Cara Jualan di Facebook Agar Banjir Orderan
Blog Tips Keren Cara Jualan di Facebook Agar Banjir Orderan

Cara Jualan di Facebook Agar Banjir Orderan

Facebook adalah sosial media yang sampai saat ini masih memiliki pengguna aktif bulanan terbayak dan terus tumbuh dari tahun ke tahun. Hal ini menjadikan Facebook tidak sekedar untuk kebutuhan sosial media informasi, namun juga sebagai tempat jualan online. Sudah banyak pelaku usaha yang kebanjiran order dengan menerapkan strategi jualan di Facebook yang tepat. Nah, bagaimana cara jualan di Facebook agar banjir orderan?

Dalam pembahasan kali ini kita akan mengupas apa saja rahasia yang sebaiknya Anda ketahui dalam menjalankan strategi jualan di Facebook. Sehingga Anda bisa mengikuti jejak pelaku usaha online lainnya yang sudah kebanjiran order setiap harinya hanya dengan memanfaatkan berbagai fitur dan cara jualan di Facebook yang tepat.

Bagi Anda pelaku usaha online yang telah memanfaatkan Facebook sebagai salah satu media untuk jualan online, maka Anda bisa memaksimalkan strategi jualan online Anda di Facebook dengan Cara Jualan Di Facebook Banjir Orderan berikut ini;

1. Cara Jualan Di Facebook dengan Foto dan deskripsi Produk yang Jelas

Cara Jualan Di Facebook dengan Foto dan deskripsi Produk yang Jelas

Ketika Anda berjualan melalui platform online, baik itu melalui marketplace, website toko online atau pun memanfaatkan sosial media. Perlu menjadi perhatian adalah foto yang Anda gunakan.

Tidak sedikit pelaku usaha online yang belum memiliki kemampuan dasar dalam mengambil foto produk. Hal ini menjadikan produk yang mereka tawarkan tidak menarik bagi calon pembeli online.

Kemudian terdapat juga penjual online yang justru berlebihan dalam membuat desain foto produk mereka. Sehingga terlalu banyak informasi yang tidak fokus. Alih-alih membuat calon pembeli tertarik, justru malah menjadikan mereka bingung.

Selain perlunya menggunakan foto yang baik dan benar untuk kebutuhan foto produk online Anda. Juga penting bagi Anda memahami cara membuat deskripsi produk yang sesuai produk dan dapat menarik calon pembeli menggunakan produk Anda.

Masih banyak pelaku usaha online yang mencoba cara jualan di Facebook dengan sekedarnya saja. Yaitu mengupload foto dan memberi caption sekedarnya saja. tentu hal ini menjadikan Anda tidak terlihat serius dan profesional.

Jika Anda menggunakan cara jualan di Facebook secara salah, baik itu dalam pemilihan foto dan juga caption atau keterangan produk tentu saja akan sia-saia strategi jualan online Anda. Maka perhatikan baik-baik foto produk dan deskripsi produk jualan online Anda.

2. Cara Jualan Di Facebook Melalui Keberadaan Grup Jual Beli

Sosial media Facebook memang memiliki segudang fitur, salah satunya adalah keberadaan Facebook Grup. Dengan adanya fitur ini yang mana pengguna dapat dnegan bebas membuat grup atau pun mencari grup yang ada dan bergabung menjadi anggota, tentu sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis online yang memanfaatkan Facebook untuk jualan.

Bagaimana cara jualan di Facebook melalui keberadaan grup yang tepat? Pertama cobalah Anda cari grup jual beli yang memang sesuai dengan target market dari produk Anda. Jangan sampai Anda menyebar informasi di grup yang salah, karena akan dianggap penganggu atau spam oleh pengguna lain.

Maka cobalah mencari grup yang memang sesuai dengan produk yang Anda jual. Misalnya Anda menjual Sepatu Pria, maka Anda bisa mencari grup yang sesuai dengan apa yang Anda jual tersebut, misalnya Grup Jual Beli Sepatu Pria 500 Ribuan, Grup Sepatu Pria Resmi, dan lain-lain.

Atau dengan mencari grup yang berhubungan dengan produk Anda, misalnya Grup Pecinta Sepatu Kulit, atau dengan mencari grup jual beli dengan memperhatikan lokasi terdekat dengan Anda, Ketika Anda jualan di Bandung, maka carilah grup jual beli yang ada di kota Bandung.

3. Manfaatkan Fitur Marketplace Facebook secara maksimal

Manfaatkan Fitur Marketplace Facebook secara maksimal

Salah satu fitur khusus untuk pelaku usaha online yang ditawarkan oleh Facebook adalah marketplace Facebook. Cara jualan di Facebook agar banjir order adalah dengan cara memanfaatkan fitur marketplace ini.

Beruntung bagi Anda yang saat ini sudah memiliki Facebook dan tersedia fitur marketplace, karena fitur ini tidak diberikan kepada seluruh akun Facebook. Terdapat kriteria tertentu bagi akun yang bisa menggunakan fitur ini.

Kriteria untuk bisa memanfaatkan fitur marketplace ini salah satunya usia akun, keaktifan akun dalam memposting sesuatu yang berhubungan dengan kata jualan atau sale.

Nah, bagi Anda yang ingin menerapkan cara jualan di Facebook marketplace, cobalah untuk mempelajari fitur secara lengkap. Melalui fitur ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Pastikan Anda menggunakan marketplace jangan sampai Anda menggunakan foto atau deskripsi yang mengandung kata atau kalimat yang melanggar pedoman komunitas, karena hal ini akan menjadikan performa marketplace Facebook Anda menurun di mata algoritma Facebook.

4. Jangan Spam dan Berikan Respons yang baik.

Tidak sedikit pelaku usaha yang hanya mengunggah atau posting jualan secara terus menerus. Bahkan dalam waktu yang sangat singkat sudah memposting banyak sekali penawaran produk. Ini tentu tidak memberikan hasil yang baik, karena bukan cara jualan di Facebook yang tepat.

Hindari memposting jualan secara membabi buta, jangan sampai Anda dianggap spam oleh Facebook. Selain bisa dianggap spam oleh sistem Facebook, cara jualan yang tanpa strategi yang benar ini akan menjadikan calon pelanggan Anda terganggu dengan aktivitas postingan Anda.

Nah, agar Anda tidak menjadi penjual yang terkesan tidak peduli dengan calon pelanggan, karena hanya memikirkan jualan dan jualan melulu. Maka, cobalah cara jualan di Facebook dengan memberi respons yang baik untuk calon pelanggan Anda.

Respons yang baik ini bukan sekedar menjawab pertanyaan mereka, namun juga berinteraksi dengan apa yang mereka posting di Facebook. Sederhananya, cobalah untuk menyukai postingan calon pelanggan, atau memberi komentar yang baik untuk postingan mereka.

5. Maksimalkan Cara Jualan Di Facebook Dengan Website Toko Online

Maksimalkan Cara Jualan Di Facebook Dengan Website Toko Online

Salah satu yang menjadikan keputusan pembelian dalam jual beli online adalah kejelasan dari masing-masing pihak. Kejelasan yang dimaksud adalah, profil dari pada penjual, apakah penjual ini benar-benar profesional, atau hanya sekedar penjual yang menggunakan akun kloningan semata?

Profesionalisme menjadi parameter calon pembeli untuk memutuskan mereka membeli atau tidak produk yang mereka lihat di sosial media Facebook. Terlebih, menggunakan Facebook untuk jualan masih terbatas karena belum adanya fitur atau fasilitas pembayaran.

Maka, Anda memerlukan yang namanya website toko online untuk menjadikan profil bisnis Anda profesional, dan memudahkan Anda untuk mengarahkan calon pembeli menuju katalog produk yang telah Anda buat di toko online Anda.

Adanya webiste toko online menjadikan calon pembeli dapat secara langsung berbelanja produk yang mereka inginkan. Selai itu mereka bisa langsung melakukan pembayaran dari menu pembayaran yang ada di website toko online Anda.

Sehingga menjadi penting bagi Anda dalam menerapkan cara jualan di Facebook agar banjir orderan adalah dengan membuat website Anda sendiri sebagai bagian dari menjalankan strategi pemasaran usaha Anda.

Bagi Anda yang belum  memiliki website jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan layanan jasa pembuatan website yang ada di IDwebhots sesuai dengan kebutuhan website bisnis Anda. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik  seperti hosting murah berkualitas dengan berbagai pilihan paket dan fitur istimewa yang ada.

Langkah pertama bagi Anda untuk memiliki website toko online Anda bisa dimulai dengan mengamankan nama domain bisnis Anda. Di IDwebhost Anda bisa mendapatkan promo domain murah setiap bulannya dengan berbagai ekstensi domain sesuai keinginan Anda.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai cara jualan di Facebook agar  banjir order. Semoga dengan menerapkan cara di atas, akan meningkatkan kualitas toko online Anda di Facebook, dan menjadi referensi strategi jualan online Anda. Semoga bermanfaat. Salam. Ari IDwebhost.