Membangun Personal Branding Sebagai Resolusi 2021
Blog Digital Marketing Membangun Personal Branding Sebagai Resolusi 2021

Membangun Personal Branding Sebagai Resolusi 2021

Cara membangun personal branding yang tepat untuk pemula ini dapat dipelajari bagi orang-orang yang ingin membangun personal branding dengan cara mudah dan tepat. Pada topik pembahasan cara membangun personal branding ini, telah disusun dari pengertian personal branding, alasan mengapa perlu membangun personal branding, cara membangun personal branding dsb. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya:

Daftar Isi

1. Apa itu Personal Branding ?

2. Mengapa Personal Branding Penting ?

3. Cara Membangun Personal Branding ?

3.1. Temukan Kelebihan Anda
3.2. Temukan 2 Hal yang Menjelaskan Tentang Diri Anda
3.3. Promosikan Diri Anda ke Berbagai Platform Media di Internet
3.4. Buat Konten Personal Branding Anda
3.5. Memperluas Jaringan Pertemanan Anda
3.6. Jadilah Diri Sendiri
3.7. Jadilah Personal Brand seperti yang Anda Idamkan

4. Membangun Website untuk Personal Branding

5. Kesimpulan

 

1. Apa itu Personal Branding ?

 

apa itu personal branding
apa itu personal branding

 

Personal branding adalah cara untuk mengenali diri Anda secara mendalam kemudian mempromosikan diri Anda dengan pencapaian-pencapaian yang telah Anda capai ke target market Anda. Brand Anda adalah kombinasi dari keterampilan dan pengalaman hidup yang menjadikan diri Anda memiliki ciri khas tersendiri. Terlebih lagi, dengan memiliki personal branding dapat membedakan diri Anda dengan orang lain yang memiliki bidang yang sama dengan Anda. Hal ini juga mirip seperti menemukan makna hidup dalam penggambaran japanese ikigai.

 

japanese ikigai
japanese ikigai

 

2. Mengapa Personal Branding Penting ?

 

mengapa personal branding penting
mengapa personal branding penting

Memiliki personal brand yang kuat di benak orang akan memudahkan Anda untuk dikenali sebagai seseorang yang memiliki keahlian yang profesional di bidang tertentu, Selain itu, Anda juga diuntungkan karena dengan memiliki personal branding dapat memperoleh kredibilitas, relasi baru dan peluang baru.

Sebab di era digital ini, personal branding menjadi kian semakin penting. Hal ini karena baik klien Anda atau siapapun orang yang ingin tahu tentang Anda dapat mengetikan nama Anda di Google lalu memeriksa bagaimana riwayat Anda apakah sesuai dengan yang mereka butuhkan. Untuk itulah, Anda perlu meyakinkan mereka dengan membangun personal branding yang baik agar tercapai tujuan Anda dalam mendapatkan perhatian target market Anda.

3. Cara Membangun Personal Branding 

 

cara membangun personal branding
cara membangun personal branding

Setelah Anda mengetahui apa itu personal branding dan alasan mengapa pentingnya personal branding, sekarang Anda dapat memulai untuk cara membangun personal branding Anda seperti di bawah ini :

3.1. Temukan Kelebihan Anda

Pertama, Anda perlu mengetahui apa yang menjadi kelebihan Anda. Hal ini meliputi passion dan tujuan Anda. Untuk mempermudah menemukan kelebihan Anda, cobalah jawab pertanyaan ini: Dapatkah Anda mendeskripsikan diri Anda dalam 20 kata?

Jika Anda tidak dapat menjawabnya, Anda perlu memulai mendefinisikan keterampilan apa yang Anda sukai dan keterampilan apa yang ingin Anda bagikan ke orang-orang. Kemampuan unik Anda dapat menjadi titik awal Anda untuk memulai bisnis dan memiliki personal brand Anda sendiri.

3.2. Temukan 2 Hal yang Menjelaskan Tentang Diri Anda

Temukan dua hal ini, siapa yang menjadi tujuan Anda dan keunikan Anda. Ketika merencanakan personal brand Anda, pastikan untuk membuat personal brand Anda yang mudah diingat, singkat, fokus kepada target market Anda dan bersumber pada diri Anda. Kemudian, yakinkan bahwa diri Anda adalah orang yang ahli di bidang yang menjadi persona diri Anda. 

3.3. Promosikan Diri Anda ke Berbagai Platform Media di Internet

Promosikan diri Anda melalui platform media sosial di internet. Hal ini karena media sosial adalah tempat yang baik untuk memulai membangun personal branding. Selain itu, Anda dapat membuat postingan berupa konten-konten yang memberikan value tentang personal branding Anda. Alhasil, dapat membantu membangun strategi pemasaran digital dari waktu ke waktu. Lalu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah Anda perlu mengenal target market Anda. Kemudian Anda dapat mempromosikan diri Anda dengan membangun personal branding melalui website, social media seperti linkedin, twitter, instagram, facebook dsb.

3.4. Buat Konten Personal Branding Anda

Setelah Anda membangun personal branding Anda dengan membuat akun di media sosial, saatnya Anda fokus dengan rutin membuat konten dengan personal branding Anda. Contohnya, jika Anda ingin dikenal sebagai videographer, Anda dapat membuat konten dengan memposting tentang konten-konten seputar videografi company profile, cara shooting kamera, cara membuat animasi di video, cara memilih alat rekaman dan seputar tips-tips videografi lainnya.

3.5. Memperluas Jaringan Pertemanan Anda

Meskipun Anda menulis beberapa konten yang bagus dan mempostingnya di website Anda, bukan berarti tugas Anda membangun personal branding selesai begitu saja. Tahap selanjutnya, Anda tetap perlu untuk memperluas jaringan pertemanan Anda agar tercipta kerjasama yang saling menguntungkan. Anda dapat memulainya dengan cara yang mudah seperti membagikan konten buatan orang lain atau menuliskan komentar terima kasih pada konten yang telah mereka buat. Selanjutnya jika terjalin ikatan relasi, Anda dapat mempertahankan hubungan Anda dengan kolega-kolega Anda agar suatu saat dapat tercapai tujuan yang saling menguntungkan.

3.6. Jadilah Diri Sendiri

Meski terkadang banyak orang lebih memilih di jalur yang sama tapi menjadi diri sendiri dengan mengembangkan citra diri bukanlah hal yang buruk. Misalnya Anda ingin dikenal sebagai akuntan yang selalu serius dan tapi Anda suka hal-hal yang dengan humor. Anda bisa mengkombinasikan hal tsb sehingga akan tercipta sesuatu yang unik dan inilah yang menjadi citra diri Anda.

3.7. Jadilah Personal Brand seperti yang Anda Idamkan

Membangun personal branding merupakan suatu strategi investasi jangka panjang yang akan berdampak pada diri Anda sekarang dan masa depan. Untuk itu, luangkan waktu Anda untuk selalu mengembangkan konten, membangun jaringan, dan berbagi ide dengan dunia yang menghasilkan keuntungan.

4. Membangun Website untuk Personal Branding

 

membangun personal branding
membangun website untuk personal branding

 

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam membuat website. Karena kini sudah tersedia berbagai macam cara untuk membangun website secara mudah. Anda dapat memanfaatkan jasa pembuatan website atau mencoba membuat website dengan menggunakan WordPress yang lebih mudah.

Ditambah lagi, jika Anda memilih membuat website menggunakan WordPress, kini di internet telah banyak tutorial pembuatan website menggunakan WordPress baik secara tertulis lewat artikel atau video. Selain itu, ada juga yang menyediakannya secara berbayar dan juga gratis.

Perbedaanya dengan yang berbayar adalah tutorial pembuatan website sudah di buat dengan terstruktur sedemikian rupa sehingga memudahkan Anda dalam membuat website. Selain itu juga beberapa penyedia layanan juga memberikan fitur support untuk pertanyaan ataupun kendala dalam hal teknis.

Jika Anda memilih untuk menggunakan layanan jasa pembuatan website, maka pastikan untuk pihak penyedia layanan tersebut memberikan support bantuan kepada Anda dalam jangka waktu tertentu dan juga bonus-bonus yang dapat Anda manfaatkan. Contohnya seperti jasa pembuatan website dari IDwebhost yang memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin membuat website untuk kebutuhan personal branding Anda. Selain itu juga dilengkapi fitur lengkap dan support langsung dari tim teknis serta harga jasa pembuatan websitenya pun terjangkau.

Kesimpulan

Personal branding adalah cara untuk mengenali diri Anda secara mendalam kemudian mempromosikan diri Anda dengan pencapaian-pencapaian yang telah Anda capai ke target market Anda. Brand Anda adalah kombinasi dari keterampilan dan pengalaman hidup yang menjadikan diri Anda memiliki ciri khas tersendiri.

Personal branding menjadi aset strategi yang berefek jangka panjang dalam membangun jaringan bisnis Anda. Dengan memiliki personal branding, Anda dapat dengan mudah dalam menjual produk atau layanan jasa ke target pelanggan Anda karena sebelumnya Anda telah memiliki authority dan kredibilitas sehingga orang-orang sudah percaya kepada Anda tanpa harus meyakinkan mereka secara lebih mendalam lagi.

Dan yang penting dalam membangun personal branding adalah Anda perlu menemukan apa yang menjadi keahlian dan kesukaan Anda pada bidang tertentu serta hal apa yang ingin orang tahu tentang Anda. Setelah menemukan hal-hal tsb, Anda bisa memulai strategi personal branding seperti cara membangun personal branding yang telah disampaikan pada artikel ini.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ikut perkembangan informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.