Cara Kerja Xenforo, Begini Proses Instalasinya
Blog Tips Keren Cara Kerja Xenforo, Begini Proses Instalasinya

Cara Kerja Xenforo, Begini Proses Instalasinya

Cara kerja xenforo sebagai salah satu cms forum terbaik diantara yang lain. Dalam sebuah bisnis, membangun komunitas adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Tujuan dari membangun komunitas adalah agar dapat mempererat hubungan diantara brand dengan customer. Salah satu cara membangun komunitas dengan customer adalah dengan membuat sebuah forum.

Saat ini sudah terdapat Content Management System (CMS) yang digunakan untuk membuat sebuah forum sehingga akan memudahkan Anda dalam mengimplementasikannya.

Cara Kerja Xenforo sebagai CMS Forum Terbaik

Xenforo merupakan salah satu CMS (Content Managemen System) yang digunakan untuk membantu dalam membangun sebuah forum komunitas. CMS forum ini pertama kali dibuat menggunakan Zend Framework dan dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 2011 lalu. Pendiri dari XenForo adalah seorang developer ternama yang bernama vBulletin Kier Darby dan juga Mike Sullivan yang sudah keluar dari vBulletin.

XenForo berbasis PHP yang sudah didesain agar dapat di deploy dari remote web server yang ada. Cara kerja Xenforo memang mirip dengan CMS forum pada umumnya seperti phpBB, vBulletin dan beberapa CMS Forum lainnya. Namun, XenForo ternyata tidak open source seperti kebanyakan CMS lain. Dengan kata lain, XenForo merupakan CMS Forum yang premium. Dan kabarnya, sekarang ini Xenforo menjadi salah satu CMS yang paling dikenal dan juga paling banyak digunakan untuk membangun komunitas.

Fitur Cara Kerja XenForo

Beberapa alasan yang membuat XenForo mejadi populer adalah kepemilikan fitur-fiturnya. Berikut adalah fitur dari XenForo:

  1. Cara Kerja Xenforo Trophies

Salah satu fitur paling utama yang dipunyai oleh XenForo adalah sistem awardnya. Award ini biasanya dikenal dengan istilah trophies dan dapat dikustomisasi dengan menggunakan control panel software. Anda nantinya juga dapat memilih agar dapat membuatnya yang berdasarkan pada jumlah like yang ada di sebuah postingan atau bisa juga memposting beberapa postingan didalam forum.

  1. Alerts

Fitur ini memungkinkan agar user mendapatkan sejumlah notifikasi yang berkaitan dengan sejumlah events. Contohnya adalah ketika ada seseorang yang membalas postingan yang ada di forum.

  1. Cara Kerja Xenforo Add-Ons

Walaupun Xenforo merupakan CMS yang tidak open source, tetapi ada banyak add-ons yang bisa dilakukan oleh customer agar dapat mengkustomisasi instalasinya.

  1. Recent Activity Steam

Salah satu fitur yang ada di XenForo yang dapat digunakan untuk melihat postingan dan juga untuk melihat reply baru dari seorang user adalah recent activity stream. Nantinya, user dapat mengkustomisasi streamnya. Dan untuk developer juga dapat membuat add-ons nya sendiri.

  1. Kustomisasi

User juga dapat mengganti tampilan XenForo dengan menggunakan color picker. Hal ini tentu akan membantu memudahkan bisnis online ketika ingin membuat forum dengan warna yang bisa disesuaikan dengan tema perusahaan. Dan Anda juga dapat menggunakan HTML serta CSS dan juga style property editor yang bisa digunakan untuk mengkustomisasi tampilan forum secara lebih jauh.

  1. SEO

Merupakan salah satu fungsionalitas dari XenForo yang diintegritaskan. Hal ini juga dapat berguna bagi perusahaan yang memakai forum dalam rangka menyediakan support. Customer juga nantinya dapat mencari informasi secara resmi dari suatu perusahaan dengan jalan search engine tanpa adanya suatu masalah.

Sehingga ketika mencari sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan dan ternyata sudah pernah dibahas di forum, maka akan bisa langsung menemukan.

  1. Licensing

Jika Anda sudah membeli basic License XenForo, maka Anda akan mendapatkan sebuah ticket support yang dapat berlaku selama satu tahun lamanya. Selain itu juga disediakan beberapa pilihan untuk upgrade. Termasuk pilihan yang digunakan untuk menghapus branding dari Xenforo, instalasi di server, aplikasi galeri media, resource manager dan juga beberapa fitur search yang jauh lebih canggih.

cara kerja xenforo

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Install XenForo

Sebelum Anda melakukan instalasi XenForo, yang harus dipersiapkan agar cara kerja Xenforo lebih maksimal adalah hosting dan juga lisensi XenForo. Jika Anda memerlukan provider hosting yang murah di Indonesia, bisa langsung menghubungi IDWebHost.

Untuk membeli lisensi Xenforo bisa didapatkan di website resmi XenForo. Jika sudah, Anda langsung bisa login di member area XenForo dan bisa langsung memasukkan detail nama domain yang akan digunakan untuk menginstall forum.

Cara Menginstall XenForo

Ketika sudah memasukkan detail lisensi, pilihlah versi terbaru dari XenForo dan langsung download ke dalam desktop. Biasanya filenya berukuran 20MB sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk mendownload. Tidak hanya itu, Anda juga akan diperlihatkan beberapa pilihan untuk mendownload “upgrade package only”, tetapi Anda jangan untuk mencentang pilihan tersebut.

Jika sudah, segera login ke FTP Account dan kemudian upload file XenForo yang sudah di download ke dalam root domain mana yang akan Anda install forum. Anda tentu saja membutuhkan FileZilla untuk melakukan hal tersebut. Hal tersebut hanya membutuhkan beberapa menit saja. Kemudian Anda akan dapat melanjutkan proses install.

Ketika semua file berhasil diupload, Anda hanya perlu mengganti file permission ke dalam dua direktori. Segera lakukan update permission folder data dan juga internal_data menjadi 0777. Kemudian, buka domain.com/install/ pada browser Anda dan otomatis Anda akan melihat XenForo Installation Wizard.

cara kerja xenforo

Selanjutnya Install Xenforo

Untuk dapat memulai proses instalasi klik “Begin Installation”. Sebelumnya, lakukan login ke dalam cPanel dan buatlah database secara manual.

Klik pada “test and generate configuration” agar dapat melakukan konfigurasi di halaman selanjutnya, kemudian Anda klik “continue with installation”. Pada halaman berikutnya akan memverifikasi semua dan Anda perlu mengklik “begin installation” agar dapat menginstall XenForo Forum. Hal tersebut membutuhkan beberapa menit agar dapat menyelesaikan proses installasinya. Ketika proses instalasi selesai, Anda sudah bisa mengkonfigurasi Xenforo.

Aturlah halaman setup dengan mengklik “create administrator”. Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menambahkan site tittle, melakukan checking pada email admin dan langsung menyelesaikan setup. Kemudian, setelah semuanya selesai, Anda sudah bisa melakukan login ke forum XenForo dan langkah lain setelah proses instalasi agar dapat mengkonfigurasi forum. Untuk mengakses panel admin, Anda dapat masuk dengan cara domain.com/admin.php.

Beberapa langkah diatas akan memakan waktu sekitar 1-2 jam untuk Anda membaca dan juga mempraktekkan semua aturan yang disarankan. Nah, selanjutnya, Anda tinggal menyesuaikan forum yang sudah Anda buat agar dapat disesuaikan dengan tampilan dan juga nuansa bisnis Anda. Ada beberapa template XenForo yang bisa Anda gunakan secara gratis.

cara kerja xenforo

Tetapi, jika Anda ingin menunjukkan tampilan khusus, Anda juga dapat menyewa freelancer untuk mendesain template forum Anda. Ketika semua cara sudah diikuti, forum Anda sudah jadi dan sudah bisa dgunakan. Selanjutnya Anda perlu menerapkan beberapa hal agar dapat memastikan keamanan pada forum yang Anda buat. Tambahkan lebih banyak fitur dan buatlah agar lebih cepat dengan cara menerapkan teknologi cache.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.