Cara Install WordPress di Xampp Untuk Jaringan Lokal

11 Sep 2018
Cara Install WordPress di Xampp Untuk Jaringan Lokal campaign-unlimited

Apakah Anda ingin mengetahui cara install WordPress di Xampp secara lokal? Menginstall WordPress di komputer membantu Anda dalam memaksimalkan WordPress, menguji tema/plugin, dan mempelajari pengembangan WordPress. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara membuat situs WordPress lokal menggunakan XAMPP.

Apa itu XAMPP?

Untuk membuat situs WordPress lokal, Anda perlu menyiapkan perangkat lunak server web (Apache), PHP, dan MySQL di komputer Anda. PHP adalah bahasa pemrograman dan MySQL adalah perangkat lunak manajemen basis data. Keduanya diminta untuk menjalankan WordPress. Menginstall masing-masing perangkat lunak ini secara terpisah cukup sulit untuk pemula. Di sinilah XAMPP masuk. XAMPP memudahkan Anda untuk membuat situs web WordPress secara lokal. Ini tersedia untuk komputer berbasis Windows, Mac, dan Linux.

Mengapa Membuat Situs WordPress Lokal?

Membuat situs WordPress lokal adalah praktik umum di kalangan pengembang dan pemilik situs. Ini memungkinkan Anda menguji WordPress tanpa membuat situs web yang sebenarnya di internet. Situs web lokal hanya dapat dilihat oleh Anda di komputer Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencoba berbagai tema dan plugin WordPress, menguji fitur mereka, dan mempelajari dasar-dasar WordPress. Jika Anda sudah memiliki situs web WordPress, maka Anda dapat membuat salinan lokal situs web Anda di komputer untuk mencoba pembaruan plugin baru sebelum menerapkannya di situs web secara langsung. Penting untuk diingat bahwa situs web lokal hanya akan terlihat oleh Anda di komputer Anda. Jika ingin membangun situs WordPress langsung, maka Anda akan membutuhkan nama domain dan hosting WordPress. Ikuti petunjuk langkah demi langkah dalam menginstall WordPress secara lokal di Windows, Mac, atau Linux menggunakan XAMPP.

Cara Install WordPress di XAMPP Dengan Komputer Anda

Pertama, Anda perlu mengunjungi situs web XAMPP dan klik tombol unduh untuk sistem operasi Anda.

Tampilan Website Xampp Untuk Cara Install WordPress di Xampp
Tampilan Website Xampp Untuk Cara Install WordPress di Xampp

Tergantung pada sistem operasi Anda, wizard instalasi dan antarmuka aplikasi mungkin berbeda dari tangkapan layar di sini. Dalam artikel ini, saya menunjukannya dengan menggunakan sistem operasi Windows.

Tampilan Wizard Xampp di Windows 10
Tampilan Wizard Xampp di Windows 10

Setelah mengunduh XAMPP, Anda harus mengklik dan menjalankan penginstall. XAMPP akan menanyakan di mana Anda ingin menginstall perangkat lunak tersebut dan paket mana yang ingin Anda install. Pengaturan default akan berfungsi untuk sebagian besar pengguna. Kemudian klik pada tombol ‘Next’ untuk menyelesaikan wizard pengaturan. Setelah menyelesaikan wizard, periksa opsi ‘start control panel now’ dan kemudian klik tombol finish. Ini akan meluncurkan panel kontrol XAMPP. Lanjutkan dan klik pada tombol mulai di sebelah Apache dan MySQL.

Tampilan Xampp Setelah Berhasil Diinstall
Tampilan Xampp Setelah Berhasil Diinstall

XAMPP sekarang akan memulai Apache dan MySQL. Anda akan melihat pemberitahuan Windows Firewall, penting bahwa Anda mengklik tombol ‘Allow Access’ untuk kedua aplikasi ini agar dapat dijalankan di komputer Anda. Setelah kedua aplikasi dimulai, pada bagian nama akan diwarnai dengan warna hijau. Anda telah berhasil menginstall XAMPP di komputer Anda. Sekarang Anda siap untuk membuat situs web lokal dan menginstall WordPress menggunakan XAMPP.

Membuat Situs WordPress Lokal dengan XAMPP

Pertama, Anda perlu mengunduh WordPress. Kunjungi situs WordPress.org dan klik tombol ‘Download WordPress’. Saat ini versi WordPress terbaru adalah 4.9.8. Setelah mengunduh WordPress, Anda perlu mengekstrak file zip, dan Anda akan melihat folder bernama “WordPress”. Anda perlu menyalin folder ini.

Menyalin Folder WordPress Untuk Cara Install WordPress di Xampp
Menyalin Folder WordPress Untuk Cara Install WordPress di Xampp

Selanjutnya, menuju ke folder instalasi XAMPP Anda.

Pada tampilan Windows tersebut adalah folder C: / Program Files / XAMPP / htdocs atau C: \ Xampp \ htdocs.

Di Mac, tampilan itu akan menjadi folder / Applications / XAMPP / htdocs.

Tempel folder wordpress yang Anda salin sebelumnya di dalam htdocs.

Menyalin Folder WordPress ke htdocs
Menyalin Folder WordPress ke htdocs
Saya merekomendasikan mengganti nama folder wordpress ke situs web1. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi situs lokal dengan mudah. Selanjutnya, Anda perlu membuka peramban web favorit dan mengunjungi localhost / situs web1. Anda akan melihat halaman seperti ini:
Tampilan Konfigurasi WordPress
Tampilan Konfigurasi WordPress
Halaman ini akan memberitahu Anda bahwa WordPress membutuhkan nama database, nama pengguna basis data, kata sandi, dan informasi host. Mari buat database untuk situs WordPress Anda. Anda harus membuka tab browser baru dan mengunjungi localhost / phpmyadmin /. Ini akan meluncurkan aplikasi phpMyAdmin yang sudah diinstal sebelumnya dengan XAMPP. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola database Anda dengan mudah menggunakan antarmuka yang lebih sederhana. Anda harus mengklik pada Database, berikan nama untuk database baru Anda, dan kemudian klik tombol “create” untuk melanjutkan.
Membuat Database di Xampp
Membuat Database di Xampp

Sekarang Anda telah membuat database, Anda dapat menggunakannya untuk situs WordPress Anda.

Beralih kembali ke / localhost / situs web1 / tab browser dan klik tombol ‘Lets Go’.

Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memberikan informasi basis data WordPress Anda. Masukkan nama database yang Anda buat sebelumnya. Nama pengguna Anda adalah ‘root’ dan Anda harus membiarkan kolom kata sandi kosong. Untuk bidang host basis data, Anda harus menggunakan localhost.

Lihat gambar di bawah ini:

Mengisi Form Untuk Data Database
Mengisi Form Untuk Data Database
Setelah selesai, klik tombol ‘Submit’ untuk melanjutkan. Jika Anda menggunakan Windows atau Linux, WordPress sekarang akan menyimpan pengaturan ini di file konfigurasi WordPress Anda yang disebut file wp-config.php. Namun, jika Anda menggunakan Mac, maka Xampp akan menunjukkan isi dari file tersebut dan akan meminta Anda untuk membuatnya. Anda harus membuat file ini di folder root situs web Anda. Setelah membuat file, tempel teks yang Anda salin sebelumnya di dalamnya. Selanjutnya, Anda perlu menyimpan file dan kembali ke installer WordPress untuk melanjutkan.

Pada langkah berikutnya, WordPress akan meminta Anda untuk memberikan informasi tentang situs web Anda. Pertama, masukkan judul yang ingin Anda gunakan untuk situs ini. Setelah itu Anda perlu memasukkan nama pengguna, kata sandi, dan alamat email untuk akun admin Anda.
Pendaftaran Admin Untuk Menginstall WordPress di XAMPP
Pendaftaran Admin Untuk Menginstall WordPress di XAMPP
Setelah Anda mengisi semua informasi, klik tombol ‘Install WordPress’ untuk melanjutkan. WordPress sekarang akan menjalankan instalasi dan meminta Anda untuk masuk setelah selesai. Anda dapat login ke situs web Anda dengan membuka halaman / localhost / website1 / wp-admin dan menggunakan nama pengguna / kata sandi yang Anda masukkan saat instalasi untuk masuk.

Hal-Hal yang Harus Dicoba Setelah Membuat Situs WordPress Lokal

Sekarang Anda telah membuat situs WordPress lokal Anda menggunakan XAMPP, Anda dapat mengerjakannya seperti yang akan Anda lakukan di situs WordPress langsung. Buka “Appereance” pada Dashboard untuk menyesuaikan tampilan situs Anda atau memasang tema WordPress baru.

Hal berikutnya yang ingin Anda coba mungkin adalah menginstall plugin WordPress. Plugin seperti aplikasi untuk situs WordPress Anda dan memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur-fitur keren seperti formulir kontak, galeri foto, toko eCommerce, dll. Saya harap artikel ini dapat membantu Sahabat IDwebhost untuk mengetahui cara install WordPress di XAMPP secara lokal.
Penulis
Member since 2 Jul 2013