Cara Kerja DNS Dan DNSSEC
Blog Tips Keren

Cara Kerja DNS Dan DNSSEC

DNS dan DNSSEC merupakan dua hal yang sangat signifikan ketika anda ingin mendaftarkan nama domain. Anda harus paham terlebih dahulu apa itu DNS server dan kegunaan yang bisa anda terapkan didalamnya. Lalu seperti apa cara mereka bekerja untuk mengamankan suatu nama domain? Dari sini anda akan mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai DNS dan DNSSEC tersebut.

Pengguna internet tentunya sudah tidak asing dengan nama domain ang akan digunakan. Dari sini DNS memiliki kepanjangan sebagai Domain Name System. Di sini mereka memiliki peran krusial untuk menerjemahkan nama domain yang sudah menjadi alamat IP itu sendiri. Apabila alamat IP tempat website tersebut sudah ditemukan, maka pengguna akan bisa mengakses web server tersebut dengan mudah didalamnya. Hal ini akan terlihat dari website itu sendiri sehingga proses transaksi data pun bisa terjadi.

DNSSEC tentu beda dengan DNS. Hal ini terlihat dari fungsi DNS dan DNSSEC itu sendiri. Mengenai DNSSEC itu sendiri memliki peran penting untuk mencegah DNS Spoofing terjadi. Itu adalah sebuah metode hacking yang mana akan menghalangi informasi asli untuk kembali kepada pengakses yang menggunakannya. Perlu diketahui pula alur dari DNS server itu sendiri. Dari sini alur dari DNS server tersebut diterjemahkan oleh DNS, kemudian menjadi sebuah alamat IP Website yang diminta. Pada hasil akhirnya nanti, pengakses akan bisa sukses dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan website yang dicari didalamnya.

 

Cara Kerja DNS Dan DNSSEC
idwebhost.com

Bagaimana Alur DNS Dengan Atau Tanpa DNSSEC?

Tahap selanjutnya adalah mengenai bagaimana alur DNS itu sendiri dengan atau tanpa DNSSEC? Hal ini tentunya amatlah penting dalam rangka menyediakan sebuah informasi yang dibutuhkan didalamnya. Untuk lebih lengkapnya akan bisa anda ketahui di bawah ini:

  • Untuk mereka yang tidak menggunakan DNSSEC maka attacker akan menghalangi dan mengarahkan DNS tersebut ke server palsu yang dibuat mirip persis dengan aslinya. Hal ini tentu saja akan membuat pengakses mendapatkan informasi yang salah dan tidak sesuai dengan yang mereka inginkan.
  • Untuk alur yang menggunakan DNSSEC, maka kode kripto akan melindungi pemilik web dari tangan jahil para attacker yang ingin memberikan informasi salah didalamnya. Jadi attacker pun akan gagal menghalangi pengakses untuk mendapatkan informasi yang salah. Hasilnya, pengguna pun akan tetap dan bisa mendapatkan informasi yang benar dan dibutuhkan didalamnya.

Ketentuan Yang Harus Diketahui Terlebih Dahulu

Ada beberapa ketentuan yang perlu diketahui dalam hal ini mengenai DNS dan DNSSEC tersebut dan seperti apa sistem kerja yang bisa diterapkan didalamnya. Dengan metode dan penerapan yang tepat inilah sudah pasti akan lebih banyak yang bisa didapatkan oleh pengguna didalamnya.

  • Yang pertama, DNSSEC saat ini masih tersedia secara terbatas. Karena itulah DNS dan DNSSEC sangat penting. Dari sini domain yang tersedia untuk fitur DNSSEC tersebut adalah domain yang berlabel .id didalamnya, contohnya antara lain yaitu .web.id, .biz.id, .id, dan lain sebagainya.
  • Selain itu, DNSSEC hanya diperuntukan bagi pengguna server yang sudah memiliki Panel tertentu. Jadi selain cPanel yang biasanya digunakan itu sendiri. Sebagaimana diketahui bahwa dalam DNS dan DNSSEC sangat diperlukan adalah Control Panel yang nantinya memberikan kemudahan dalam hal konfigurasi website itu sendiri.
  • Kemudian, hal lain yang juga tak kalah pentingnya adalah tentang pembuatan Record DNSSEC itu sendiri. Semua dilakukan pada server dimana tempat website tersebut berada.

 

Cara Kerja DNS Dan DNSSEC
idwebhost.com

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Tentu sebelum menerapkan DNS dan DNSSEC tersebut, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan didalamnya. Hal-hal yang diperhatikan tersebut antara lain adalah memastikan bahwa Record yang terdapat pada DNSSEC telah dibuat dengan benar dan sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada OS Server. Jika syarat ini sudah terpenuhi maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi.

Kemudian, yang perlu diperhatikan lainnya adalah DNSSEC ini memerlukan setidaknya update sebanyak 30 hari sekali. Perlu dicatat pula bahwa setiap kali ada penambahan terhadap SubDomain/AddOn dan juga perubahan pada Record, maka DNSSEC tersebut juga harus diupdate kembali supaya perlindungan yang ada didalamnya pun juga turut terupdate didalamnya. Dengan cara demikian, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa didapatkan didalamnya.

Satu hal yang pasti, apabila Record DNSSEC yang dimasukan oleh pemilik tersebut salah, atau pemilik juga lupa mengupdate DNSSECnya maka akses yang didapatkan ke domain pun juga akan bermasalah. Oleh karena itu sudah saatnya bagi anda mengetahui proses dan cara penerapan dari DNS dan DNSSEC tersebut guna mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang anda butuhkan didalamnya.

Manfaat Menggunakan DNS dan DNSSEC

Ada banyak manfaat dari menggunakan DNS dan DNSSEC. Sebagaimana yang dijelaskan di atas bahwa ini ibarat memberikan sebuah lapisan perlindungan terbaik yang dibutuhkan oleh domain itu sendiri. Dengan melapisi DNS tersebut dengan berbagai perlindungan yang ada didalamnya, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa dicapai. Adanya pilihan DNS dengan perlindungan yang mumpuni juga akan mampu memberikan dampak signifikan yang dibutuhkan itu sendiri. Semuanya akan terasa begitu mudah dan tepat didalamnya.

Satu hal yang terpenting dalam DNS dan DNSSEC ini adalah bagaimana penerapan yang akan anda aplikasikan didalamnya. Hal ini juga amat sangat penting ketika ingin menerapkan sesuatu yang sangat penting dan tercapai didalamnya. Ketika anda ingin mendapatkan keamanan yang lebih baik, sudah pasti hal ini begitu penting untuk anda aplikasikan didalamnya. Adanya hasil yang tepat dan terbaik juga akan memberikan dampak tersendiri yang bisa diperoleh dengan mudah dan terbaik.

 

Cara Kerja DNS Dan DNSSEC
idwebhost.com

 

Selain itu, DNS dan DNSSEC juga akan menyediakan lebih banyak lagi kemudahan yang sangat diperlukan dalam rangka menciptakan domain dengan keamanan berlapis yang dibutuhkan didalamnya. Hal ini akan mampu memberikan dampak signifikan yang pasti akan bisa diperoleh dengan mudah dan tepat didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu direpotkan lagi. Pasalnya, semua orang akan bisa mendapatkan kemudahan dengan mudahnya pada sata mereka menggunakan DNS yang tepat dengan mudah didalamnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Kesimpulan

Pemahaman dan peran DNS dan DNSSEC yang sangat istimewa itulah yang pastinya akan memberikan lebih banyak manfaat dan juga keuntungan tersendiri. Semuanya itu akan mampu didapatkan dengan lebih mudah dan lebih baik. Pada akhirnya nanti semua akan bisa memperoleh hasil yang dibutuhkan didalamnya. Kesemuanya itu akan mampu membawa hasil yang lebih tepat dan baik lagi. Intinya adalah keamanan pun juga akan tetap terjaga didalamnya dengan sangat stabil dan signifikan itu sendiri. Pada faktanya nanti, memang ada banyak yang akan bisa anda capai didalamnya. Semuanya itu juga akan membawakan hasil lebih baik dan tepat lagi untuk domain anda. Yang mana akan aman dari berbagai serangan yang dilancarkan oleh attacker.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.