Cara Install GoLang di VPS Ubuntu 20

Cara Install GoLang di VPS Ubuntu 20

Kehadiran Go, atau Go Language (GoLang) semakin disadari oleh para developer. Maka tak heran jika kini semakin banyak orang yang mempelajari GoLang. Terutama tentang cara install GoLang di VPS Ubuntu 20.04.  

Bahasa pemrograman garapan para teknisi Google ini dinilai memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lainnya. 

Apakah kamu pernah mendengar nama GoLang sebelumnya? Kalau kamu mulai bosan dengan bahasa pemrograman yang ada saat ini, GoLang adalah bahasa pemrograman yang bisa kamu coba.

Untuk itu, pada artikel kali ini, akan dijelaskan tentang apa itu GoLang, kelebihan apa saja yang dimilikinya, dan bagaimana cara install GoLang di VPS hosting. Sahabat IDwebhost, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu GoLang? 

Apa Itu Golang

Sebelum mulai membahas tentang cara install GoLang, ada baiknya kamu mengenal gambaran umum tentang apa itu GoLang. Go, atau GoLang adalah bahasa pemrograman open source yang ditulis secara statis dan menghasilkan mesin kode biner yang dikompilasi.

GoLang sendiri disusun dan ditulis menggunakan bahasa pemrograman C. Jadi tak heran, ketika banyak yang menyebut GoLang adalah bahasa pemrograman C dari abad 21.

GoLang sendiri menyediakan tools yang memungkinkanmu untuk menggunakan memori dengan aman, mengelola objek, mengumpulkan sampah, dan menyediakan pengetikan statis ketika diakses secara bersamaan.

Satu hal yang harus diketahui adalah, setiap bahasa pemrograman memiliki keunggulan dan fungsinya masing-masing. Mulai dari yang terkenal mengandalkan kesederhanaan, interaktif, menonjolkan kecepatan, sampai yang memprioritaskan skala. 

Misalnya, kamu bisa mengambil contoh pada bahasa pemrograman Python yang banyak digunakan karena faktor kesederhanaan yang dimilikinya. Atau, bahasa pemrograman C dan C++ yang populer berkat keunggulan pada aspek kecepatan, skala, dan keandalan.

Ada juga bahasa pemrograman Java yang dianggap mudah dipahami dan cukup scalable. Sehingga banyak disarankan sebagai bahasa pemrograman yang dipelajari para pemula. 

Hanya saja, seringkali para software developer  membutuhkan bahasa pemrograman yang dapat diandalkan dan unggul di segala aspek tersebut. Dan seakan menjawab tantangan tersebut, Ken Thompson bersama dua orang rekannya di Google, Robert Griesemer dan Rob Pike merilis bahasa pemrograman Go atau GoLang pada tahun 2009. 

Menurut si empunya bahasa pemrograman, GoLang dianggap memiliki keunggulan pada hampir semua aspek yang diinginkan para programmer pada sebuah bahasa pemrograman. Yaitu kecepatan, keandalan, dan kesederhanaan. 

Kelebihan GoLang

Bukan tanpa alasan jika GoLang kemudian banyak dipilih untuk mengembangkan web app. Bahasa pemrograman yang satu ini memiliki beberapa kelebihan yang disukai oleh penggunanya. Berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman GoLang: 

  • Dapat meningkatkan performa dan menarik lebih banyak pengunjung aplikasi
  • Efisiensi dalam membuat aplikasi 
  • Meminimalkan risiko crash pada aplikasi
  • Memberi tahu jika terjadi kesalahan pengetikan selama proses kompilasi
  • Mudah dipelajari dan dibaca
  • Memiliki garbage collector
  • Tersedia secara open source

Cara Install GoLang di VPS Ubuntu

Install Golang

Pada bagian sebelumnya artikel ini, kamu telah mengetahui apa itu GoLang berikut dengan kelebihan yang dimilikinya. Sekarang saatnya untuk menginstal GoLang di VPS Ubuntu 20. 

Kenapa harus di VPS Ubuntu?

Karena GoLang adalah bahasa pemrograman yang membutuhkan compiler untuk mengubah source code menjadi binary dan hanya bisa berjalan menggunakan akses root, GoLang lebih banyak digunakan di hosting VPS. Hanya saja, GoLang juga bisa digunakan di shared hosting.

Berikut ini adalah cara instal GoLang di hosting VPS Ubuntu: 

Langkah 1 : Login ke SSH Root Server VPS

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke SSH root server VPS. Setelah itu, silakan masuk ke folder root menggunanakan commands/perintah 

“cd~”

Langkah 2: Download GoLang Versi Terbaru

Setelah itu, silakan download GoLang versi terbaru dengan memasukkan perintah berikut:

“ curl -OL https://go.dev/dl/go1.18.linux-amd64.tar.gz “

Contohnya seperti gambar di bawah ini:

cara install golang

Untuk melakukan verifakasi pada file yang telah diunduh, Anda bisa menjalankan perintah “ sha256sum go1.18.linux-amd64.tar.gz “

Cocokkan dengan SHA256 Checksum di halaman download GoLang. Pastikan sudah sesuai.

Cara Install Go

 

Langkah 3 : Ekstrak File GoLang

Setelah berhasil berhasil mendownload GoLang versi terbaru, langkah selanjutnya adalah mengekstrak file tersebut di directory/usr/local. Caranya dengan menggunakan perintah: 

“ sudo tar -C /usr/local -xvf go1.18.linux-amd64.tar.gz “

Baca Juga: Tips SEO: Strategi Konten Visual Marketing 2021

Langkah 4: Atur Variabel Path

Variabel Path berguna, agar Go dapat dipanggil menggunakan perintah Go saja di terminal. Caranya, edit di bagian .profile dan tambahkan variabel berikut ini

“ vi ~/.profile “

 

export GOPATH=$HOME/go

export PATH=$PATH:/usr/local/go/bin:$GOPATH/bin

cara install golang

Jangan lupa simpan dan refresh profil tersebut menggunakan perintah berikut ini:

“source ~/.profile”

Langkah 5 : Coba Menjalankan Perintah Go

Setelah semuanya tersimpan, untuk mengetahui hasilnya, Anda bisa menjalankan perintah “Go”. 

“Go version”

cara install golang

Jika sudah sesuai, akan tampil GoLang version yang tadi sudah didownload.

Tes GoLang

Setelah berhasil menginstal GoLang, tidak ada salahnya untuk mencoba, apakah bahasa pemrograman ini dapat berjalan baik atau tidak. Caranya, buat sebuah file dan masukkan kode berikut:

“ vi coba.go “

 

package main

 

import “fmt”

 

func main() {

fmt.Printf(“Kata – Kata mu”)

}

Lalu simpan.

Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

cara install golang

Setelah itu, compile menggunakan perintah

“ go build “

Jika berhasil, akan muncul file dengan nama Coba.

Jalankan ./coba untuk memastikan apakah kode sudah berjalan dengan baik.

Cara Install Go

Cara Install GoLang Mudah

Sekilas, cara instal GoLang di atas tampak rumit bagi sebagian orang. Nah, IDwebhost menyediakan virtual machine image VPS khusus untuk GoLang. Jadi, saat ingin menginstall GoLang, kamu cukup melakukan Rebuild VPS via member area IDwebhost. Pilih VM Image Ubuntu 20.04 LTS With GO.

Cara rebuild VPS IDwebhost juga sangat mudah. Ini dia caranya:

  • Login member area IDwebhost

Pertama, silakan login terlebih dulu ke akun member area IDwebhost kamu ke https://member.idwebhost.com/

  • Memilih layanan

Klik layanan IDwebhost yang sedang kamu gunakan. Misalnya, klik Status VPS.

  • Masuk ke menu rebuild

Klik menu rebuild di halaman Status VPS.

  • Memilih sistem operasi

Di halaman Rebuild, kamu akan diarahkan untuk masuk ke rincian layanan dan memilih sistem operasi yang diinginkan. Karena tutorial ini menggunakan Ubuntu, kamu bisa pilih sistem operasi Ubuntu.

Untuk versi lengkapnya, kamu bisa membaca lebih lanjut di artikel cara rebuild VPS IDwebhost.

cek domain

 

Penutup

Sebagai salah satu bahasa pemrograman yang sedang naik daun, lewat GoLang, Google coba menawarkan bahasa pemrograman yang cepat dan dapat diandalkan. Semoga dengan artikel ini, kamu jadi tahu, bagaimana cara install Golang di hosting VPS Ubuntu.

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019