Cara Membuat Email Auto Respon Di cPanel
Blog Tips Keren Cara Membuat Email Auto Respon Di cPanel

Cara Membuat Email Auto Respon Di cPanel

Cara membuat email Auto Respon di cPanel bisa anda terapkan dengan berbagai cara. Dalam hal ini memang ada banyak penerapan yang bisa dilakukan. Ada beberapa dari anda yang mungkina kan bertanya, apakah sebenarnya tujuan dari cara membuat email Auto Respon di cPanel ini? Anda bisa melihat bahwa tujuan utama yang bisa anda dapatkan adalah untuk menjawab email yang masuk dengan cara otomatis. Misalnya saja anda memiliki jadwal tertentu libur di hari tertentu. Di sini sebaiknya anda mengatur settingan email anda supaya bisa tetap memberikan respond di hari libur tersebut.

Hal ini jelas sangat penting dalam rangka memberikan kepada anda manfaat yang signifikan itu sendiri. Di sinilah anda akan bisa terlihat profesional di mata klien atau orang yang mengirimkan email tersebut kepada anda. Supaya tidak ketinggalan simak beberapa cara yang perlu anda pahami dan pelajari sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Blog atau Website

Beberapa persiapan dalam cara membuat email Auto Respon di cPanel yang perlu anda lakukan adalah dengan memiliki akses ke cPanel Hosting dan juga sudah membuat akun email terlebih dahulu. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi maka anda bisa masuk ke langkah selanjutnya, antara lain akan dijelaskan sebagai berikut ini:

Login Terlebih Dahulu Ke cPanel

 

Cara membuat email Auto Respon di cPanel
idwebhost.com

 

Tahapan awal dalam cara membuat email Auto Respon di cPanel ini adalah dengan melakukan Login terlebih dahulu ke cPanel terkait. Dengan melakukan Login maka akan mempermudah anda dalam mendapatkan informasi yang anda butuhkan. Jika sudah login maka anda tinggal memilih menu Auto Responder yang sudah tersedia didalamnya. Dari sini anda hanya tinggal membuat autoresponder seperti apa yang anda inginkan. Caranya juga cukup mudah, anda hanya tinggal menekan saja tombol Add Auto Responder supaya bisa memperoleh informasi yang anda perlukan didalamnya.

Jika anda sudah berhasil membuka ini maka anda akan bisa menemukan tampilan yang tepat dan tersedia didalamnya. Anda hanya tinggal mengisikan saja informasi yang diminta pada kolom yang tersedia. Setelah itu, anda hanya tinggal menerapkan langkah lanjutan yang anda butuhkan. Dalam hal ini inforamsi yang dibutuhkan pun juga harus anda isi dengan detail supaya jelas nanti bagaimana balasan otomatis yang akan muncul. Tak lupa dalam hal ini, anda mungkin juga perlu melakukan pengetesan sebelumnya.

Poin Penting Dalam Pengisian Informasi

Dalam hal cara membuat email Auto Respon di cPanel ini anda juga harus memahami apa saja poin penting dan pengertiannya yang harus anda isi dengan jelas dan tepat. Dalam hal ini, yang bisa anda isi tentunya adalah pada bagian Character Set, kemudian di sini anda bisa mencoba untuk memasukan dengan UTF 8 yang sudah tersedia didalamnya. Kemudian pada bagian interval anda bisa melihat berapa waktu tunggu bagi responden atau pengirim email untuk mendapatkan balasan dari anda.

Jika ingin mereka mendapatkan jawaban seketika itu juga, maka anda bisa mengatur pengisiannya dengan angka 0 atau Nol saja. Di sinilah anda akan bisa langsung memberikan balasan yang muncul secara otomatis nantinya didalam email dari pengirim yang tersedia didalamnya.

 

Cara membuat email Auto Respon di cPanel
idwebhost.com

 

Tapi satu hal yang juga perlu anda perhatikan dalam hal ini adalah keberadaan dari limit yang akan bisa anda lakukan untuk melakukan itu semua. Ada beberapa limit diberlakukan dan itu tentunya harus anda patuhi dan ketahui dengan seksama. Dengan cara tersebut maka anda pun akan juga bisa mendapatkan hasil yang diinginkan dengan mudah dan signifikan. Sebetulnya value 0 dalam hal ini tidak direkomendasikan, tapi anda juga bisa menyarankan mengisinya dengan 1 jam atau berapapun sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Kemudian, perhatikan pula bahwa di sini anda juga bisa mengisi email dengan nama anda. Pastikan bahwa itu adalah benar email anda supaya nantinya pihak penerima tahu bahwa apa yang anda kirimkan tersebut adalah benar-benar dari anda sendiri. Di sini anda juga bisa mengisi bagian from dimana anda bisa mengisikannya dengan nama lengkap, nama panggilan atau nama bisnis yang anda miliki.

Isi Bagian Sibject Dengan Detail

Yang terpenting dalam cara membuat email Auto Respon di cPanel ini adalah tak lupa untuk mengisi bagian Subject dengan detail. Jika anda bisa mengisi bagian subject dengan detail, sudah pasti penerima juga akan tahu apa maksud yang ingin anda ungkapkan sebenarnya. Dengan cara tersebut maka anda pun akan bisa mendapatkan hasil yang dibutuhkan. Anda juga memungkinkan untuk menggunakan tag seperti %subject% jika anda memang membutuhkan itu semua.

Dalam hal ini, anda juga bisa mengisi pesan email dalam bentuk HTML. Jika tidak bisa maka anda bisa mengirimkannya dalam bentuk Plain Text. Inilah yang nantinya akan bisa anda coba untuk pertimbangkan dalam penerapannya dari sekarang. Bagian Body bisa anda isikan dengan pesan dari email yang anda kirimkan. Lalu jika sudah, anda bisa mengisi bagian Start yang berisikan kapan autoresponder tersebut akan aktif.

Stop juga bisa anda isi tentang tanggal berakhirnya autoresponder tersebut. Jika anda mencoba memilih Never maka autoresponder akan selalu aktif kapan saja dan dimana saja. Jika sudah selesai semuanya, maka anda bisa masuk ke menu Modify dan Create untuk membuat fitur cara membuat email Auto Respon di cPanel yang satu ini aktif.

Melakukan Pengetesan

 

Cara membuat email Auto Respon di cPanel
idwebhost.com

 

Hal selanjutnya dalam cara membuat email Auto Respon di cPanel yang juga perlu anda pahami adalah melakukan pengetesan. Sebagaimana yang dijelaskan di atas, ini hanya untuk memastikan bahwa semua format balasan yang anda kirimkan didalamnya itu sudah benar. Dengan cara inilah maka anda pun akan bisa mendapatkan ragam manfaat yang anda butuhkan itu sendiri. Nantinya anda juga pula yang akan dihubungi oleh pihak hosting terkait jika ingin melakukan konfirmasi lebih lanjut terkait mengenai hal ini. Jika sudah mengetesnya maka anda sebaiknya melakukan checklist apakah semua yang terdapat pada email tersebut sudah benar-benar tersedia dengan baik atau belum.

Cara Remove Fitur Autoresponder

Setelah tahu cara membuat email Auto Respon di cPanel, maka anda pasti penasaran bagaimana untuk menghapus atau meremove fitur yang satu ini. Anda sebetulnya bisa menghapusnya secara langsung saja jika sekiranya memang tidak lagi diperlukan. Dalam hal ini anda bisa mencoba untuk menerapkan beberapa cara signifikan yang anda butuhkan didalamnya. Dengan kata lain, fitur yang satu ini memang sangat serbaguna dan bisa anda aktifkan dan sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

Alhasil, semua itu akan benar-benar bisa memberikan manfaat signifikan yang anda perlukan untuk kebutuhan anda yang lebih lanjut dan pasti didalamnya. Tak heran jika dengan hanya menerapkan metode yang satu ini maka anda pun akan bisa melakukan segala jenis pengelolaan dengan cara yang anda butuhkan itu sendiri.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.