Cara Membuat Forum Di WordPress

20 Jan 2020
Cara Membuat Forum Di WordPress campaign-unlimited

Cara membuat forum di WordPress bukanlah hal yang susah untuk dilakukan. Dalam hal ini forum memiliki keunggulan dalam rangka membantu anda menciptakan sebuah website yang tepat ada didalamnya. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa forum tersebut akan mampu memberikan kepada anda sebuah wadah untuk menjaring banyak user yang aktif di dunia maya, baik itu di social media, di forum internet, komunitas tertentu, dan lain sebagainya.

Pastinya ini adalah sebuah cara terbaik dan termudah supaya bisa mendapatkan semua yang anda butuhkan itu sendiri. Di sinilah jika Sahabat IDwebhost menggunakan WordPress, maka semua kemudahan dan keuntungan tersebut juga akan mampu anda capai dan dapatkan didalamnya dengan lebih gampang. Berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai cara membuat forum di WordPress dengan cara yang mudah dan tepat.

Kenapa Anda Perlu Membuat Forum Di WordPress?

cara membuat forum
idwebhost.com

Pada dasarnya, memahami apa alasan yang perlu anda ketahui menjadi sebuah cara membuat forum di WordPress terpenting. Dalam hal ini, anda bisa melihat bahwa ada banyak sekali topik hangat yang diperbincangkan di seluruh dunia. Tentu saja jika dalam tahap kedepan, anda ingin memperoleh manfaat yang lebih banyak, anda bisa mencoba melakukannya dari sekarang.

Dengan cara inilah, anda pun akan bisa lebih leluasa dalam merasakan sendiri banyaknya manfaat yang bisa anda raih didalamnya. Ketika anda sedang mengupas mengenai hal-hal yang disukai orang tertentu, hobi apa saja yang mereka lakukan, dan lain sebagainya, tentu saja semua itu akan mampu anda dapatkan didalamnya dengan lebih baik.

Bahkan anda juga tak perlu khawatir akan kehabisan topik jika membuat forum. Kenapa? Karena dalam forum itu akan banyak orang yang berinteraksi. Alhasil, siapa saja akan bisa berbincang dan berdiskusi dengan baik mengenai hal-hal yang mereka ingin perbincangkan didalamnya. Dari sini fokus utamanya tentu saja adalah konten yang tersaji didalamnya. Anda juga bisa menyediakan kolom tertentu mulai dari komentar, kritik dan saran serta hal lain yang bisa anda tambahkan didalamnya.

Plugin Yang Diperlukan Untuk Membuat Forum Di WordPress

Dalam penerapannya cara membuat forum di WordPress, anda harus tahu apa saja plugin yang harus anda sediakan untuk bisa membuat forum itu sendiri. Anda juga tak perlu cemas karena ada banyak sekali pilihan plugin yang cukup terkenal di kalangan user dan bisa anda pergunakan dengan mudahnya. Simak selengkapnya di bawah ini:

cara membuat forum
idwebhost.com

bbPress

Plugin pertama dalam cara membuat forum di WordPress yang bisa anda pergunakan adalah bbPress. Dengan bantuan dari plugin ini, maka anda akan bisa menciptakan sebuah fondasi yang signifikan dalam membuat forum di WordPress tersebut. Anda juga tidak perlu cemas karena ada banyak sekali pilihan kustomisasi yang bisa anda lakukan didalamnya. Ditambah lagi, di sini juga akan menyediakan berbagai tema yang tepat dan dedicated untuk digunakan. Jika anda ingin fungsionalitas forum yang lebih baik untuk tahap lebih lanjut, anda akan bisa melakukan semuanya dengan gampang dan mudah. Tapi jika dilihat dari segi tampilan, anda mungkin akan merasa bahwa bbPress tampilannya sedikit outdated atau terlihat seperti tampilan lama.

wpForo

Opsi kedua cara membuat forum di WordPress bisa anda terapkan dengan menggunakan wpForo. Dengan memanfaatkan bantuan dari plugin ini maka anda akan bisa mengelola sebuah situs forum dengan lebih baik. Hal ini jelas dikarenakan wpForo memiliki sekumpulan add-ons yang bisa anda maksimalkan fungsinya sesuai kebutuhan. Namun demikian, jumlahnya memang tidak sebanyak sebagaimana yang bisa anda temukan pada bbPress. Tapi ini bukanlah masalah tentunya bagi anda. Kelebihan yang akan bisa anda temukan dalam cara membuat forum di WordPress menggunakan wpForo adalah tampilannya yang rapi dan elegan. Sejumlah fitur akan bisa anda pergunakan dengan baik dan lebih leluasa sehingga memudahkan anda untuk menciptakan sebuah pilihan forum yang interaktif satu sama lain.

Asgaros Forum

Cara membuat forum di WordPress akan menyediakan kepada anda opsi lainnya berupa Asgaros Forum. Ini adalah sebuah pilihan plugin yang akan bisa anda install dan aktifkan dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Ya, anda tidak salah dengar. Di sini anda benar-benar akan bisa menciptakan sebuah website forum terbaik yang siap dan bisa anda pergunakan kapan saja anda menginginkannya. Hal ini pastinya jelas akan memberikan kepada anda lebih banyak manfaat. Di sisi lain, dalam forum ini juga akan tersedia thread dan juga topik yang siap dan bisa anda siap publish dengan mudah. Apabila anda ingin memasang forum ini di halaman tertentu, anda juga tak perlu khawatir. Kenapa? Karena shortcode yang ada didalam plugin ini juga akan bisa anda pergunakan dengan mudah dan signifikan.

Cara Membuat Forum Sendiri Dalam 3 Langkah

Lalu setelah mengetahui beberapa plugin di atas, anda pastinya juga ingin tahu langkah-langkah cepat apa saja yang bisa anda terapkan guna menciptakan forum yang anda inginkan sendiri secara langsung dan cepat. Dalam hal ini, anda bisa mencoba untuk memanfaatkan penggunaan dari plugins-plugins yang ada didalamnya. Kali ini akan dicontohkan jika anda menggunakan plugin Asgaros Forum ini.

cara membuat forum
idwebhost.com
  • Pertama, yang harus anda lakukan adalah masuk ke halaman plugins, lalu pilih Add New. Di sini anda bisa melakukan search terhadap Asgaros Forum yang anda inginkan. Kemudian, jika anda sudah menemukannya maka yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih Install Now dan Activate.
  • Kedua, anda bisa melakukan tahap lanjut dengan mengatur settingan dari forum yang anda buat tersebut. Dalam hal ini anda bisa mengatur seberapa banyak balasan dan topik yang akan ditampilkan. Bayangkan saja, kini anda sudah bisa menjadi admin utama dari halaman forum yang anda buat.
  • Ketiga, jika anda bingung dengan pengaturan apa yang sebaiknya anda pergunakan, maka anda bisa mencoba untuk membiarkannya saja dalam set default. Jika anda membiarkannya dalam set default, sudah pasti hal tersebut akan memberikan kemudahan kepada anda untuk mempelajari semuanya dalam tahap awal ini. Setidaknya anda akan bisa tahu hal-hal apa saja yang nantinya anda perlukan didalamnya.
  • Keempat, anda juga bisa membuat struktur dari forum itu sendiri. Dalam hal ini anda bisa masuk ke Forum, kemudian tab pada bagian Structure yang ada didalamnya. Di sinilah anda bisa nantinya mengaturnya sesuai dengan kebutuhan atau tampilan yang anda inginkan didalamnya.
  • Kelima, bagi anda yang ingin menambahkan halaman forum baru, anda bisa membuat nama yang tepat. Kemudian, jangan lupa tulis deskripsi terhadap halaman forum yang baru tersebut. Anda juga bisa mengatur konfigurasi order pada plugin terkait sehingga bisa menampilkan forum dengan lebih gampang. Anda sudah tahu cara membuat forum di WordPress? Tak sulit, bukan?