Cara Membuat Database MySQL
Blog Tips Keren

Cara Membuat Database MySQL

Cara membuat database mySQL perlu menjadi perhatian bagi para pemilik website. Pasalnya, anda juga harus tau bahwa semua data yang ada di website akan disimpan dalam bentuk database ini. Lalu jenis database yang dipakai itu sendiri ada banyak, salah satunya yang paling terkenal adalah database MySQL. Dengan menggunakan jenis database yang satu ini maka anda akan ditawarkan sebuah fitur yang istimewa dengan mudahnya. Selain itu, database ini juga akan bisa anda dapatkan secara free apabila anda menggunakan jasa hosting domain tertentu yang menyediakannya. Jadi kalau sudah punya atau ada fitur ini, jangan sampai diabaikan begitu saja karena anda bisa memanfaatkan potensi yang ada didalamnya guna mendukung aktifitas kustomisasi website anda dengan baik dan maksimal. Berikut adalah langkah cara membuat database mySQL yang bsia anda terapkan.

Panduan Terbaik Cara Membuat Database MySQL

Cara membuat database MySQL yang pertama bisa anda mulai dengan masuk ke bagian utama dari kontrolisasi website anda. Pertama, langkah awal yang sudah pasti harus anda lakukan adalah login dulu pada bagian control panel hosting yang anda gunakan. Disini anda bisa memasukan nama dari domain anda di url, kemudian tambahi saja dengan /cpanel di bagian akhkirnya. Setelah itu, anda akan bisa masuk ke halaman dashboard login dari cpanel. Disini anda hanya tinggal memasukan username dan juga password yang anda miliki. Pastikan untuk save password jika anda ingin agar bisa login terus dengan mudah kapan saja anda mau.

 

Cara Membuat Database MySQL
idwebhost.com

 

Kedua, tahap selanjutnya dalam cara membuat database MySQL adalah ebaiknya anda memilih MySQL Database Wizard yang ada didalamnya. Dengan menggunakan ini maka anda akan lebih mudah membuat database dengan program MySQL tersebut. disini yang harus anda lakukan adalah masuk pada bagian Wizared kemudian anda akan melihat banyak opsi yang bisa anda pilih dan terapkan. Disini anda harus menunggu sebentar, dan nantinya anda akan bisa langsung diarahkan ke bagian step by step membuat database MySQL tersebut. Disini anda bisa memulainya dengan menuliskan apa nama database yang ingin anda buat tersebut, kemudian masuk ke langkah selanjutnya, yakni Next Step.

Ketiga, anda juga harus mengeset user name dan password dari database yang anda gunakan. Ini tentu sangat krusial karena hal tersebut akan memudahkan anda untuk melakukan konfigurasi pada bagian database itu sendiri agar bisa difungsikan akan berjalan sesuai dengan yang anda butuhkan saat ini. Jika sudah selesai maka anda bisa masuk ke langkah selanjutnya yakni create user. Disinilah anda akan bisa memasukan username dan juga password anda nantinya seperti yang dijleaskan diatas.

Panduan Mengatur Hak Akses User Database MySQL

Lalu jika langkah diatas sudah selesai, anda bisa mencoba mengatur hak akses user yang ada di cara membuat database MySQL anda diatas. Disini tentu saja anda bisa mengatur hak aksesnya sesuai dengan kebutuhan anda. Jika perlu anda bisa memberikan seluruh hak akses yang anda inginkan. Berikan saja tanda centang pada bagian all privileges dan disini anda akan bisa mendapatkan seluruh hak akses yang di inginkan kapan saja anda mau. Ada beberapa detail mengenai hak akses yang juga sebaiknya anda pahami.

 

Cara Membuat Database MySQL
idwebhost.com

 

Misalnya adalah alter yang merupakan hak akses untuk mengedit bagian table yang ada di dalamnya. Kemudian ada alter routine yang merupakan hal akses untuk mengedit bagian stored routines yang ada didalamnya. Kemudian, ada juga hak akses untuk create yang akan memberikan akses untuk menciptakan table dan database kapan saja anda mau. Kemudian ada juga create temporary tables yang berfungsi untuk membuat table secara sementara. Ada juga hak akses lainnya dari segi delete and drop. Untuk delete adalah hak akses supaya anda bisa menghapus data tertentu. Sementara untuk drop adalah hak akses untuk menghapus table, view dan juga pada bagian database yang ada didalamnya.

Kemudian, ada juga hak akses yang berkaitan dengan lock tables atau apakah anda ingin mengunc table terkali atau tidak. Kemudian ada juga hak akses untuk select atau melihat pada bagian data yang ada didalamnya. Ada juga bagian show view yang merupakan hal akses untuk melihat pembuatan view yang sudah anda implementasikan. Ada juga trigger yang merupakan hak akses supaya anda bisa mengopersaikan trigger dengan mudah. Untuk memperbarui data anda bisa memilih fitur update yang ada didalamnya. Disinilah anda akan mampu mendapatkan semua yang anda perlukan dengan mudahnya.

Cara Melihat Database Berhasil Dibuat

Setelah penerapan cara membuat database MySQL diatas, kini anda pasti penasaran dengan seperti apa hasilnya nanti. Untuk tanda bahwa database anda sudah dibuat, maka akan muncul tulisan complete the task yang artinya adalah proses tersebut sudah selesai anda lakukan dengan sempurna. Anda bisa kemudian menggunakan database tersebut sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan yang anda kehendaki didalamnya. Hal tersebut pastinya akan sangat berguna sekali bagi anda. Dimana akan lebih banyak manfaat signifikan yang akan bisa dan bebas anda capai dan peroleh didalamnya.

Untuk bisa melihat database tersebut, anda hanya tinggal mlakukannya dengan masuk ke MySQL database. Disini anda akan bisa melihat semua perubahan yang telah anda lakukan dan juga menuju ke kolom pencarian untuk menemukan hasil yang lebih spesifik. Dari sini anda pasti paham bahwa cara membuat database MySQL itu sebetulnya tidak sesulit yang anda bayangkan. Yang pasti semua ada pada bagian hosting dan anda hanya tinggal mengikuti instruksi yag sudah ada untuk memperoleh hasilnya.

 

Cara Membuat Database MySQL
idwebhost.com

 

Baca Juga: Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Yang Benar

Dalam hal ini, sejumlah developer ada juga yang melakukan kustomisasi atau pengaturan dari MySQL tersebut dengan menggunakan sejumlah software yang ada didalamnya, antara lain yaitu software bernama phpMyAdmin. Jenis software yang satu ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi para pemilik web untuk mengedit database mereka. Jika menurut anda cara membuat database MySQL ini lebih praktis, maka silahkan terapkan saja.

Kesimpulan

Pada dasarnya penerapan mengenai cara membuat database MySQL memang cukup sederhana. Yang jelaas jika anda ingin memilih database yang tepat maka anda harus memilih satu yang berkualitas dan mudah digunakan. Anda pun juga bisa menanyakannya terlebih dahulu kepada staff IT jasa hosting domain terpercaya yang anda gunakan. Dengan demikian, maka anda akan bisa mendapatkan solusi dari setiap permasalahan yang anda temukan didalamnya. Ini juga akan lebih mudah dalam mendatangkan kepada anda banyak kekayaan yang sangat luar biasa lainnya. Pemahaman mengenai hal database ini juga penting karena faktanya database adalah sebuah fitur yang tak bisa dipisahkan jika anda ingin membuat sebuah web yang bagus dan kaya akan fitur terbaik. Disini anda akan mendapatkan lebih banyak yang anda butuhkan nantinya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.