Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Website

14 Jul 2021
Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Website campaign-unlimited

Untuk meningkatkan pengunjung website tentu ada berbagai macam cara yang dilakukan. Ketika membahas seputar SEO (Search Engine Optimization) kalian pasti sering menemui istilah backlink yang biasanya juga berperan dalam optimasi sebuah website. Memang benar ada berbagai macam teknik SEO yang sering digunakan untuk memaksimalkan peringkat website di mesin pencari. Bagi seorang pemula yang baru saja terjun didunia website istilah backlink berkualitas memang masih kurang begitu familiar. Namun pas sekali kali ini bersama kami akan membahas tentang cara membangun backlink berkualitas untuk optimasi website atau blog kalian.

Bagi seorang pemula tentu saja saat ingin menerapkan backlink berkualitas menjadi tantangan tersendiri karena memang belum sepenuhnya paham dengan salah satu teknik SEO yang satu ini. Karena backlink juga berperan penting dalam memaksimalkan digital marketing dengan metode SEO (Search Engine Optimization) maka seorang webmaster tidak boleh melewatkannya.

Dari sini lalu munculah pertanyaan apakah yang dimaksud dengan backlink berkualitas itu? Bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas? Dan bagaimana menerapkan backlink berkualitas yang baik dan benar?. Jangan khawatir bersama IDwebhost kami akan menjelaskan dengan rinci kepada kalian kami mulai dari pengertian backlink terlebih dulu.

Pengert apa itu backlink

Pengertian Apa Itu Backlink?

Untuk bisa lebih memahami cara membangun backlink ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu pengertiannya. Sederhananya backlink adalah sebuah tautan atau link yang ditempatkan pada website orang lain dan mengarah ke website kalian. Seorang yang sedang membangun backlink disebut sedang melakukan link building. Di dunia SEO sendiri menerapkan teknik SEO On Page dan SEO Off Page menjadi keharusan untuk memaksimalkan atau optimasi website mereka. Dari kedua teknik tersebut backlink masuk pada strategi penerapan SEO Off Page yang juga perlu dimaksimalkan sebisa mungkin.

Jika kita cermati dari pengertian diatas memang penerapan membangun backlink terlihat sederhana dan mudah, namun demikian ada aturan dan pedoman yang baik untuk membangun backlink berkualitas. Jangan sampai saat kita membangun backlink ini asal-asalan yang justru membuat peringkat website kita cenderung jelek di mata Google search.

Seberapa penting Backlink Itu

Seberapa Pentingkah Backlink Itu?

Setelah kita memahami dan mengerti apa itu backlink selanjutnya mari kita ketahui alasan mengapa backlink itu penting untuk website kita. Berikut mengapa salah satu teknik SEO Off Page yang satu ini termasuk yang penting untuk meningkatkan kualitas website kita:

mempermudah menemukan website anda

  • Dengan Backlink  Berkualitas Google Mudah Menemukan Website Kita

Saat Google search melakukan crawling atau perayapan untuk menemukan dan menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan pencarian, maka Google search juga merambah pada link-link yang ada di database Google. Setelah melakukan perayapan atau crawling tersebut maka akan didapatkan hasil yang sesuai dengan kata kunci yang masukkan para pencari.

Nah backlink ini adalah layaknya kalian merekomendasikan suatu produk terbaik orang lain karena tahu produk tersebut baik. Dari link yang telah direkomendasikan website-website yang relevan maka google akan memunculkan hasil yang terbaik sesuai dengan kata kunci yang relevan juga.

Oleh karena itu saat membangun backlink yang berkualitas tidak boleh asal-asalan yang akan berpengaruh pada relevansi dan kualitas pencarian.

meningkatkan reputasi website di google

  • Backlink Meningkatkan Reputasi website di Google

Dari poin diatas tadi kami telah menyinggung reputasi website. Google tentunya ingin memberikan hasil pencarian yang paling terbaik untuk ditampilkan kepada pencari. Dari sini Google akan merekomendasikan hasil pencarian dari website-website yang lebih populer. Dari backlink inilah reputasi sebuah website akan meningkat dengan catatan mendapatkan backlink yang berkualitas juga. Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke website kita maka reputasi website pun semakin baik di mata Google search.

Meningkatkan kredibelitas website di google

  • Backlink Meningkatkan Kredibilitas Website di Google

Google search tidak hanya menilai reputasi dari seberapa banyak backlink yang dimiliki sebuah website namun juga menilai dari kualitas backlink yang relevansi dengan konten website tersebut. Apa itu backlink yang relevan? Yaitu backlink yang didapatkan dari website atau blog dengan niche yang relevan, sama atau sejenisnya.

Sebagai contoh IDwebhost adalah website penyedia jasa layanan domain dan hosting murah terbaik di Indonesia, maka dikatakan membangun backlink yang relevan dengan memiliki backlink yang niche-nya teknologi. Dengan demikian akan mendapatkan reputasi yang baik di mata Google search.

Backlink meningkatkan trafik

  • Backlink Mendatangkan atau Meningkatkan Trafik Website

Setelah mendapatkan banyak backlink yang berkualitas website kita sudah mendapatkan reputasi yang baik dimata Google. Saat ada pencarian maka website Anda adalah salah satu website dengan reputasi baik maka Google akan menampilkannya di ranking atas dari hasil pencarian. Dengan demikian peluang untuk mendapatkan klik pengunjung akan semakin besar juga.

Selain itu dari backlink yang ada pada website orang lain dengan reputasi yang baik dan juga visitor banyak akan bermanfaat pada website kita. Simpelnya ketika orang mengunjungi website dengan visitor banyak tersebut dan menemukan link atau tautan yang mengarah pada website kita maka otomatis kita juga akan mendapatkan visitor dari sana.

Baca juga: 5 Trik Penerapan SEO Agar Dapat Peringkat Pertama Google Search

Mendapatkan Backlink

Strategi Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Setelah kita mengerti pengertian dan pentingnya backlink maka kalian pasti penasaran bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas yang akan meningkatkan trafik ke blog atau website kita sebagai berikut:

  1. Perhatikanlah relevansi konten terlebih dahulu, perlu diingat bahwa tingkat kesuksesan backlink ada pada relevansi konten yang kita miliki. Semakin relevan konten yang akan menjadi backlink maka semakin berkualitas backlink yang kita dapatkan. Jika website kita ber-niche teknologi maka kita harus mencari backlink dengan pembahasan yang sejenis.
  2. Menggunakan tool yang akan membantu dalam pencarian website dengan kata kunci yang relevan dengan website kita. Ada berbagai tool yang bisa kalian gunakan seperti Ubbersuggest, Ahrefs dani lain sebagainya. Disitu kalian juga akan mengetahui website mana yang memiliki peringkat baik, kemudian silahkan dekati dengan cara personal ajukan tawaran yang saling menguntungkan melalui e-mail dan lain-lain.
  3. Bergabung dengan website yang menyediakan content sharing seperti Hipwee, Medium, Reddit dan lain sebagainya. Disitu kalian bisa membuat artikel dengan mencantumkan link atau tautan website kalian.
  4. Lakukanlah guest blogging, ya benar sudah sejak lama guest blogging menjadi salah satu alternatif untuk membangun backlink. Namun demikian harus tetap memperhatikan kualitas website tempatmu menulis artikel. Keuntungan dari guest blogging dari dua belah pihak yaitu kalian mendapatkan backlink sedangkan website host mendapatkan artikel update.

Backlink yang berkualitas

Kriteria dan Contoh Backlink Berkualitas

Backlink memang sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan yang besar pada blog atau website dimata Google search. Namun demikian perlu memperhatikan hal-hal yang sangat berpengaruh pada kualitas backlink tersebut. Misalnya saja kita secara acak menaruh backlink di suatu website yang tidak jelas dengan pengunjung yang sedikit maka bisa jadi website kita akan disejajarkan dengan website yang kurang berkualitas tersebut. Backlink yang berkualitas memiliki beberapa kriteria yang perlu kalian ketahui dari: trafik, relevansi, pengaruh (authority), kualitas outbound link, Google index, standar editorial.

Sekian dulu pembahasan kali ini tentang membangun backlink yang berkualitas bersama IDwebhostdotcom dan selamat mencoba. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Ada artikel menarik lain yang bisa kalian baca tentunya akan menambah pengetahuan kalian seputar website jangan ketinggalan update terbarunya ya salam sukses.

Penulis
Member since 2 Jul 2013