Cara Jitu Berjualan Online Agar Cepat Laku Untuk Pemula
Blog Bisnis Online Cara Jitu Berjualan Online Agar Cepat Laku Untuk Pemula

Cara Jitu Berjualan Online Agar Cepat Laku Untuk Pemula

Saat ini semua serba mudah dan cepat apalagi di era serba digital dan internet seperti saat ini memungkinkan orang mendapatkan kebutuhannya dengan mudah dari ujung kepala hingga kaki. Disisi lain pengaruh adanya teknologi yang terus semakin canggih ini membawa perubahan besar pada sektor bisnis saat ini. Salah satu bisnis yang paling menguntungkan adalah berjualan online, karena memang selain mudah jangkauannya luas bahkan hingga mancanegara. Usaha dengan konsep berjualan online ini pun bisa dilakukan oleh siapapun baik dengan modal kecil maupun modal besar, semua bisa menjalankannya dengan mudah. Jika dibandingkan dengan bisnis offline maka bisnis online lebih menjanjikan.

Namun demikian walaupun terlihat menjanjikan, peluang yang besar, keuntungan yang besar, tidak semua orang memiliki kisah sukses berjualan online ini. Ada sebagian yang berhenti di tengah jalan dan tidak melanjutkan usahanya bahkan ada yang sampai tutup online shop yang dimilikinya. Tapi IDwebhost percaya bahwa kesuksesan adalah hak semua orang yang mau mencoba dan berusaha.

Tips jitu Berjualan Online

Berjualan Online Bagi Pemula Agar Cepat Laku

Apakah Anda tertarik untuk jualan online ini? Jika iya maka jangan dilewatkan pembahasan kali ini. Dari sini sudahkah Anda tahu caranya berjualan online yang baik untuk bisa menarik konsumen atau pelanggan lebih banyak?. Nah berikut cara berjualan online untuk pemula yang bisa Anda gunakan untuk referensi jualan online Anda:

Gunakan Foto Produk Berkualitas

1. Menggunakan Foto Produk yang Berkualitas

Gambar produk biasanya menjadi kesan pertama yang dilihat oleh konsumen, jadi saat konsumen ingin membeli suatu produk pasti mereka akan melihat gambar yang ditampilkan. Sebenarnya sudah ada banyak gambar-gambar produk yang tersedia namun ada baiknya Anda untuk membuat foto sendiri secara real produknya. Foto yang dihasilkan pun harus memiliki resolusi yang baik sehingga konsumen akan lebih mudah mengenali produk yang Anda tawarkan. Selain itu Anda juga perlu mengambil dari sisi angel yang berbeda sehingga produk akan terlihat lebih jelas. Selanjutnya memberikan watermark nama atau logo toko Anda, hal ini bertujuan agar pelanggan lebih mengenal toko Anda.

Ikuti Tren Pasar

2. Selalu Mengikuti Perkembangan Tren Pasar

Saat memulai bisnis online tentunya harus mengetahui trend pasar yang ada. Tren ini terus berubah sesuai dengan kebutuhan konsumen, produk-produk tersebut biasanya sangat diminati oleh berbagai kalangan sehingga jika Anda menjual produk tren ini kan terus memiliki pasar. Nah untuk saat ini tren produk yang baik adalah Masker, Skincare, Matras Olahraga, Perangkat Wearable, Produk Pakaian Sporty dan lain sebagainya. Jika ingin mengetahui trend pasar yang ada Anda bisa menggunakan tool seperti Google Trends, Think with Google, Trend Hunter, dan lain sebagainya. Dari tool tersebut Anda akan mendapatkan informasi tentang produk-produk yang memiliki peminat besar saat ini.

Responsif

3. Responsif terhadap Konsumen / Pelanggan

Responsif kepada konsumen adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan reputasi toko Anda. Untuk yang sederhana saja jika ada pertanyaan dari calon konsumen Anda harus segera menanganinya sehingga konsumen tersebut tidak beralih kepada toko yang lainnya. Untuk lebih lanjut lagi yaitu menanggapi setiap komplain yang ada dengan baik hingga memberikan solusinya. Support kepada pelanggan ini akan memberikan reputasi yang baik pada toko Anda sehingga produk-produk Anda akan berada di posisi teratas pencarian.

Manfaatkan Media Sosial

4. Memanfaatkan Media Sosial yang ada

Kita mengetahui bahwa media sosial adalah media yang memiliki pengguna besar sehingga jika dimanfaatkan dengan baik maka platform ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan Anda. Dengan media sosial juga akan lebih mudah dalam pemasaran produk-produk atau jasa Anda dengan jangkauan yang luas. Untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial ini ada baiknya untuk mencari tahu hashtag populer baik di Twitter dan Instagram untuk produk yang lagi trending.

Jualan Online Toko online

5. Buat Website Toko Online

Selain memanfaatkan media sosial yang ada dan juga marketplace seperti shopee, bukalapak, tokopedia, lazada, blibli, dan lain sebagainya. Maka untuk memaksimalkan penjualan perlu memiliki sebuah website yang bisa saling support antar platform yang digunakan.

Saat ini membuat website toko online sangat mudah yang dibutuhkan adalah domain dan hosting saja. Untuk instalasinya juga mudah Anda tinggal klik dan instal saja website pun sudah jadi. Namun jika masih kesulitan untuk membuat website toko online kami menyarankan untuk menggunakan jasa pembuatan toko online dari IDwebhost juga. Dengan menggunakan jasa website toko online dari IDwebhost ini, kamu juga bisa mendapatkan gratis untuk mencoba websitenya dulu lho.. Ini perlu banget buat kamu yang masih ragu- ragu mau buat website. Yuk, cobain dulu website gratisnya dan manfaatkan fitur- fiturnya!

Jangan Malas Optimasi SEO SEM

6. Selalu melakukan Optimasi

Saat ingin memposting suatu produk atau jasa hal yang perlu dilakukan adalah melakukan riset keyword terlebih dahulu. Dengan melakukan riset keyword ini Anda akan mengetahui volume pencarian yang tinggi dengan persaingan yang rendah. Dengan melakukan riset keyword ini Anda juga akan lebih mudah meningkatkan lalu lintas atau traffic toko online Anda.

Optimasi SEO adalah teknik yang paling efektif untuk mendapatkan peringkat atas hasil pencarian. Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya untuk mengoptimalkan website agar bisa mendapatkan peringkat atas hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat atas akan meningkatkan trafik organik pada website atau toko online Anda. Untuk melihat cara optimasi SEO kunjungi selalu panduan dari IDwebhost

Keuntungan Jualan Online

Keuntungan Berjualan Online

Mempunyai toko online saat ini adalah pilihan yang sangat tepat karena semua sekarang orang lebih senang belanja online dari pada harus pergi ke toko atau pasar umum. Bisnis menjadi mudah dilakukan karena kebanyakan semua orang sudah go online kapanpun dan dimanapun. Bahkan untuk makan saja sekarang sudah tinggal klik order makanan yang dipesan pun sudah sampai di depan rumah. Itulah mengapa saat ini bisnis online akan sangat menjanjikan oleh karena itu memiliki e-commerce atau toko online. Nah berikut keuntungan jika Anda menjalankan jualan online:

  • Hemat Biaya
  • Potential Income
  • Jualan Sampai ke Luar Negeri
  • Mudah Untuk Menampilkan Bestsellers
  • Mudah untuk Menargetkan Pelanggan Kembali
  • Mempermudah Proses dengan Banyaknya Pesanan
  • Mudah Berinteraksi dengan Pelanggan

Tips jitu Berjualan Online

  1. Hal yang perlu diperhatikan saat ingin membuka toko online tentunya mengetahui produk yang ingin dijual untuk itu kenali nilai jual produk yang Anda miliki (Unique Selling Points).
  2. Suatu bisnis tentunya perlu adanya strategi yang baik salah satunya yaitu mengetahui data yang berkaitan dengan bisnis Anda kemudian pelajari dan pahami data.
  3. Menggunakan strategi content marketing yaitu teknik promosi yang berbasis konten. Bukan sembarang konten melainkan konten yang relevan dengan produk, bermanfaat, dan bisa menarik leads audiens dalam jangka panjang.
  4. Menggunakan strategi email marketing untuk bisa menjaring leads lebih banyak. Email marketing ini adalah cara bagaimana caranya menjaga hubungan dengan dengan para pelanggan. Dengan adanya strategi ini Anda bisa memberikan informasi terbaru dan juga promo-promo yang menarik.
  5. Manfaatkan word of mouth marketing ini juga efektif coba kita perhatikan produk xiaomi mereka tidak memasang iklan awalnya hanya mengandalkan review dari penggunanya. Maka dengan word of mouth selain murah namun efeknya yang jangka panjang.
  6. Coba Iklankan menggunakan Google Ads, Facebook Ads, Youtube, dan Instagram. Dengan menggunakan iklan Ads ini Anda bisa menjangkau pelanggan lebih cepat dan luas, untuk biaya juga terbilang lebih murah dari pada iklan konvensional.
  7. Melakukan promo, promo, promo adalah salah satu strategi yang baik untuk meingkatkan penjualan. Siapa yang tidak menginginkan promo jika ada suatu promo pada sebuah produk pastinya kebanyakan orang akan tertarik. Jadi ada baiknya Anda juga menerapkan strategi promosi ini dalam strategi marketing Anda.

Demikian pembahasan kali ini terkait cara berjualan online untuk pemula, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan menambah nilai tambah untuk Anda. Jangan lupa untuk terus mengikuti update-updater terkini dari IDwebhost. Salam sukses dan sampai jumpa.