Cara Melakukan Transfer Domain

27 Mar 2018
Cara Melakukan Transfer Domain campaign-unlimited
Transfer Domain
Transfer Domain

Kamu memiliki paket hosting di IDwebhost tetapi domain berada di layanan domain lainnya yang kamu merasa pelayanannya tidak sebaik dan seprofesional bila dibandingkan dengan IDwebhost? Kamu tidak perlu merasa khawatir dengan hal tersebut, karena kamu bisa melakukan transfer domain. Transfer domain adalah proses memindahkan domain dari sebuah layanan domain ke layanan domain lainnya, dalam hal ini IDwebhost. Ada beberapa step yang harus kamu lakukan. Ikuti panduan cara melakukan transfer domain ke IDwebhost sebagai berikut:

Syarat Transfer Domain Domain

Untuk memindahkan domainmu dari layanan domain lainnya ke IDwebhost memerlukan syarat. Adapun syaratnya adalah sebagai berikut:

Domain masih aktif paling tidak 60 hari dari masa expired

Syarat di atas bertujuan untuk menghindari gagal transfer domain, yang mana apabila dalam masa proses transfer, domain mengalami expired maka transfer domain beresiko gagal. Hal ini juga untuk mengantisipasi ketika gagal transfer karena suatu faktor, sehingga transfer domain bisa di proses ulang sebelum masa expired.

Whois Privacy Domain harus non aktif

Whois privacy adalah layanan domain yang berguna untuk menyembunyikan data terdaftar domain, seperti email, alamat, telefon dll. Dalam proses transfer domain, layanan whois privacy harus non aktif karena dalam proses transfer domain perlu melihat email terdaftar domain tersebut, hal ini berguna untuk mengirimkan link approval transfer domain yang nantinya perlu di klik sebagai bentuk verifikasi transfer domain. Untuk menon-aktifkan whois privacy ini bisa langsung menghubungi pihak penyedia domain sebelumnya.

Domain setidaknya berusia minimal 60 hari

Agar dapat dilakukan transfer, domain harus sudah berusia 60 hari sejak registrasi pertama kali.

Memiliki Epp code/ Auth Code/ Kode Rahasia Domain

Epp code/ Auth code/ Kode rahasia domain adalah sebuah kode unik berfungsi sebagai kode pengamanan untuk melakukan transfer nama domain. Maka dari itu untuk transfer domain harus memiliki epp kode yang valid agar transfer domain berjalan lancar. Untuk mendapatkan Epp Code ini bisa dari client area atau menghubungi pihak penyedia domain sebelum nya.

Domain dalam kondisi unlock atau theft protection disable

Domain Unlock, status domain Ok atau theft protection disable diperlukan untuk melakukan transfer domain, sebagai bentuk bahwa domain dapat dilakukan transfer ke registrar lain. Untuk melakukan unlock domain dapat dilakukan dari client area atau menghubungi pihak penyedia domain sebelum nya.

Email terdaftar atas domain tersebut harus aktif

Email atas domain yang didaftarkan pada registrar sebelum nya atau email yang terlihat pada whois domain harus aktif. Hal ini dikarenakan nanti proses transfer akan mengirimkan sebuah link approval, yang mana link ini harus di klik sebagai persetujuan proses transfer domain.

Persiapan Transfer Domain

Berikut ini adalah cara melakukan transfer domain ke IDwebhost:

Pastikan Domain Anda Unlock

Untuk melakukan pengaturan atau melihat domain Anda dalam kondisi lock atau tidak bisa dari client area domain. Anda juga bisa langsung menghubungi customer care pada registrar sebelumnya. Selain itu bisa juga dilihat dari whois domain tools semisal who.is.

Salah satu contoh, apabila domain dalam kondisi lock, maka statusnya adalah “clientTransferProhibited“

cara melakukan transfer domain
Transfer Domain

Apabila Domain Unlock, maka status nya adalah  “OK“

Transfer Domain
Transfer Domain

Pastikan Whois Privacy Domain tidak aktif

Untuk melakukan pengecekan whois domain anda aktif atau tidak bisa dicek tools dari who.is. Apabila whois aktif, biasa nya pada data whois tidak akan terlihat data diri anda, baik email terdaftar, nomor telefon, alamat rumah. Data akan diganti oleh data provider penyedia whois privacy seperti privacyprotect.org, proteksi.id. Contohnya :

Transfer Domain
Transfer Domain

Apabila Whois privacy tidak aktif maka saat dicek pada tools whois, data diri Anda akan tertampil. Contohnya :

Transfer Domain
Transfer Domain

Pada email yang tertampil itulah nanti link approval transfer domain akan dikirimkan. Jadi pastikan email yang tertampil tersebut aktif.

Pastikan mendapatkan Epp Code yang valid

Untuk mendapatkan epp code, biasa nya bisa didapatkan melalui client area domain, atau bisa meminta langsung kepada tim Customer Service. Epp code ini harus valid, karena apabila tidak valid maka transfer domain nanti nya akan gagal.

Baca Juga: Promo Domain .ID Termurah Rp 90.000

Cara Melakukan Transfer Domain ke IDwebhost

Setelah semua syarat dan persiapan sudah terpenuhi maka tinggal melakukan order transfer domain. Apabila Anda ingin melakukan transfer domain ke IDwebhost, silakan mengikuti langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Login ke halaman member area IDwebhost

Langkah pertama, silakan login ke halaman member area IDwebhost. Kamu bisa login via https://member.idwebhost.com. 

Langkah 2: Mencari Nama Domain yang ingin ditransfer

Untuk menemukan nama domain yang akan ditransfer, silakan klik menu Domain. Kemudian, tuliskan nama domain yang akan ditransfer di kotak pencarian, lalu klik Cari

Transfer Domain

Langkah 3: Klik Menu Transfer Domain

Bila domain yang dimasukkan statusnya aktif, akan tampil pesan “Domain Tidak Tersedia!. Selanjutnya, silakan klik menu “Transfer Domain. 

Transfer Domain

Langkah 4: Memasukkan EPP Domain (Domain Secret). Anda bisa mendapatkan EPP Code dari penyedia domain sebelumnya. 

Transfer Domain

Langkah 5: Mengisi data diri dan memilih metode pembayaran

Bila Anda belum memiliki akun member area IDwebhost, silakan mengisi data diri terlebih dulu. Namun juga sudah memiliki akun iDwebhost, silakan klik Login untuk masuk akun. Selanjutnya pilih metode pembayaran yang tersedia. Beri tanda centang pada metode pembayaran yang Anda pilih. 

Transfer Domain

Langkah 6: Klik Check Out

Selanjutnya, klik “Saya telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan layanan. Selanjutnya klik “Checkout”. 

Transfer Domain

Langkah 7: Order Selesai

Order selesai, dan akan tampil rincian order yang telah Anda lakukan. 

Transfer Domain

Langkah 8: Melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran

Lakukan pembayaran dan jangan lupa untuk konfirmasi pembayaran, yang dapat dilakukan melalui email, telepon, atau WhatsApp. 

Sebagai catatan, jangan lupa untuk memenuhi persyaratan transfer domain yang ada, ya.

IDwebhost akan mengkonfigurasi server DNS dan nama untuk Anda setelah transfer diotorisasi. Setelah transfer ditetapkan oleh IDwebhost, diperlukan waktu hingga beberapa hari agar perubahan DNS Anda dikenali di seluruh dunia.

Itulah cara melakuka transfer domain ke IDwebhost. Customer care IDwebhost dengan senang hati akan membantu kesulitan Anda untuk melakukan transfer domain. IDwebhost adalah salah satu penyedia hosting dan domain yang terpercaya serta berkualitas. Fitur yang ditawarkan oleh IDwebhost diantaranya harga yang terjangkau, customer care 24/7, jaminan uptime 99,9%, hingga server yang handal dan stabil.

Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan website Anda menggunakan IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013