Cara Melihat Penggunaan Resource di Layanan WordPress
Blog Tips Keren Cara Melihat Penggunaan Resource di Layanan WordPress

Cara Melihat Penggunaan Resource di Layanan WordPress

 

Menentukan bagaimana cara melihat penggunaan resource di layanan wordpress tentunya tidak sulit jika Anda tahu bagaimana mengoperasikannya. Ada dua cara untuk memiliki sebuah website yang pertama yaitu, Anda bisa memakai cara yang manual dengan menggunakan coding HTML dan yang kedua dengan cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan CMS atau Conten Magement System. CMS akan memudahkan Anda untuk membuat website tanpa harus memahami coding.

 

Dengan kemudahan yang diberikan, maka platform yang cocok untuk membuat website adalah wordpress. Pada wordpress juga disediakan layanan resources yang akan memudahkan Anda dalam memantau website ketika terasa lambat. Sebelum masuk dalam pembahasan bagaimana cara melihat penggunaan recource di layanan wordpress, Anda harus tahu mengapa banyak orang yang lebih memilih wordpress dibanding platform yang lain.

WordPress merupakan sebuah flatform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih wordpress adalah karena memiliki software yang bersifat open source, maksudnya adalah bisa digunakan dengan gratis dan bebas untuk dimodifikasi yang bisa dilakukan oleh semua pengguna.

Ketika Anda memilih wordpress, ini akan memudahkan Anda dalam menambahkan fitur di website dengan hanya sekali klik. Tema di wordpress juga sangat banyak dan menarik sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan tema yang diinginkan pada website.

Kelebihan memilih platform worpress

Setiap platform tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Berikut beberapa keunggulan wordpress.

1.Gratis

Anda bisa mengunduh wordpress secara gratis. Meski begitu, Anda harus tetap menggunakan layanan web hosting dan domain untuk mengoperasikannya. Hal ini untuk tetap menjaga website Anda tetap aman. Untuk pilihan yang domain dan hosting murah, percayakan hanya di IDwebhost.

2.Memiliki banyak plugin dan tema yang mudah untuk dimodifikasi

Salah satu keunggulan memilih wordpress adalah banyaknya plugin dan tema yang sangat mudah untuk dimodifikasi. Di sini Anda bisa memilih tema yang cocok sesuai dengan tema website yang Anda inginkan.

3.Cocok dipakai untuk pemula

Semakin banyak orang yang ingin berbagi informasi memalui website, tentu banyak orang yang ingin memiliki website. Bagi Anda yang ingin belajar  mengelola website, maka pilihan platform yang terbaik adalah wordpress.

Fitur-fiturnya sangat mudah digunakan segingga sangat cocok dipakai untuk pemula. WordPress sangat memudahkan Anda dalam mendesain website dengan mudah, dengan begitu Anda tidak perlu lagi mencari seorang designer untuk blog Anda.

4.Memudahkan untuk membuat artikel SEO

Sebagai orang yang ingin memaksimalkan penggunaan website, Anda perlu memaksimalkan SEO agar artikel yang Anda buat bisa muncul di halaman utama google. Dalam membuat artikel yang masuk ke halaman google, maka artike yang Anda buat harus SEO friendly.

WordPress memudahkan Anda dalam membuat artikel yanga ramah SEO, sehingga Anda bisa membuatnya dan langsung bisa mengeceknya. Tentunya ini juga sangat mudah, khususnya bagi Anda yang masih pemula dan ingin memaksimalkan penggunaan SEO.

5.Memudahkan dalam pembuatan kategori dan sub kategori

Pembuatan kategori dan sub kategori sangatlah penting, khususnya bagi Anda yang ingin memaksimalkan penggunaan SEO. Kategori dan sub kategori akan memudahkan google dalam mencari tema artikel yang Anda buat.

 

Kelemahan  menggunakan WordPress

Dengan beberapa keunggulan yang dimiliki, ternyata memoloh wordpress juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain;

1.Kurang maksimal dalam memasang iklan adsense

Tak bisa dipungkiri kalau pemasangan iklan di sebuah website tentu memiliki keunggulan tersendiri. Namun, jika Anda menggunakan wordpress, Anda tidak bisa memasang iklan selain dari WordAds. Hal ini tentu menjadi kelemahan para pengguna wordpress, pasalnya para blogger banyak yang memanfaatkan iklan dari adsense.

2.Tidak bisa melacak statistik pengunjung.

Semua orang pastinya ingin tahu siapa saja yang mengunjungi websitenya, salah satunya dengan menggunakan google analytics. Akan tetapi, jika Anda menggunakan wordpress maka Anda tidak bisa melacak statistik pengunjung. Kalaupun bisa, maka Anda harus memilih paket bisnis dan itu berbayar.

3.Website bisa dihapus oleh pihat WordPress.

Pihak wordpress sewaktu-waktu bisa menghapus website Anda karena dianggap melanggar syarat dan ketentuan yang telah dibuat oleh mereka. Mungkin ini akan sangat menganggu Anda dalam memaksimalkan website sehingga harus berhati-hati dalam mengisi artikel.

4.Tidak bisa memakai tema lain selain bawaan dari wordpress

Memutuskan memilih platform gratis memang selalu ada plus minusnya. Seperti halnya dalam urusan tema. WordPress menyediakan tema bawaan yang gratis dan bisa Anda gunakan, namun jika Anda tidak cocon dengan tema yang ada, maka Anda tidak bisa menggantinya dengan mencari tema lain selain bawaan dari wordpress.

Sekarang ini sudah banyak orang yang mengelola websitenya sendiri. Salah satu platform yang dianggap mudah adalah dengan menggunakan wordpress. Banyak orang yang menganggap bahwa wordpress adalah solusi terbaik bagi orang yang baru saja mengenal dunia per-website-an.

Dalam memakai wordpress, Anda juga melihat bagaimana cara melihat resource di layanan wordpress. Saat Anda memakai wordpress, tentu Anda pernah mengalami loading yang lambat. Hal ini disebabkan karena penggunaan resource di hosting sudah mencapai batas limit.

Ada beberapa penyebab mengapa penggunaan resource di hosting terasa lambat. Ini bisa terjadi karena plugin, script website maupun tema yang digunakan terlalu berat. Jika dibiarkan terlalu lama, maka akan menganggu kinerja wordpress, terlebih bagi Anda yang ingin memaksimalkan pemakaian websiite.

Lalu, bagaimana cara melihat penggunaan resource di wordpress hosting?

Untuk melihat bagaimana cara melihat penggunaan resource di wordpress, Anda bisa melakukannya dari halaman Panel Plesk. Caranya adalah sebagai berikut;

1.Log in ke panel wordpress hosting.Setelah itu, Anda bisa langsung klik pada menu “resource Usage”. Menu ini letaknya di sebelah kanan.

2.Setelah Anda klik, maka akan melihat beberapa statistik yang menunjukkan bagian resource website. Jika sudah mencapai limit, maka Anda sebaiknya harus melakukan upgrade jumlah cloudlet gar mendapatkan resource yang lebih besar.

Pada layanan web hosting, tentunya memiliki layanan paket untuk alokasi resource yang berbeda-beda. Di sini Anda bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan resource yang Anda butuhkan di website Anda.

Itulah cara mudah dalam melihat penggunaan resource di layanan wordpress. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan domain dan hosting yang murah.