Cara Jitu Berjualan Online Agar Cepat Laku Untuk Pemula

7 Mar 2022
Cara Jitu Berjualan Online Agar Cepat Laku Untuk Pemula campaign-unlimited

Sejak masa pandemi, kegiatan banyak orang sedikit terhalang. Tetapi, sepertinya kita harus mengucapkan terima kasih kepada era digital ini. Walau kegiatan sosial banyak terhambat, pembelanjaan online atau online shopping masih tetap dapat dilaksanakan.

Mulai dari belanja untuk keperluan setiap hari sampai jajan barang-barang kesenangan setelah memperoleh gaji, semua dapat Anda kerjakan kapanpun dan dimanapun lewat perangkat elektronik Anda.

Oleh sebab itu, tidak heran jika makin banyak bisnis online yang bermunculan. Dengan modal yang lebih sedikit dan jaminan keuntungan yang lebih besar, berjualan online jadi tampak menjanjikan.

Eitsss… tetapi janganlah lekas terbuai dalam kata “untung” tersebut, ya. Yuk, cari tahu cara  jitu berjualan online agar cepat laku dan diburu konsumen!

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Online Digital Paling Menguntungkan yang Perlu Kamu Coba

Tips jitu Berjualan Online

Cara Jitu Berjualan Online Agar Cepat Laku Untuk Pemula

1. Mencari Tahu Kebutuhan Pasar

Sebelum mulai berjualan online, sangat penting untuk tahu apa kebutuhan pasar atau target pasar bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda menjual pakaian wanita yang diperuntukkan untuk konsumen berumur 25-34 tahun yang penghasilannya kira-kira Rp5 juta per bulan.

Lalu, rupanya ada trend baju terkini yang ada di internet. Anda pun mengeluarkan produk yang sedang trend itu dan menjualnya dengan harga jauh lebih mahal dari harga rata-rata produk yang sejauh ini Anda jual.

Kemungkinan, tidak banyak yang akan beli produk dengan bahan premium itu karena belum pasti cocok dengan target pasar Anda. Mereka belum tentu butuh, dan lagi,  harganya lebih mahal dari produk umumnya.

2. Yakinkan Produk Anda Mempunyai Nilai yang Unik

Manfaatkan Media Sosial

Bagi seorang pebisnis, Anda harus memperhatikan kembali konsistensi produk Anda dan lakukan analisa supaya bisa makin tahu apa yang diperlukan pelanggan Anda.

Ini adalah cara berjualan online agar cepat laku yang kedua. Setelah tahu apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, mungkin produk yang Anda pasarkan telah ada  kompetitornya. Lalu, pasti Anda perlu mempunyai nilai unik yang ingin dipasarkan ke pelanggan, kan? Berikut ini beberapa contohnya:

– Jika pelanggan membeli produk skincare sebesar Rp500.000, Anda bisa menggratiskan sheet mask.

– Jual sepatu online gratis semir.

– Jual aksesori ponsel gratis tempered glass.

– Kopi yang Anda sajikan datang dari beberapa petani lokal yang Anda berdayakan agar bisa sama-sama memperoleh penghasilan.

– Menu makanan Anda berbahan dasar tumbuh-tumbuhan yang ditanamkan dan dirawat langsung, karena itu dipastikan fresh dan berkualitas baik.

– Beli makanan senilai minimal Rp 200 ribu, gratis 1 menu khusus untuk driver yang mengantarkan

3. Buat Website Toko Online

Jangan Malas Optimasi SEO SEMSetelah yakin akan keunikan produk, buatlah toko online Anda. Tetapkan platform apa saja yang ingin Anda pakai, lalu gunakan semua fitur yang ada untuk mendongkrak bisnis supaya sukses.

Anda bisa membuat website khusus, website toko online dengan IDwebhost, atau sesimpel berjualan online di sosial media.

Di dalam toko online itu, Anda bisa memasukkan daftar produk lengkap dengan fotonya, deskripsi, harga, bahkan ulasan pelanggan.

Baca Juga: Memilih Web Hosting Toko Online Untuk Memaksimalkan Website Toko Online

4. Buat Deskripsi Produk yang Menarik

Walaupun terlihat mudah, hal ini tidaklah sesederhana itu. Memilih kata-kata untuk membuat produk agar laku terjual harus dipertimbangkan berkali-kali. Beberapa kata yang dapat Anda gunakan untuk membuat bisnis Anda sukses adalah eksklusif, khusus, diskon, gratis, dan ada banyak lagi.

Bila Anda mempunyai modal lebih, merekrut copywriter untuk bisnis Anda bisa jadi sebagai investasi yang bagus. Bagaimana, berminat untuk coba cara berjualan online agar cepat laku yang ini?

5. Aktif di Media Sosial

Bila target pasar Anda individu berusia 18-34 tahun, Anda harus memakai sosial media sebagai media bisnis karena kenyataannya, sekitar 95% pemakai media sosial adalah orang-orang di rentang umur tersebut.

Tingkatkan engagement agar terjalin hubungan yang kuat antara Anda sebagai brand dengan konsumen. Buatlah mereka menjadi pelanggan setia.

Untuk membuat konten yang cocok dengan target pasar, Anda harus melakukan analisa terlebih dulu. Buat tujuan yang ingin dicapai, tentukan proses riset marketing dan metrik yang sesuai, dan lakukan riset kompetitor.

Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa membuat konten yang menarik, menentukan waktu untuk mengunggah konten yang tepat, manfaatkan fitur iklan, dan mengevaluasi strategi marketing sosial media Anda.

6. Buat Promo yang Menarik

Pelanggan mana, sih, yang tidak menyukai promo? Promo dapat membuat bisnis Anda menjadi pusat perhatian konsumen. Tak hanya itu, ada peluang untuk peningkatan omset, sampai mempererat hubungan dengan pelanggan.

Kenyataannya, 91% konsumen mulai mengunjungi usaha baru setelah mengetahui ada promosi yang ditawarkan. Barangkali, Anda juga pernah menjadi salah satu konsumen tersebut?

7. Pahami Data

Cara berjualan online agar cepat laku yang satu ini cukup penting untuk bisnis. Jika berbicara masalah data, walaupun terdengar membosankan, memulai usaha tanpa memikirkan data dapat menyebabkan hasil yang tidak memuaskan.

Dengan persaingan yang ketat dalam bisnis online, Anda harus mempelajari semua data berkaitan dengan bisnis Anda, kompetitor, dan ekonomi secara umum. Pada intinya, membaca data bisa membantu Anda untuk menentukan strategi ke depannya.

Gunakan Foto Produk Berkualitas

Keuntungan Jualan Online

Mempunyai toko online saat ini adalah pilihan yang paling cocok karena semua orang kini lebih suka berbelanja online daripada harus datang ke toko. 

Bisnis menjadi mudah dilakukan karena  semuanya orang telah go online kapanpun dan dimanapun. Bahkan, untuk makan saja sekarang sudah tinggal klik order makanan yang bisa dipesan via ojol dan langsung tiba di depan rumah.

Itulah kenapa sekarang bisnis online sangat menjanjikan. Nah berikut keuntungan yang Anda dapatkan jika menjalankan jualan online:

– Hemat biaya

– Potential income

– Berjualan sampai ke luar negeri

– Peluang untuk jadi bestsellers

– Gampang untuk menarget pelanggan kembali

– Memudahkan proses meskipun ada banyak pesanan

– Mudah berinteraksi dengan pelanggan

Ikuti Tren Pasar

4. Memanfaatkan Media Sosial yang ada

Kita mengetahui bahwa media sosial adalah media yang memiliki pengguna besar sehingga jika dimanfaatkan dengan baik maka platform ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan Anda. Dengan media sosial juga akan lebih mudah dalam pemasaran produk-produk atau jasa Anda dengan jangkauan yang luas. Untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial ini ada baiknya untuk mencari tahu hashtag populer baik di Twitter dan Instagram untuk produk yang lagi trending.

Jualan Online Toko online

6. Selalu melakukan Optimasi

Saat ingin memposting suatu produk atau jasa hal yang perlu dilakukan adalah melakukan riset keyword terlebih dahulu. Dengan melakukan riset keyword ini Anda akan mengetahui volume pencarian yang tinggi dengan persaingan yang rendah. Dengan melakukan riset keyword ini Anda juga akan lebih mudah meningkatkan lalu lintas atau traffic toko online Anda.

Responsif

Optimasi SEO adalah teknik yang paling efektif untuk mendapatkan peringkat atas hasil pencarian. Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya untuk mengoptimalkan website agar bisa mendapatkan peringkat atas hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat atas akan meningkatkan trafik organik pada website atau toko online Anda. Untuk melihat cara optimasi SEO kunjungi selalu panduan dari IDwebhost

Keuntungan Jualan Online

IDwebhost adalah salah satu penyedia web hosting murah dan terbaik di Indonesia yang telah berpengalaman sejak tahun 2004. Dengan lebih 100 ribu pelanggan telah puas menggunakan layanan Hosting IDwebhost.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti update-updater terkini dari IDwebhost. Salam sukses dan sampai jumpa. Ayo gunakan layanan IDwebhost agar websitemu makin jos! Web hosting, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013