Inilah Cara Membeli Domain yang Harus Kamu Ketahui

23 Des 2022
Inilah Cara Membeli Domain yang Harus Kamu Ketahui campaign-unlimited

Untuk memiliki sebuah domain maka kamu harus membelinya terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara untuk membeli domain agar bisa digunakan pada website? Simaklah penjelasan mengenai cara membeli domain berikut ini!

Seperti yang telah kita ketahui bahwa di era yang sudah modern ini, banyak orang yang telah menggunakan website untuk membantu menjalankan bisnisnya. Kini, website banyak digunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan. Sebagian besar orang memanfaatkan website untuk berjualan secara online. Tentu saja hal tersebut dapat lebih memudahkan pembeli karena tidak perlu mendatangi penjual ketika membutuhkan sesuatu.

Akan tetapi, untuk membuat sebuah website dibutuhkan dua komponen penting yang harus kamu miliki, yaitu domain dan hosting yang unlimited. Tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak orang yang seringkali tidak bisa membedakan domain dan hosting. Oleh karena itu, simaklah penjelasan mengenai domain berikut ini!

Nama domain merupakan sebuah identitas atau nama sebuah website di Internet. Nama ini digunakan untuk mengidentifikasi alamat dari server komputer (IP Address). Domain memiliki sifat yang unik dan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Misalnya, www.IDwebhost.com. IDwebhost merupakan nama domain, sementara itu .com merupakan ekstensi dari nama domainnya. Untuk dapat memiliki nama domain, maka kamu harus melakukan pembelian domain terlebih dahulu pada perusahaan penyedia domain.

Lalu, Apa Fungsi Domain?

cara beli domain
idwebhost

Nama domain adalah sebuah alamat yang dapat membuat orang akan lebih mudah menemukan websitemu di Internet. Setiap website disimpan ada suatu server dan setiap server memiliki IP Address-nya masing-masing. Untuk dapat mengakses suatu website, para pengunjung harus mengetikkan alamat IP dari website tersebut melalui browsernya (misalnya 31.13.78.42, itu adalah IP address dari situs Facebook). Tanpa adanya nama domain, maka pengunjung harus mengetikkan alamat IP tersebut secara benar melalui browsernya.

Cara tersebut tentu saja akan sangat menyulitkan karena orang harus menghapal nomor IP dari setiap website yang ingin mereka akses. Padahal, di dunia ini terdapat jutaan website dan tentu saja sangat mustahil orang dapat menghapal setiap angka pada masing-masing website. Oleh karena itu, hadirlah nama domain. Contoh nama domain yaitu facebook.com. Dengan demikian, ketika seseorang akan mengakses facebook maka mereka cukup mengetikkan nama domainnya.

Bagaimana Cara Beli Domain?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk memiliki sebuah domain maka kamu harus membelinya terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara untuk membeli domain agar bisa digunakan pada website? Simaklah penjelasan mengenai cara membeli domain berikut ini!

Kunjungi halaman perusahaan penyedia domain

Untuk membeli sebuah domain, kamu perlu mengunjungi perusahaan penyedia domain terlebih dahulu. Salah satu perusahaan penyedia domain yang disebutkan oleh PengamatHosting sebagai penyedia domain yang terbaik  adalah IDwebhost. Kamu bisa masuk ke halaman IDwebhost untuk membuktikannya. Setelah itu, masukkanlah nama domain yang ingin digunakan untuk website. Jika nama domain tersebut tersedia, maka kamu bisa langsung mengeklik tombol Beli. Akan tetapi, jika nama domain tersebut tidak tersedia, maka kamu harus memilih nama domain yang lain.

Kamu akan langsung dibawa ke halaman yang di dalamnya terdapat harga domain per tahun untuk pembelian nama domain yang diinginkan. Kamu hanya perlu memutuskan akan menggunakan domain selama berapa tahun, kemudian klik Order. Jika kamu belum memiliki rencana untuk menggunakan domain dalam waktu yang lama, maka kamu bisa memperpanjang kontraknya.

Setelah melakukan order, kamu akan dibawa ke halaman keranjang belanja. Pada halaman ini, kamu bisa menambahkan layanan proteksi ID dengan cara mencentang kolom yang ada di sampingnya dan dengan tambahan biaya sebesar yang dicantumkan. Jika tidak menginginkan layanan ini, maka kamu hanya perlu mengosongkan kolom tersebut. Selanjutnya, klik Lanjutkan.

Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman ringkasan pesanan. Silakan periksa kembali paket domain yang telah kamu pesan. Jika pesanan tersebut sudah benar, maka kamu hanya perlu mengeklik tombol Selesaikan Pemesanan.

Setelah proses tersebut, kamu akan dimintai data diri seperti nama, kontak dan alamat. Isilah data tersebut dengan sebenar-benarnya sesuai dengan kartu identitas. Pada bagian nama perusahaan, kamu bisa mengisinya dengan nama blog.

Pada tahap pengisian data diri ini dilakukan sekaligus sebagai pembuatan akun di IDwebhost. Jika sebelumnya kamu telah membuat akun, maka kamu bisa langsung login saja.

cara beli domain
cara beli domain

Pilih Metode Pembayaran

Setelah tahap pengisian data diri selesai, pilihlah metode pembayaran yang ingin kamu gunakan. Pada tahap ini, kamu bisa memilih antara Bank Transfer atau Paypal. Setelah memilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan, centanglah pernyataan persetujuan dari IDwebhost lalu klik Selesaikan Pemesanan sebagai langkah terakhir.

Meskipun telah memasuki langkah terakhir, namun kamu masih akan dialihkan ke halaman yang menampilkan faktur pemesanan. Pada halaman tersebut akan ditampilkan detail pemesanan dan jumlah yang harus kamu bayar.

Setelah itu, silakan cek email yang telah kamu gunakan untuk registrasi di IDwebhost. Kamu akan menerima email mengenai registrasi dan pemesanan paket domain yang kamu lakukan. Email tersebut akan memandumu dalam melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Simaklah langkah-langkah pembayaran domain berikut ini!

Melakukan Pembayaran Domain IDwebhost

Pada langkah yang sebelumnya, kamu telah memilih cara pembayaran yang diinginkan. Kali ini, yang akan kita bahas adalah pembayaran yang dilakukan melalui transfer bank. Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih pada metode yang satu ini, misalnya dengan mendatangi bank tempatmu menabung, transfer melalui mesin ATM, atau menggunakan Internet Banking.

Untuk melakukan pembayaran sendiri, kamu harus memasukkan nomor invoice pada “berita” saat melakukan pembayaran melalui metode apa pun yang kamu pilih. Nomor invoice ini tercantum pada email yang kamu terima dari IDwebhost. Misalnya jika jumlah yang harus kamu bayar sebelumnya adalah Rp 110.000 kemudian pihak IDwebhost menentukan kode unik Rp. 94, maka kamu harus membayar dengan jumlah Rp 110.094. kode ini dicantumkan pada email yang kamu terima dan berfungsi untuk mempermudah proses konfirmasi pembayaran.

Lakukanlah pembayaran dengan teliti dan mengikuti ketentuan yang ada pada email ke nomor rekening yang juga tercantum di dalamnya. Jika pembayaran telah berhasil dilakukan, maka segera lakukan konfirmasi pada pihak IDwebhost agar pembelian paket domain bisa segera dilanjutkan.

Konfirmasi Pembayaran IDwebhost

Pada email yang dikirimkan IDwebhost terdapat 3 cara yang bisa kamu pilih untuk melakukan konfirmasi pembayaran, di antaranya:

  • Mengirimkan email ke [email protected]
  • Mengirimkan SMS ke +6285729999951
  • Pengisian form konfirmasi pembayaran pada halaman http://idwebhost.com/konfirmasi.

Kamu bisa memilih salah satu cara konfirmasi pembayaran yang telah disebutkan di atas. Untuk melakukan konfirmasi melalui email atau SMS, silakan isikan data yang sama dengan form konfirmasi yang ada pada halaman konfirmasi pembayaran. Setelah kamu melakukan konfirmasi pembayaran, kamu akan menerima email mengenai telah diterimanya konfirmasi pembayaran oleh IDwebhost. Setelah itu, pihak IDwebhost akan meminta kamu untuk menunggu proses pemeriksaan dalam waktu yang telah diperkirakan hingga akun milikmu diaktifkan.

Jika kamu telah melewati semua tahapan tersebut, maka dalam selang waktu tertentu nama domain yang diinginkan telah menjadi milikmu.

Penulis
Member since 2 Jul 2013