Cara Login cPanel Lebih Tepat dan Mudah
Blog Tutorial

Cara Login cPanel Lebih Tepat dan Mudah

Setiap pemilik website dengan basis WordPress pastinya mengenal ataupun pernah mendengar seputar cPanel. Sejauh ini peran dan fungsi cPanel sendiri sangat penting karena sanggup menghubungkan berbagai program pendukung ke dalam web hosting ataupun web server. Maka dari itu bagi pemilik website harus bisa login ke cPanel untuk mengoperasikan semua hal penting yang ada di dalamnya. Sayangnya bagi pemilik website atau blog baru mungkin masih belum terlalu mengerti bagaimana cara login cPanel karena memang bisa dilakukan secara manual ataupun menggunakan plugin khusus.

Cara Login cPanel
Cara Login cPanel

Proses login ke dalam cPanel terbilang mudah karena setiap langkahnya bisa diamati hingga akhirnya benar-benar memberikan solusi terbaik bagi pemilik website ataupun pemilik blog tertentu. Langsung saja kita lihat seperti apa metode untuk login ke cPanel secara tepat.

Cara Login Cpanel Secara Umum

Proses masuk pertama dari metode umum atau yang paling sering digunakan adalah menggunakan beberapa langkah seperti berikut ini.

Cara Pertama

Akses pertama cobalah ketik http://DomainAnda/Cpanel ataupun bisa menggunakan alamat http://DomainAnda/Comcpanel kemudian tekan enter. Jika sudah masuk ke dalam halaman awal kontrol cPanel selanjutnya cukup login menggunakan username beserta password Anda sendiri. Pastikan juga proses pengisian username beserta password tidak mengalami kesalahan sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

Cara Login cPanel
Cara Login cPanel

Cara Kedua

Pada akses kedua juga bisa menggunakan kata cPanel kemudian dilanjutkan dengan memasukkan nama domain Anda ke web browser. Contohnya ketikkan http://Cpanel.DomainAnda.com kemudian tekan enter. Jika sudah masuk ke halaman awal masukkan juga username beserta password Anda kemudian tekan login sehingga langsung bisa mengakses fasilitas cPanel.

Cara Login cPanel
Cara Login cPanel

Cara Ketiga

Masih ada metode ketiga untuk masuk atau login ke cPanel dimana cara satu ini terbilang mudah karena cukup menambahkan angka 2082 ataupun 2083 ke huruf ataupun deretan akhir nama domain Anda tanpa menggunakan garis miring. Anda bisa langsung mengetikkan seperti contoh ini http://DomainAnda.com:2083 kemudian tekan enter. Jika sudah masuk ke halaman awal tambahkan juga username beserta password Anda kemudian klik login.

Ada baiknya jika Anda memperhatikan proses cara login cPanel karena saat terjadi kesalahan login sebanyak tiga kali maka secara otomatis alamat IP akan langsung mengalami pemblokiran. Maka dari itu perhatikan juga dari sisi username dan password login cPanel Anda, bila perlu catat di aplikasi lainnya agar terhindar dari kesalahan pengetikan password dan username.

Proses masuk ke dalam akun cPanel sudah bisa Anda pahami sehingga website bisa diatur sedemikian rupa hingga akhirnya dapat memperlihatkan sebuah tatanan website yang lebih optimal. Maka dari itu kontrol panel terproteksi harus bisa Anda gunakan agar tak terjadi masalah di kemudian hari. Bagi pemilik website baru mungkin masih belum mengerti seperti apa fungsi utama dari cPanel ini, sehingga sangatlah penting dalam sebuah website. Tak cukup dengan tahu bagaimana cara login cPanel saja, akan tetapi Anda juga wajib mengetahui seperti apa fungsi utama dari cPanel agar pengetahuan Anda lebih lengkap.

Fungsi Utama cPanel Dalam Sebuah Website

Pada ulasan di atas Anda sudah bisa mengerti seperti apa arti dari cPanel yang sampai sekarang masih digunakan untuk memaksimalkan performa website. Maka dari itu kenali dahulu dari beberapa fungsi utama cPanel agar ke depan Anda bisa mengelola semua kebutuhan website secara mudah dan tepat. Berikut ada beberapa fungsi penting cPanel di sebuah website wajib Anda pahami.

Membuat dan Menghapus Alamat Email

Terkadang bagi pemilik website masih belum mengerti bagaimana cara-cara untuk membuat sekaligus menghapus alamat email. Dengan memanfaatkan cPanel ini pemilik website mempunyai kuasa penuh untuk mengatur serta membuat email baru sekaligus menghapus alamat email agar lebih mudah dalam proses pengembangan website.

Mudah Mengupload File Website Hingga Database

Berikutnya ada fungsi utama dari cPanel yakni mempermudah pemilik website dalam proses upload file website sampai mengatur file database yang sangat berguna untuk mengembangkan semua akses di dalam website hingga akhirnya lebih mudah diakses. Oleh sebab itu kenapa dalam proses upload file website sampai database diperlukan akses lebih detail bagi setiap usernya.

Menghadirkan Email Forwarder

Pada akses kedua dimana selain cara login cPanel kamu juga harus melihat seperti apa fungsi cPanel sendiri salah satunya menghadirkan email forwader dimana sangat baik dan menairk untuk mempermudah dalam membalas email lebih cepat. Berkat adanya fitur email forwader ini setiap pengguna website ataupun blog sanggup mendapatkan pengalaman menarik dan terbaik dalam hal membalas semua email yang masuk.

Pengaturan Konfigurasi PHP

Sejauh ini akses konfigurasi PHP sendiri sangat menarik dan menguntungkan yang mana bisa dijadikan alasan kenapa pengguna website mencermati berbagai fungsi cPanelnya. Maka dari itu dampak atau fungsi utama dari cPanel sendiri memang sanggup menghadirkan konfigurasi PHP yang sampai sekarang penting untuk memaksimalkan akses website hingga merubah tampilan website lebih keren.

Melihat Statistik Pengunjung Website

Ada sisi pentingnya jika kamu menggunakan cara login cPanel secara tepat salah satunya melihat statistik pengunjung website dengan semua fasiltias cPanel tersebut. Sampai sekarang akses ke sebuah website memang bisa didapatkan dengan mencermati informasi di dalam cPanel sehingga siapapun bisa langsung melihat bagaimana perkembangan website secara detail. Biasanya pemilik website akan melakukan optimasi SEO ataupun perbanyak konten untuk bisa meningkatkan traffic pengunjung lebih padat.

Menghapus dan Membuat Nama User Database MySQL

Berikutnya ada fungsi dan manfaat cPanel yang mana bisa digunakan untuk akses membuat nama user databse MySQL ataupun bisa digunakan untuk menghapusnya. Dari sebuah website ataupun blog bisa dipsatikan memiliki fungsi utama yakni membuat nama user agar semua akses kode MySQL bisa dijalankan lebih cermat dan mudah sehingga proses mengolah semua akses ataupun fasilitas di website dan blog benar-benar bisa dilakukan secara optimal.

Melakukan Konfigurasi Keamanan Website

Dalam hal keamanan folder ataupun website juga sangat diperlukan dimana pemilik website bisa langsung memperlihatkan banyak peluang menarik dalam mengolah tampilan ataupun konten website. Sekarang ini banyak pemilik website sudah mempelajari secara cermat bagaimana mengolah website mengandalkan cPanel mulai dari cara login cPanel ditambah lagi dari semua akses lainnya.

Menginstal Instan Script Website

Terakhir ada fungsi dan manfaat dari cPanel dimana sanggup memberikan fungsi untuk menginstall instan beberapa script website seperti wordpress, ataupun joomla dan lainnya sehingga semua fasilitas website bisa dihadirkan untuk memberi pengalaman mengolah website secara detail.

Ada berbagai macam manfaat terbaik dari cPanel kemudian bisa juga diandalkan bagi pemilik website yang sekarang ini sanggup mendatangkan pengalaman mengolah website ataupun blog secara sempurna. Sampai sekarang banyak kalangan masih menilai bahwa peran utama dari cPanel sendiri masih bisa dipelajari seperti cara login cPanel kemudian bagaimana menggunakan semua fasilitasnya agar website bisa berjalan optimal.

 

Stepanus Bernardi

Stepanus Bernadi atau biasa dipanggil Adi ini memiliki pengalaman menulis di berbagai website news sebelum akhirnya menjadi writer di IDwebhost. Pria asli Sleman ini memang menyukai menulis karena sejalan dengan pendidikannya di bidang komunikasi.