dapat membuat galeri dengan mudah, hanya dengan menggunggahnya atau dengan menautkannya pada postingan. Dan fitur drag and dropnya akan memudahkan pemula.

Video Gallery – You Tube Gallery

Untuk Anda yang gemar menambahkan video ke website, maka Anda wajib mencoba plugin bernama Video Gallery – You Tube Gallery. Menggunakan plugin Video Gallery  memungkinkan anda untuk bisa menambahkan video kedalam gallery yang ada di website WordPress anda sendiri.

Photo Gallery by GT3 

Opsi lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat Gallery di WordPress adalah Photo Gallery by GT3. Photo Gallery by GT3 bisa dikatakan sebagai sebuah plugin versi all in one approach ini.

Photo Gallery by GT3 menawarkan kesederhanaan yang seharusnya dimiliki sebuah plugin galeri.Setelah melakukan instalasi, akan tersedia blok Gutenberg yang bisa langsung digunakan untuk menambahkan gambar ke dalam postingan atau halaman manapun.

Secara umum, Photo Gallery dapat menghasilkan galeri foto yang luar biasa, dengan memperluas fungsionalitas editor. Sekaligus, juga menambahkan presentasi yang diformat dengan baik untuk foto Anda.

Envira Gallery

Untuk Anda yang masih awam plugin galeri WordPress, Envira Gallery adalah salah satu plugin yang paling gallery yagn paling terkenal. Envira Gallery menyediakan fitur menarik bagi Anda yang ingin membuat galeri pada WordPress tanpa harus memiliki kemampuan programmer.

Sebagai pemilik website, Anda bisa membuat galeri hanya dalam beberapa kali klik, berbekal builder yang drag and drop saja. Galeri yang dibuat dengan plugin ini dapat ditampilkan dengan baik pada berbagai macam perangkat. Misalnya di desktop, tablet, bahkan di perangkat mobile sekalipun.

Membuat Gallery di WordPress

Panduan Membuat Gallery Di WordPress

Membuat Gallery di WordPress bisa  dilakukan dengan mudah. Anda hanya tinggal membuka halaman WordPress Editor yang baru. Selanjutnya silakan klik opsi Add Media. Setelah itu silakan pilih gambar yang akan anda upload tersebut. Jika sudah selesai semua, maka kini anda sudah bisa membuat kumpulan Gallery, dari gambar yang Anda pilih tadi. Setelah itu, Anda hanya perlu melakukan sinkronisasi.

Sinkronisasi bisa anda lakukan dengan menggunakan sejumlah plugin yang disebutkan di atas. Kenapa disarankan menggunakan plugin? Menggunakan plugin akan memudahkan Anda untuk membuat galeri. Tanpa harus memiliki kemampuan coding. Semua bisa Anda lakukan sendiri.

Baca Juga: Segala Hal Tentang Search Engine

 

Kesimpulan

Membuat gallery di WordPress menggunakan plugin dapat dilakukan siapa saja. Bahkan oleh orang yang tidak memiliki pengalaman coding sama sekali. Anda pun bisa melakukannya. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman bagi Anda tentang membuat gallery di WordPress menggunakan plugin.

Mau punya website WordPress yang ngebut dan tanpa downtime, segera langganan paket Hosting WordPress IDwebhost. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

 

 

Editor : Taufiq Prasetya Pradana

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.