Cara Mudah Membuat Email di Plesk Panel
Blog Tutorial Cara Mudah Membuat Email di Plesk Panel

Cara Mudah Membuat Email di Plesk Panel

Mengapa membuat email di Plesk Panel? Banyak yang bertanya demikian, jawabannya sederhana saja karena Plesk Panel adalah salah satu panel premium untuk mengelola hosting atau VPS yang mana telah populer dan banyak digunakan. Berbagai fitur yang ada sangat memudahkan pengguna, termasuk dalam urusan email bisnis. Nah bagaimana Cara Membuat Email Di Plesk Panel? Mari ikuti pembahasan berikut ini.

Salah satu yang perlu Anda miliki ketika memulai bisnis berbasis digital adalah Email Bisnis. Alamat email yang langsung mempresentasikan bisnis Anda. Email bisnis ini penting untuk menambah kemudahan dalam memberikan saluran komunikasi kepada calon pelanggan. Selain itu Anda juga bisa menjalankan strategi email marketing nantinya. Karenanya Anda perlu tahu bagaimana cara membuat email di plesk panel, untuk kebutuhan email bisnis Anda.

Kepemilikan email bisnis tidak hanya untuk perusahaan besar, Anda yang saat ini sedang merintis, atau bahkan melakukan branding personal atas diri Anda pun memerlukan kepemilikan email bisnis. Karena hal ini menjadi salah satu tanda profesionalisme Anda.

Bukankah akan lebih menarik dan profesional ketika email Anda tidak seperti pengguna lain? Ketika saat ini email Anda misalnya; BISNISSAYA@GMAIL.COM atau BISNISSUKSES@YAHOO.COM, bagaimana ketika menjadi info@bisnissaya.com atau kontak@bisnissukses.com? Akan lebih profesional dan menarik bukan? Mari kita mulai membuat email di plesk panel!

Syarat Membuat Email Bisnis di Plesk Panel

Sebelum kita membuat email di plesk panel. Tentu kita harus mengetahui apa saja yang diperlukan untuk bisa memiliki email bisnis. Berikut adalah apa saja yang perlu Anda persiapkan dan miliki ketika akan membuat email di plesk untuk bisnis Anda.

1. Domain

Pertama-tama Anda perlu untuk memiliki domain, hal ini digunakan untuk kebutuhan email Anda nanti. Seperti dalam contoh di atas, nama domain akan menjadi nama dalam email Anda; misalnya nama@domaianda.com. Maka penting untuk memilih nama domain bisnis yang tepat.

Selain itu Anda juga perlu mencari penyedia jasa domain yang profesional. Hal ini agar Anda terhindar dari domain dengan kualitas buruk karena pernah digunakan sebelumnya. Anda perlu mewaspadai hal tersebut, jangan sampai domain yang Anda gunakan sebelumnya pernah digunakan untuk tindakan kejahatan atau sesuatu yang tidak menyenangkan.

Maka membeli domain sebaiknya melalui penyedia yang profesional dan terpercaya. Anda bisa mendapatkan domain dengan harga terjangkau bahkan mendapatkan diskon setiap harinya. Dimana lagi kalau bukan beli domain murah di IDwebhost.

2. Hosting

Tentu Anda sudah mengetahui apa itu hosting? Yang terpenting dari sebuah hosting adalah kemampuan dalam menjalankan kebutuhan website dan berbagai hal pendukung, salah satunya email.

Untuk membuat email bisnis di Plesk Panel Anda membutuhkan hosting. Penting bagi Anda untuk memilih layanan hosting murah namun memiliki fitur dan spesifikasi yang mumpuni untuk bisnis Anda.

Untuk kebutuhan email bisnis, maka pilihlah penyedia hosting yang memiliki fitur unlimited email dan database. IDwebhost, memiliki kedua hal tersebut: Email unlimited dan database pada hampir semua paket hosting terbaiknya. Cek Paket Hosting Murah IDwebhost dan dapatkan diskon sekarang!

3. Website

Setelah Anda memiliki domain dan hosting, langkah selanjutnya adalah Anda perlu membuat website. Ini sangat penting untuk menampilkan informasi penting mengenai diri Anda, atau perusahaan Anda di ranah digital seperti saat ini.

Pembuatan website bisa dilakukan secara mandiri dengan menggunakan CMS yang sudah umum seperti CMS wordpress, Anda bisa mendapatkan panduan pembuatan website secara gratis dari penyedia layanan hosting tempat Anda membeli.

Selain itu, bagi Anda yang membutuhkan pembuatan website profesional, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website. Yang mana melalui jasa ini Anda bisa mendesain website Anda sesuai kebutuhan tanpa perlu menghabiskan waktu dalam pembuatan secara mandiri.

Membuat Email Di Plesk Panel

Nah setelah Anda memiliki domain, memiliki hosting dan sudah selesai membuat website. Maka Anda sudah bisa melanjutkan langkah dalam membuat email bisnis di Plesk panel, dan tentu nantinya bisa Anda lanjutkan dengan memanfaatkan email ini untuk kebutuhan email marketing dari usaha Anda.

Mengapa membuat email di Plesk Panel? Banyak yang bertanya demikian, jawabnya sederhana saja karena Plesk Panel adalah salah satu panel premium untuk mengelola hosting atau VPS yang mana telah populer dan banyak digunakan. Berbagai fitur yang ada sangat memudahkan pengguna, termasuk dalam urusan email bisnis. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat email di Plesk Panel!

1. Membuat Email Di Plesk Panel dengan Login ke akun Plesk

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah login ke akun Plesk Panel yang telah Anda miliki. Link untuk login ke akun plesk panel akan berbeda dari setiap penyedia jasa hosting. Silakan Anda gunakan username dan password yang telah Anda miliki untuk login.

2. Pilih Menu Mail

Setalah Anda berada dalam Plesk Panel, Anda akan melihat banyak pilihan menu. Silakan Anda memilih menu Mail. Tampilan menu mail seperti pada contoh berikut ini!

Tutorial Cara Membuat Email

3. Masuk ke menu Create Mail Address

Setalah Anda klik menu mail, maka akan ada menu baru Creat Mail Address, nah Anda bisa klik menu tersebut untuk kemudian mulai membuat email bisnis Anda.

Anda akan diminta untuk memasukkan nama akun email di kolom Email address. Kemudian Anda juga perlu mengisi kolom External email address yang digunakan untuk reset ulang password.

Untuk box Can be used to log in to Plesk Anda tidak perlu centang box tersebut. Silakan centang box pada bagian Mailbox, untuk bisa menerima email dan pilih penggunaan disk yang diinginkan untuk akun email yang baru Anda buat.

Nah, Jika semuanya sudah selesai, langkah terakhir silakan Anda klik OK untuk menambah akun.

Tutorial Cara Membuat Email Menambahkan Akun

 

Jika domain email telah selesai dibuat, maka akan tampil informasi seperti pada gambar berikut.

Langkah Membuat Email Di Plesk Panel

4. Email Sudah Siap Digunakan

Anda sudah bisa menggunakan email bisnis yang telah Anda buat. Untuk login ke webmail. Anda bisa melakukannya dengan klik ikon menu yang berada di sebelah kanan alamat email Anda.

Atau Ana bisa melakukan login dengan memanfaatkan URL webmail.namadomainanda.com (namadomainanda.com bisa disesuaikan dengan nama domain hosting yang digunakan.

Tampilan email PLESK siap digunakan

Membuat Email Di Plesk Panel yang terakhir adalah melakukan setup email clients

Pada dasarnya Plesk dapat secara otomatis melakukan setting email client. Apa pun email client yang Anda gunakan. Misalnya Microsoft Office Outlook, Mozilla Thunderbird, dan lain sebagainya. Fitur ini disebut dengan autodiscover. Keberadaan fitur ini akan secara otomatis melakukan konfigurasi setting yang dibutuhkan.

Sehingga ketika domain Anda tidak mendukung autodiscover, atau Anda ingin menggunakan email client lain daripada menggunakan autodiscover, Anda bisa melakukan pengaturan secara manual. Settingan yang perlu Anda lakukan pun sangat mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Username: Kolom ini diisi dengan alamat lengkap Anda secara spesifik.
Password: Masukkan password dengan kekuatan maksimal untuk melindungi email Anda.
Outgoin mail server (SMTP): Tuliskan nama domain dan masukkan STMP port 125.
Incoming mail server (POP3/IMAP): Pilihlah port untuk mail server protocol yang digunakan. Untuk POP3 menggunakan port 110. Sedangkan IMAP menggunakan port 143.
Mail server protocol: Fungsi Mail server protocol adalah untuk menjaga salinan email Anad di server atau tidak. Jika ingin menjaganya, silakan pilih IMAP. Sedangkan jika tidak ingin menjaga salinan email tersebut, silakan pilih POP3. Dengan memilih IMAP, Anda dapat mencoba fitur SpamAssassin, untuk menyaring email spam yang Anda terima. Tentu SpamAssassin harus diaktifkan terlebih dahulu.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Membuat Email Di Plesk Panel, sangat mudah bukan? Semoga tutorial di atas bisa membantu Anda dalam membuat email sesuai dengan kebutuhan Anda. Terpenting adalah pastikan Anda memiliki penyedia layanan hosting yang mendukung kinerja website dan juga email bisnis Anda.  Terima kasih. Salam.