Cara Membuat Addon Domain di Webuzo Untuk Pemula
Blog Tips Keren Cara Membuat Addon Domain di Webuzo Untuk Pemula

Cara Membuat Addon Domain di Webuzo Untuk Pemula

Memiliki lebih dari satu domain di akun hosting tentu saja menyenangkan. Domain yang di addons bisa digunakan untuk membuat website baru, yang mungkin sama sekali berbeda dengan kontennya dengan domain utama Anda. Inilah yang dinamakan sebagai addon domain. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini karena penyimpanan domain addons berbeda root directory dengan domain utama. Sehingga memungkinkan Anda untuk membuat 2 websit e atau lebih dalam satu akun hosting. Banyaknya addon domain ini sangat bergantung pada paket hosting yang Anda pilih tentunya. Webuzo adalah single panel hosting yang penggunanya mulai bertumbuh juga memiliki fitur addons domain. Artikel ini akan menjelaskan pada Anda bagaimana cara membuat addon domain di Webuzo.

Cara Membuat Addon Domain di Webuzo

Sebenarnya menambah domain melalui Webuzo cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu beberapa langkah saja untuk melakukannya. Berikut ini caranya:

1. Langkah pertama, silakan login ke panel Webuzo Anda. Isikan username dan password pada halaman sign in. Seperti pada gambar dibawah.

Cara membuat addon domain di Webuzo

 

 

2. Langkah kedua, pada dashboard Webuzo Anda, pilih menu Enduser Panel. Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara membuat addon domain di Webuzo

3. Kemudian pada menu Domain > Add Domain

4. Lalu isikan seluruh informasi yang diperlukan, lalu klik Add Domain.

  • Pada menu Domain, isilah menu Domain dengan nama domain Anda. Centang kotak apabila Anda ingin menambhakan domain sebagai Addon Domain. Anda juga bisa menghapus centang apabila ingin menambahkan domain sebagai Parked Domain.
  • Pada bagian input, Anda bisa mengisinya dengan Path ke direktori yang Anda inginkan untuk ditunjukkan pada domain Anda.
  • Kemudian, setelah mengisi path directory, yang Anda lakukan selanjutnya adalah alamat IP Domain Anda jika tidak terpointing ke server Webuzo.
  • Kemudian centang kotak Issue Let’s Encrypt Certificate jika Anda ingin menggunakan SSL gratis dari Webuzo. Jika tidak ingin menggunakan SSL gratis, Anda tak perlu mencentang kotak tersebut.
  • Kemudian, bergeser sedikit kebawah, silakan centang kotak Mail Validation Records, jika ingin mendapatkan detail mengenai Addon Domain Webuzo di inbox email Anda.
  • Jika sidah semuanya, klik Add Domain untuk menambahkan domain Anda.
  • Klik Manage Domain untuk melihat domain yang telah Anda tambahkan.

Tampilannya seperti gambar dibawah ini.

Cara membuat addon domain di Webuzo

5. Update nameserver VPS Anda ke domain baru yang taid ditambahkan. Proses konfigurasi ini setidaknya akan memakan waktu paling lama 1 x 24 jam.

Manage domain

Setelah semua step yang Anda lakukan selesai, Anda bisa mencoba mengakses domain dengan fitur Manage Domain. Nantinya akan ada beberapa hal yang perlu diisi, seperti di bawah ini:

  • Domain: Hal ini mengacu pada domain yang telah Anda tambahkan.
  • Centang Addon Domain atau Parked Domain. Anda bisa menghapus centang tersebut jika ingin menambahkan domain sebagai Parked Domain. Secara default kotak ini tercentang sebagai Addon Domain.
  • Domain Path. Jika ini adalah Addon Domain/Alias, Anda perlu untuk menentukan path directory yang akan dibuat utuk domain.

Menambahkan Sub Domain

Dari namanya saja, subdomain dan domain terntu saja berbeda pengertian. Subdoman adalah domain standard yang tidak berdiri sendiri. Subdomain merupakan bagian tambahan dari nama domain induk. Sebagai contoh, domain Anda adalah idwebhost.com, Anda dapat membuat subdomain utuk domain tersebut, misalnya saja forum.idwebhost.com. Karena Anda sudah memililiki domain idwebhost.com maka subdomain untuk domain itu tak lagi membutuhkan biaya tambahan. Lalu bagaimana cara membuat subdomain di Webuzo?

Cara membuat subdomain Webuzo

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi kolom dengan sub domain yang Anda inginkan. Seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.cara membuat addon domain di Webuzo
  • Klik ikon Add Domain untuk menambahkan Sub Domain Anda.
  • Klik Manage Domain untuk melihat sub domain yang telah Anda tambahkan. Lebih jelasnya seperti pada gambar dibawah.

Cara membuat addon domain di Webuzo

Menambah Domain Alias

Domian alias, atau Parked Domain adalah sebah fitur yang digunakan utuk megarahkan sebuah domain ke domain utama di hosting. Dengan fitur Parked Domain, tampilan domain yang disetting akan sama persis dengan tampilan website utama pada hosting.

Cara membuat addon domain di Webuzo

Fitur ini akan sangat terasa manfaatnya apabila Anda memiliki domain dengan ekstensi yang berbeda tetapi menginginkan tampilan website yang sama. Namun yang harus Anda ingat adalah bahwa domain yang akan di park statusnya harus berstatus aktif terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara menambahkan domain alias pada panel Webuzo?

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi kolom input dengan domain yang Anda inginkan.
  • Arahkan directory ke Domain tempat yang Anda inginkan untuk membuat alias.
  • Klik Add Domain untuk menambahkan domain alias.
  • Klik manage domain untuk melihat domain alias yang baru saja Anda tambahkan.

Tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

Cara membuat addon domain di Webuzo

Manage Domain

Setelah addon domain, add subdomain, dan add domain alias, Anda bisa melihat semua yang telah Anda tambahkan sebelumya di menu Manage Domain. Anda bisa mengatur domain, subdomain dan domain alias dari menu Webuzo Enduser Panel > Features > Manage Domain.

Tampilannya seperti pada gambar di bawah ini.

Cara membuat addon domain di Webuzo

Anda bisa bisa mengatur segala hal tentang domain Anda dari sini.

Webuzo adalah panel single user yang penggunanya mulai banyak dan memiliki kelebihan lebih eksklusif daripada panel hosting lain. Di Webuzo, Anda tidak bisa melakukan berbagi akses dengan pengguna lainnya. Inilah yang membedakan Webuzo dari yang lainnya.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat Addon Domain Webuzo. Sebagai pemilik website atau yang ingin mencoba menemukan hal baru, Webuzo sangat patut untuk dicoba. Terdapat beberapa fitur yang tidak akan Anda temui pada panel kontrol lain. Ekslusivitas yang menjadi andalan Webuzo untuk merebut hati calon penggunanya. Setiap panel kontrol memiliki ciri khasnya masing-masing. Sebelum memilih panel kontrol yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pengguna. carilah sebaanya mungkin informasi yang memang Anda butuhkan tentang sebuah panel kontrol.

Anda bisa menghubungi penyedia hosting dimana Anda berlangganan, atau jika Anda belum pernah memiliki pengalaman berlangganan hosting, tak perlu khawatir. Anda bisa mencari sebanyak mungkin informasi melalui review yang tersebar di internet. IDwebhost sebagai penyedia hosting murah terbaik tidak hanya memiliki jasa hosting, namun juga pembuatan website, VPS, dan layanan pengembangan website lainnya. Semoga apa yang kami sajikan bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis