Cara Lengkap Beriklan di Tiktok Yang Berhasil

19 Okt 2023
Cara Lengkap Beriklan di Tiktok Yang Berhasil campaign-unlimited

Sebagai salah satu platform hiburan paling populer saat ini, TikTok banyak menjadi incaran berbagai bisnis untuk beriklan. Ada berbagai topik video menarik yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk. Namun, bagaimana cara beriklan di TikTok? Sudahkah kamu mengetahuinya?

Pada dasarnya, ada banyak jenis iklan yang dapat digunakan untuk promosi di TikTok. Di artikel ini, kami akan bantu kamu untuk memilih dan memasang iklan di TikTok. Mari menuju ke pembahasan di bawah ini!

Keuntungan Pasang Iklan di TikTok

Memulai Mendaftar Iklan TikTok

Banyak yang penasaran dengan cara beriklan di TikTok sebab laju trafiknya dapat sangat menguntungkan bagi bisnis. Apa saja keuntungan tersebut?

Yang pertama adalah jangkauan audiens yang luas. TikTok mempunyai lebih dari 1 miliar pengguna aktif yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Jumlah ini memperlihatkan besarnya akses ke berbagai segmen pasar yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis.

Bisnis dapat menjangkau audiens yang beragam, mulai dari remaja hingga dewasa dengan minat yang berbeda-beda. Dengan beriklan di TikTok, bisnis dapat menjangkau target pasar yang lebih luas maupun yang tersegmentasi, melalui pendekatan yang lebih efektif.

Selain target pasarnya yang luas, pasang iklan di TikTok juga memungkinkan bisnis untuk mengembangkan format iklan yang kreatif. Ada banyak pilihan jenis iklan yang ditawarkan oleh platform satu ini, misalnya seperti hashtag challenge, brand takeover, dan lain sebagainya.

Ini tentu memberikan keuntungan bagi bisnis untuk menyesuaikan pesan iklan menurut kebutuhan dan gaya yang sesuai dengan brand persona. Selain dapat menarik perhatian pengguna secara lebih efektif, dalam jangka panjang ini juga akan membantu bisnis membangun engagement dan loyalitas pengguna yang kuat.

Jenis-Jenis Iklan di TikTok

Memulai cara beriklan di TikTok perlu diikuti dengan pengetahuan akan jenis-jenis iklan yang sekiranya cocok untuk diaplikasikan. TikTok menawarkan beberapa jenis iklan dengan karakteristik yang beragam. Adapun di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Brand Takeover

Ini adalah jenis iklan yang bisa kamu temukan di awal saat membuka aplikasi TikTok. Biasanya iklan ini akan memakan waktu sekitar 3 sampai detik, dengan tampilan full screen. Karakteristiknya ini cocok untuk digunakan oleh bisnis yang ingin menjadi top of mind pengguna.

Bisnis dapat memanfaatkan waktu iklan yang singkat untuk menyampaikan pesan singkat yang menarik. Namun, perlu diingat bahwa iklan ini bisa dilewati (skip) oleh pengguna. Oleh sebab itu, akan lebih efektif jika pesan iklan cukup singkat dan disertai dengan tautan menuju ke landing page bisnis.

2. In-Feed Video

Sebagai salah satu user, kamu mungkin sering tidak menyadari iklan ini. In-feed video adalah jenis iklan yang ditampilkan di antara video-video For Your Page (FYP). Iklan ini akan muncul layaknya video-video di beranda dan membaur dengan konten FYP lainnya.

Untuk menarik perhatian pengguna, iklan ini dapat diisi dengan konten yang sifatnya storytelling, unik, atau informatif. Dengan begitu saat iklan ditampilkan, maka akan timbul rasa penasaran dan ingin tahu, sehingga pengguna menyimak keseluruhan video. Kira-kira sudah siapkah bisnis kamu memulai cara beriklan di TikTok ini?

3. Top View Ads

Seperti namanya, ini merupakan jenis iklan yang akan dilihat pertama oleh pengguna di feed. Berbeda dengan iklan brand takeover, iklan ini bisa memiliki durasi hingga 60 detik. Selain memiliki durasi yang panjang, top view ads juga menyediakan tombol tautan untuk mengarahkan pengguna melakukan konversi.

Durasinya yang panjang bisa dimanfaatkan oleh bisnis untuk meningkatkan brand awareness. Akan tetapi, untuk mendorong pengguna menuju tautan atau mempelajari merek lebih lanjut diperlukan konten yang atraktif dan menghibur.

4. Branded Augmented Reality (AR)

Branded Augmented Reality (AR) adalah jenis iklan yang memanfaatkan teknologi AR untuk mengembangkan efek visual, seperti stiker atau filter wajah. Di TikTok, brand dapat membuat filter atau stikernya sendiri untuk digunakan oleh publik.

Saat stiker atau filter ini digunakan, artinya pengguna secara otomatis telah terlibat dengan merek. Semakin banyak pengguna yang menggunakan efek visual ini maka akan semakin banyak konten promosi gratis yang didapatkan bisnis.

5. Hashtag Challenge

Ini adalah salah satu kampanye konten yang cukup booming, dari tahun ke tahun. Kamu mungkin pernah mengingat hastag #10YearsChallenge atau #GlowUpChallenge? Jenis iklan ini memanfaatkan hashtag challenge seperti contoh tadi, untuk menantang para kreator membuat video dengan tema tertentu, yang melibatkan merek bisnis.

Iklan hashtag challenge tidak ditampilkan di halaman feed FYP. Pengguna bisa menemukan iklan ini di halaman Discovery. Biasanya, iklan dengan tantangan hashtag akan ditempatkan di bagian atas halaman. Selain menggandeng kreator, kampanye iklan ini biasanya juga melibatkan kompetisi dan pemberian apresiasi untuk pembuat video terbaik.

Cara Pasang Iklan di TikTok

Kira-kira jenis iklan mana yang ingin kamu gunakan? Sambil menimbang jenis iklan yang paling cocok, pastikan untuk mengikuti panduan cara beriklan di TikTok Ads ini.

1. Buat Akun TikTok Ads

Untuk membuat iklan, pertama-tama kamu harus membuat akun di TikTok for Business. Adapun sebagai berikut langkah-langkahnya:

  • Akses TikTok for Business.
  • Klik tombol Memulai pada halaman utama.
  • Lanjutkan dengan mengisikan alamat email dan kata sandi.
  • Berikutnya, klik link Send Code untuk menerima kode verifikasi via email.
  • Buka email dan masukkan kode yang diterima ke kolom verifikasi.
  • Lalu, berikan checklist pada kotak TikTok Ads terms and conditions dan klik Sign Up.
  • Selanjutnya, lengkapi data-data yang diminta, seperti informasi negara, nama bisnis, zona waktu, mata uang, dan nomor telepon.
  • Berikan checklist pada kotak TikTok Ads Program Terms dan klik Register.
  • Kemudian, kamu akan diminta untuk melengkapi informasi bisnis & billing. Ikuti alurnya dan lanjutkan untuk masuk ke halaman dashboard.

2. Buat Kampanye Baru

Membuat Aggaran Kebutuhan Iklan di TikTok

Pada halaman dashboard, kamu bisa langsung membuat kampanye baru. Caranya dengan memilih menu Campaign > Create. Untuk memulai, kamu akan diminta memilih tujuan pembuatan kampanye: reach, traffic, app installs, video views, atau conversions.

Selain menentukan tujuan kampanye, tentukan juga target audiens dari kampanye yang dibuat. Targeting di TikTok Ads Manager melibatkan penentuan target berdasarkan demografi, minat dan perilaku, serta karakteristik perangkat audiens.

3. Tentukan Anggaran Iklan

Melakukan Kontrol Pengeluaran durasi dan tujuan Beriklan di Tiktok

Menentukan target iklan juga diikuti dengan opsi budgetnya. Di TikTok Ads ada tiga opsi budget yang dapat dipilih, yaitu no limit, lifetime, dan daily. Untuk kampanye iklan dengan budget yang dibatasi, kamu dapat memilih opsi lifetime atau daily, dengan minimal budget sebesar Rp 500.000.

4. Rancang Iklan sesuai Gaya Brand

Mengatur Penempatan Iklan detail dan target pasar

Cara beriklan di TikTok selanjutnya adalah merancang iklan. Siapkan video yang akan digunakan untuk kampanye. TikTok menyediakan tiga opsi untuk mengunggah aset kampanye, yaitu ambil dari perangkat, menggunakan aset media dari iklan sebelumnya, atau buat video di TikTok. Usai mengunggah aset lakukan:

  • Pilih thumbnail yang menarik pengguna. Thumbnail dapat diambil dari 8 gambar pilihan dari video atau membuatnya secara kustom.
  • Berikutnya, masukkan display name, teks, gambar profil, dan link tautan.
  • Tentukan Call To Action (CTA) yang sesuai dengan target konversi. TikTok Ads Manager menyediakan beberapa pilihan CTA yang dapat digunakan.
  • Jika sudah, lakukan preview untuk melihat bagaimana tampilan iklan yang akan dipublikasikan.

5. Ukur dan Optimalkan Kampanye Iklan

Membuat Konten Yang Menarik Untuk Kebutuhan Promosi Bisnis Online di TikTok

Terakhir, ukur dan optimalkan kampanyemu. TikTok Ads menyediakan dukungan alat analitik yang dapat membantu melacak performa kampanye. Alat ini dapat diakses melalui halaman Dashboard dan Campaign.

Halaman dashboard menyediakan data-data hasil pelacakan yang telah disederhanakan. Misalnya seperti jumlah pengeluaran iklan per hari, status kampanye, metrik performa kampanye, dan sebagainya. Sementara, halaman Campaign akan menampilkan detail informasi dari kampanye, ads group, dan lainnya.

Demikian sedikit penjelasan tentang cara beriklan di Tiktok ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantumu untuk menciptakan kampanye iklan yang efektif dan efisien ya.

Tingkatkan performa websitemu dengan dukungan layanan hosting IDwebhost. Pastikan pelanggan mendapatkan kecepatan akses terbaik mulai dari Rp 10 ribuan saja, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022