Cara Install vestaCP Di Ubuntu, CentOS, dan WordPress
Blog Tips Keren Cara Install vestaCP Di Ubuntu, CentOS, dan WordPress

Cara Install vestaCP Di Ubuntu, CentOS, dan WordPress

Cara install vestaCP akan memberikan ulasan kepada anda mengenai cara kerja dari salah satu control panel yang terkenal di seluruh dunia ini. Kini anda akan bisa mendapatkan informasi mengenai cara install vestaCP dengan menggunakan Ubuntu dan Cent OS yang tersedia didalamnya. Lalu sebagai informasi tambahan anda juga akan bisa memperoleh informasi mengenai cara melakukan instalasi WordPress pada VestaCP itu sendiri. Di sinilah semua itu akan bisa anda dapatkan dengan mudah dan signifikan itu sendiri.

VestaCP: Control Panel Yang Populer Untuk VPS

Kenapa kita harus tahu cara install vestaCP juga tak lepas dari manfaat dari Vesta itu sendiri sebagai salah satu Control Panel gratis yang kaya manfaat ada didalamnya. Dimana anda akan bisa mendapatkan semua manfaat dari Open Source yang akan menyediakan fungsi untuk email, website, database dan juga DNS yang ada didalamnya. Apabila anda tertarik untuk menggunakan vestaCP tersebut maka ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah hal-hal yang harus anda sediakan ketika menerapkan cara install vestaCP untuk Ubuntu 16.04.

 

Cara Install vestaCP Di Ubuntu, CentOS, dan WordPress
idwebhost.com

Cara Install vestaCP Untuk Ubuntu 16.04

Beberapa hal yang harus anda sediakan dalam cara install vestaCP adalah beberapa hal seperti server Ubuntu 16.04 maupun CentOS 7 yang akan bisa anda sediakan didalamnya. Kemudian, nama domain yang menuju ke server anda tersebut. Kemudian, anda sebaiknya juga menyediakan 2 buah A Records untuk ns1.example dan juga ns2.example yang nantinya akan menuju ke server yang anda miliki tersebut.

Untuk bisa melakukan cara install vestaCP ini, anda juga sebaiknya memastikan bahwa semua paket OS yang tersedia sudah terupdate didalamnya. Dari sini anda bisa memasukan sejumlah command yang spesifik seperti sudo apt-get update dan juga sudo apt-get upgrade. Anda bisa menerapkan proses instalasi yang mudah dan cepat didalamnya caranya dengan melakukan login ke server terkait yang ada didalamnya dengan menggunakan SSH terlebih dahulu. Kenapa? Karena nantinya cara install vestaCP ini akan lebih menekankan pada pembuatan akun user individual yang bisa anda terapkan didalamnya. Jika semua sudah anda terapkan, sudah pasti hasilnya akan bisa anda temukan nantinya dengan mudah didalamnya.

Untuk bisa mengaplikasikan cara install vestaCP tersebut, anda bisa mencoba masuk ke setting instalasi Advanced yang tersedia dalam website resmi yang ada didalamnya. Tinggal memasukan command untuk menginstal Nginx, PhP-FPM, proftpd, exim, dovecot, dan lain sebagainya yang akan bisaa anda terapkan itu sendiri. Jika semua proses instalasi sudah selesai, maka akan muncul sebuah pesan sebagai berikut: Vesta Control Panel.

Baca Juga: Cara Jitu Memakai LinkedIn Untuk Mengembangkan Usaha Startup

Vesta Control Panel

Following software will be installed on your system:

– Nginx Web Server

– PHP-FPM Application Server

– Bind DNS Server

– Exim mail server + Antispam

– Dovecot POP3/IMAP Server

– MySQL Database Server

– ProFTPD FTP Server

– Iptables Firewall

Would you like to continue [y/n]:

Itulah bagian dari cara install vestaCP yang perlu anda perhatikan, dimana untuk melanjutkan sebagaimana perintah di atas, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mengeklik opsi “y” yang terdapat didalamnya. Jika sudah selesai maka anda akan dipandu untuk memasukan hostname dan juga email anda. Kemudian, anda akan bisa melanjutkan setup tersebut yang bisa ditunggu selama beberapa menit supaya membiarkan OS anda melakukan tugas instalasi didalamnya hingga selesai.

Cara Install VestaCP Untuk CentOS 7

 

Cara Install vestaCP Di Ubuntu, CentOS, dan WordPress
idwebhost.com

Yang berikutnya dalam cara install vestaCP ini adalah bagaimana anda nantinya akan menginstal Control Panel yang satu ini pada CentOS 7 yang tersedia didalamnya. Dengan menerapkan semuanya dengan mudah, maka anda pun akan bisa melakukannya dengan baik. Pertama dalam cara install vestaCP yang dibutuhkan adalah mendownload skrip instalasi cara install vestaCP terlebih dahulu dengan command sebagai berikut:

curl -O http://vestacp.com/pub/vst-install.sh

Jika anda sudah memiliki script tersebut maka anda tinggal langsung saja melakukan instalasinya. Anda juga bisa menerapkan command yang tertera di bawah ini agar nantinya bisa menjadikan script yang tersedia didalamnya mampu untuk executeable:

chmod +x vst-install.sh

bash vst-install.sh

Kemudian tinggal menunggu saja proses instalasi tersebut. Tentu saja ini juga bergantung pada koneksi internet yang anda miliki. Jika sudah selesai, maka nantinya akan muncul notifikasi sebagai berikut:

Congratulations, you have just successfully installed Vesta Control Panel

https://your_ip:8083

username: admin

password: N6S7xsdw(9

We hope that you enjoy your installation of Vesta. Please feel free to contact us anytime if you have any questions.

Thank you.

Sincerely yours

vestacp.com team

Mudah bukan cara install vestaCP di CentOS? Kini anda bisa menerapkan langkah lanjutan yang bisa anda aplikasikan didalamnya. Dengan kemudahan yang akan bisa anda dapatkan didalamnya, sudah pasti anda akan mampu mendapatkan semuanya dengan lebih mudah dan spesifik itu sendiri. Jadi tidak ada yang perlu anda pusingkan lagi pada saat memanfaatkan cara install vestaCP yang satu ini. Karena pada dasarnya anda nanti akan bisa memaksimalkan penggunaanya dengan mudah dan tepat didalamnya.

Cara Install WordPress Dengan Bantuan VestaCP

 

Cara Install vestaCP Di Ubuntu, CentOS, dan WordPress
idwebhost.com

 

Kini anda bisa masuk ke tahap lebih lanjut dalam cara instal vestaCP ini, yakni dimana anda akan menggunakan sebuah CMS yang pastinya tidak asing lagi di telinga anda, yakni CMS WordPress. Dimana pada CMS yang satu ini, anda akan mampu melihat semua keuntungan yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Ditambah lagi ini juga dikenal sebagai CMS yang paling powerful yang ada di jagat raya. Karena itu tidak heran jika penggunanya memang ada sangat banyak lagi didalamnya.

Sejumlah langkah dalam cara instal vestaCP WordPress yang bisa anda terapkan adalah membuat akun FTP terlebih dahulu. Jika sudah ini bisa anda ikuti dengan membuat database dan User yang anda inginkan. Kemudian, untuk tahap lebih lanjut anda bisa melakukan download dan instalasi terhadap FileZilla itu sendiri. Di sini anda bisa melakukan download terhadap WordPress itu sendiri yang mana akan memudahkan anda mendapatkan semuanya dengan baik. Jika sudah melakukan download, anda bisa mulai menghubungkan dan melakukan upload terhadap file yang ada didalamnya.

Lalu masuk dalam proses installasi WordPress itu sendiri. Di sini anda tinggal melakukan Run The Install kemudian WordPress akan sudah berhasil di install. Sebuah cara instal vestaCP WordPress yang tentunya sangat mudah dan signifikan anda dapatkan, bukan? Artinya, kini anda akan mampu memanfaatkan semua yang anda butuhkan didalamnya dengan mudah dan tepat. Ada banyak Control Panel yang bisa anda pilih dan maksimalkan untuk bisa menciptakan sebuah situs yang terbaik dan signifikan didalamnya. Di sinilah anda akan bisa mendapatkan banyak sekali manfaat yang akan bisa anda capai didalamnya dengan mudah dan tepat itu sendiri. Pada dasarnya, semua akan bisa anda terapkan dengan mudah.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.