Cara Melihat Track Delivery di Plesk
Blog Tips Keren Cara Melihat Track Delivery di Plesk

Cara Melihat Track Delivery di Plesk

Jika kamu adalah pengguna Plesk, pernahkah kamu mendapati email yang kamu kirim untuk kepentingan email marketing gagal terkirim dan akunmu di block selama satu jam tidak bisa mengirim email atau lazim disebut max defers? Tidakkah kamu penasaran dengan kejadian yang bisa membuatmmu kesal itu? Pembahasan mengenai max defers sendiri telah banyak beredar di internet dengan berbagai variasi penyelesaian. Namun umumnya kebanyakan penyebab terjadinya max defers selalu sama: terlalu banyak mengirim email tidak valid. Untuk itu kamu harus mencari tahu kemana saja emailmu terkirim. Secara rutin membersihkan kontak email bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya max defers di panel plesk. Sebelum mengetahui cara melihat track delivery di plesk, kamu harus tahu secara singkat apa itu plesk.

Apa Itu Plesk?

Plesk adalah sebuah control panel, dengan pengguna salah satu yang terbanyak di Indonesia. Plesk adalah sebuah control panel yang memiliki tampilan struktur terpusat antara web administratur dan user. Tampilan control panel besutan Plesk,Inc ini menawarkan simplifikasi pada para penggunanya. Berbeda dengan rivalnya, cPanel, plesk mempunyai fitur command yang berbeda. Banyak pula yang menyebut bahwa graphic user interface Plesk mirip dengan GUI windows XP sehingga banyak yang mengatakan bahwa tampilan Plesk cukup sederhana dan sangat mudah di pahami. Dengan beragam fitur yang ditawarkan, nama Plesk bisa dikatakan sangat diperhitungkan di percaturan web control panel.

Cara Melihat track delivery di Plesk

Mengenal Max Defers

Seperti dijelaskan di awal tulisan, sebuah kampanye pemasaran yang menggunakan teknik email marketing, terutama dalam skala yang masif rentan mengalami  email exceeded max defers anda failures per hour, atau biasa desingkat sebagai max defers saja. Penyebab terjadinya max defers sangat beragam, namun yang umumnya terjadi adalah karena pengiriman email ke alamat yang tidak valid dengan ketentuan tertentu, katakanlah dengan batas toleransi 25% dari seluruh pengiriman selama satu jam. Bila mendapati pesan demikian, langkah paling mudahnya adalah kamu bisa membiarkannya selama datu jam, lalu fitur webmail di cPanel akan kembali normal seperti sedia kala.

Namun apabila kamu merasa kurang nyaman dengan kondisi demikian, kamu bisa melakukan beberapa langkah pencegahan. Antara lain dengan rutin membersihkan kontak email yang dirasa sudah tidak ada, ataupun yang penulisannya salah. Juga, kamu bisa merubah tingkat toleransi pengiriman email yang tidak valid, sebagai upaya lain untuk meminimalkan terjadinya max defers.

Secara umum, semua control panel memiliki fitur yang mampu digunakan untuk melacak kemana saja email terkirim. Tindakan ini lazim di sebut sebagai track delivery. Baik cPanel, Plesk, maupun sejumlah software control panel lain memiliki fitur ini. Fitur track delivery berguna untuk melakukan tracking, juga melakukan analisa jika suatu saat ditemukan pesan email exceeded max defers and failures per hours.

Membatasi Pengiriman Email Spam di Plesk

Tak sengaja mengirim email spam bisa terjadi pada siapa saja. Terlebih bila kamu sedang gencar melakukan promosi produk, yang kamu jual di websitemu, maka kemungkinan untuk mengirim email spam akan semakin tinggi yang berujung pada max defers.  Untuk itu Plesk menyediakan fungsi kontrol untuk meminimalkan terjadinya max defers.

Plesk memberikan pembatasan yang berbeda sesuai dengan ancaman yang mungkin terjadi:

  • Pencurian akun email

Untuk mencegah pencurian akun email, yang harus kamu lakukan adalah melakaukan pembatasan pengiriman email melalui mailbox.

  • Melindung dari penyusupan script pegiriman email massal

Peretas bisa menyusupkan script jahat yang bisa memerintahkan email untuk mengirim email masal tanpa diketahui oleh web admin. Untuk melakukan pencegahan ancaman ini, kamu harus melakukan pembatasan pengiriman email melalui domain.

Cara Melihat track delivery di Plesk

  • Peretasan Sistem Akun di Linux

Untuk mencagah ancaman peretasan jenis ini, yang harus kamu lakukan adalah membatasi pengiriman email menggunakan fitur subscription.

Mengatur Notifikasi Peluang Exceed Limit

Secara default, sistem Plesk akan memberikan notifikasi exceed limit setiap jam pada pengguna. Dalam notifikasi email yang kamu terima akan dijelaskan kenapa domain mengirim email lebih banyak daripada yang diizinkan. Kalau kamu merasa terganggu dengan waktu peringatan notifikasi tersebut, kamu bisa menggantinya di menu pengaturan. Caranya sebagai berikut:

Masuk ke tools & settings, lalu masuk Mail server setings. Setelah itu, pilihlah Send an email notification every( period of time). Plesk akan menganalisa statistik pada periode tertentu dan mengirimkannya bila diperlukan.

Cara Melihat track delivery di Plesk

Bagi yang terbiasa menggunakan cPanel sebagai, akan memerlukan sedikit waktu untuk melakukan adaptasi dalam menggunakan Plesk. Termasuk, saat ingin melakukan track delivery. Cara melihat track delivry di Plesk sebenarnya cukup simpel. Namun memang, kadang terasa membingungkan bagi sebagian orang yang masih awam. Jangan ragu untuk meghubungi web hostingmu bila menghadapi kesulitan saat ingin melihah track delivery di Plesk. IDwebhost sebagai salah satu hosting terbaik memiliki tim yang siap mensupport 24 jam selama 7 hari seminggu untuk melayani setiap pelanggannya.

Plesk menyimpan statistik dan melaporkan peluang terjadinya exceed limit yang disebabkan oleh berbagai fitur webmail di Plesk. Cara melihat track delivery di Plesk, kamu bisa masuk ke menu Tools and Settings. Lalu kamu bisa masuk ke Outgoing Mail Control dan memilih informasi yang kamu butuhkan. Untuk melihat rangkuman informasi, kamu bisa masuk ke tab General, dimana semua informasi mengenai penyebab pemang terjadi exceed limit bisa diketahui.

Cara Melihat track delivery di Plesk

Setiap objek di email yang tidak terkena pembatasan akan menampilkan status email terkirim. Namun apabila terkena pembatasan, akan tampil status bahwa email tidak terkirim. Untuk melihat setiap detail dari bojek di Plesk, kamu bisa masuk ke tab corresponding (email addresses, domains, atau subscriptions),klik pada objek yang ingin kamu lihat laporannya, dan melihat laporan Attemps to send mail after reaching the limit.

Langkah lain cara melihat track delivery di Plesk adalah dengan masuk ke tab Sent messages. Disana kamu bisa melihat kemana saja email tekirim dan mengetahui seberapa besar kemungkinan terjadinya mengirim email secara berlebihan setiap harinya.Sebagai catatan, tautan Outgoing Mail Control akan tampil bila kamu menyalakannya di pengaturan server email.

Kesimpulan

Itulah tadi cara melihat track delivery di Plesk. Untuk saat ini Plesk memang belum memiliki fitur track delivery seperti cPanel. Tim Plesk saat ini sedang mengembangkan fitur track delivery yang lebih komprehensif dibanding sekarang. IDwebhost memiliki paket hosting yang menggunakan Plesk sebagai control panelnya. Dengan segala kemudahan namun powerful, gunakan IDwebhost sebagai web hosting pilihanmu.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis