5 Cara Konsisten Dalam Bekerja

23 Des 2018
5 Cara Konsisten Dalam Bekerja campaign-unlimited

Konsistensi telah lama diagungkan sebagai faktor strategis yang paling penting dalam mencapai sebuah kesuksesan jangka panjang. Apa pun bidangnya, baik itu kesehatan fisik, seni, relasi, bisnis, hingga kesehatan mental dan spiritual, semuanya membutuhkan konsistensi. Masalahnya, meski setiap orang ingin sukses, tidak semua dari kita mampu melakukan secara konsisten dibidangnya. Lalu bagaimana cara konsisten jika bekerja? oke kita lanjut baca di bawah ya.

Baca Juga : Menjual Pemasaran Anda:Cara Efektif Berbagi Pekerjaan Anda

Jaga Konsisten

Anda suka atau tidak, konsistensi merupakan hal terpenting jika ingin merubah hidup anda menjadi lebih baik. Begitu juga jika anda bercita-cita ingin menjadi seorang yang profesional kelas dunia yang dapat diandalkan. Saya sendiri pun tidaklah sempurna, tetapi saya berhasil menerapkan konsistensi di beberapa hal, dan hasilnya benar-benar puas dengan jerih payah kita karna telah konsisten.

Jika anda ingin meningkatkan kualitas hidup anda (di bidang apa pun), berikut ini ada lima kiat yang bisa membantu anda untuk terus hidup optimis dan bekerja secara konsisten. Perhatikan baik-baik pada tips nomor empat karena saya tidak akan pernah lagi mengatakan hal tersebut berulang kali. Sebelumnya kita lihat dulu daftar isi artikel ini ya sobat.

1. Cara Konsisten – Berpegang Teguh Pada Tujuan

konsisten dalam bekerja sampai berhasil
IDwebhost

Agar anda bisa menjadi orang yang konsisten dalam menjalankan sesuatu dalam waktu jangka panjang, anda harus mempunyai visi jelas untuk kedepannya tentang apa yang ingin anda capai dan tahu mengapa anda menginginkannya. Sebagai contoh, anda akan lebih mudah menabung bila tabungan itu akan anda gunakan untuk sesuatu yang penting, misalnya untuk keperluan pembelian rumah atau liburan sekali seumur hidup.

Acara saya sendiri, MarieTV merupakan komitmen yang besar. Kini kami sudah berada di season kelima dan menjalankannya dengan rutin setiap minggu itu bukan hal mudah. Tapi saya telah berkomitmen karena saya punya tujuan yang jelas kedepannya. MarieTV merupakan jiwa dari brand saya, sekaligus cara utama saya untuk menciptakan perubahan lebih baik bagi banyak orang di seluruh dunia. Ini adalah hal yang sangat penting bagi saya dan akan selalu saya jadikan pegangan.

2. Cara Konsisten – Pilih Hal yang Perlu Diperjuangkan

Saya ingin anda memilih satu hal saja dan fokuslah pada hal tersebut. Mengapa? Karena sebagai manusia, kita memiliki kapasitas tekad dan kedisiplinan yang terbatas. Beberapa studi menunjukkan bahwa bila anda berusaha untuk, misalnya, berhenti untuk merokok sambil diet bersamaan, anda justru akan gagal di keduanya.

Pilih satu hal saja, jadikan hal tersebut sebagai kebiasaan baru anda dan perjuangkan sampai berhasil. Bila anda sudah mulai bisa melakukannya dengan konsisten, baru anda bisa menambahkan hal lain.

3. Cara Konsisten – Jadwalkan Prioritasmu

Almarhum Stephen Covey, penulis dari buku terlaris ‘The 7 Habits of Highly Effective People’, mengatakan bahwa inilah rahasia terbesar dari konsistensi. Bila anda ingin melakukan sesuatu secara konsisten, anda harus membangun kebiasaan baru kehidupanmu, bukan menjejalkannya bersama-sama dengan kegiatan lain. Anda perlu menjadwalkan prioritasmu, bukan menyelipkan prioritas ke dalam jadwal kegiatan lain. Memang lumayan sulit tapi kalau sudah terbiasa, maka anda akan terbentuk menjadi orang yang senang akan konsisten.

Belajar dari MarieTV lagi, acara ini dapat berjalan konsisten karena kami menjadwalkannya dan kami menjalankan semua acara sepanjang tahun mengikuti jadwal tersebut. Semua orang yang bekerja di MarieTV memiliki kalender kerja yang sakral, tidak bisa ditawar, dan harus selesai apapun alasannya.

4. Cara Konsisten – Abaikan Perasaan

raih suksesmu dengan belajar konsisten terhadap satu hal
IDwebhost

Untuk mengembangkan konsistensi anda, anda harus bisa mengabaikan kata-kata, seperti “Aduh, saya malas” yang mungkin terlintas di kepalamu. Ketika anda mencoba konsisten dalam hal yang penting, misalnya berkarya seni, meditasi, berolahraga, atau lainnya. Saya jamin anda akan merasakan hal seperti diatas. Saya pun sering mengalaminya!

Kadang ada hari di mana saya merasa malas tidak ingin bekerja, terlepas dari betapa cintanya saya akan pekerjaan ini. Jangankan bekerja, saya merasa tidak ingin melakukan apa pun. Tapi saya terus melatih diri untuk mengabaikan kata-kata yang muncul di kepala saya itu, karena saya sadar akan manfaat dan pentingnya perilaku konsisten.

Bila anda sudah konsisten terhadap suatu hal dalam waktu lama, atau anda merasa bahwa apa pun yang anda lakukan itu sudah waktunya untuk ditinggalkan, anda boleh meninggalkannya. Anda boleh menuruti perasaan, membuka lembaran baru, lalu move on. Tetapi bila anda masih dalam proses mengembangkan konsistensi, dan dalam hati anda tahu bahwa anda harus terus maju, abaikanlah perasaanmu itu.

5. Cara Konsisten – Kejar Ketertinggalan

jika gagal bangkit dan perbaiki sampai sukses
IDwebhost

Jangan merasa bila anda lupa pergi ke gym sekali atau sehari tidak sempat melukis lalu anda mengira bahwa anda gagal total dalam proses konsisten. Tidak sama sekali gagal. Ibarat menunggang kuda, jatuh sesekali itu hal wajar dan tidak mengapa serta kemungkinan besar anda pasti mengalaminya. Semua orang mengalaminya. Tetapi bila anda menghabiskan waktu untuk menyalahkan diri sendiri, kudamu akan pergi jauh dan anda tidak akan bisa menungganginya lagi.

Ketika anda terjatuh, pastikan anda segera bangun dan mengejar “kuda” milikmu. Ingatlah bahwa sukses tidak datang dari apa yang anda lakukan sesekali, tetapi dari apa yang anda lakukan secara rutin, terus memperbaiki diri dan konsisten.

Kesimpulan

Itulah lima resep rahasia supaya anda bisa hidup konsisten dengan lebih baik. Kesimpulannya yaitu ama pertama-tanda harus pilih suatu hal yang anda mau jadikan kebiasaan atau pekerjaan baru anda, lalu anda buat jadwal ketat supaya diri anda terbiasa terhadap pekerjaan baru anda. Kemudian jika anda menemui kesulitan diproses konsisten tersebut, anda harus segera bangkit dan memperbaikinya. dan yang terakhir jika anda sudah konsisten mencapai target dengan pekerjaan baru anda, barulah anda boleh meninggalkannya dan beralih ke pekerjaan atau kebiasaan baru yang lain.

Saya jamin jika anda sudah pernah sekali mencapai target konsisten itu, maka anda akan terbiasa akan melakukan sesuatu satu-persatu dengan konsisten. Dan itu akan merubah drastis kehidupan anda menjadi lebih baik.

Sekarang saatnya anda yang berbagi pengalaman dengan rekan-rekan IDwebhost. Bagaimana cara atau strategi yang telah membuat anda menjadi lebih konsisten? Cara apa yang berhasil dan cara apa yang gagal? Ceritakanlah pengalaman anda dalam kolom komentar di bawah ya!