Cara Lengkap Beriklan di Tiktok Yang Berhasil
Blog Tips Keren Cara Lengkap Beriklan di Tiktok Yang Berhasil

Cara Lengkap Beriklan di Tiktok Yang Berhasil

Tiktok menjadi salah satu platform jejaring sosial yang sukses mendulang kejayaan melalui banyaknya pengguna di seluruh dunia. Hal ini menjadikan tiktok bergerak ke ranah bisnis periklanan melalui Tiktok ADS. Nah, bagaimana cara lengkap beriklan di tiktok? Anda akan mendapatkan jawabannya dalam pembahasan kali ini.

Keberadaan Tiktok ADS menjadi angin  segar bagi banyak brand yang selama ini telah mengincar platform ini untuk melakukan iklan promosi produk mereka. Memang, sebagai platform yang bisa dibilang baru, kesuksesan tiktok ini sangat menarik untuk menjadi pasar baru dalam melakukan iklan bagi banyak brand.

Hootsuite menyebutkan bahwa saat ini tiktok telah memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan. Angka yang sangat besar dan mengalahkan platform lain seperti Twitter misalnya yang hanya 340 juta per bulan.

Lantas seperti apa cara beriklan di tiktok? Apa saja yang perlu dipersiapkan? Bagaimana langkah-langkah dalam memasang iklan atau cara beriklan di tiktok? Berikut langkah-langkahnya:

1. Membuat Akun Iklan Di Tiktok

Memulai Mendaftar Iklan TikTok

Agar Anda bisa beriklan di tiktok pertama-tama Anda perlu untuk membuat akun iklan di tiktok. Akun ini berbeda dengan akun tiktok untuk platform aplikasi tiktok. Fungsi akun ini hanya untuk kebutuhan beriklan.

Silakan Anda bisa langsung membuat akun tiktok melalui halaman resminya di Daftar Tiktok ADS. Silakan untuk mengisi data lengkap Anda dalam kolom pendaftaran. Lakukan verifikasi untuk kemudian Anda bisa menggunakan akun untuk kebutuhan beriklan di tiktok.

2. Memulai Cara Beriklan di Tiktok

Setelah Anda mendaftar akun untuk iklan tiktok, selanjutnya silakan untuk menuju laman utama tiktok ads. Bagi Anda yang akan memulai beriklan di tiktok silakan menuju menu campaign kemudian create campaign.

Akan ada tiga pilihan dalam cara beriklan di tiktok. Pertama adalah untuk trafik, kemudian untuk konversi dan ketiga untuk pemasangan aplikasi.

Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda. Misalnya bagi Anda yang menjalankan usaha toko online. Maka Anda bisa mengambil trafik atau konversi. Yang mana akan menjadikan pengguna tiktok mengunjungi website bisnis Anda.

3. Membuat Anggaran Iklan Tiktok

Membuat Aggaran Kebutuhan Iklan di TikTok

Setelah Anda membuat campaign iklan tiktok, maka selanjutnya Anda akan mendapatkan pilihan penggunaan anggaran iklan Anda. Tiktok terbilang cukup besar untuk urusan anggaran ini.

Anggaran harian beriklan di tiktok minimal senilai USD 500, ini angka minimal agar Anda dapat memulai iklan di tiktok. Angka ini memang tergolong tinggi di banding dengan penyedia platform iklan lain seperti halnya Instagram ADS.

Mengapa biaya beriklan di tiktok masih tinggi? Jawabannya karena platform ini masih terhitung baru dan jarang. Sehingga harga iklannya pun relatif tinggi. Ini berkaitan dengan ketepatan dan keakuratan beriklan yang juga menjadi nilai lebih yang ditawarkan oleh Tiktok ADS

Sebagai gambaran, untuk satu iklan premium rata-rata dihargai USD10 per CPM dan dapat mencapai hingga USD300.000 untuk kampanye yang lebih besar. Karenanya Anda diharuskan menyimpan investasi minimal sebesar USD500 untuk dapat memulai cara beriklan di tiktok.

4. Mengatur Penempatan Iklan detail dan target pasar

Mengatur Penempatan Iklan detail dan target pasar

Keunggulan dari fitur iklan tiktok yang akan membantu Anda dalam menjangkau pasar lebih luas dengan mudah adalah, di Tiktok ADS Anda tidak hanya dapat menjalankan iklan di satu platform, tetapi juga platform lain yang bermitra dengan TikTok.

Apa saja mitra platform tiktok? Misalnya Vigo Video (hanya tersedia di India), Buzz Video, News Republic, dan lainnya. Platform ini juga memiliki pengguna yang terus tumbuh, sehingga menjadi target pasar yang potensial dalam beriklan.

Selain itu Tiktok ADS juga memiliki fitur otomatis dalam beriklan. Sehingga  pengiklan yang ‘awam’ tidak mengetahui cara mengatur iklan akan dibantu otomatis dalam pembuatan iklan.

Dengan fitur iklan otomatis ini, Anda bisa beriklan otomatis dan TikTok akan mengarahkan ke mana sebaiknya  iklan Anda diarahkan dengan memastikan mana platform yang terbaik untuk kebutuhan iklan Anda.

5. Cara Beriklan di Tiktok dengan Melakukan Kontrol Pengeluaran, durasi dan tujuan

Melakukan Kontrol Pengeluaran durasi dan tujuan Beriklan di Tiktok

Pada bagian tiga telah dijelaskan besaran saldo ADS Tiktok yang harus Anda miliki untuk dapat beriklan di tiktok yaitu USD 500. Nah, dalam tahapan ini kita akan melakukan kontrol terhadap biaya yang akan kita keluarkan untuk beriklan di tiktok.

Mengatur biaya dan Penjadwalan

Beriklan di tiktok, Anda dapat membagi iklan Anda ke dalam beberapa grup (jika Anda ingin membuat lebih dari satu iklan) dan setiap iklan tiktok Anda minimal harus memiliki anggaran masing-masing USD50 untuk anggaran harian.

Setelah Anda memilih anggaran harian minimal, maka selanjutnya Anda perlu untuk memilih durasi beriklan tiktok Anda. Berapa lama iklan Anda akan tampil. Anda dapat mengatur beriklan di tiktok harian atau mingguan untuk setiap iklan di bagian Dayparting.

Silakan pilih opsi pacing jika Anda ingin melakukan anggaran beriklan di tiktok dengan teknik iklan muncul di pengguna tiktok yang sama dalam beberapa kali iklan. Ini artinya akan ada pengulangan iklan secara terus menerus untuk satu akun yang sama.

Opsi Pacing ini menarik, karena akan menjadikan Anda menarget pasar dengan terus memberikan pengaruh melalui iklan yang Anda berikan. Dengan demikian maka pengguna yang melihat secara berulang iklan Anda akan tertarik atau melekat dalam ingatan mereka tentang brand atau produk Anda.

Cara Beriklan di Tiktok Dengan Mengatur Tujuan Optimasi

Apa yang ingin Anda capai dengan beriklan di tiktok? Apa tujuan dari kampaign iklan Anda. Dalam pilihan ini Anda dapat memilih untuk mengoptimalkan tujuan kampanye grup iklan Anda ke berbagai pilihan seperti Konversi, Klik, atau Tayangan, dan secara otomatis TikTok ADS akan memaksimalkannya sebagaimana yang telah Anda pilih.

Sebagai gambaran jika Anda memilih Konversi, maka iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan mengonversi iklan produk atau layanan Anda. Kemampuan Tiktok ADS dalam menarget calon pasar ini memang menjadi kelebihan tersendiri. Karenanya Anda harus bisa mengatur optimasi Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana cara Untuk melacak optimasi iklan Anda? Anda bisa mengeklik Library untuk melihat sejauh mana tayangan iklan Anda telah dilihat dan dikonversi oleh orang-orang atau pengguna tiktok.

Selain itu untuk kemudahan beriklan tiktok menawarkan Smart Optimization, melalui fitur ini  Anda dapat memaksimalkan iklan Anda.

Namun Jika Anda memilih Klik atau Tayangan, maka disarankan agar Anda mematikan fitur ini. Karena Fitur ini bekerja untuk memaksimalkan konversi secara terus-menerus.

6. Desain Iklan Anda Secara Langsung Di Aplikasi TIktok

Membuat Konten Yang Menarik Untuk Kebutuhan Promosi Bisnis Online di TikTok

Salah satu yang menarik dalam cara beriklan di tiktok adalah, Anda bisa melakukan pembuatan materi iklan Anda secara langsung melalui aplikasi bawaan tiktok. Memang untuk kemampuan dalam membuat konten, aplikasi tiktok ini sangat mumpuni dan memiliki fitur yang sangat lengkap.

Bagi Anda yang membutuhkan kemudahan dalam membuat konten iklan, maka dengan beriklan di tiktok Anda bisa secara langsung membuat konten iklan Anda dan langsung melakukan promosi melalui tiktok ads.

TIktok memiliki Video Creation Kit yang mana tools ini memiliki fitur dan pustaka yang melimpah, mulai dari efek, stiker, teks, musik. Semua dapat Anda gunakan untuk membuat video iklan Anda di dalam aplikasi dengan cepat dan mudah.

Jika Anda akan memulai beriklan di tiktok, perlu Anda perhatikan adalah kemampuan website bisnis Anda. Misalnya ketika Anda akan mengarahkan pengguna tiktok menuju website toko online Anda, maka jangan sampai trafik kunjungan yang membludak tidak dapat ditampung oleh website Anda karena kekurangan ruang pada hosting yang Anda gunakan.

Persoalan ini mungkin terdengar sepele, namun ini akan berpengaruh pada pengalaman pengguna. Sehingga penting bagi Anda untuk menggunakan paket hosting murah terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa memilih menggunakan domain murah IDwebhost, yang mana memiliki berbagai paket pilihan dan tentu saja dukungan pengguna yang siap menyelesaikan persoalan pada website Anda.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Lengkap Beriklan Di Tiktok Jangan lewatkan penawaran menarik setiap harinya dari IDebhost, penawaran paket hosting, penawaran dan diskon domain murah hanya di IDwebhost. Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Salam Ari IDwebhost.