Mengupas Strategi Membangun Backlink yang Efektif untuk Meningkatkan Otoritas Domain

25 Mar 2024
Mengupas Strategi Membangun Backlink yang Efektif untuk Meningkatkan Otoritas Domain campaign-unlimited

Backlink merupakan salah satu aspek penting yang wajib diperhatikan dalam praktik SEO. Membangun backlink yang efektif bukan hanya dapat meningkatkan kualitas konten namun juga membantu meningkatkan otoritas domain.

Apa yang dimaksud dengan Domain Authority? DA atau otoritas domain adalah skor yang digunakan untuk memprediksi potensi suatu website mendapatkan ranking di SERP. Semakin tinggi skor DA dari sebuah website maka semakin besar potensinya untuk mendapatkan pengunjung.

Di artikel ini kami akan membahas tentang backlink dan strategi yang tepat untuk membangunnya. Mari langsung saja menuju ke penjelasan selengkapnya berikut ini!

apa itu backlink

Backlink adalah link di website lain yang mengarah ke website atau halaman di dalamnya. Biasanya, backlink bukan hanya disisipkan dalam teks tapi juga di gambar atau CTA. Dengan strategi membangun backlink yang efektif, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat antara lain, seperti:

  • Meningkatkan kredibilitas, sehingga Google akan merekomendasikan website ke pengguna.
  • Memudahkan crawling, yaitu proses di mana mesin pencari mengindeks halaman website.
  • Meningkatkan peringkat di SERP, karena link eksternal yang berkualitas membuat website lebih relevan dan kredibel.
  • Meningkatkan jumlah pengunjung, karena pengunjung dari domain populer yang memberikan backlink berpotensi akan mengunjungi website.

Nah, sekarang kamu tahu kan bahwa membangun backlink itu penting? Alih-alih hanya berfokus untuk membuat backlink berkualitas, pertimbangkan untuk memastikan upaya ini tetap efektif. Ayo, perhatikan beberapa strategi berikut ini yang dapat kamu terapkan di websitemu!

1. Buat Konten yang Berkualitas

Praktik membangun backlink atau yang juga disebut dengan link building membutuhkan konten yang berkualitas. Mengapa begitu? Sebab konten inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai sumber rujukan oleh artikel lain.

Salah satu contoh konten berkualitas yang bisa mendatangkan banyak backlink adalah konten infografik data. Mengutip dari Truelist, infografik adalah konten dengan potensi tiga kali lipat lebih tinggi untuk dibagikan oleh pengguna, dibandingkan dengan tipe konten lainnya.

Apalagi jika infografik ini berisikan data-data hasil riset. Konten yang berbasis fakta seperti ini dapat dimanfaatkan oleh blogger atau penulis konten website lain untuk mendukung karya tulisnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan backlink secara organik sebab kontenmu dinilai relevan dan berkualitas.

backlink

Gap analysis digunakan untuk membandingkan suatu kondisi dengan lainnya, untuk mendapatkan insight terkait aspek-aspek yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan. Ini merupakan salah satu strategi membangun backlink yang efektif dan tepat.

Dengan menggunakan bantuan backlink tool, kamu bisa melakukan gap analysis untuk menilai performa konten di website. Langkah ini dapat membantumu untuk menentukan konten mana yang paling baik untuk dijadikan sebagai sumber rujukan backlink.

Selain itu, ini juga bisa membantu melihat performa backlink kompetitor. Dari sini kamu bisa memperoleh informasi berupa kata kunci, jumlah traffic, dan website apa saja yang memberikan backlink ke pesaing. Dengan mengikuti hasil analisis ini, maka praktik link building bisa jadi lebih terarah dan terukur.

3. Bangun Networking di Forum Online

Aktif di forum diskusi online juga merupakan cara membangun backlink yang efektif lho. Melalui forum diskusi online kamu bisa mulai membangun reputasi, dan secara akurat menargetkan audiens yang telah disegmentasi. Caranya, ialah dengan menemukan forum online yang relevan dengan niche website.

Kamu, secara personal, bisa berinteraksi di forum online sambil membagikan informasi yang spesifik. Dalam prosesnya, berikan backlink atau link rujukan ke informasi yang terdapat di websitemu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan backlink sambil membagikan wawasan yang bermanfaat bagi pengguna lain di forum online.

4. Manfaatkan Kesempatan Guest Blogging

Pernah dengar istilah ‘Guest blogging’? Seperti namanya, guest blogging berarti menulis artikel untuk website lain. Ada banyak website yang menawarkan kesempatan guest blogging. Biasanya, kesempatan ini diisyaratkan dengan istilah ‘Write for Us’ atau ‘Guest Blogging’ di website.

Setiap website mempunyai persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda dalam hal ini. Beberapa di antaranya menyediakan kontak email yang dapat dihubungi untuk mengirimkan ide tulisan dari guest writer.

Yang harus diperhatikan adalah pastikan website untuk guest blogging memiliki DA yang tinggi dan relevan dengan niche. Skor DA yang tinggi menjadi bukti kredibilitas dari website tersebut. Mendapatkan backlink dari website dengan DA tinggi dapat membantu situsmu untuk memperoleh peringkat atas di SERP.

membangun backlink

Terakhir, pastikan backlink dibangun secara efektif dengan selalu melakukan pemantauan rutin. Mengapa penting untuk memantau backlink secara berkala? Monitoring backlink secara berkala dapat membantu mendeteksi adanya link yang rusak dan bahkan memberikan insight peluang link baru.

Salah satu alat yang bisa kamu gunakan adalah Google Search Console. Alat ini bisa membantumu untuk melakukan analisis profil backlink. Beberapa insight yang bisa kamu dapatkan antara lain seperti informasi website yang banyak memberikan backlink, halaman yang paling banyak menghasilkan backlink, hingga laporan performa link.

Dengan monitoring berkala, kamu bisa mendeteksi adanya kerusakan link dengan lebih cepat. Ini artinya, kamu bisa mengambil tindakan perbaikan dengan lebih cepat juga. Alhasil, kamu bisa mempunyai waktu yang lebih banyak untuk menemukan peluang backlink baru.

6. Manfaatkan UGC

User Generated Content (UGC) adalah sumber backlink organik yang bisa sangat bermanfaat bagi websitemu. Biasanya, UGC berisikan ulasan atau testimonial dari pengalaman pengguna saat menggunakan produk. Ini artinya sangat mungkin dalam UGC ditemukan backlink yang mengarahkan ke website dari bisnis yang diulas.

Terlebih lagi jika ulasan yang dibuat sifatnya positif. Kamu bukan hanya bisa membangun kredibilitas dalam praktik SEO namun juga reputasi bisnis yang baik. Alhasil, kamu bisa mendapatkan peluang backlink yang lebih banyak lagi sekaligus reputasi online yang organik dan otentik. Menarik, bukan?

Kesimpulan

Strategi membangun backlink yang efektif merupakan hal yang tidak bisa dikesampingkan dalam praktik optimasi website. Untuk membuat backlink yang berkualitas, kamu dapat berfokus pada menciptakan nilai tambah yang bisa berguna bagi pengguna lain dan meningkatkan reputasi website.

Dengan kredibilitas yang baik, website akan mendapatkan kepercayaan dari mesin pencari dan pengguna di internet. Alhasil, website kamu akan dijadikan sebagai lokasi rujukan untuk mendapatkan ilmu tambahan.

Sekian dulu penjelasan kami kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat sebagai panduan kamu untuk membangun backlink di kemudian hari.

Jangan abaikan website yang kurang responsif. Ini adalah waktunya kamu beralih ke hosting website yang lebih canggih! Dengan Hosting Unlimited IDwebhost, kamu bisa tingkatkan performa website 50 kali lebih cepat berkat dukungan web server tercepat di dunia. Yuk pelajari selengkapnya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022