Cara Install GoLang di Hosting yang Aman dan Benar
Blog Tips Keren Cara Install GoLang di Hosting yang Aman dan Benar

Cara Install GoLang di Hosting yang Aman dan Benar

Kehadiran Go, atau Go Language (Golang) semakin disadari oleh para developer. Maka tak heran jika kini semakin banyak orang yang mempelajari Golang. 

Bahasa pemrograman garapan para teknisi Google ini dinilai memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lainnya. 

Apakah kamu pernah mendengar nama Golang sebelumnya? Kalau kamu mulai bosan dengan bahasa pemrograman yang ada saat ini, Golang adalah bahasa pemrograman yang bisa kamu coba. Untuk itu, pada artikel kali ini, akan dijelaskan tentang apa itu Golang, kelebihan apa saja yang dimilikinya, dan bagaimana cara install golang di hosting. Sahabat IDwebhost, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Golang? 

Sebelum mulai membahas tentang cara install Golang di hosting, ada baiknya kamu mengenal gambaran umum tentang apa itu Golang. Go, atau Golang adalah bahasa pemrograman open source yang ditulis secara statis dan menghasilkan mesin kode biner yang dikompilasi. Golang sendiri dihimpun dan ditulis menggunakan bahasa pemrograman C. Maka tak heran ketika banyak yang menyebut Golang adalah bahasa pemrograman C dari abad 21. Golang sendiri menyediakan tools yang memungkinkanmu untuk menggunakan memori dengan aman, mengelola objek, mengumpulkan sampah, dan menyediakan pengetikan statis ketika diakses secara bersamaan.

Satu hal yang harus diketahui adalah, setiap bahasa pemrograman memiliki keunggulan dan fungsinya masing-masing. Mulai dari yang terkenal mengandalkan kesederhanaan, interaktif, menonjolkan kecepatan, sampai yang memprioritaskan skala. 

Misalnya, kamu bisa mengambil contoh pada bahasa pemrograman Python yang banyak digunakan karena faktor kesederhanaan yang dimilikinya. Atau, bahasa pemrograman C dan C++ yang populer berkat keunggulan pada aspek kecepatan, skala, dan keandalan. Ada juga bahasa pemrograman Java yang dianggap mudah dipahami dan cukup scalable sehingga banyak disarankan sebagai bahasa pemrograman yang dipelajari para pemula. 

Hanya saja, seringkali para software developer  membutuhkan bahasa pemrograman yang dapat diandalkan dan unggul di segala aspek tersebut. Dan seakan menjawab tantangan tersebut, Ken Thompson bersama dua orang rekannya di Google,  Robert Griesemer dan Rob Pike merilis bahasa pemrograman Go atau Golang pada tahun 2009. 

Menurut si empunya bahasa pemrograman ini, Golang dianggap memiliki keunggulan pada hampir semua aspek yang diinginkan para programmer pada sebuah bahasa pemrograman. Yaitu kecepatan, keandalan, dan kesederhanaan. 

Kelebihan Golang

Bukan tanpa alasan jika Golang kemudian banyak dipilih untuk mengembangkan web app. Bahasa pemrograman yang satu ini memiliki beberapa kelebihan yang disukai oleh penggunanya. Berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman Golang: 

  • Dapat meningkatkan performa dan menarik lebih banyak pengunjung aplikasi
  • Efisiensi dalam membuat aplikasi 
  • Meminimalkan risiko crash pada aplikasi
  • Memberi tahu jika terjadi kesalahan pengetikan selama proses kompilasi
  • Mudah dipelajari dan dibaca
  • Memiliki garbage collector
  • Tersedia secara open source

Cara Install Golang di Hosting

Pada bagian sebelumnya artikel ini, kamu telah mengetahui apa itu Golang berikut dengan kelebihan yang dimilikinya. Sekarang saatnya untuk menginstal Golang di hosting. Berikut ini adalah cara instal Golang di hosting: 

Langkah 1 : Login ke cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel hosting. Silakan login ke dashboard cPanel hostinmu dari akun member area. Kamu bisa melihat informasi akun tersebut di email yang kamu gunakan untuk mendaftarkan pada layanan IDwebhost. 

Langkah 2 : Mengaktifkan Golang Env di cPanel

Setelah berhasil masuk ke dashboard cPanel, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Golang Env di cPanel. Pada kotak pencarian, tuliskan Golang Env. Setelah muncul, silakan klik Golang Env. 

Kamu bisa memilih versi Golang sesuai dengan kebutuhan. Namun alangkah baiknya untuk menggunakan Golang yang versi paling baru. Untuk mengaktifkan Golang Env di cPanel membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 3 menit. Silakan tunggu waktu aktivasi hingga selesai. 

Baca Juga: Tips SEO: Strategi Konten Visual Marketing 2021

Kamu bisa melihat Golang yang sudah berhasil diaktifkan di cPanel, dengan cara menyalin perintah source ~/bash_profile pada bagian status dan dapat dijalankan menggunakan SSH. 

Jika kamu menggunakan Windows, bisa menggunakan PuTTy. Sedangkan jika kamu menggunakan Linux/Mac OS, bisa menggunakan Terminal. Kemudian masukkan perintah go version. 

Langkah 3 : Menentukan Domain atau Subdomain

Langkah selanjutnya adalah menentukan domain atau subdomain. Belum punya domain dan hosting? Jangan ragu untuk order domain dan paket hosting murah IDwebhost. Jika sudah memiliki domain, silakan tentukan domain atau subdomain yang diinginkan. 

Langkah 4 : Membuat Folder Aplikasi Golang

Langkah selanjutnya adalah membuat folder aplikasi Golang. Umumnya, file website diletakkan di folder subdomain. Namun, pada tutorial kali ini akan sedikit berbeda. Kamu bisa membuat folder aplikasi Golang di luar folder subdomain. Ada dua cara yang bisa kamu tempuh. Pertama, langsung melalui file manager dan menggunakan SSH ke hosting.

Via File Manager

Silakan login ke cPanel Hosting, lalu cari pilih menu File Manager. Kemudian tentukan lokasi dan klik ikon +Folder. 

Via SSH ke Hosting

Kamu juga membuat folder aplikasi Golang dari SSH ke hosting. Jika sudah masuk ke SSH, silakan tulis perinth di bawah ini: 

mkdir /home/username/namafoldergolang

Langkah 5 : Membuat File Golang Sederhana

Langkah selanjutnya adalah membuat file Golang sederhana. Terlebih dulu, silakan masuk ke folder yang telah dibuat sebelumnnya dengan perintah cd namafoldergolang/. Setelah itu, silakan tulis perintah seperti di bawah ini: 

 

cd namafoldergolang/

 

nano hellow.go

 

Kemudian masukkan script berikut: 

Jika kamu menggunakan editor nano, untuk menyimpan file yang telah diedit, caranya menggunakan perintah ctrl+x, kemudian tekan Y pada keyboard lalu enter. Helloow.go adalah nama file Golang yang dibuat. Pun, kamu juga bisa memberikan nama file sesuai dengan keinginan. 

Agar dapat diakses, kamu harus mebut file .htcaccess yang ada di dalam folder subdomain. Untuk membuatnya, silakan masuk ke cPanel dan pilih menu File Manager. Pilih nama subdomain yang telah dibuat tadi. Kemudian klik +File. Beri nama file sebagai .htaccess.  Lalu klik Create New File. Lalu tambahkan script yang diperlukan, setelah itu klik Save Changes

Langkah 6 : Menjalankan Dependency Management

Kemudian, kamu bisa kembali ke Terminal/PuTTy dan langsung menjalankan dependency management. 

Langkah 7 : Menjalankan Script Golang

Saatnya menjalankan script Golang dengan menuliskan perintah sebagai berikut: 

Go run namafilegolan

Lalu silakan cek domain atau subdomain lebih dulu di address bar browsermu. Jika sudah sesuai, langkah berikutnya adalah menjalankan script sebagai Daemon. 

Langkah 8 : 

Sebelum menjalankan script sebagai Daemon, silakan tulis perintah: 

 go build namafilegolang

Daemon sendiri adalah proses dalam sistem, agar script dapat berjalan di background. Untuk menjalankan script Golang sebagai Daemon, tuliskan perintah di bawah ini: 

god /home/namausercpanel/namafoldergolang/namafilegolang

Dan script Golang berhasil dijalankan. Tuliskan nama domain atau subdomainmu di browser. 

Penutup

Sebagai salah satu bahasa pemrograman yang sedang naik daun, lewat Golang, Google coba menawarkan bahasa pemrograman yang cepat dan dapat diandalkan. Semoga dengan artikel ini, kamu jadi tahu, bagaimana cara install Golang di hosting.

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis