Cara Melakukan Transfer Domain
Blog Tips Keren Cara Melakukan Transfer Domain

Cara Melakukan Transfer Domain

Transfer Domain
Transfer Domain

Kamu memiliki paket hosting di IDwebhost tetapi domain berada di layanan domain lainnya yang kamu merasa pelayanannya tidak sebaik dan seprofesional bila dibandingkan dengan IDwebhost? Kamu tidak perlu merasa khawatir dengan hal tersebut, karena kamu bisa melakukan transfer domain. Transfer domain adalah proses memindahkan domain dari sebuah layanan domain ke layanan domain lainnya, dalam hal ini IDwebhost. Ada beberapa step yang harus kamu lakukan. Ikuti panduannya sebagai berikut:

Syarat Transfer Domain

Untuk memindahkan domainmu dari layanan domain lainnya ke IDwebhost memerlukan syarat. Adapun syaratnya adalah sebagai berikut:

Domain masih aktif paling tidak 60 hari dari masa expired

Syarat di atas bertujuan untuk menghindari gagal transfer domain, yang mana apabila dalam masa proses transfer, domain mengalami expired maka transfer domain beresiko gagal. Hal ini juga untuk mengantisipasi ketika gagal transfer karena suatu faktor, sehingga transfer domain bisa di proses ulang sebelum masa expired.

Whois Privacy Domain harus non aktif

Whois privacy adalah layanan domain yang berguna untuk menyembunyikan data terdaftar domain, seperti email, alamat, telefon dll. Dalam proses transfer domain, layanan whois privacy harus non aktif karena dalam proses transfer domain perlu melihat email terdaftar domain tersebut, hal ini berguna untuk mengirimkan link approval transfer domain yang nantinya perlu di klik sebagai bentuk verifikasi transfer domain. Untuk menon-aktifkan whois privacy ini bisa langsung menghubungi pihak penyedia domain sebelumnya.

Domain setidaknya berusia minimal 60 hari

Agar dapat dilakukan transfer, domain harus sudah berusia 60 hari sejak registrasi pertama kali.

Memiliki Epp code/ Auth Code/ Kode Rahasia Domain

Epp code/ Auth code/ Kode rahasia domain adalah sebuah kode unik berfungsi sebagai kode pengamanan untuk melakukan transfer nama domain. Maka dari itu untuk transfer domain harus memiliki epp kode yang valid agar transfer domain berjalan lancar. Untuk mendapatkan Epp Code ini bisa dari client area atau menghubungi pihak penyedia domain sebelum nya.

Domain dalam kondisi unlock atau theft protection disable

Domain Unlock, status domain Ok atau theft protection disable diperlukan untuk melakukan transfer domain, sebagai bentuk bahwa domain dapat dilakukan transfer ke registrar lain. Untuk melakukan unlock domain dapat dilakukan dari client area atau menghubungi pihak penyedia domain sebelum nya.

Email terdaftar atas domain tersebut harus aktif

Email atas domain yang didaftarkan pada registrar sebelum nya atau email yang terlihat pada whois domain harus aktif. Hal ini dikarenakan nanti proses transfer akan mengirimkan sebuah link approval, yang mana link ini harus di klik sebagai persetujuan proses transfer domain.

 

Persiapan Transfer Domain

Pastikan Domain Anda Unlock

Untuk melakukan pengaturan atau melihat domain Anda dalam kondisi lock atau tidak bisa dari client area domain. Anda juga bisa langsung menghubungi customer care pada registrar sebelumnya. Selain itu bisa juga dilihat dari whois domain tools semisal who.is.

Salah satu contoh, apabila domain dalam kondisi lock, maka statusnya adalah “clientTransferProhibited“

Transfer Domain
Transfer Domain

Apabila Domain Unlock, maka status nya adalah  “OK“

Transfer Domain
Transfer Domain

 

Pastikan Whois Privacy Domain tidak aktif

Untuk melakukan pengecekan whois domain anda aktif atau tidak bisa dicek tools dari who.is. Apabila whois aktif, biasa nya pada data whois tidak akan terlihat data diri anda, baik email terdaftar, nomor telefon, alamat rumah. Data akan diganti oleh data provider penyedia whois privacy seperti privacyprotect.org, proteksi.id. Contohnya :

Transfer Domain
Transfer Domain

Apabila Whois privacy tidak aktif maka saat dicek pada tools whois, data diri Anda akan tertampil. Contohnya :

Transfer Domain
Transfer Domain

Pada email yang tertampil itulah nanti link approval transfer domain akan dikirimkan. Jadi pastikan email yang tertampil tersebut aktif.

Pastikan mendapatkan Epp Code yang valid

Untuk mendapatkan epp code, biasa nya bisa didapatkan melalui client area domain, atau bisa meminta langsung kepada tim Customer Service. Epp code ini harus valid, karena apabila tidak valid maka transfer domain nanti nya akan gagal.

Baca Juga: Promo Domain .ID Termurah Rp 90.000

 

Transfer Domain
Transfer Domain

Cara Transfer Domain ke IDwebhost

Setelah semua syarat dan persiapan sudah terpenuhi maka tinggal melakukan order transfer domain. Apabila Anda ingin melakukan transfer domain ke IDwebhost, silakan mengikuti langkahnya di bawah ini:

1. Informasi Kontak

Pastikan informasi kontak Anda tetap up to date. Selama proses transfer, Anda akan dihubungi oleh registrar lama dan juga oleh IDwebhost sebagai jasa domain yang baru. Mereka akan menggunakan informasi kontak yang terdaftar di domain. Anda dapat memperbarui informasi kontak dari panel kontrol domain registrar saat ini. Jika Anda tidak ingat dengan siapa registrar Anda saat ini, Anda dapat mencarinya dengan melakukan penelusuran WHOIS.

2. Menyiapkan Email

Siapkan email dengan layanan lain. Banyak orang menggunakan layanan email yang terkait dengan domain mereka. Selama proses transfer domain, Anda mungkin akan kehilangan akses ke layanan email Anda untuk nama domain Anda. Pastikan Anda memiliki akun email lain, seperti akun Gmail atau Yahoo, yang dapat Anda gunakan sebagai sarana komunikasi kedua. Pastikan untuk mengatur email ini sebagai email kontak Anda dalam informasi pendaftaran domain Anda.

3. Domain Tidak Boleh Terkunci

Meminta agar domain Anda tidak terkunci. Prosesnya bervariasi tergantung pada petugas registrar yang saat ini digunakan, namun Anda biasanya dapat membuka kunci domain dari bagian Domain panel kontrol.

4. Meminta Kode Otorisasi

Setiap domain harus menyediakan kode ini dalam waktu lima hari setelah permintaan. Beberapa pendaftar memungkinkan Anda membuat kode di panel kontrol, sementara yang lain akan mengirimkannya ke email Anda. Anda memerlukan kode ini untuk mentransfer domain.

5. Membaca Petunjuk Transfer

Proses sebenarnya untuk mentransfer domain akan bervariasi tergantung pada layanan yang ditransfer. Pastikan Anda membaca petunjuk untuk mentransfer yang diposting di halaman dukungan registrar yang baru untuk mendapatkan petunjuk yang tepat.

6. Mengunjungi Halaman Transfer

Kunjungi halaman transfer untuk registrar baru. Anda mungkin perlu membuat akun dengan registrar sebelum Anda dapat mengakses halaman ini. Anda biasanya dapat menemukan bagian Transfer Domain di panel kontrol untuk registrar baru Anda.

7. Masukkan Domain

Masukkan domain yang Anda transfer. Pastikan untuk menyertakan TLD (.com, .net, .org, dll.). Anda mungkin bisa mentransfer beberapa domain sekaligus. Anda tidak perlu menyertakan www pada domain.

8. Masukkan Kode Otorisasi

Saat ditanya, masukkan kode yang Anda terima dari registrar lama. Pastikan bahwa Anda memasukkan kode dengan tepat, atau transfer tidak akan diproses dengan benar.

9. Memastikan Transfer

Anda akan dihubungi oleh registrar lama dan menanyakan apakah Anda mengizinkan transfer. Anda akan diberi email atau menelepon, dengan menggunakan informasi yang Anda berikan kepada petugas lama. Di sinilah informasi kontak yang benar sangat penting. Jika Anda tidak terdaftar sebagai pemilik domain, Anda tidak akan dapat dihubungi tentang transfer meskipun Anda adalah pemilik sebenarnya.

10. Bayar Untuk Transfer

Anda harus membayar biaya domain untuk ditransfer. IDwebhost sebagai jasa domain yang baru juga mengharuskan Anda memperbarui secara otomatis untuk tahun tambahan saat Anda mentransfer.

11. Menunggu Pengaturan

IDwebhost akan mengkonfigurasi server DNS dan nama untuk Anda setelah transfer diotorisasi. Setelah transfer ditetapkan oleh IDwebhost, diperlukan waktu hingga beberapa hari agar perubahan DNS Anda dikenali di seluruh dunia. Situs web Anda harus tetap tersedia.

12. Batalkan Layanan yang Lama

Setelah transfer selesai, Anda dapat membatalkan layanan dengan registrar lama Anda. Pastikan transfer benar-benar berhasil sebelum melakukannya, atau situs web Anda mungkin turun sampai transfer mulai berlaku di seluruh dunia.

 

Itulah beberapa cara untuk melakukan transfer domain. Customer care IDwebhost dengan senang hati akan membantu kesulitan Anda untuk melakukan transfer domain. IDwebhost adalah salah satu penyedia hosting dan domain yang terpercaya serta berkualitas. Fitur yang ditawarkan oleh IDwebhost diantaranya harga yang terjangkau, customer care 24/7, jaminan uptime 99,9%, hingga server yang handal dan stabil.

Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan website Anda menggunakan IDwebhost!