Cara Membuat Backlinks Berkualitas Pada Website
Blog Tips Keren Cara Membuat Backlinks Berkualitas Pada Website

Cara Membuat Backlinks Berkualitas Pada Website

Mengetahui cara membuat backlinks merupakan salah satu ilmu yang harus anda tahu dalam berbisnis di dunia digital dan bagi kalian di dunia para blogger. Sering dikenal dengan istilah link building, suatu pekerjaan yang bertujuan mendapat backlink dari website lain. Backlink mempunyai peran utama menaikkan reputasi website atau keyword anda di mesin pencarian Google. Sehingga keyword anda bisa muncul di halaman pertama Google. Dari mesin pencarian dari googlelah traffic anda berdatangan.

Namun anda harus berhati-hati dalam membangun backlink yang berkualitas. Sejak awal bahwa baclinks yang kalian tautkan menjadi faktor utama bagaimana google dan mesin pencari lainnya menentukan seberapa terpercaya sebuah situs website. Google dan mesin pencari lain menganggap setiap tautan seperti sebuah rekomendasi, maka semakin banyak tautan yang diarahkan oleh sebuah website. Kredibilitasnya website anda akan semakin diakui dan akan mempengaruhi tinggi peringkat website anda dalam hasil pencarian.

Cara Membuat Backlinks Berkualitas pada Website

 

 

Bagi anda yang belum tahu tentang apa itu Backlinks. Simaklah penjelasan di bawah ini.

Pengertian Backlinks

Dilansir dari Wikipedia. Backlinks adalah suatu referensi dari website lain terhadap website kita atau sebaliknya. Layanan ini merupakan salah satu faktor penentu yang akan diperhatikan oleh algoritma Google tentang seberapa penting halaman website tersebut berada di halaman pertama pencarian.

Sehingga layanan backlinks ini adalah salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan bisnis online anda juga bagi anda para blogger. Penerapan backlinks sangatlah sederhana, hanya berupa tautan atau link situs anda yang berada di situs lain. Dengan demikian sebuah website yang meletakkan link website anda di website mereka.

Kapan Membuat Backlinks Berkualitas

Banyak orang sudah melakukan banyak tautan sebelum mereka membangun fondasi yang kuat. Padahal yang harus anda sadari adalah bahwa fondasi yang kuat seperti situs website yang telah dioptimalkan dengan baik membuat pembangunan tautan anda lebih efektif.

Jadi, inilah yang perlu anda pikirkan sebelum terjun ke pembuatan tautan berkualitas:

  • Perbaiki Semua Masalah Teknis / UX

Masalah teknis dapat merusak pengalaman pengguna (UX) dengan UX berkorelasi dengan kinerja SEO ini akan menjadi kurang optimal sekali. Lihat ini sebagai tahap dasar dari proses. Itu karena jika mempercepat proses ini, backlinks anda tidak akan menjadi optimal. Berikut adalah beberapa masalah teknis / UX yang perlu anda perbaiki dan biasanya muncul adalah:

  1. Site loading speed
  2. Mobile friendliness
  3. Duplicate content
  4. Canonical errors
  5. Duplicate META data
  6. Incorrect uses of directives
  • Kembangkan arsitektur website yang kuat

Mengembangkan arsitektur website yang cerdas adalah satu-satunya cara terbaik untuk mendapatkan keberhasilan yang paling banyak dalam hal membangun tautan. Strategi arsitektur website yang ramai adalah menggunakan silo terbalik. Alih-alih mencoba memperoleh backlink ke halaman yang tidak dapat ditautkan seperti homepage, halaman kategori, halaman produk, dll. Silo terbalik dibuat untuk memperoleh backlink ke halaman yang kaya konten. Ini mungkin posting blog atau halaman informasi yang didorong individu. Pendekatan yang seperti ini terasa lebih efektif untuk perolehan tautan karena orang jauh lebih bersedia untuk menautkan ke informasi berharga daripada halaman yang digerakkan oleh penjualan.

  • Buat Linkable Assets Backlinks

Assets yang dimaksudkan ini adalah assets yang ditautkan biasanya berupa postingan blog atau halaman yang memiliki banyak informasi. Misalnya, Artikel blog yang sedang anda baca ini adalah assets yang dapat ditautkan. Hal ini dibuat untuk memberikan informasi dan menambah value bagi website ini juga.

Cara Membuat Backlinks Berkualitas pada Website

7 Indikator Kualitas Backlinks

Tidak semua backlink dibuat berkualitas dan itulah mengapa sangat penting bagi anda untuk mengetahui seperti apa backlink yang baik itu. Berikut adalah beberapa panduan untuk diikuti:

  • Relevance pada Backlinks

Anda harus menargetkan sasaran pembangunan website anda sehingga tautan yang anda gunakan juga mendapatkan backlink di situs web yang relevan dengan anda.

  • Authority