Cara Membeli Domain dan Hosting yang Tepat
Blog Tips Keren

Cara Membeli Domain dan Hosting yang Tepat

Membeli Domain dan Hosting

Saat ini banyak sekali masyarakat yang mulai melakukan pemasaran melalui media online seperti website. Agar sebuah website dapat diakses dari internet dan dapat berkomunikasi dengan email maka dibutuhkan web hosting dan nama domain. Web hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan file website dan email. Sedangkan nama domain berfungsi sebagai alamat dari website dan email. Sayangnya, hingga sekarang ini masih banyak orang yang belum memahami apa itu domain dan hosting serta masih kebingungan bagaimana cara membelinya. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk melakukan pembelian domain dan hosting secara mudah.

Syarat Sebelum Membeli Domain dan Hosting

Sebelum membeli ada syarat yang harus Anda penuhi yaitu :
1. Harus bisa browsing online di internet.
2. Harus mempunyai alamat email dan bisa mengoperasikan email. Coba daftar email gratisan di gmail.com
Kemampuan tersebut diatas wajib Anda kuasai. Mengapa demikian? karena di era digital semuanya sekarang serba online, apalagi yang dibeli adalah produk layanan untuk mengonlinekan website. Semua dilakukan dari laptop masing-masing. Untuk itu, kemampuan dalam menggunakan email dan internet harus Anda kuasai terlebih dahulu.

syarat sebelum membeli

Cara Membeli Domain

Pada kesempatan kali ini, kami merekomendasikan menggunakan Idwebhost. Berikut adalah beberapa caranya.

1. Buka website penyedia layanan domain dan hosting. Untuk Idwebhost, Anda bisa mengunjungi website resminya disini.
2. Setelah itu periksa nama domain, apakah nama domain yang Anda inginkan masih tersedia atau tidak. Untuk melakukannya silahkan gunakan kotak pencarian yang terletak di tengah – tengah menu domain dengan judul search.
3. Jika domain masih tersedia, maka akan muncul tulisan “Domain Exist”.
4. Selanjutnya Anda akan disajikan halaman order untuk melakukan order sekarang.
5. Setelah itu silahkan login menggunakan akun Anda jika Anda sudah memiliki akun di Idwebhost. Bagi yang belum, Anda bisa membuat akun baru. Dalam membuat akun, isi data diri dengan data yang sebenar–benarnya. Hal ini akan mempermudah Anda jika suatu saat mengalami masalah, atau ingin melakukan perpindahan domain atau hosting.
6. Jika proses pendaftaran berhasil maka akan muncul pesan ‘selamat akun Anda berhasil dibuat’ klik lanjutkan.
7. Langkah terakhir Anda diminta untuk memilih metode pembayaran. Idwebhost menyediakan 2 opsi untuk masalah ini. Anda bisa menggunakan paypal, ataupun menggunakan transfer bank. Pilih transfer bank saja agar proses bisa segera diproses. Setelah Anda memilih metode pembayaran, selanjutnya akan diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening yang telah ditentukan. Lakukan transfer, dan segera hubungi contact service untuk melakukan verifikasi.

Cara Membeli Hosting

Setelah melakukan langkah–langkah di atas, proses pembelian domain sudah selesai. Untuk pembelian hosting, caranya hampir sama. Bedanya dalam langkah pertama Anda tidak perlu melakukan pencarian domain. Anda hanya perlu klik menu Web Hosting, selanjutnya pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sudah menemukan yang pas maka Anda bisa mengklik Order Now.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman Registrasi Paket Web Hosting. Untuk pembelian paket hosting dengan domain baru, silahkan isi nama domain Anda dan klik cek. Setelah muncul pemberitahuan bahwa domain tersedia, klik lanjutkan. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman order. Silahkan isi seperti penjelasan di atas (pada saat melakukan pembelian domain).
Itulah cara melakukan pembelian domain dan hosting di Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting murah dan domain yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.