Bagaimana Cara Melihat IP Address Yang Kita Gunakan?
Blog Tips Keren Bagaimana Cara Melihat IP Address Yang Kita Gunakan?

Bagaimana Cara Melihat IP Address Yang Kita Gunakan?

Mengetahui cara melihat IP Address sangatlah penting dan biasanya ini terdiri dari empat kelompok angka yang dipisahkan dengan titik. Setiap device yang terhubung dengan jaringan internet entah itu komputer, laptop, tablet, android dan sejenisnya pasti memiliki yang namanya IP Address. Dalam jaringan internet rumahan, biasanya perangkat kalian memiliki IP address eksternal dan internal. Sederhananya, IP address eksternal adalah alamat IP publik yang bisa dihubungi oleh perangkat lainnya yang ada di internet. Sedangkan IP address internal menandai lokasi di jaringan lokal.

Cara cek IP Address bagi sebagian orang tentu akan merasa kesulitan. Sekarang ini Anda tak perlu pergi ke mana-mana untuk mencari berbagai informasi yang diinginkan. Anda dapat mengaksesnya dalam hitungan detik melalui web. Kemudahan ini bisa didapatkan dengan adanya koneksi internet dan perangkat yang bisa tersambung dengannya.

Cara melihat IP
Cara Cek IP

Apa Itu IP Address?

Menurut Wikipedia IP Address adalah deret angka biner terdiri dari 32 bit sampai 128 bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi setiap device yang terkoneksi dengan jaringan internet. IP Address ini juga bisa diibaratkan seperti nomor rumah, jadi tiap satu IP dengan IP lainnya tidak boleh sama.

IP Address atau Internet Protocol Address adalah identitas numeric yang digunakan untuk satu komputer kepada komputer lain agar saling terhubung. Angka-angka yang terdapat pada IP Address sebenarnya adalah kode biner yang sudah diterjemahkan dalam angka-angka agar mudah dibaca.

Dengan kata lain, IP address adalah sebaris angka yang dimiliki setiap komputer, ponsel, atau perangkat pintar lainnya yang terhubung melalui internet. Angka-angka ini berbeda pada setiap perangkat dan digunakan untuk menghubungi satu sama lain.

Apa Fungsi IP Address?

Adanya IP Address tentunya sangat diperlukan agar setiap perangkat dapat menggunakan koneksi internet dan terhubung satu sama lain. Akan tetapi, barisan angka ini juga memiliki fungsi lainnya. Selain dianalogikan sebagai nomor telepon, IP address juga bisa diumpamakan sebagai nama orang dan alamat rumah. Mengapa demikian?

Hal tersebut karena IP address juga merupakan identitas sebuah komputer dalam jaringan internet. Dengan demikian, pemilik sebuah website dapat mengetahui semua IP address yang mengakses situsnya. Itu juga berlaku pada jaringan Wi-Fi publik.

Selain itu, IP address juga berfungsi sebagai alamat pengiriman data ke perangkat Anda. Ketika Anda mengakses sebuah situs, sebenarnya ada proses pengunduhan data yang dikirim dari situs tersebut. Proses tersebut juga karena adanya IP address.

Cara melihat IP
Cara Cek IP

Bagaimana Cara Melihat IP Address Di Komputer atau Laptop?

1.Melalui Control Panel

Hal yang pertama kali Anda lakukan adalah dengan membuka control panel. Anda bisa langsung membuka Control Panel Windows melalui Start Menu dan cari Control Panel melalui fitur pencarian. Selanjutnya Anda bisa membuka pengaturan di network dan internet. Anda akan menemukan menu network and sharing center. Kemudian klik submenu view network status and task.

Kemudian akan muncul status Wi-Fi yang Anda gunakan lalu klik details. Dan setelah itu akan muncul detail koneksi beserta alamat IP yang Anda butuhkan. Di sini akan diperlihatnya secara lebih rinci sehingga Anda bisa dengan mudah melihatnya.

2.Melalui network & Internet setting

Anda bisa melihai IP Address melalui network & Internet setting. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka pengaturan Wi-Fi yang Anda gunakan dengan cara klik ikon Wi-Fi pada pojok kanan bawah toolbar.

Setelah itu Anda bisa langsung membuka Properties Wi-Fi kemudian scroll sampai bawah. Nantinya Anda akan menemukan informasi alamat IP.

3.Melalui Command Prompt

Ada dua cara untuk membuka Command Prompt. Cara pertama adalah dengan menekan tombol Windows dan R bersamaan. Cara kedua adalah dengan membuka Start Menu kemudian ketikkan Run. Setelah itu Anda bisa langsung klik OK.

Kemudian Anda bisa memasukkan perintah IPconfig. Setelah Anda klik OK, nantinya akan muncul kode-kode, selanjutnya Anda bisa ketikkan perintah Ipconfig dab klik Enter. Dengan. begitu alamat IP akan terlihat.

Cara melihat IP
Cara Cek IP

Bagaimana Cara Melihat IP Address Di Smartphone

1.Melalui setting Wi-Fi

Untuk Anda yang menggunakan HP Android, cara cek IP HP caranya mudah. Yang pertama silahkan masuk ke menu setting > connection > WiFi,  lalu pilih jaringan yang sedang terkoneksi. Setelah itu klik jaringan tersebut dan IP Address akan muncul.

2.Melalui About Phone

Jika Anda sedang menggunakan mobile data, cara mengetahui IP address smartphone adalah melalui setting > About phone > Status di smartphone Anda. Dengan begitu alamat IP akan muncul.

3.Melalui aplikasi pihak ketiga

Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga di PlayStore.  Langkah pertama adalah dengan mengunduh aplikasi untuk mengecek IP address di smartphone. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah My IP Address. Dengan begitu akan langsung muncul alamat IP pada smartphone Anda.

4.Menggunakan website

Cara mengetahui alamat IP dengan website adalah dengan membuka browser kemudian tuliskan ‘check my ip’, nanti akan muncul IP Address yang sedang Anda gunakan. Ini merupakan cara paling mudah untuk melihat alamat IP pada smartphone Anda.

Bagaimana Cara Mengetahui IP Address Pada Semua Perangkat?

Anda juga bisa mengetahui alamat IP dari semua perangkat, caranya adalah sebagai berikut;

  • Melalui command Prompt bagi Windows 2000/XP/Vista

Anda dapat langsung menuju ke Start Menu pada Windows Anda, lalu klik Run. Setelah itu, Anda ketik cmd /k ipconfig /all. Alamat IP Anda nantinya bakal muncul pada sebuah jendela

  • Melalui command (Perintah) bagi Linux

Cara melihat IP
Cara Cek IP

Jika Anda pengguna Linux, maka Anda bisa mencari alamat IP dengan cara mengetik ifconfig sebagai pengguna root-nya. Sebenarnya ada alternatifnya, yaitu Anda bisa mengetik /sbin/ifconfig pada console sebagai pengguna yang biasa.

Pada sebuah jaringan komputer terdapat beberapa host yang terhubung. Agar masing-masing host tersebut dapat berkomunkasi tanpa adanya error atau kesalahan, maka di butuhkan sebuah tanda pengenal pada masing-masing host agar dapat terkoneksi dengan benar, tanda pengenal itulah yang sering dirsebut IP Address.

Begitulah cara paling mudah melihat IP address baik itu pada komputer maupun smartphone. Dengan cara di atas akan membantu Anda menemukan alamat IP dengan mudah. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah namun tetap berkualitas.