Cara Melakukan Manual Resolve DNS di Komputer sendiri
Blog Tips Keren Cara Melakukan Manual Resolve DNS di Komputer sendiri

Cara Melakukan Manual Resolve DNS di Komputer sendiri

Resolve domain atau biasa dikenal juga sebagai propagasi DNS adalah sebuah proses tentang pengenalan domain ke IP Server. Proses resolve DNS ini bisa terjadi ketika pertama kali membeli sebuah domain hosting. Atau bisa jadi karena adanya update pada setting DNS. Contohnya ketika menambahkan subdomain, addon domain atau yang lainnya. Ketika kondisi yang belum relove inilah yang dapat menyebabkan munculnya page atau halaman yang tidak bisa ditemukan atau Not Found. Gejala ini muncul, maka yang bisa Anda lakukan adalah menunggu sampai dengan proses resolving yang dilakukan selesai.

resolve DNS

Cara Cek Resolve DNS Domain

  1. Bisa langsung mengakses https://whatsmydns.net
  2. Anda bisa langsung memasukan nama domain Anda. Contohnya seperti idwebhost.com dan jangan lupa untuk menekan tombol button search.
  3. Selanjutnya, whatmydns akan langsung memeriksa apakah domain Anda resolve ke IP yang mana, tanda centang hijau yang ada akan langsung menunjukan domain Anda sudah resolve pada negara yang sudah tertera. Sedangkan untuk tanda merah artinya domain Anda belum resolve.

Untuk masa resolve domain waktunya berbeda-beda, tetapi maksimal 2×24 jam. Tetapi, Anda juga harus memastikan jika DNS record Anda sudah di setting dengan benar. Jika sudah lebih dari 2x24jam DNS Record Anda masih belum terbaca di whatsmydns, maka Anda bisa langsung menghubungi tim support dari provider yang Anda gunakan agar bisa langsung diperiksa. Jika dari whatsmydns sudah resolve semua tetapi pada koneksi Anda belum. Bisa langsung mencoba terlebih dahulu untuk mengakses website dengan menggunakan proxy atau bisa juga dengan menggunakan koneksi yang berbeda agar bisa memastikan.

resolve DNS

Melakukan Manual Resolve DNS di Komputer sendiri

Mungkin Anda pernah tidak dapat mengakses website dan ketika melakukan ping pada nama domain Anda hasilnya adalah RTO (Request Time Out). Atau bisa saja ketika domain Anda masih dalam masa resolve DNS, tetapi ketika dicoba untuk mengakses dari koneksi yang lain contohnya seperti handphone atau warnet malah dapat diakses. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat gangguan DNS yang ada pada koneksi internat yang sedang Anda gunakan. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk resolve DNS secara manual.

Resolve DNS Untuk Pengguna Windows

  1. Buka pada menu start, kemudian jalankan Notepad as Administrator.
  2. Pada meu Notepad klik pada File > Open. Langsung arahkan ke C://Windows/System32/drivers/etc. dan bukalan file hosts dengan menggunakan notepad.
  3. Selanjutnya tambahkan baris berikut pada bagian bawah: Alamat IP (Spasi) Nama Domain. Contohnya: 50.1.108 idwebhost.co (Maksudnya Anda akan mengarahkan domain idwebhost.co ke ip 101.50.1.108).
  4. Simpan dengan menekan tombol save atau CTRL+S
  5. Sekarang, Anda coba untuk mengecek nama domain Anda. Ketika nantinya hasilnya tidak bisa, maka segera lakukan clear cookies browser Anda atau bisa dengan melakukan referesh URL dengan cara menekan shortcut CTRL+F5 untuk firefox atau bisa dengan menekan SHIFT++F5 untuk chrome.

Untuk pengguna LINUX

  1. Bisa langsung masuk ke dalam Console atau Terminal yang ada di Linux
  2. Edit pada file hosts dengan cara menjalankan perintah nano/etc/hosts atau vi/etc/hosts.
  3. Jangan lupa untuk menambahkan baris alamat IP (spasi) nama domain, sama halnya dengan langkah yang ada di Windows.
  4. Tekan CTRL+X untuk keluar atau exit.
  5. Terakhir, tekan CTRL+Y untuk menyimpan perubahan yang sudah Anda lakukan.

Tujuan trik temporary URL adalah untuk mengakali browser agar tidak perlu lagi membaca DNS Record. Baik secara versi caching ataupun versi server DNS, tetapi dengan membaca alamat IP sesuai dengan yang sudah tertera pada file hosts PC lokal yang Anda miliki.

Nantinya setiap kali domain Anda mengalami pergantian server, maka Anda harus mengedit ulang file hosts tersebut. Kebanyakan webmaster lupa jika ia telah mengedit file hosts dan malah cenderung memberikan browsernya mengarah pada IP lama walaupun servernya sudah dipindahkan.

resolve DNS

Cara Test Untuk Akes Menggunakan WebProxy untuk Resolve DNS

Anda dapat menggunakan beberapa web proxy untuk kemudahan dalam melakukan testing resolve DNS seperti https://hide.me/en/proxy https://www.proxysite.com/ atau web proxy lain yang sangat beragam macamnya. Pun Anda juga bisa langsung search di Google dengan mengetikan “Free Web Proxy”. Yang perlu Anda tahu, jika kemampuan akses web proxy memang tidak terlalu baik untuk mengakses website. Sehingga tidak perlu heran jika tampilan website Anda akan sangat terlihat tampilan lama atau sedikit rusak. Tetapi hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar, apalagi jika megingat fungsi web proxy adalah untuk melakukan testing apakah domain Anda sudah resolve atau belum. Jika sukses makan kendala yang terjadi hanya pada device atau koneksi yang Anda gunakan. Namun juga bisa terjadi karena beberapa hal berikut ini:

  1. Adanya Cache DNS di PC yang Anda gunakan. Device yang Anda gunakan akan menyimpan data DNS yang berasal dari domain yang pernah diakses sebelumnya. Caranya bisa dengan clear cache DNS yang ada di PC agar dapat menghapus isi DNS tablenya.
  2. DNS Table yang Anda gunakan tidak sama dengan device yang Anda gunakan. Provider internet yang Anda gunakan mempunyai server yang tugasnya menyimpan DNS. Bisa saja DNS Table ISP Anda tidak update. Sehingga solusi yang bisa Anda coba adalah dengan mengganti DNS Server yang Anda gunakan pada pengaturan network dengan menggunakan DNS Google berikut: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, kemudian Anda bisa langsung clear cache DNS. Namun, jika masih gagal, Anda dapat menunggu DNS ISP Anda akan melakukan update secara otomatis pada DNS. Yang mana prosesnya akan terjadi secara otomatis dan tidak bisa di estimasikan waktu lamanya.

resolve DNS

Kesimpulan

Tentunya, Anda bisa langsung menghubungi provider internet yang Anda gunakan agar pihaknya bisa memeriksa secara lebih lanjut mengenai kendala yang Anda alami. Saat ini sudah begitu banyak domain murah yang ditawarkan dengan beragam fasilitas. Hal tersebut bisa sangat menggiurkan untuk Anda yang akan memulai membuat sebuah website. Tetapi, Anda juga harus ingat untuk selalu memastikan jika perusahaan yang menjual web hosting sudah terpercaya agar nantinya Anda tidak tertipu. Setelah nantinya Anda mampunyai sebuah domain, hal penting yang harus Anda lakukan adalah resolve domain. Cara kerja resolve domain memang cukup kompleks tetapi bisa membuat website Anda menjadi bekerja jauh lebih baik.

Tetapi setiap proses yang dilakukan mempunyai waktu yang berbeda, sehingga untuk memunculkan ISP akan menjadi terhambat ketika akan dipakai untuk melakukan akses website. Proses propagasi yang dilakukan juga harus Anda tunggu sampai dengan resolve selesai. Beberapa trik lama memang bisa Anda gunakan, contohnya dengan menggunakan temporary URL pada PC Anda. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDwebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.