Cara Membuat Akun FTP Secara Mudah di Plesk Panel
Blog Hosting Guru Cara Membuat Akun FTP Secara Mudah di Plesk Panel

Cara Membuat Akun FTP Secara Mudah di Plesk Panel

Hidup di era yang semakin berkembang ini, kita dituntut untuk lebih paham seputar teknlogi informasi agar terbiasa dengan perkembangan zaman. Jika Anda lihat, hampir setiap hari banyak orang yang telah melakukan pertukaran antar komputer melalui internet. Pertukaran data adalah hal yang penting dalam dunia komputer karena dengan adanya pertukaran data tersebut dapat menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya. Adanya komputer atau laptop juga memudahkan kita dalam mengunduh suatu fie melalui internet. Sampai di sini apakah kita pernah berfikir bagaimana cara komputer atau laptop tersebut bisa dengan mudah mengunduh file melalui internet? Itu semua karena peran FTP atau File Transfer Protocol. Nah, ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat akun FTP secara mudah.

Apa itu File Transfer Protokol?

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat akun FT, maka Anda harus mengenal lebih dalam tentang FTP. File Transfer Protokol atau yang lebih familiar dengan sebutan FTP adalah layanan internet yang dirancang untuk membuat sambungan ke server internet tententu atau komputer sehingga user dapat mengirimkan file ke komputer (mengunduh) atau mengirimkan file ke server (mengunggah). Kemudahan dalam mengunduh atau mengunggah file juga tak luput dari peran FTP.

Cara membuat akun FTP
hosting murah

Dalam pengoperasiannya, layanan FTP bisa diatur menajdi FTP public. Hal ini untuk memudahkan agar semua orang dapat mengakses data-data yang ada di server FTP dengan sangat mudah.  Meski bisa digunakan dengan mudah untuk semua orang, namun FTP juga tidak mengizinkan semua orang untuk mengakses data-data yang ada di server, jadi hanya khusus pengguna yang sudah terdaftar saja yang memiliki akses tersebut.

FTP sendiri memiliki 2 hal penting yaitu FTP server dan FTP client

FTP server adalah sebuah server yang menjalankan software dengan fungsi memberikan layanan tukar menukar file yang selalu siap jika ada permintaan dari FTP Client. Sedangkan FTP client adalah komputer yang Anda gunakan untuk melakukan beberapa aktivitas  Keduanya memang harus selalu terhubung agar bisa melakukan aktivitas seperti mengundung, mengupload, mengganti nama,dan aktivitas lainnya.

Bagaimana cara kerja FTP?

Setelah mengetahui betapa pentingnya FTP yang turut andil dalam proses mengunduh file  maupun mengunggah file, maka Anda juga harus tahu bagaimana cara kerja file transfer protokol. Cara kerja FTP adalah dengan mengandalkan autentikasi standar yang akan meminta pengguna komputer memasukkan username dan password agar bisa mengakses data.

Bagi Anda yang suka mengunduh file melalui komputer, pastinya Anda pernah diminta untuk memasukkan username dan password agar bisa melanjutkan akses tersebut. Hal itu adalah cara kerja FTP dalam menjalankan perintah yang kamu lakukan. Bahkan dengan memasukkan username dan pasword tersebut sudah pasti file yang Anda unduh aman.

Tak hanya itu saja, sebelum adanya pertukaran data tersebut, FTP client terlebih dahulu harus melakukan permintaan koneksi terhadap FTP server. Kalau FTP client sudah terhubung dengan FTP server, artinya sudah terjadi aktivitas yang pastinya sudah pernah Anda lakukan seperti mengunduh dan mengunggah data.

Bisa dibilang kalau FTP memiliki peran yang sangat penting pada seluruh aktivitas yang Anda lakukan melalui komputer. Jika tidak ada FTP, maka tidak ada kegiatan mengunggah ataupun mengunduh suatu file melalui komputer.

 

Adakah keunggulan dan kekurangan ketika memakai FTP?

FTP memang memiliki peran besar dalam pertukaran data. Akan tetapi masih ada beberapa kekurangan yang perlu Anda tahu.

Kekurangan memakai FTP

1. Jika pengguna tidak terlalu paham bagaimana cara mengoperasikan FTP, maka sangat riskan karena sekali klik bisa menghapus keseluruhan data. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati.

2. Sebagai media transfer, FTP kurang aman karena tidak ada enkripsi, kecuali jika memnggunakan alternatif seperti SFTP (Secure File Transfer Protocol).

3. Kesalahan dalam menyampaikan informasi sering terjadi sehingga administrator sulit memahami informasi yang diterima.

4. Jika Anda menginginkan FTP server sendiri, maka Anda harus memiliki komputer server sendiri atau menyewa server dengan biaya yang tergolong mahal.

Tak lepas dari itu semua, FTP memiliki beberapa keunggulan antara lain:

1. FTP menyediakan transfer data yang reliable dan efisien. Hal itu karena setiap pengguna tidak memerlukan tahapan-tahapan yang rumit untuk memperoleh atau mentranfer suatu file. Tentunya ini sangat memudahkan.

2. Transfer data atau file dapat dilakukan dengan mudah dan terorganisir.

3. Buat Anda yang memiliki website, dengan adanya FTP, maka Anda dapat melakukan backup website dengan mudah. Cocok untuk pemula.

4. Progress perpindahan data tidak hilang meskipun sambungan internet terputus. Sangat aman untuk Anda yang sedang melakukan proses pemindahan data dan mendadak sambungan terputus karena mati lampu.

Cara membuat akun FTP
hosting murah

Bagaimana cara  membuat akun FTP di Plesk Panel

Plesk merupakan salah satu perangkat lunak untuk pengaturan pada web hosting. Plesk juga tersedia di windows dan linux. Jika Plesk panel sangat  penting untuk web hosting, hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat, menginstal dan memanajemen database, aplikasi, ataupun script.

Beikut beberapa keunggulan plesk panel yang harus Anda ketahui

1. Memiliki tampilan yang bersih sehingga lebih mudah digunakan dan memiliki fungsi dan tools yang terpusat.

2. Dilengkapi dengan fitur otomatis untuk instal aplikasi atau CMS yang sudah diberikan secara terpusat.

3. Memudahkan Anda membuat email dan subdomian.

4. Panel admin di Plesk terlihat lebih profesional.

5. Memudahlan Anda saat melakukan migrasi.

6. Memiliki permintaan dukungan yang lebih rinci dari cPanel, memungkinkan manajemen dari kedua MySQL dan MS SQL Server dari browser Web, sangat terintegrasi dengan Windows dan intuitif mudah digunakan.

7. Memiliki dukungan formulir permintaan yang cukup rinci untuk membutuhkan informasi yang lebih luas termasuk produk, versi produk, versi OS, lingkungan kerja dan masalah.

Berikut cara mudah membuat akun FTP di Plesk Panel

Langkah pertama

Anda harus log in ke plesk panel sebagai customer agar bisa mengakses FTP. Setelah itu, Anda harus klik menu FTP access.

Langkah kedua

Untuk langkah selanjutnya Anda tinggal klik pada bagian Add an FTP Account. Di sini nanti Anda akan menambahkan akun FTP yang akan Anda buat.

Langkah ketiga

Setelah Anda diminta untuk mengisi nama dan password, nanti akan muncul kolom dan isilah  informasi tentang akun FTP. Kemudian klik ok untuk menyelesaikannya. Nanti akan muncul nama yang sudah Anda pilih dan akun FTP di plesk panel sudah selesai dibuat.

Itulah penjelasan bagaimanan cara mudah membuat akun FTP di plesk panel. Jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan domain dan hosting yang murah.