Cara Membuat Daftar Isi Sebagai Ringkasan Sebuah Buku
Blog Tips Keren Cara Membuat Daftar Isi Sebagai Ringkasan Sebuah Buku

Cara Membuat Daftar Isi Sebagai Ringkasan Sebuah Buku

Cara membuat daftar isi akan memberikan informasi kepada anda mengenai apa saja yang sebaiknya anda terapkan untuk menggambarkan ringkasan dari sebuah buku. Dalam hal ini banyak bertanya bagaimana cara membuat daftar isi yang tepat dan signifikan? Banyak orang yang mencari sebuah informasi yang ada didalam buku melalui daftar isinya terlebih dahulu. Dengan cara ini sudah pasti akan lebih banyak yang bisa anda peroleh didalamnya. Inilah yang akan membantu anda memperoleh semua yang anda butuhkan dengan mudah. Dengan adanya informasi dari daftar isi, maka pembaca juga akan bisa tahu apa sajakah informasi yang akan disajikan didalamnya. Semua ini akan mampu membawakan kepada anda banyak manfaat yang diinginkan dalam rangka memberikan informasi yang lebih rinci dan juga detail yang ada di dalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi.

Cara Membuat Daftar Isi Paling Tepat

Cara membuat daftar isi yang paling tepat adalah sebetulnya untuk kepentingan dalam penulisan buku ini. Banyak sekali materi tertentu dalam berbagai buku yang jenisnya beragam yang ada didalamnya. Adanya informasi mengenai daftar isi akan memberitahukan pula informasi berapa jumlah halaman yang ada di buku tersebut. Bayangkan sebuah buku tanpa yang namanya daftar isi, nantinya akan terlihat bagaimana buku tersebut akan sangat sulit dicari mana informasi yang tepat didalamnya. Bagi mahasiswa yang sedang bertugas membuat skripsi, tentu saja membuat daftar isi juga sangat penting. Pasalnya ini akan lebih mudah dalam menyediakan semua yang diinginkan yang ada didalamnya.

 

Cara Membuat Daftar Isi
idwebhost.com

1. Menciptakan Heading Terlebih Dahulu

Cara membuat daftar isi yang perlu anda ketahui adalah bagaimana supaya bisa menggunakan heading terlebih dahulu. Anda perlu menerapkan heading ini pada saat membuka aplikasi MS Word yang ada didalamnya. Dalam ini heading akan memudahkan anda mengatur daftar isi semacam apa yang akan dibutuhkan. Semuahal yang menurut anda layak juga sebaiknya di bold karena nantinya akan memudahkan anda untuk mengatur daftar isi yang dibuat tersebut. Apabila semua sudah selesai anda lakukan, maka silahkan menuju ke langkah selanjutnya, yaitu memanfaatkan heading itu sendiri. Dalam hal ini anda juga bisa masuk ke menu reference kemudian pilih table of content yang ada didalamnya.

Dalam menu table of content anda akan bisa melihat bagaimana cara membuat daftar isi yang tepat dan benar. Anda hanya tinggal mengaturnya sendiri bergantung pada tema yang ada pada buku anda tersebut. Lalu pertimbangkan pula apakah ada subjudul didalamnya yang juga perlu anda buat dengan signifikan. Apabila anda mampu memahami ini semua dengan benar dan tepat, sudah pasti anda sendiri yang nanti akan bisa merasakan bagaimana manfaat yang anda butuhkan akan tersedia dan ada banyak didalamnya.

2. Merevisi Judul Yang Terdapat Pada Daftar Isi

Cara membuat daftar isi berikutnya adalah merevisi judul baru yang terdapat pada daftar isi. Dalam hal ini atau ketika anda ingin membuat sebuah buku, pasti anda pernah berada dalam posisi dimana anda kurang memasukan satu atau dua judul yang ada pada daftar isi. Hal ini tentunya terkadang akan membuat anda bingung. Parahnya lagi anda akan berpikir untuk membongkar semua daftar isi yang sudah anda buat. Pada dasarnya, hal ini tidak perlu sampai segitunya anda lakukan. Kenapa? Karena pada dasarnya anda akan bisa menerapkannya dengan mudah asalkan anda tahu bagaimana rahasia untuk mengganti informasi yang ada pada daftar isi tersebut dengan sesuatu yang terbaru, cara melakukannya bisa anda dapatkan di bawah ini.

 

Cara Membuat Daftar Isi
idwebhost.com
  • Tahap awal yang bisa anda lakukan adalah tinggal melakukan block saja terhadap kata yang hendak anda ubah. Kemudian, pilih ke home dan juga style heading yang ingin anda gunakan didalamnya. Setelah melakukan itu semua maka anda bisa masuk ke tahapan selanjutnya.
  • Anda bisa masuk ke tahap cara membuat daftar isi berikutnya yakni dengan masuk kembali ke bagian references. Dengan masuk ke bagian ini anda hanya tinggal memilih sub menu update table saja yag ada didalamnya. Kemudian anda akan mampu memperoleh semua yang anda butuhkan didalamnya dengan mudah dan jelas pasti.
  • Setelah semua selesai, maka tahapan berikutnya adalah dengan menekan enter dan setelah itu cek ulang apakah perubahan daftar isi yang anda lakukan sudah benar? Jika sudah benar maka anda bisa masuk ke tahap selanjutnya untuk konfirmasi lebih lanjut.

3. Mengedit Konten Di Daftar Isi

Terkadang dalam penerapan cara membuat daftar isi ini anda sudah terlanjur membuat yang sesuai dengan style anda. Anda sebetulnya bisa mengubah style tersebut sesuai dengan yang digunakan pada Microsoft Word itu sendiri. Dengan cara inilah anda akan bisa memperoleh semua yang anda butuhkan didalamnya. Apabila anda nantinya sudah masuk ke bagian sub menu, anda bisa memilih lagi mana bagian yang terdapat pada style yang hendak anda gunakan didalamnya. Anda bisa menghilangkah heading yang sudah ada dengan style baru yang anda inginkan. Apabila sudah selesai tinggal pilih saja oke dan cara membuat daftar isi sudah selesai.

Baca Juga: Blog Diterima Google Adsense? Ini Rahasianya!

Pada dasarnya dalam cara membuat daftar isi ini juga harus tepat dan terlihat bagus. Utamakan kerapian dan juga keakuratan halaman dalam pembuatan daftar isi tersebut. Dengan metode ini maka anda pun akan bisa memperoleh banyak manfaat yang anda butuhkan didalamnya dengan mudah dan tepat. Dengan cara tersebut sudah pasti anda akan mampu merasakan manfaat yang sangat signifikan dan pasti didalamnya. Dengan pengeditan konten yang terdapat pada daftar isi dengan tepat, anda akan mampu melihat semua yang anda butuhkan tersebut dengan lengkap dan tepat.

 

Cara Membuat Daftar Isi
idwebhost.com

Kesimpulan

Cara membuat daftar isi yang tepat dan signifikan adalah bagaimana cara anda bisa melakukanya pada saat menggunakan Ms Word dan lain sebagainya. Apabila anda mampu melakukannya dengan benar, maka hal ini akan memberikan anda keuntungan. Sebagaimana diketahui bahwa pembuatan daftar isi ini juga dalam rangka untuk membuat pembaca atau anda sendiri tidak tersesat dalam mencari informasi yang ada dan tersedia dalam buku atau skripsi yang anda buat. Pada penerapannya, ini juga akan sangat penting dalam rangka mendatangkan kepada anda semua itu dengan baik.

Jika sudah menerapkan cara membuat daftar isi di atas, ingatlah bahwa cara melakukannya sebenarnya tidak sesusah yang anda bayangkan. Jika anda mampu melakukan semuanya dengan baik, sudah pasti hal tersebut akan mampu memberikan kepada anda banyak keuntungan yang signifikan, terlebih lagi bagi buku yang dibuat dengan ketebalan halaman yang sangat banyak. Akan sangat mudah mendapatkan dan mencari informasi jika ada detail itu sendiri didalamnya. Yakni dengan membuat daftar isi yang akan memberikan panduan kepada pembaca agar tahu dimana letak informasi yang mau dicari itu.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.