Cara Membuat Akun Email di Webuzo Yang Wajib Diketahui
Blog Tips Keren Cara Membuat Akun Email di Webuzo Yang Wajib Diketahui

Cara Membuat Akun Email di Webuzo Yang Wajib Diketahui

Webuzo adalah salah satu panel kontrol yang banyak digunakan dan disarankan oleh banyak pengembang website. Bisa dibilang, webuzo merupakan jawaban atas keinginan pengguna yang tidak ingin berbagi akses dengan pengguna lain di websitenya. Ya, Webuzo merupakan panel kontrol tunggal yang akan membantu pengguna menggunakan aplikasi web seperti WordPress, Joomla, Drupal dan lain sebagainya. Juga aplikasi sistem seperti Apache, NGINX, PHP, Java, MongoDB, email dan lain-lain. Email dan website merupakan suatu kesatuan yang tak terpisahkan. Bila diibaratkan, website adalah sebuah rumah, sedangkan email adalah kotak surat. Hal yang kini jarang ditemui dimana biasanya di depan sebuah rumah terdapat kotak surat. Mungkin tak sedikit dari Anda yang pernah mengalami era tersebut. Maka, kita perlu tahu cara membuat akun email di webuzo.

Kini seiring majunya teknologi, fungsi rumah dan kotak surat bergeser ke dunia maya dalam bentuk website dan email. Salah satu pentingnya email manajemen bisa terlihat dengan hampir semua aspek di dunia digital pasti menggunakan email. Salah satunya adalah panel kontrol web hosting. Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat akun email di Webuzo.

Secara default, Webuzo menggunakan Squirelmail sebagai layanan email mereka. Untuk itu akan kami jelaskan sedikit tentang apa itu Squirelmail. Squirelmail adalah layanan webmail yang ditulis dengan PHP. Ini sudah termasuk dengan built in PHP support untuk protocol IMAP dan SMTP dan bisa memproses halaman dengan HTML tanpa membutuhkan JavaScript untuk memaksimalkan kompatibilitas lintas browser.

Pada layanan webmail, protocol IMAP dan SMTP sangat penting. Seperti paragraf diatas, Anda tak harus berurusan dengan JavaScript karena banyak pemilik website yang tidak memiliki tingkat keahlian komputer yang tinggi.

Squirellmail juga sangat mudah di install dan stabil. Fungsi dasar email client bisa dilahap dengan mudah menggunakan squirelmail.

Cara Membuat akun email di Webuzo

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke panel Webuzo Anda.

Kemudian klik Enduser Panel

Pada menu Email, seperti gambar yang tertera di bawah ini, klik Email Account untuk membuat akun email Anda.

Cara Membuat Akun Email di Webuzo

Selanjutnya adalah mengisi segala informasi yang dibutuhkan seperti alamat email dan password. Setelah semua telah terisi, silakan klik Create Account.

Cara Membuat Akun Email di Webuzo

Ketika semua step yang Anda lalui sudah benar, akan muncul popup Done, Email user created successfully

Beginilah tampilan email Anda setelah berhasil dibuat.

Cara Membuat Akun Email di Webuzo

Mengakses Squirelmail

Seperti yang sudah disebutkan diatas, settingan email default di Webuzo menggunakan layanan dari Squirelmail. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetehui bagaimana cara mengakses Squirelmail. Setelah Anda berhasil membuat akun email pada panel Webuzo, klik ikon amplop seperti gambar dibawah.

Cara Membuat Akun Email di Webuzo

Anda akan diarahkan ke halaman login Squirelmail seperti gambar dibawah ini. Silakan isi nama dan password Anda, lalu klik login.

Cara membuat akun email di Webuzo

Selain dengan cara diatas, Anda bisa mengakes Squirelmail dari menu Email, kemudian klik Access Email.

Mengedit Password Email id Webuzo

Setelah membuat akun email, mungkin ada kalanya Anda ingin merubah password lama dan menggantikannya dengan password yang baru. Melakukan penggantian password secara berkala sangat penting dilakukan untuk keamanan akun Anda, termasuk di akun panel Webuzo Anda.

Langkah pertama klik ikon pensil yang ada pada tampilan email yang sudah Anda buat sebelumnya. Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara membuat akun email di Webuzo

Setelah itu, masukanlah password baru yang sesuai dengan keinignan Anda. Jika sudah menggantinya, kemudian klik save yang bersimbol seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Akun Email di Webuzo

Menghapus akun Email Webuzo

Ada kalanya suatu saat Anda akan menghapus akun email di Webuzo. Entah apapun penyebabnya, kemungkinan itu akan selalu ada. Beginilah caranya menghapus akun email di Webuzo.

Langkah pertama, klik ikon (X) aatau tanda silang pada tampilan akun email yang telah Anda buat sebelumya.

Kemudian klik Yes untuk melakukan konfirmasi bahwa Anda akan menghapus akun email Anda.

Setelah akun email sukses terhapus, Anda akan mendapatkan popup notifikasi bahwa akun email Webuzo Anda telah terhapus dengan sukses.

Layanan alternatif selain Squirelmail: Webmail lite

Meskipun secara default Webuzo menggunakan Squirellmail sebagai layanan akses emailnya, ternyata tak sedikit juga yang tak menyukai tampilan dair Squirellmail. Salah satu layanan yan direkomendasikan sebagai layanan alternative adalah Webmail Lite.

Sebelum melakukan instalasi Webmail Lite, yang pertama harus Anda lakukan adalah menginstall terlebih dahulu Dovecot di panel Webuzo Anda. Dovecot adalah aplikasi mail server open source dengan dengan menggunakan sistem operasi Linux. Lalu bagaimana cara menginstall Dovecot? Berikut caranya:

Pastikan Devecot sudah terinstal pada panel Webuzo Anda untuk bisa login ke Webmail Lite. Untuk memastikan apakah Dovecot sudah terinstall di Webuzo. Caranya cari Dovecot di search bar webuzo, seperti cara gambar dibawah.

Cara Membuat Akun Email di Webuzo

Klik instal untuk menginstall Dovecot, tampilannya seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Akun Email di Webuzo

Instalasi Webmail Lite

Mengapa Webmail Lite banyak digunakan pengguna Webuzo? Banyak yang menjawab karena tampilannya yang lebih user friendly daripada Squirellmail.

Langkah pertama, loginlah ke panel Webuzo Anda.

Kemudian pada search bar, carilah Webmail Lite, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Akun Email di Webuzo

Kemudian klik instal now.

Selanjutnya yang Anda lakukan adalah mengisi seluruh informasi yang diperlukan seperti software setup, incoming mail settings, outgoing mail settings, dan juga admin acount seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Akun Email di Webuzo

Kemudian klik install.

Selesai, sekarang Anda sudah bisa menggunakan Webmail Lite.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat akun email di Webuzo. Bagaimana, mudah bukan? Catatan untuk Anda yang melakukan instalasi sendiri sebaiknya melakukannya secara teliti. Karena akan sedikit ribet saat Anda melewatkan salah satu prosesnya.Namun jika Anda merasa tidak mempunyai waktu banyak untuk melakukannya sendiri, hubungilah penyedia hosting dimana Anda mempercayakan website Anda pada layanan mereka. Web hosting terbaik pasti akan memberikan layanan semaksimal mungkin agar pelanggan, dalam hal ini adalah Anda mendapatkan kepuasan.

IDwebhost sebagai jasa hosting murah terbaik di Indonesia tak hanya memiliki banyak paket hosting untuk Anda, nammun juga jasa registrar domain, pembuatan website sekolah, dan masih banyak lagi. Layanan IDwebhost sangat tepat untuk Anda yang percaya bahwa go digital akan semakin memajukan bisnis Anda. Dibelakangnya terdapat tim support yang siap melayani Anda selama 24 jam sehari dalam satu minggu. Jadi tunggu apalagi, onlinekan usahamu hanya bersama IDwebhost.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis