Cara Membuat Feed Instagram Kamu Makin Keren!

15 Jan 2022
Cara Membuat Feed Instagram Kamu Makin Keren! campaign-unlimited

Cara membuat feed instagram agar semakin menarik yaitu dengan menyusun tata letak desain IG dengan berbagai rekomendasi pola (akan kita pelajari bersama di artikel di bawah ini). Selain itu, Feed IG yang menarik mampu dalam meningkatkan jumlah likes dan followers akun Anda.

Feed Instagram merupakan halaman profil yang mampu menampilkan foto dan video yang dapat Anda upload. Feed secara langsung dapat terlihat ketika seseorang mengunjungi halaman profil instagram pada akun tersebut.

Nah untuk Anda yang saat ini sedang mencari rekomendasi feed IG untuk akun Anda, yuk ikuti pembahasannya sebagai berikut:

1. Tentukan Grid Layout

Grid layout merupakan tata letak postingan Anda pada feed. Hal ini dapat membantu Anda dalam menentukan foto apa yang akan Anda  letakkan pada sebelah foto lainnya. Layout akan memudahkan Anda dalam membuat feed IG yang aesthetic dan juga konsisten.

Terdapat beberapa grid layout yang dapat Anda buat pada feed Instagram. Berikut di antaranya:

Puzzle Feed

Puzzle feed atau yang biasa disebut dengan feed instagram nyambung merupakan salah satu yang populer dan dapat diaplikasikan pada halaman profil IG. Anda dapat membuat model puzzle pada feed dengan bantuan aplikasi.

Dengan banyaknya aplikasi yang dapat membantu Anda dalam membuat puzzle pada feed Instagram. Kali ini, Berikut contoh aplikasi Grid Post yang dapat Anda jadikan contoh untuk di download aplikasi App Store dan Play Store. Kemudian, ikuti langkah-langkah seperti berikut.

Cara membuat feed Instagram agar dapat menyambung / puzzle dengan aplikasi:

  • Buka aplikasi Grid Post.
  • Pilih + Create Grids, kemudian klik Photo Grids.
  • Ambil foto yang ingin Anda gunakan pada galeri.
  • Tentukan jumlah grid layout. Pilihannya yaitu 3 x 1 hingga 3 x 5, kemudian klik Next.
  • Anda bisa menambahkan filter, atau langsung melanjutkan dengan klik Done.
  • Aplikasi dapat secara otomatis membagi foto menjadi beberapa bagian. Untuk mempostingnya ke Instagram, Anda hanya cukup melakukan klik foto dari urutan 1, kemudian kembali lagi ke aplikasi dan pilih urutan selanjutnya.

Checkerboard / tiles feed

Kemudian pada model feed checkerboard atau disebut juga dengan tiles. Biasanya, dalam membuat tata letak feed seperti ini yaitu dengan mengunggah foto yang diselingi dengan quotes. Contohnya sebagai berikut:

Selain Anda dapat mengunggah quotes, Anda juga dapat membagikan hal lain, contohnya hasil lukisan Anda, blog postingan, dan juga sebagainya. Anda dapat menggunakan kreativitas Anda supaya feed terlihat semakin menarik.

Horizontal lines

Model ini dapat memanfaatkan tiga baris horizontal pada bentuk feed agar dapat mengunggah tiga foto yang memiliki tipe atau tema yang sama. Contohnya seperti berikut:

Cara-membuat-feed-instagram

Hal ini dinilai agar dapat mengunggah beberapa foto kebagian satu postingan dalam bentuk multiple post, Anda dapat memanfaatkan model horizontal lines supaya mempercantik feed IG.

Border

Anda juga dapat memilih tipe border, selain tiga model diatas. Pada dasarnya, Anda hanya perlu menggunakan satu border yang sama pada setiap postingan yang Anda upload di Instagram. Hal ini akan membuat tampilan feed Anda menjadi lebih rapi dan terlihat berbeda dari yang lain.

Cara-membuat-feed-instagram

2. Pilih Tema

Cara dalam menggunakan feed instagram agar terlihat lebih menarik adalah dengan memilih tema. Tema dapat menunjukkan kepribadian pada sisi visual Anda.

Pemilihan tema khusus mampu untuk membangun personal branding melalui instagram. Kebanyakan orang hanya perlu dalam menggunakan Instagram sebagai update foto keseharian saja. Hal ini dikarenakan, terkadang tampilan feed terlihat kurang menarik.

Sebagai inspirasi, berikut beberapa pilihan tema yang bisa Anda adaptasikan pada feed Instagram.

Minimalis

Kalau Anda lebih suka dengan tampilan yang sederhana, bersih dan rapi, tema minimalis merupakan pilihan yang sangat cocok untuk Anda. Anda dapat mempergunakan banyak whitespace agar dapat menciptakan tampilan minimalis pada feed IG Anda.

Cara-membuat-feed-instagram

Black & White

Ingin tampilan yang lebih berbeda? Anda dapat mencoba untuk menggunakan tema black and white. Tema satu ini menjadi termasuk salah satu desain yang timeless. Contohnya Anda dapat melihat pada feed bagian satu ini.

Cara-membuat-feed-instagram

Vintage

Gaya vintage biasanya lebih banyak menggunakan pilihan warna yaitu warm tone. Tema vintage mampu memberikan kesan yang elegan dan unik pada feed IG Anda.

Cara-membuat-feed-instagram

Natural

Tema natural bisa Anda pilih supaya mampu menampilkan kesan yang segar dan hangat. Gaya natural banyak menggunakan pilihan warna seperti earth tone.

Cara-membuat-feed-instagram

3. Gunakan Filter yang Sama

Cara membuat feed Instagram estetik dan makin menawan adalah dengan menggunakan filter. Menggunakan filter yang sama pada setiap postingan akan memberikan efek yang bagus pada feed.

Tentukan filter yang ingin Anda gunakan secara konsisten agar mampu membuat tampilan feed IG yang aesthetic. Edit foto yang ingin diunggah dengan filter favorit Anda, dan terapkan filter yang sama pada foto selanjutnya.

4. Mengatur Urutan Postingan

Ketika Anda menemukan feed Instagram para konten kreator yang terlihat esthetic, apakah Anda merasa penasaran bagaimana cara mereka membuatnya?

Hal ini dikarenakan mereka tahu foto mana yang terlihat bagus pada sisi samping satu sama lain. Tipsnya yaitu dengan mengatur urutan postingan atau tata letaknya sebelum memposting pada Instagram. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan aplikasi, salah satunya Preview.

Dengan adanya fitur Preview, Anda dapat menyusun urutan postingan, dan melihat seperti apa tampilan feed Instagram Anda, sebelum benar-benar mempostingnya melalui Instagram.

5. Terapkan Color Coordinate

Cara kelima supaya dapat mempercantik feed IG adalah dengan menerapkan skema warna pada profil Anda. Pilih 2 sampai 3 warna yang rencana Anda akan gunakan pada postingan untuk seterusnya. Sebagai contoh Anda dapat menampilkan profil IG sebagai berikut:

Cara-membuat-feed-instagram

6. Perhatikan Kualitas Foto

Salah satu cara dalam membuat feed IG Anda terlihat menarik yaitu dengan memposting foto berkualitas tinggi. Foto dengan resolusi yang baik mampu memberikan tampilan yang terlihat lebih tajam dan jelas.

Anda dapat mengakalinya dengan mengedit foto sebelum diunggah. Naikkan nilai contrast dan sharpness saat mengedit foto, supaya hasil foto terlihat semakin bagus.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membuat feed Instagram jadi lebih menarik yang  dapat Anda terapkan. Tampilan feed yang bagus tentunya mampu meningkatkan jumlah followers dan likes pada akun Anda. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat 

Selain itu, jika Anda tertarik tentang informasi terkait bisnis, teknologi, social media dsb, Anda juga dapat mengunjungi halaman blog IDwebhost agar bisa mendapatkan update informasi artikel IDwebhost yang menarik serta bermanfaat lainnya.

Tidak lupa kami sampaikan juga, jika Anda membutuhkan layanan hosting dan domain Anda dapat menggunakan layanan dari IDwebhost yang dapat memenuhi Anda dalam pencarian hosting terbaik untuk digunakan dalam membangun website.

Selain itu, IDwebhost juga menyediakan layanan jasa pembuatan website atau wunik yang masih dalam satu bisnis dengan IDwebhost yang dapat digunakan dalam membuat website secara instan dan mudah.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Penulis
Member since 2 Jul 2013