Begini Cara Jualan Online untuk Pemula dan Tips Agar Cepat Laku

6 Nov 2023
Begini Cara Jualan Online untuk Pemula dan Tips Agar Cepat Laku campaign-unlimited

Kemajuan di bidang teknologi membuka peluang usaha yang besar, khususnya untuk usaha jualan online. Cara jualan online juga terbilang mudah untuk pemula. Mulai dari jualan online tanpa modal atau dengan modal, semua serba praktis berkat jualan online bisa dari hp saja.

Kemudahan transaksi online juga menjadi kelebihan lain yang membuat usaha ini lebih diminati. Dengan jualan online, penjual dapat menjangkau banyak pembeli melalui platform online saja. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu keunggulan ini dan cara memulainya.

Jika saat ini kamu juga sedang bingung untuk mulai jualan online, selamat kamu berada di tempat yang tepat! Dalam ulasan ini kamu bisa mempelajari berbagai tipe dan produk jualan online, cara jualan, serta tips untuk pemula agar jualan online cepat laku. Yuk, simak ulasannya!

Tipe Jualan Online dan Ide Produknya

Sebelum mengetahui cara jualan online, kamu perlu mengenal tipe jualan online. Tipe-tipe ini  bisa dikategorikan berdasarkan platform yang digunakan, jenis produk yang dijual, dan masih banyak lainnya. Dalam pembahasan ini tipe yang jualan akan dibahas menurut ada atau tidaknya modal.

1. Jualan Online dengan Modal

Modal usaha

Tipe jualan dengan modal merupakan tipe jualan yang paling banyak ditemukan. Umumnya tipe jualan ini memerlukan stok produk yang tersedia terlebih dahulu sebelum dijual kembali ke pembeli.

Jika akan menjual produk-produk handmade, kamu dapat mengatur jenis produk dan etalase jualanmu sendiri sesuai dengan produk yang dipasarkan. Sementara, untuk produk langsung jual, kamu dapat berjualan dengan sistem jualan reseller.

Produk-produk reseller jualan online ada beragam, seperti produk kebutuhan rumah tangga, peralatan dapur, alat tulis, dan masih banyak lainnya. Untuk produk buatan sendiri atau handmade contohnya seperti buket bunga hias, merchandise, paket hampers, seserahan, dan sebagainya.

2. Jualan Online Tanpa Modal

Tipe usaha online tanpa modal sifatnya lebih fleksibel sebab kamu tidak perlu menyiapkan stok barang terlebih dahulu. Jenis usaha online tanpa modal yang paling banyak ditemukan adalah dropship dan jual jasa. Usaha dropship memungkinkan kamu untuk menjual berbagai produk tanpa perlu menyetok barang.

Untuk menjalankan usaha ini kamu hanya perlu menemukan supplier yang terpercaya dan menjalin hubungan kerja dropship. Kamu dapat memasarkan produk-produk supplier dan jika ada yang membeli, kamu hanya perlu melakukan pemesanan pada supplier. Selanjutnya, pesanan akan dikirimkan ke pembeli atas nama tokomu.

Usaha jualan jasa online juga tidak memerlukan modal. Kamu bisa menawarkan jasamu untuk membuat artikel, menjadi konsultan SEO, atau penerjemah bahasa. Cukup tawarkan layanan jasa beserta detail pekerjaan dan harga. Ingat juga untuk menyertakan contoh hasil pekerjaan agar semakin kredibel.

Cara Jualan Online untuk Pemula

Nah, setelah mengetahui tipe-tipe jualan online di atas, tentu kamu juga perlu mengetahui cara jualan online untuk pemula. Ada beragam cara untuk memulai jualan online. Namun, berikut ini kami rangkumkan cara jualan yang praktis dan mudah bagi pemula. Ikuti langkah-langkahnya, ya!

1. Tentukan Tipe Jualan

Pertama-tama, kamu perlu menentukan jenis jualan online yang tepat. Kamu dapat meluangkan waktu untuk berpikir kira-kira jenis jualan mana yang menarik dan menjadi passion kamu. Berjualan sesuai dengan passion membuatmu cenderung lebih mudah belajar dan mendalami tentang jenis maupun produk jualan online.

Jika kamu tertarik untuk berjualan online tanpa modal, kamu bisa mencoba dropship atau menjual jasa. Apabila kamu masih bingung, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari kedua pilihan tersebut. Untuk jualan jasa, walaupun tidak perlu modal namun kamu perlu memiliki skill. Kira-kira, sudahkah kamu memilikinya?

2. Pilih Produk Jualan

pilih barang jualan

Setelah mempertimbangkan tipe jualan yang sesuai, cara jualan online berikutnya adalah memilih produk jualan. Ada berbagai jenis produk yang dijual secara online dan laris di pasaran. Contohnya saja seperti produk peralatan rumah tangga, makanan, dan parfum.

Agar lebih kredibel dan meyakinkan pembeli, kamu dapat menjual produk dengan kategori yang sama. Contohnya seperti beragam produk stationery atau kerajinan kayu. Selain terlihat lebih terpercaya, dengan niche produk yang terarah, toko online kamu juga bisa tampil lebih ber-value.

3. Atur Alur Pemesanan

Buatlah ilustrasi alur pemesanan di toko online-mu. Kamu dapat membuat ilustrasi alur pemesanan dalam beberapa jenis. Misalnya alur pemesanan di toko e-commerce dan toko website. Tujuan dari pembuatan alur pemesanan ini adalah agar kamu tidak kebingungan saat menerima pesanan atau melakukan pemesanan ke supplier.

4. Buat Toko Online

Berikutnya, cara jualan online agar tokomu dapat dijangkau oleh pembeli adalah mempunyai toko online. Kamu bisa memanfaatkan platform e-commerce atau membuat website toko. Berjualan di toko e-commerce akan memberikan fasilitas berupa berbagai fitur lengkap serta kemudahan akses bagi konsumen.

Akan tetapi ini bukan berarti website toko online kurang baik, ya. Dengan website toko online, kamu justru dapat membangun kredibilitas toko yang baik, lho. Jika tertarik untuk membuat website toko online-mu segera, kamu bisa klik di sini.

5. Tentukan Metode Pembayaran

metode pembayaran

Pembayaran adalah salah satu poin penting dalam berjualan online. Coba bayangkan, saat kamu melakukan pembelian suatu produk namun cara bayarnya rumit, apa yang akan kamu lakukan? Mencari toko lain dengan transaksi pembayaran yang lebih mudah, bukan?

Nah, pastikan toko online-mu memiliki metode pembayaran yang praktis, nyaman, dan aman agar calon pembeli tidak kabur, ya. Jika kamu jualan online di website contohnya, pastikan kamu menyediakan metode pembayaran yang mudah diakses dan aman. Kamu wajib menggunakan layanan SSL untuk keamanan transaksi ini.

Tips Jualan Online Cepat Laku

Kira-kira apakah setelah melakukan cara jualan online di atas, jualan online pasti laku? Belum tentu! Cara jualan yang biasa-biasa saja belum tentu bisa membuat jualanmu laku. Namun, tenang saja, kamu bisa mengaplikasikan beberapa tips berikut agar jualanmu lebih cepat laku.

  • Kenali produk yang dijual. Kamu wajib mengenali produk jualan dengan baik. Tujuannya agar kamu dapat menjelaskan produk ke konsumen dan melakukan pendekatan lebih mudah. Mulai jualan dengan produk viral atau produk yang sesuai passion kamu sama-sama berpotensi laris asalkan kamu mengenalinya dengan baik.
  • Buat toko online di platform yang tepat. Menyesuaikan dengan jenis produk yang dijual, pastikan untuk mengetahui siapa target pasarmu. Kamu bisa menggunakan marketplace, media sosial, atau website pribadi, asalkan dapat menjangkau audiens yang tepat sesuai niche produk dan toko.
  • Manfaatkan media sosial. Meskipun kamu tidak ingin berjualan di media sosial, kamu dapat memanfaatkannya untuk promosi. Media sosial bisa sangat berguna untuk memasarkan produk, terlebih lagi jika kamu dapat mengoptimalkan potensi riset keyword.
  • Jaga komunikasi yang baik. Berjualan artinya harus siap berkomunikasi dengan baik pada pelanggan maupun supplier. Agar tokomu dikenal terpercaya dan semakin laris, kamu perlu menjaga pola komunikasi yang baik. Pastikan untuk mengkomunikasikan jika ada keterlambatan pengiriman atau kesalahan pada pesanan.
  • Terapkan ilmu digital marketing. Jika ingin toko online-mu dibanjiri oleh pembeli, sebaiknya aplikasikan ilmu digital marketing agar tokomu mudah ditemukan. Kamu dapat menggunakan Google Business, menggunakan kata kunci dari Google Trends untuk promosi, atau mendaftarkan website di Google Search Console.

Itulah sedikit ulasan mengenai tipe, cara jualan online, serta tips agar cepat laku untuk pemula. Jualan online tentu saja bukanlah usaha yang terus nyaman dan ramai pembeli. Pastikan kamu terus termotivasi untuk berjualan online agar bisa mencapai omset penjualan impianmu, ya.

Baca artikel lain seputar jualan online dan tips content marketing di blog IDwebhost, gratis. Cek juga berbagai penawaran menarik IDwebhost jika kamu ingin domain murah untuk website toko online-mu. Selamat mencoba cara di atas dan semoga berhasil!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022