Cara Membuat Desain dengan Canva Web Gratis

18 Sep 2022
Cara Membuat Desain dengan Canva Web Gratis

Kini konten tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Seiring dengan perkembangan teknologi digital, kemampuan membuat desain menjadi kemampuan yang wajib dimiliki. Bagi kamu yang tidak memiliki latar belakang desain grafis, sebaiknya perhatikan ulasan cara membuat desain dengan Canva web gratis di sini, ya.

Platform Canva memang menjadi shortcut paling mudah untuk membuat desain menarik tanpa memerlukan kemampuan desain grafis yang mumpuni. Mari kenali Canva lebih dekat dan ketahui cara membuat desain gratis dalam ulasan berikut.

Apa Itu Canva?

apa itu canva

Canva adalah platform desain grafis yang menyediakan berbagai alat, fitur, dan template free-to-use. Platform ini tersedia dalam bentuk aplikasi maupun situs web. Pengguna bisa mengakses Canva melalui aplikasi untuk smartphone android dan iOS. Sementara itu, juga tersedia Canva PC yang bisa diakses oleh semua laptop atau komputer.

Pilihan desain yang bisa dibuat menggunakan Canva sangat bervariasi tidak terbatas pada satu format desain saja. Pengguna bisa menggunakan Canva untuk membuat desain logo, presentasi, poster, dan masih banyak lainnya.

Canva juga banyak digunakan untuk mendukung keperluan akademis. Misalnya seperti membuat ppt Canva. Namun, bukan hanya untuk membuat desainnya, pengguna juga bisa langsung mengaksesnya untuk mempresentasikan Canva PowerPoint.

Meskipun memiliki banyak fitur dan alat edit, tampilan Canva terbilang user-friendly dan mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Tertarik untuk mulai membuat desain di Canva? Ikuti ulasan ini sampai selesai!

Fitur Canva

Canva menyediakan banyak fitur yang dapat mendukung penggunanya untuk membuat desain menarik. Tidak heran jika Canva web menjadi opsi platform desain grafis terbaik yang bisa digunakan secara gratis. Sebelum mengetahui cara membuat desain dengan Canva web, kenali fitur-fitur unggulan Canva berikut ini:

Kapasitas Penyimpanan 5 GB

Setiap pengguna Canva akan mendapatkan kapasitas penyimpanan hingga 5 GB secara gratis. Dengan besar kapasitas ini, pengguna bebas menggunakannya untuk menyimpan berbagai desain dalam format yang beragam.

Desain yang sudah pernah dibuat akan secara otomatis tersimpan dalam akun. Artinya, saat kamu kembali lagi masuk ke Canva dengan akun tersebut, kamu bisa melihat atau mengedit konten itu lagi.

Lebih dari 250 Ribu Template Gratis

Kamu tidak perlu jago desain grafis untuk pakai Canva karena dalam platform ini. Ada banyak pilihan template yang disediakan oleh Canva dan bisa digunakan gratis.

Template ini tidak terbatas dalam satu format desain saja, lho. Ada beragam pilihan template gratis untuk berbagai format desain. Misalnya seperti desain slide presentasi, poster, infografis, brosur, dan masih banyak lainnya.

Meskipun bisa membuat desain langsung dari nol, namun template ini bisa sangat berguna jika sedang membutuhkan desain cepat. Kamu hanya perlu mengubah tulisan pada template sesuai dengan desain yang ingin dibuat. Jika sudah selesai, tinggal unduh dan dapatkan desain.

Text Customization

Selain desain template, Canva juga menyediakan fitur kustomisasi teks. Kamu hanya perlu memilih opsi teks dan masukkan tulisan yang ingin ditambahkan dalam desain. Selanjutnya, kamu bisa melakukan kustomisasi sesuai dengan kemauanmu.

Misalnya seperti mengubah font dari teks. Pilihlah font yang menarik dan cocok dengan desain. Sesuaikan sendiri ukuran dan warna teks agar hasil desain semakin menarik.

Koleksi Ikon dan Ilustrasi

Jika dalam template tidak tersedia ikon-ikon untuk menggambarkan detail informasi kontak, kamu bisa menambahkannya dengan memasukkan ilustrasi ikon gratis dari Canva. Bukan hanya ikon detail informasi, ada banyak pilihan ikon dan ilustrasi dengan tema yang berbeda-beda.

Pilihan Latar Belakang yang Beragam

Fitur menarik lainnya adalah Canva background. Bagi kamu yang ingin membuat konten foto produk untuk ditayangkan di situsmu, pastikan untuk menggunakan latar belakang yang menarik dan sesuai dengan produk.

Canva menyediakan beragam pilihan latar belakang yang bisa disesuaikan tingkat kontras dan intensitas warnanya. Kamu bisa memilih latar belakang yang bertema manis, lembut, vintage, atau lainnya. Bicara soal konten foto produk, pastikan data-datamu dalam situs tetap aman menggunakan layanan hosting terbaik, ya.

Fungsi Canva

canva web

Kira-kira, cara membuat desain dengan Canva web bisa berfungsi untuk menciptakan desain apa saja? Meskipun tidak bisa terangkum semua, berikut ini beberapa di antaranya:

  • Banner iklan. Ingin mendirikan usaha dan memerlukan banner iklan? Kini kamu bisa buat sendiri desain yang sesuai dengan keinginanmu menggunakan berbagai pilihan template gratis Canva web.
  • Poster. Koleksi ilustrasi dan ikon Canva bisa membantumu untuk membuat desain poster Canva yang menarik. Pastikan untuk menggunakan ilustrasi yang sesuai dengan topik bahasan postermu, ya.
  • Logo. Membuat logo Canva tidak akan menjadikan logo bisnismu mainstream, kok. Kamu bisa melakukan kustomisasi bebas sesuai dengan branding yang ingin ditampilkan.
  • Infografis. Tampilkan data dalam format yang lebih menarik untuk pembaca dengan berbagai template dan latar belakang yang disediakan Canva. Unduh hasil dalam resolusi tinggi agar desain tidak buram atau pecah-pecah.
  • Desain kemasan produk. Kamu bisa menggunakan berbagai template mock up untuk melihat review tampilan desain kemasan produkmu langsung. Mulai dari kemasan botol minum, kotak makan, dan masih banyak lainnya bisa digunakan gratis di Canva.
  • Banner blog. Di Canva kamu tidak perlu khawatir akan ukuran dimensi banner blog. Template blog memiliki ukuran dan desain yang bisa dikustomisasi sebebasnya. Dengan begitu, kamu hanya perlu membuat desain blog dan mengunduhnya langsung untuk dipasang.
  • Thumbnail Video YouTube. Jika ingin membuat cuplikan video yang menarik, pastikan untuk menggunakan font dan ilustrasi unik di Canva.

Cara Menggunakan Canva web

Tiba akhirnya pada ulasan cara membuat desain dengan Canva web gratis. Mari simak panduan selengkapnya berikut untuk membuat desain pertamamu:

1. Buat Akun

Langkah pertama untuk membuat desain di Canva online gratis ialah dengan membuat akun. Dengan adanya akun, kamu bisa mengedit konten kapan saja tanpa takut konten hilang tidak tersimpan. Jika ingin membuka desain kembali, kamu hanya perlu login Canva saja.

Buka canva.com dan pilih opsi Sign Up di pojok kanan tampilan Canva web. Kemudian masukkan alamat email, nama pengguna, dan kata sandi untuk membuat akun. Kamu juga bisa mendaftar menggunakan akun Google atau Facebook.

2. Mulai Buat Desain

Setelah berhasil membuat akun berikutnya kamu akan diarahkan ke halaman dasbor Canva akunmu. Untuk memulai membuat desain, ketuk tombol Create a design yang berada tepat di bawah nama akunmu.

Berikutnya, Canva akan memintamu untuk memberitahukan format desain apa yang ingin dibuat. Pada tampilan halaman yang sama, kamu akan ditayangkan beberapa pilihan format desain. Pilihlah salah satu format desain untuk memulai.

3. Pilih Template

pilih template

Kamu akan diarahkan ke halaman pembuatan desain. Pada tampilan awal ini, desainmu masih kosong berupa lembaran putih. Di bagian kiri, Canva akan memberikan saran template yang bisa kamu gunakan. Langkah berikutnya dalam cara membuat desain dengan Canva web ini ialah memilih template desain.

Jika sebelumnya sudah dipilih format desain blog banner maka saran template ini akan menampilkan berbagai blog banner yang bisa kamu edit dan customize. Pilihlah template yang paling sesuai dengan mengetuk atau klik pada gambar template tersebut.

4. Tambahkan Teks

Usai memilih template, lembar desain yang sebelumnya putih kosong akan berubah sesuai dengan template yang sudah dipilih. Langkah berikutnya ialah mengedit dan melakukan customize sesuai desain kebutuhanmu.

Untuk menambahkan teks, kamu bisa mengetuk atau klik pada teks yang sudah ada. Lalu, ubah teks tersebut. Selain mengganti teks yang sudah ada, kamu juga bisa menambahkan teks baru dengan klik opsi Text di bar sebelah kiri.

Pilih tambahkan teks dan kamu akan segera diminta untuk memasukkan teks baru. Berikutnya, lanjutkan dengan mengubah font, warna, dan ukuran teks melalui opsi yang tersedia pada bar di bagian bawah.

5. Tambahkan Ilustrasi

Untuk menambahkan ilustrasi, klik opsi Elements yang tersedia di bar bagian kiri. Masukkan kata kunci ilustrasi yang ingin dicari. Misalnya kata kunci ‘people’ untuk menemukan ilustrasi manusia. Hasil pencarian akan menampilkan ilustrasi yang berbeda-beda. Pilihlah yang cocok dan sesuaikan ukurannya pada lembar desain.

6. Unduh dan Bagikan Desain

Jika sudah selesai membuat desain, langkah terakhir ialah mengunduh dan membagikan desain yang sudah dibuat. Klik ikon panah ke bawah di sebelah tombol Download. Pilihlah format hasil desain yang diinginkan.

Untuk blog banner, kamu bisa mengunduhnya dalam format PNG, JPG, atau PDF. Berikutnya, desain akan secara otomatis diunduh ke perangkat dan kamu bisa memasangnya di situs blog.

Mudah, bukan cara membuat desain dengan Canva web di atas? Jika kamu ingin situs web yang aman dan menggunakan teknologi terkini, percayakan dengan jasa layanan hosting IDwebhost, ya.

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022