Cara Membuat Email Untuk Perusahaan dan Personal
Blog Tips Keren

Cara Membuat Email Untuk Perusahaan dan Personal

Cara membuat email terdengar seperti panduan yang biasa bagi orang yang ingin membuat email untuk tujuan biasa. Tapi bagaimana dengan cara membuat email untuk tujuan yang lebih spesifik dan rumit? Misalnya cara membuat email untuk perusahaan dan personal. Apakah anda pernah membayangkan bisa punya email tanpa adanya ekstensi @gmail.com, @yahoo.com, atau @yandex.com? Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat email yang nantinya akan berakhiran ekstensi @namaanda.com, atau @namaperusahaananda.com. Disini terlihat menarik karena email tersebut memiliki akhiran yang mendeskripsikan diri anda atau perusahaan yang anda miliki. Hal ini tentu saja akan menambah nilai plus bagi orang yang mendapatkan kiriman email dari anda. Terlihat begitu meyakinkan dan juga professional, kan?

Apa Fungsi Email Yang Sebenarnya?

Cara Membuat Email Untuk Perusahaan dan Personal
idwebhost

Sebelum membahas tentang cara membuat email, alangkah baiknya jika anda mengetahui lebih dahulu tentang apa fungsi dari email tersebut yang sebenarnya. Dengan memahami fungsi email dalam kehidupan sehari-hari tentunya anda akan mampu memaksimalkan potensi yang tersedia didalamnya. Alhasil, anda pun akan bisa bebas memanfaatkan email tersebut untuk keperluan apapun yang anda inginkan.

Berkirim Pesan: Manfaat yang sangat penting dari email adalah untuk memudahkan anda dalam proses berkirim pesan satu sama lain. Disini email akan bisa mengirimkan pesan anda kepada orang lain dalam hitungan detik. Hal ini tentunya bergantung pada kecepatan internet yang dipakai serta server mail apa yang anda gunakan pada saat tersebut. Dengan memanfaatkan fasilitas berkirim pesan yang tepat, sudah pasti anda pun akan bebas mendapatkan semua yang diinginkan dengan cepat.

Untuk Pendaftaran Akun Social Media: Di era sosmed saat ini, anda membutuhkan akun email sebelum melakukan pendaftaran di social media, baik itu untuk keperluan social media seperti Facebook, Twitter maupun Instagram. Beberapa akses membuat akun di situs lainnya juga menerapkan hal yang sama. Pastikan anda memiliki email terlebih dahulu supaya anda nantinya bisa mendapatkan kemudahan mendapatkan akun yang anda inginkan.

Keperluan Instalasi Aplikasi: Kegunaan lainnya dari email adalah untuk menginstal aplikasi tertentu Smartphone. Contohnya bagi anda yang menggunakan smartphone android pastinya anda membutuhkan akun untuk bisa mengunduh aplikasi via Play Store. Tanpa akun email, anda tidak akan bisa mengunduh dan melihat aplikasi apa yang sedang trending saat ini.

Promosi Produk dan Jasa: Kegunaan lainnya dari email adalah keperluan untuk promosi jasa dan produk tertentu. Dengan memanfaatkan email maka anda pun akan bisa melakukan promosi dengan mudahnya. Anda bisa mengirimkan promosi maupun penawaran kepada klien dimanapun di seluruh dunia.

Cara Membuat Email Dengan Ekstensi Gmail, Yahoo, Yandex, dan Sebagainya

Cara Membuat Email Untuk Perusahaan dan Personal
idwebhost

Cara membuat email kali ini akan diawali dengan bagaimana caranya membuat mail dengan ekstensi Gmail, Yahoo, Yandex, dan lain sebagainya.  Disini bisa anda lihat bahwa banyak pilihan mail yang bisa anda pilih. Berikut adalah panduan singkat tentang cara membuat email tersebut:

  • Anda harus masuk terlebih dahulu di alamat mail yang tersedia, misalnya untuk Mail Google, anda bisa menuju ke halaman gmail.com dan mendapatkan informasi yang anda
  • Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi secara detail alamat email yang anda inginkan, diikuti dengan nama anda, kemudian sandi yang bisa anda tentukan, kemudian jenis kelamin, dan yang terpenting nomor telepon untuk verifikasi data yang anda input.
  • Setelah proses diatas anda lakukan maka langkah selanjutnya adalah dengan mencoba login di akun Gmail yang baru saja anda buat tersebut. Selamat, kini anda telah memiliki email pribadi anda sendiri dengan ekstensi gmail.com.

Cara Membuat Email Perusahaan atau Domain Sendiri

Cara Membuat Email Untuk Perusahaan dan Personal
idwebhost

Cara membuat email yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan nama perusahaan atau domain sendiri yang bisa anda pakai didalamnya. Hal ini bertujuan untuk membuat email yang anda buat terkesan khas dan berbeda dibandingkan email yang biasa pada umumnya. Anda butuh sejumlah layanan yang ada di internet untuk membuat email tersebut, antara lain Zoho Mail, Hosting dan lain sebagainya.

Membuat Email Spesifik Melalui Zoho Mail

Cara membuat email yang paling populer adalah menggunakan jasa Zoho Mail. Disini anda bisa memilih paket untuk email untuk perusahaan atau domain sesuka hati. Tersedia banyak keuntungan yang ditawarkan antara lain anda hanya perlu sekali saja membayar biaya email domain tersebut dalam setahun. Kedua, anda akan bisa memiliki email yang lebih professional dibandingkan yang lainnya. Tapi anda juga harus memperhatikan bahwa Zoho Mail hanya memberikan limit resource dengan ukuran 5 GB saja. Selain itu, anda juga harus tunduk dan patuh dengan persyaratan yang berlaku karena Zoho Mail berhak menghapus alamat email anda jika diketahui anda melanggar syarat dan ketentuan yang ada didalamnya. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Anda Upgrade Ke Dedicated Hosting?

  • Langkah awalnya adalah dengan mengaktifkan domain yang anda beli terlebih dahulu.
  • Setelah domain anda aktif, maka anda bisa berkunjung ke Zoho Mail untuk menentukan paket mail apa yang anda ingin gunakan.
  • Setelah memilih paket yang tersedia, maka anda bisa langsung menentukan nama email anda yang akan berakhiran dengan nama perusahaan atau nama domain anda sendiri.

Membuat Email Spesifik Melalui Jasa Hosting Terpercaya IDwebhost

Cara membuat email yang paling mudah yakni menggunakan jasa hosting yang anda gunakan. Disini anda bisa memilih jasa hosting yang disediakan oleh IDwebhost. Keuntungannya yakni memudahkan anda untuk melakukan backup terhadap email tersebut kapan saja dengan cara melakukan request langsung ke jasa hosting domain yang digunakan. Kedua, anda juga akan mendapatkan email yang terlihat lebih professional. Ketiga, yang tak kalah pentingnya adalah anda bisa mendapatkan email dengan ekstensi @namadomain.com tersebut tanpa perlu menunggu waktu yang lama. Pasalnya, staff IT yang berpengalaman dalam jasa hosting akan membantu anda untuk memiliki email yang anda inginkan dalam hitungan menit. Cara melakukannya juga sangat mudah.

  • Pastinya untuk bisa melakukannya anda harus memiliki domain terlebih dahulu. Anda bisa membelinya langsung di IDwebhost dengan berbagai pilihan ekstensi yang tersedia, mulai dari .com, .net, .online, .org, dan lain sebagainya.
  • Setelah domain tersebut aktif, anda bisa masuk ke langkah selanjutnya, yaitu menuju ke menu cPanel yang tersedia. Disini anda bisa memilih kategori Email Accounts untuk melakukan konfigurasi terhadap nama email anda.
  • Silahkan masukan saja nama email yang anda inginkan. Kemudian, setelah selesai anda bisa memilih Create Account untuk memulai membuat akun anda dengan ekstensi domain anda sendiri.

Itulah cara membuat email yang bisa anda terapkan untuk berbagai keperluan yang anda inginkan. Dengan memanfaatkan fitur tersebut maka anda akan bisa menciptakan sebuah email terbaik yang siap memberikan anda banyak keuntungan didalamnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.